Mamah-Mamah Idola

Buat emak-emak newbie kayak gue, sosok MMI (Mamah Mamah Idola) adalah penting. Maklum, namanya juga newbie kan, pasti bawaannya mau perfect. Macam Mama Yeah gitu deh perfect-nya (itu perfect apa psycho yak?).

Tapi ya berhubung emak labil, I’m always torn into several different idols. Mulai dari yang keliatannya oh-so-f*ckin-perfect macam Martha Stewart, the perfect luar dalem Astri Nugraha sampai yang kick-ass kayak Jolie dan P!nk.

Okay, mari kita jabarkeun hiji-hiji:

1. Martha Stewart

Waktu belum jadi emak-emak beneran, di mata gue, dia ini adalah sosok ibu perfect. Gimana nggak? Diana cantik, mantan model, jago merangkai bunga, berkebun, memasak, doing house chores, ratu bisnis pula. Ih MMI banget lah pokoknya!

But then, she’s not that perfect after all. Gara-gara kasus penjualan saham dan indikasi penipuan, dia masup penjara. Trus menurut beberapa teman dan mantan partner, dia itu hard-to-handle dan super perfeksionis, jadi rese gitu dah. Rumah tangganya pun berantakan. Dia pernah pacaran sama Anthony Hopkins tapi kemudian putus gara-gara dia ilfeel pas Hopkins berperan jadi Hannibal Lecter dalam Silence of the Lambs.

Trus berdasarkan pengalaman pribadi, tipe-tipe TV personality kayak gini biasanya banyak fake-nya sih. Yah liat aja lah para ustadz-ustadz seleb di tipi yang pada kehidupan nyatanya ternyata zalim. Soalnya mereka making money dari pencitraan. Jadi gak bisa menjadi diri sendiri dan kudu ber-faking ria. Hiii… Intinya, aku kecewa sama Embah Martha. Huuuu..😦

2. Astri Nugraha   

Duh bagi para ibu di dunia maya, sosok Mbak Astri beneran sosok MMI sejati. Anak 4, tinggal di luar negeri tanpa ART nor nanny, jago masak, berkebun, dekor, etc, trus masih sempet terima orderan catering dan desain grafis. Bayanginnya aja ku tak sangguuuupppp…

Hebatnya, Mbak satu ini humble dan apa adanya banget. Kayak yang pernah ditulis Mommies Daily di sini, Mbak Astri mengaku bingung kenapa dirinya dibilang sosok MMI dan jadi idola emak-emak. Emang ya, kalo yang beneran jago itu biasanya humble, nggak kayak yang setengah mateng trus ngaku-ngaku jagoan dan ujung-ujungnya somse (nunduk dalem-dalem).

Di artikelnya MD, ada quote Mbak Astri yang menohok banget buat emak pemalas kayak gue, yakni:

Saya punya prinsip: bangun sepagi mungkin, tidur semalam mungkin dan jangan buang waktu meski hanya sedetik.

Wakwaaawww… Sebagai emak-emak yang hobi bangun siang di kala libur, suka gak berdaya kalo ART mudik, dan hobi leyeh-leyeh di rumah sebagai kompensasi “kan gue sehari-hari kerja”, rasanya pipi kayak ditampar bolak-balik sama ucapan Mbak Astri tadi. Hihihihi..

3. Angelina Jolie

Nah ini nih yang gue bisa relate banget. Bukan, gue bukannya pengen adopsi anak dari Kamboja dan Afrika. Kamsud gue adalah, Mbak Angie (Jolie ye bukan Sondakh) ini adalah sosok yang dulunya dikenal bad girls, b*tchy dan brutal, trus pelem-pelemnya banyak adegan anonoh. Coba meri kita liat pidio berikut ini:

*yang di bawah umur tutup mata yak!*

Nah, belakangan Jeng Angie malah jadi keibuan. Dia memulai ‘karier’-nya sebagai ibu justru saat mengadopsi anak pertamanya. Sekarang dia punya enam anak, tiga kandung dan tiga adopsi. Dia juga masih menjadi seorang goodwill ambassador buat PBB. Gara-gara punya anak, dia jadi selektif milih peran, juga baju yang bakal dia pake.

Trus tadi pagi gue baca artikel ini. Jadi terhura sendiri pas bagian dia cerita soal kehidupannya sebagai seorang ibu sekarang. Ini ada beberapa quotes dia yang gue copas ya🙂

That was what changed me completely, and then I knew that once you decide to become a parent, you can no longer be in any way self-destructive or selfish. You live for someone else, and it’s over. It’s all over.

No wild days as a punk are ever as interesting or as chaotic as my life with my children is now. They can out-punk anybody you know.

Iihh I feel you sista! *sok ikrib*

4. P!nK

Kalo yang ini gue mah emang demen karena gue sukaa banget sama lagu-lagunya. Sejarah P!nk mirip-mirip dah sama Angie. Dua-duanya dulu cewek yang semau gue, badass dan free as a bird, trus berubah setelah jadi emak-emak.

P!nk ini gue suka banget karena karakternya yang apa adanya, gak fake gitu. Lagu-lagunya juga gitu. Trus rumah tangganya sempat nyaris berantakan pada 2008. Trus setelah 1 tahun pisah, dia dan suaminya, Carey Hart, back on dating again, dan gak jadi cerai. This, I find very sweet. You know, the words “we’re dating” when you’re on the verge of getting divorce🙂

Trus tahun lalu dia hamil dan Juni kemarin anak perempuannya lahir. Kalo ngeliat tampang P!nk dan suaminya yang slengean, tatoan, hobi mabuk-mabukan, dll, pasti banyak yang nyangka mereka bakal jadi lousy parents macam Courtney Love-Kurt Cobain deh. Surprise, surprise, P!nk menjual foto eksklusif anaknya dan hasil penjualan itu didonasikan untuk yayasan anak autis lho.

Even as Carey and I celebrate the joys of our own new baby girl, it is not at all lost on us that too many of our friends, fans and families are facing autism spectrum disorders without enough answers and without enough support.  We just want the autism community to know that you are not alone and we are with you! – P!nk (Alecia) & Carey Hart

And, although she’s currently a mother, P!nk doesn’t lose her rock and roll sense. Her new songs still got the taste and are as awesome as the previous ones. Thumbs up!

*picture’s taken from here*

You hear people say it all the time, how life changes drastically. You can’t possibly grasp how beautiful [life] is until you have your child. I could sit and watch paint dry as long as she was in my arms. ~P!nk~

Anyway, masih ada sebenernya sederet MMI yang gue look up to. Di antaranya Jennifer Garner, dan emak gue sendiri,  and definitely not J-Lo (gue sebel sama dia karena menolak menyusui anaknya sendiri. Bukan karena ASI gak keluar, tapi karena dia ngerasa formula is the best). Tapi, just like @BraveKidsVoices tweeted yesterday, “Don’t parent with “theories”. Parent naturally, with unconditional love and respect”, I’m gonna do the best I can to be a good parent with my own parenting style.

Intinya, santai aja maliiihhh.. Don’t get stressed out, ok?😉

Kayak lagunya Mbak P!nk satu ini. Markinyareng, mari kita nyanyi bareng!

So raise your glass if you are wrong,
In all the right ways,
All my underdogs,
We will never be never be anything but loud
And nitty gritty dirty little freaks
Won’t you come on and come on and raise your glass,
Just come on and come on and raise your glass

25 thoughts on “Mamah-Mamah Idola

  1. Akuu sukaaaa tulisan ira yang ini!
    Entah kenapa kadang aku merasa MMI itu yang working mom sambil tetap asix dan mpasirumahan dan masih main ama anak-anak di saat weekend!
    Thats awesome to me! Yah kaya ira gini jg MMI deeh

  2. Pertamax gak sih?? Hahahaha….
    Lagi ngelamunin “Gilmore Girls” ehhh liat temlen di twitter ada posting baru yakkk…..
    Lorelai salah satu idolaku tuh, jadiin anak kaya sahabat n agak2 careless karena nikah kecelakaan kali ya…tapi tetep ya aura keibuannya top banget dah dia…sayang cuma tv series…or to good to be true kah kalo ada mamah2 kaya gitu ato jangan2 ada beneran ya di dunia ini? ihhh mau jadi fansnyaaaa….
    Kalo dari tulisanmu mak, aku plg suka Jolie, tipikal yg dulunya ‘nakal’ tapi lantas berubah drastis pas jadi ibu. Sama sekali gak fake, lebih tulus dan ‘ i would do anything for my kids’ yg probably bisa merubah dia jadi org paling kejam kalo ada yg berusaha nyakitin anaknya. Suka agak2 gak terima kalo ada yg ngejelek2in Mbak Jolie nih…secara fans berat.

    Afterall, u’re my idol mak….seneng banget ada mahmud (mamah muda) ky kamu yg punya blog tapi gak melulu isinya anak hahahahaha…..pikiran2 ‘aneh’ mu tuh lho mak yg bikin gw ngefans…*sungkem*

    • Ih setuju banget Liinn sama Lorelai!

      Gue tuh ngefans beneer sama Gilmore Girls dan cita-cita, one day I’m gonna be a cool and trendy mom like Lorelai. Untung sih emak gue juga gak beda jauh sama Lorelai, sama-sama asik gitu dah orangnya. Jadi gue bisa nyontek langsung pengalamannya in real life🙂

      Iya, Jolie juga gue demen banget. Cuma gue agak terganjal isu ngerebut Brad itu lho. Walaupun Jolie dan Brad udah konfirm kalo mereka pacaran setelah Brad beneran cerai, tapi chemistry antara keduanya di film Mr & Mrs Smith membuktikan sebaliknya. Oh well, it’s none of our business right? Kenal juga kagak😀

      Soal pikiran gue aneh, I take it as a compliment lho bok😀 *smooches* Yah maklum deh, namanya juga mababil, emak-emak labil. Satu sisi pengen jadi emak yang oke, tapi di sisi lain (sok) gak mau kehilangan jati diri sebagai kick-ass girl😀

      • Hahahaha…kan…kan….Lorelai’s rawwwwkkkk!!
        Makanya tetep jaga penampilan ah..biar gak kalah keren ama anaknya….

        Tetep kaya paragraf terakhir yes…..we need our wild side to keep us sane…ya gak sih? makanya salah satu blog fave gw nih….krn ada seorang mamah2 yg masih bisa ngeblog in a single blogger way….tapi tetep gak kehilangan ke-mamah-annya…..duuhh bahasa gw..maap yeee…..ngeri ih komen sm bu editor muehehehehe….

      • Iyaa ini makanya berusaha diet supaya tetep keceee *self-centered bener dah :P*

        Bener banget Mak, we do need our wild side to keep us sane. And that’s what I’m doing now🙂

        Gue dulu sempet khawatir kehilangan jati diri once I become a mom. Gue gak mau identitas gue sebagai “Ira” hilang dan kehapus oleh identitas gue sebagai “Ibunya Nadira” atau “Istrinya X”. Untunglah ternyata kagak ye, mungkin karena otak gue sering mikir yang aneh-aneh kali, kayaklo bilang tadi, hahahaha…😀

  3. Stuju sama komen dhira diatas gw jg ngerasa yg working mom itu hebat lah,bisa sukses di kerjaan smentara urusan anak&rumah juga beres,makanya gw ampe skrg mo mulai kerja Aja maju mundur,takut ini itu lah,mo bisnis dr rumah tp g bakat..

    Eh mak srius itu jlo bgitu?ih odong bgt…google ah

    • Tapi gue justru pening kalo disuruh brenti kerja, Lin. Setres bayangin 24 hours di rumah aja. Kalo gue kerja kan gue bisa punya me-time di depan komputer dll, hehehe..

      Iya J-Lo itu refuse to breastfeed her own children karena dia bilang “Nyokap gue juga gak nyusuin gue. Jadi gue pikir itu yang terbaik untuk anak-anak gue.” Dan dia memilih untuk diet ketat supaya langsing lagi plus bisa ikut lomba lari marathon dgn alasan “Inilah yang akan bikin anak-anak gue bangga kepada gue.”

      D’oh!😦

      • Hehehe emang d manusia g Ada puasnya ya gw malah mikir aduh kl kerja males amat musti bgn pagi pulang malem,kl dirumah enak bisa semaunya tp kadang mikir juga enak ya kl kerja punya duit sndiri,kl blanja g pake g enak ati ama Suami yg udah cape2 kerja…yah makanya nih masi maju mundur mo ngelamar juga..

        Booooo segitunya si jlo? Masa dokter&tmen2nya g Ada yg ngasi tau? Dih suka ksian ama anaknya,sini d gw susuin Aja,kan Mayan anak gw kcipratan warisan x hahahaha

      • Nah itu, urusan duit itu yang bikin gue ketar-ketir kalo nantinya brenti kerja. Hahahaha… *cemen*

        Iya si Jlo emang segitunya bok. Lah gak usah dokter dan temen-temen. Di Emriki kan dia sampe menimbulkan kontroversi karena secara terbuka bilang gak mau nyusuin. Banyak asosiasi menyusui yang komplain etc. Payah beut emang ye😦

  4. Weeeittsss… Yg pasti dan ga mungkin ga…
    Qta para mommies bakalan jadi idola buat anak-anak qt… Mau bangun siang saat weekend… [pembenaran working mom], mau tidur cepat [yg ini seringnya ketiduran, gara2 nemenin/ngelonin anak tidur].. Yg pasti qt/para mommies sudah berusaha ‘tuk yg terbaik buat suami, anak, ato keluarga qt…
    Kalopun di mata org laen kurang, ato di nilai tidak sempurna, mo begimane laagiii.. toh, ini kehidupan qt… keluarga qt.. suka2 qta donggg.. Hehe..
    Yg pasti roda kehidupan tetep berjalan, sesempurnanya menurut qt, belum tentu benar buat org lain… Let’s move on…

  5. eh, gw mau komen soal mbak Jolie, konon katanya dese emang spesialis conlok mak… makanya pas syuting film apa itu yg sama Antonio Baderas, si Melanie-nya nongkrongin… takut gimana2. Nah, pas syuting Mr. & Mrs. Smith si Jen udah diingetin ama Melanie, tapi Jen-nya cuek… tapi konon sih, si Brad terspona Jolie krn dia ibu, si Jen kan katanya gak mau punya anak…
    yaoliii… gosip bener sih gw… hahhaha…

  6. nimbrung yak ^_^

    mamah dedeh ga termasuk yah? wkwkwkwww…

    etapi seneng akhirnya bisa liat fotonya Ange Jolie pakai baju putih..nampak sangat bahagia dengan keluarga berencana-nya (berencana punya anak banyak)

  7. Gw jg suka ama jolie, dia skrg beda jauh banget ya ama dulu. Menurut gw ngasi porsi sayang yg sama ke anak angkat dr berbagai negara ssusah loh. Maksud gw pasti anaknya tau lah mrk anak angkat, wong beda 180 derajat gt dr fisik.

    Tp dia bisa membuat keluarga nya kecil nya itu menyatu in harmony itu gw salut deh.

    Slain jolie gw suka ama kimora lee. Simply bcoz di mata gw dia itu “manusia” kyk kt. Yg pas melahirkan acak2an, abis mrlahirkan msh gendut sampe mesti diet yg hsl nya ga lsg instant. Abis ya jrg gw liat seleb hollywood yg abis melahirkan msh gendut. Rata2 lsg kecilll kyk VB. Iri aje gw yak hihi

    Kimora jg Nyusuin n pumping di tgh2
    photoshoot. Ihh hebat deh..salut gw

    • Itu juga pertanyaan gue Dhit. Makanya gue salut banget sama orang-orang yang punya anak kandung dan anak adopsi trus bisa memperlakukan mereka secara equal. Thumbs up deh!

      Iya Kimora Lee juga oke ya. Dia tipe artis Hollywood yang keliatannya gak suka faking things. Mana bodinya juga mengurus gradually, gak instan macam VB dan Heidi Klum yak. So human lah! *jeritan hati emak2 yang bodinya susah langsing hihihi.. :D*

  8. waaa… mbak astriii… baca blognya ajah… ternganga-nganga… buseeettt… bisa benerr yak… anak 4 plus berkebun… masak… n kerjaaaaa… pluss no ART…

    dulu aja 5 bulan ga ada ART sambil ngurusin 3 anak… berasaa kerja rodi bangettt… qeqeqe… rasanya badan udah remuk redam… klo ga mikirrr anak… rasanyaa udah males masak ajah… truss berkebun?… hahhhh… jakartaaaa panassss… *alesaaannnnnn… qiqiqi*….

    cumaa… sekarang siy walopun ada begituu banyak MMI dimana-mana… teteppp ajahh ga peduliii… tohhh anak-anakku ga cintaaa sama MMI ituuu… cintanya teteppp sama bundanya tuh… qeqeqe…

    my-za.blogspot.com

    • Hahaha.. Kayaknya nyaris semua emak-emak masa kini pasti nganga ya kalo baca blognya Mbak Astri. Amazing banget ya energi dia🙂

      Setuju bangett.. Mau ideal gak ideal, hopefully we will be our children’s idols ya🙂

  9. Aaaah di hati gw, Mama Idola tuh tetep loe kok, Ra.
    Bisa ngetweet sambil baking, bisa ngelenong sambil masak.
    Bisa Mas Adi makin kelepek-kelepek sama masakan loe padahal loe working mom. Kurang Idola apa coba ? *ini serius lho*

  10. Pingback: Sorry, I Don’t Do Mornings « The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

