Chocolate Chip Cookies Ala Ala Famous Amos

Udah lama banget nyontek resep ini dari blog-nya Depe di www.dianprima.multiply.com. Tapi baru-baru ini aja sempet nyoba bikinnya. Di blog-nya Depe bilang rasa cookies ini mirip sama Good Times. Boy she’s very wrong. Cookies ini enggak kalah sama Famous Amos bookkk… !!!

Tiap gue bikin, pasti cepet abis deh. Bahkan yang gosong-gosong pun tetep pada doyan karena lebih garing dan agak-agak pait. Yum!

Anyway, here’s the recipe yaaa..

Chocochip Cookies (periplus step by step)

Bahan-bahan:
150 gr mentega tawar (unsalted butter) (gue pake Orchid butter salted campur Blue Band, biasanya komposisinya sih 60 gr Orchid dan 90 gr Blue Band. Supaya agak kokoh gitu karena kalo pake butter semua biasanya jadi lembut banget dan ringkih)
1/4 cup gula palem (palmsuiker)
1/3 cup gula kastor/gula halus
1 kuning telur
1 sdt essens vanilla (gue pake vanilla bubuk aja)
1.5 Cups Tepung Swa-Muai aka Self Raising Flour* (nanti gue jelasin substitusinya di bawah yaa)
1 Cup Choco Dots / Choco Chips

Cara membuat:
– Panaskan Oven, alasi loyang panggangan dengan kertas biskuit, sisihkan. (karena nggak punya kertas biskuit, gue cuma olesi loyang alumunium dengan minyak goreng tipis-tipis)
– Kocok dengan mixer: kuning telor, mentega, gula kastor dan gula palem sampai mengembang dan creamy. Tambahkan essen vanilla, kocok sampai tercampur rata.
– Masukkan tepung pelan-pelan sampai habis, aduk aduk dengan spatula, aduknya kayak dibalik-balik gitu ya. Jangan diublek-ublek, katanya sih bisa bikin bantat
– Masukkan chocolate chips, sisakan sedikit untuk hiasan. Aduk-aduk dan pastikan adonan nggak berasa lengket di tangan tapi nggak teralu padat juga.
– Mulai pembentukan, ambil 1 sdm munjung adonan, letakkan di loyang, tekan
sedikit pakai sendok or garpu agar rata. Tata di loyang, beri jarak cukup karena adonan akan menyebar.
– Kalau sudah tertata, tempelkan sisa chocolate chips di atas bulatan-bulatan itu.
– Masukkan oven dan panggang sekitar 20 menit (even less), atau sampai merekah dan kecoklatan.
– Angkat kukis, dinginkan di rak kue.

Note:
ini memang bukan jenis kue yg gampang dibentuk pake tangan, kudu pake sendok, jadi jangan kaget kalo adonannya ternyata keliatan msh agak lembek, tapi jadinya crispy banget kok

* Self raising flour bisa dibuat dengan mencampur 1 cup tepung terigu serba guna yang dikurangi 2 sdm. Lalu ditambahi dengan 1,5 sdt baking powder dan 1/2 sdt garam. Gue sih, berhubung menteganya udah salted, self raising flour abal-abal ini nggak gue tambahin garam lagi.

7 thoughts on “Chocolate Chip Cookies Ala Ala Famous Amos

  1. Pingback: White and Choco-chip Cookies » my Beloved Momomy Beloved Momo

  2. mau nanya juga, cup yang dimaksud ini cup cangkir kecil atau cup untuk beras itu yah? atau lebih tepatnya satu cup itu kira-kira berapa gram?

  3. mau nanya juga, yang dimaksud cup disini itu cup ukuran cangkir kecil/gelas kecil atau cup untuk masak beras? atau untuk jelasnya satu cup itu kira2 berapa gram?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s