Bandeng Kuning Presto

Salah satu masakan favorit gue adalah Bandeng Presto dari Semarang. Trus gara-gara punya panci presto, jadi penasaran buat bikin sendiri. Gugling resepnya, nemu sebuah resep di milis NCC. Uniknya, ini resep aslinya bukan resep Bandeng Presto. Tapi si empunya resep bilang, bisa dimasak pake panci presto supaya tulangnya empuk.

Setelah dicobain, waahh.. Ternyata beneran enak! Gue biasanya bikin sekaligus banyak, 5 ekor ikan sekaligus, sekitar total 2 kg buat stok di kulkas. Jadi lumayan pan gak bolak-balik masak mulu hehehe.. Nadira dan Papanya doyaann banget. Gue juga sih๐Ÿ˜›

Yang agak nyebelin, gue tiap masak bandeng pake panci presto, baik resep ini maupun resep Pindang Bandeng, tulang-tulangnya selalu masih ada kesisa. Gak bisa full empyuk kayak bandeng presto di toko. Kenapa ya? Apa karena panci presto gue murmer, trus kalo di pabrik mihil gitu? Huh sebel๐Ÿ˜ฆ

Anyway, ini resepnya yaa..

Bandeng Presto Kuning

Bahan:
3 ekor bandeng ukuran sedang (kurleb 1kg). Buang insang dan isi perutnya, biarkan tetap bersisik supaya nggak hancur selama dimasak.
2 batang serai, geprak.
Air secukupnya
Daun pisang untuk alas panci (gue nggak pake)
Ragi instan (gue pake Fermipan)

Bumbu, haluskan dan campur dengan 3 sdm air matang:
6 siung bawang putih
3 cm kunyit
2 cm jahe
2 sdt ketumbar sangrai
2 sdt air jeruk nipis
2 sdt garam /secukupnya
Kaldu jamur Totole

Cara:
– Sayat memanjang bagian samping bodi bandeng (yang perut ya, bukan yang punggung).
– Lumuri seluruh permukaan, rongga kepala dan rongga badannya dengan campuran bumbu halus dan ragi, diamkan di kulkas selama dua jam.
– Siapkan panci, alasi dengan daun pisang sampai dindingnya (gue skip karena nggak punya daun pisang).
– Tata bandeng berbumbu dan serai didalamnya, kalo masi ada sisa bumbu masukin juga deh.
– Tuangi air perlahan hingga 3 cm diatas permukaan bandeng. Masak dengan panci presto selama 1-2 jam dihitung sejak panci mendesis.
– Kalo tulangnya udah empuk tapi kuahnya belum abis, lanjutkan memasak dengan tutup terbuka selama kurleb 30 menit.
– Potong-potong bandeng dan lumuri dengan telor kocok. Lalu goreng dalam minyak panas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s