Cakalang Pampis/Suwir

Gara-gara sering disangka Menado, lama-lama gue jadi hobi masakan Menado *gak nyambung :P* Di antara masakan Menado, yang paling gue suka adalah Cakalang Pampis atau Cakalang Suwir. Di kantor ada seorang tante-tante yang jualan masakan dan kue-kue Menado. Cakalang Pampisnya enak, tapi berminyak dan bikin gue penasaran.

Trus biasa deh, gue berambisi bikin sendiri dengan modal browsing-browsing. Dapet resepnya, dan terus terang, gue setengah percaya karena, masa sih gampang banget? Setelah dicobain, eh beneran gampang dan enak lhoo.. Cobain sendiri dehπŸ™‚

Oh ya karena waktu itu gue pake ikannya ukuran 1 kg, jadi resep gue dobelin. Dan gue biasanya emang selalu bikin bumbunya lebih banyak, supaya lebih berasa gituπŸ™‚

Cakalang Pampis

Bahan
500 gram ikan tongkol/cakalang
2 buah jeruk nipis, peras airnya
3 sdm minyak, untuk menumis

Haluskan
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
15 buah cabai merah keriting
8 buah cabai rawit merah
2 cm jahe
1 sdt garam (sesuai selera)
Β½ sdt gula pasir (kalo Menado asli, gak pake gula bok)
1 batang serai, memarkan (kalo Menado asli, tambahkan daun pandan juga)
1 batang daun bawang, iris-iris halus

Cara Membuat
1. Bersihkan ikan tongkol, kukus sampai matang. Suwir-suwir daging tongkol, buang tulangnya. Kemudian campur dengan air jeruk nipis, aduk rata.
2. Tumis bumbu yang dihaluskan, serai, dan daun bawang sampai harum dan matang. Masukkan daging ikan tongkol suwir, aduk rata. Masak dengan api kecil sampai kering. Angkat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s