The One That Got Away

Beberapa hari lalu, gue dapet kabar dari temen bahwa film favorit gue sepanjang masa, Before Sunrise, bakal ada sekuel ketiganya. I was like, whaattt??? Hati pun langsung berdebar-debar dan rasanya pengen teriak kegirangan.

Lebay? For sure. Tapi gimana ya, gue emang cintaaaa abis-abisan sama film itu. Gue kebetulan nonton Before Sunrise nggak berapa lama sebelum gue nonton sekuel keduanya, Before Sunset. Kisah di film dan kenyataannya bener-bener real. I mean, Before Sunrise dibikin 1995 dan Before Sunset dibikin pada 2004, menceritakan apa yang terjadi pada Jesse dan Celine 9 tahun setelah pertemuan pertama mereka. Jadi bukan kayak film-film lain yang cerita antara film pertama dan film kedua terpisah 10 tahun, tapi di kenyataannya, kedua film itu beda waktu rilis hanya setahun saja.

Kisah ini dimulai dari pertemuan Jesse dan Celine di kereta api. Trus Jesse ngajak ngomong Celine dengan kalimat:

Alright, alright. Think of it like this: jump ahead, ten, twenty years, okay, and you’re married. Only your marriage doesn’t have that same energy that it used to have, y’know. You start to blame your husband. You start to think about all those guys you’ve met in your life and what might have happened if you’d picked up with one of them, right? Well, I’m one of those guys. That’s me y’know, so think of this as time travel, from then, to now, to find out what you’re missing out on. See, what this really could be is a gigantic favor to both you and your future husband to find out that you’re not missing out on anything. I’m just as big a loser as he is, totally unmotivated, totally boring, and, uh, you made the right choice, and you’re really happy.

Dari situ aja, hatiku sudah mencelos! *lebay* Apalagi ternyata, film ini nggak kayak tipikal film romantis lainnya, yang selalu punya happy ending. Not at all. Ending Before Sunrise dan Before Sunset dua-duanya sama-sama menggantung. Tak ada kejelasan apakah keduanya akan bersama atau tidak.

Trus, di kedua film ini, adegannya bener-bener fokus sama Jesse dan Celine, yang lagi ngobrol. Jadi seluruh film isinya cuma dialog antara mereka berdua, yang disyut sambil mereka jalan. Buat beberapa orang pasti boring banget ya. But for me, gue sukaaa banget. Apalagi dialog-dialog mereka itu cerdas dan bernas banget.

No wonder, tiap nonton kedua film itu, gue pasti selalu mewek. Apalagi pas zaman jomblo dulu. Ya ampuunn.. Konsep “The one that got away” selalu sukses menggetarkan hati dan tear duct gue. Banjir, banjir dah pipi gue dengan air mata, menangisi cinta yang pergi, tak kesampaian, etc.

Sekarang, tetep aja sih mewek. Maklum, akika emang dasarnya cengeng, hahaha.. Apalagi pas nontonnya lagi PMS. Oalaahh.. Dijamin mewek seember deh!

Oh ya, di Before Sunset, Jesse dan Celine kan ketemu setelah terpisah 9 tahun, tanpa bertukar nomor telepon atau email atau alamat. Jadi pertemuan pertama mereka setelah 9 tahun itu benar-benar kaya dari segi emosi ya. Sebagai penonton, tentu aja gue pengen banget keduanya kembali merajut kisah cinta lama. Sayang, Jesse udah merit dan punya anak, meski dia mengeluh “I feel like I’m running a small nursery with someone I used to date.”

Waktu dulu nonton pas masih single, gue instantly berpikir “Ya udah sih Jes (akrob ceritanya), ceraikan aja binilo. Toh lo juga udah jemu dengan pernikahan kalian.” Biasa, pikiran seorang impulsif yang hopeless romantic gini deh.

Sekarang, kondisinya berbeda 180 derajat. Berhubung udah merit dan merasakan dunia nyata, pas gue nonton Before Sunset lagi, gue cuma mikir “C’mon Jes, you’re a grown up now. Lo merit tanpa dipaksa siapapun. Jadi kalo lo meninggalkan istrilo cuma gara-gara ketemu cinta lama, rasanya nonsense banget. Kalo lo punya 10 cinta lama, berarti tiap ketemu satu-satu, lo akan meninggalkan siapapun pasanganlo saat itu gitu? Besides, you’re a father now. Gak bertanggung jawab banget sih kalo lo ninggalin tugaslo sebagai seorang ayah cuma gara-gara ilusi cinta remaja.”

Selain itu, gue setuju banget sama pemikiran teman-teman gue, bahwa kekuatan cinta Jesse dan Celine itu lebih dikarenakan ilusi “the one that got away”. Jadi seumur-umur mereka akan terus memimpikan gimana rasanya jika bisa bersatu dengan cinta yang hilang itu. Apalagi mereka cuma ketemu kurang dari 24 jam. Interaksinya belum banyak dan rasa penasaran masih segambreng.

Padahal, kalo pun mereka beneran jadian, mereka akan dihadapkan pada dunia nyata, dimana mereka harus beradaptasi dengan kebiasaan buruk masing-masing yang belum tentu bisa diatasi. Belum lagi problema-problema lainnya mulai dari keluarga hingga teman. Intinya, kompleks deh.

Jadi ya, terus terang, secinta-cintanya gue sama Jesse dan Celine, gue personally lebih suka kalo mereka tidak bersatu. Because in real life, bersatu/menikah bukanlah akhir dari segalanya. Justru itulah awal dari semua perjalanan ini. Dan gue nggak mau kisah cinta indah antara Jesse dan Celine berakhir dengan perceraian, KDRT, selingkuh, etc.

Just like Celine said in one of the scenes:

But we’re not real anyway, right? We’re just, uh, characters in that old lady’s dream. She’s on her deathbed, fantasizing about her youth. So of course we had to meet again.

Jadi, buat siapapun yang masih suka terkenang akan “the one that got away”, sadarlah. Ilusi dan imajinasi itu selalu lebih indah dari kenyataannya lho.

*ngomong ke kaca* 

Anyway, here are some quotes from both movies that I enjoy so much🙂

You can never replace anyone because everyone is made up of such beautiful specific details. ~Before Sunset~

Memory is a wonderful thing if you don’t have to deal with the past. ~Before Sunset~

I always feel this pressure of being a strong and independent icon of womanhood, and without making it look my whole life is revolving around some guy. But loving someone, and being loved means so much to me. We always make fun of it and stuff. But isn’t everything we do in life a way to be loved a little more? ~Before Sunrise~

You know what’s the worst thing about somebody breaking up with you? It’s when you remember how little you thought about the people you broke up with and you realize that is how little they’re thinking of you. You know, you’d like to think you’re both in all this pain but they’re just like “Hey, I’m glad you’re gone”. ~Before Sunrise~

23 thoughts on “The One That Got Away

  1. Seriussssss seriusssssss seriusssssss ada yg ketiga?? Definitely bakal gw tunggu kalo ada sekuelnya. Film ini endah pisan. Gw suka banget dengan konsep “pertemanan” mereka, cinta dan segala ketertarikannya tp mereka ga pernah jadi couple. Dan gw ga mau mereka jadi couple, begitu saja. Sempurna.

    Gw selalu pengen tau ra, apa ya yg terjadi di apartment Celine setelah dia nari2 dan bilang, “baby, you’re gonna miss that plane”. Gw yakin jesse ketinggalan pesawat looooh.

    And i agree with you Ra. Obrolan Jesse di awal film saat mereka di kereta itu yg bikin gw terpaku dan langsug jatuh cinta sama film ini. Klo yg pny memori kaya gini, ngobrol, jalan, dan diskusi berjam2 tanpa arah pasti sipu2 malu ditambah giggles centil deh nontonnya.

    Aaaaaah eniwei gw pun ga sengaja buka link twit lo ini ra jd nyampe ke film Before2an ini, apakah ini suatu pertanda utk nyolek patjar? #eh

    • Kalo menurut beberapa movie critic, apa yang terjadi di apartemennya Celine itu tergantung dari lo sebagai penonton. Apakah lo tipe yang sinis atau romantis. Kalo sinis, pasti berpikir ending-nya Jesse akan pulang ke keluarganya. Sementara yang romantis, Jesse akan stay bareng Celine. So, which one are you, Git?😉

      And i agree with you Ra. Obrolan Jesse di awal film saat mereka di kereta itu yg bikin gw terpaku dan langsug jatuh cinta sama film ini. Klo yg pny memori kaya gini, ngobrol, jalan, dan diskusi berjam2 tanpa arah pasti sipu2 malu ditambah giggles centil deh nontonnya.

      I do have that memory with someone, dan tiap nonton Before2an ini, the memory keeps on coming back to me. Bikin cekikikan centil deh ingetnya🙂

  2. Emang deh Before Sunrise sm Before Sunset itu juara banget! Juaraaaaa dah pokoknyah! Juara bikin mewek with a true slap-in-the-face dialogues..
    Eh beneran mo dibikin trikuelnya? Kira-kira judulnya apa ya, Ra?

    • Eymbeerrr… Dialognya kece berat ya bok. Bener-bener jenius tuh Ethan Hawke, Julie Delpy dan Richard Linklater bikinnya.

      Nah gue jg lagi mikir, trikuelnya apa yak? Masa Before Dawn sih, ntar tokohnya bukan Jesse dan Celine lagi tapi Edward dan Bella *krik krik*

  3. Ya ampuuun bneran Ada seri k3? Ih gw jg lgsg mikir judulnya apa ya…itu quote trakir yg paling daleeem krn gw ptama ntn pas broken hart ptama kaliii jd langsung ‘oooh ok’

    Yg paling gw suka itu Gaya mreka yg real abis,salting2 gmn gituuu ampe tiap ntn gw ikut senyum malu2 *gr aje

    Ada lg quote yg gw suka tp gw lupa persisnya…apa ya yg Celine bilang ‘when I was younger I was healthier but I was whacked with insecurity, u know? Now I’m older&my problems are deeper but I’m more equipped to handle them’

    And I love that Nina simone’s ‘i love u porgyyyyyy don’t let them take me’

    • Yoi Lin, gue juga suka banget gaya2 salting mereka. Yang di Before Sunrise itu pas adegan di toko kaset, lirik-lirikan enteu puguh yang bikin gemeess… Trus di Before Sunrise adegan pas ketemu awal, saking girangnya mereka berdua sama-sama gugup, apalagi si Jesse yang lebih keliatan. Kalo Celine bisa sok-sok nutupin.

      Nina Simone is the beesstt.. Kayaknya dia sering ya jadi inspirational song di film-film. Kalo nggak salah film yang ada Brittany Murphy juga nampilin tokoh utama yang ngefans sama Nina Simone deh.

      • Iya yg before sunset yg Pertama ktemu itu jesse nya ampun ky abegong banget deh..gw udah lama belom ntn lagi tapi kesaltingan mreka itu kadang jd mikir ini film skali take kali ya..

        Tp bner deh film ini segmented abis, gw pinjemin ke Suami (waktu itu masih pacar) buat dia&tmen2nya nonton eh pd kaga demen,biasa d demennya yg tembak2an..pdhl kan ini bs bikin mesem2 sndiri yaaa

      • Ho-oh, gue kagum banget sama kemampuan Ethan Hawke dan Julie Delpy dalam menghapal dialog. Kan panjang-panjang bener tuh, berasa lagi ujian gak sih?😀

        Dan bener banget, film ini very very segmented. Gak usah laki. Banyak koq temen gue yang cewek dan bilang gak demen sama film ini karena isinya ngomong doang. Padahal justru di situ kekuatannya ya bookkk.

  4. Ada yang lucu waktu Celine nanya ke Jesse, ‘Lo mau cium gue?’ di Before Sunrise. Si Jesse ngangguk-ngangguk kayak bocah cilik. So cuuuuute…. *lah, bahasnya beginian*😀

    • Iyaaa.. Itu ngegemesin banget si Jessee.. I feel like kissing him straight away!

      Oh ya di beberapa scene keliatan banget ya kalo si Jesse ini nepsong berat sama Celine. Sementara Celine-nya sok pura-pura jaim gitu hehehe..

  5. “Jadi, buat siapapun yang masih suka terkenang akan “the one that got away”, sadarlah. Ilusi dan imajinasi itu selalu lebih indah dari kenyataannya lho.”

    >> *tertohok*

  6. Hi Mbak Ira salam kenal. I like your writings😉

    Kebetulan banget sih gue mo posting tentang 2 film ini (walopun sampe skrg belom terealisasi siy) ehhh keduluan. Gue juga ngefan ama 2 film ini. Meski isinya cuman ngomong2 antara Jesse ama Celine yg berpotensi bosenin tp gak sama sekali bagu gue. Soalnya pas nonton film itu, gue dalam situasi TTM-an yg mirip banget ama Jesse & Celine heheh we can’t be together tp kalo ngobrol apa aja nyambung kek mreka berdua. Hihihi jadi curcol nih *senyum2 inget2 masa dulu*

  7. ahhh salah satu pelem favorit gw jugaaa! kalo ada lanjutannya…. akyu pasti nontonnn…*ato ga nunggu dvd* biar bisa bener2 nyimaaakk yg keren script/dialog!

    • Bener Niss.. Ini aja barusan gue nonton Before Sunrise di yutup dan mewek (untuk kesekian kalinya) pas adegan pagi hari sebelum mereka pisah. Si Jesse bilang “I want to take a picture of you so I won’t forget about you” (cmiiw) dan mereka pandang2an. Langsung banjir dah air mata :’)

  8. Blognya bagussss.. jadi baca post after post…
    dan sampai di post ini, gak tahan pengen comment lalu berjanji bahwa:
    akan mencari old dvd Before Sunrise, Before Sunset untuk menonton nya lagi dan lagi… :’)

    *pray hard for the next sequel!!!*

    • Aiihh.. Makasyiiihhh… *pipi memerah*

      Iya bener, dua film ini masup ke dalam list “Movies to watch before I die” versi gue banget deh. Kalo DVD ilang, nonton aja di yutup😀 Tapi di yutup cuma ada before sunrise. Yang sunset gue pernah nonton full di link apa gitu, semacem yutup juga sih. Coba gugel deh🙂

  9. Pingback: The One That Got Away (part 2) | The Sun is Getting High, We're Moving on

  10. Pingback: First Love | The Sun is Getting High, We're Moving on

  11. Pingback: Past VS Present di AADC2 | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

