Bukan Siti Nurbaya

Minggu ini, lagi heboh berita soal pernikahan Royal Jelly antara Mas Edi dan Mbak Siti (mari kita sebut begini aja ya supaya nggak gampang digugel). Berhubung dua-duanya anak petinggi negara, tentu aja yang ngeliput segambreng. Yang bikin lebih menarik adalah isu-isu seputar kisah cinta mereka. Santer terdengar kalo mereka dijodohkan.

Bahkan di twitter sampe ada gerakan #SaveSiti segala. Isinya, rata-rata nge-bully Mas Edi, karena dianggap meski anak pejabat nomor satu di negeri ini, Mas Edi kurang sepadan sama Mbak Siti yang cantik dan smart. Ada yang lucu, tapi banyakan yang, IMHO nih, garing dan a bit cruel. Emang sih si Mas Edi gak kece, tapi yah kalo diliat-liat, lumayan lah. *liatnya pake sedotan dari Monas <– contoh ngebully*

Trus, kita kan nggak pernah tahu, what’s really going on with them. Gue mah selalu berpikir positif bahwa mereka itu beneran pacaran, nggak pure dijodohin. Yah kalopun ada usaha-usaha ortu untuk, bahasa Betawinya, ngojok-ngojokin mereka berdua, ya wajar lah ya. Secara kedua ortu sama-sama kenal dan akrab bukan?

Yang gue prihatinkan (halah) cuma, mbok ya di foto-foto prewedding dan prosesi kawinan, agak mesra dikit. Lirik-lirikan mesra kek, towel-towelan kek, atau sekalian cipok aja. Udah halal ini. Jadi kan isu perjodohan ini nggak santer-santer amat gitu lho Mas, Mbak *sotoy*

Tadi pagi gue ngobrolin ini sama hubby dan dia ngakak sekenceng-kencengnya. Dia bilang,”Heran orang-orang koq pada kurang kerjaan banget. Kalo emang bener dijodohin, so what? Emang ngaruh ke kehidupan lo apa?”

He’s got a point there. Tapi ya gue bilang aja, kepo itu kan manusiawi sekali. Biasanya yang jadi obyek kekepoan adalah sosok yang terpandang, public figure, seleb, pokoknya orang-orang yang dianggap lebih dari yang lain lah.

Anyway, talking about matchmaking atawa perjodohan, zaman sekarang ternyata masalah ini nggak serta merta hilang ya. Even buat makhluk-makhluk modern sekalipun. Alasannya macem-macem. Tapi rata-rata sih pada mau dijodohin karena takut kualat sama orang tua.

*picture’s taken from here *

Gue sendiri ngalamin. Bukan sebagai yang dijodohin, tapi sebagai obyek penderita, alias pacar gue dijodohin sama emak bapaknya, hahaha.. *ketawa asem* Waktu itu rasanya dunia mau runtuh deh. Tapi ya life must go on. Dan kalo diliat sekarang, emang kita sebenarnya nggak cocok sih. Jadi ya upaya perjodohan endebre-endebre itu kayaknya cuma sebagai katalis untuk bikin hubungan kita putus. Karena, sooner or later, gue tau, in the end, hubungan kita bakalan kelar juga.

Waktu putus itu, sebagai ababil, gue benci banget sama ortunya mantan. Koq bisa main enak-enakan sih ngatur hidup dan masa depan anaknya? Kalo si anak nggak bahagia, hati mereka nggak ikut nelangsa apa?

Tapi seiring bertambahnya waktu dan usia, logika gue mulai jalan. Apalagi saat udah jadi emak-emak ye. Orang tua selalu mau yang terbaik untuk anaknya. Dan sering kali, nggak banyak orang tua yang bisa berdialog, berdebat, menerima dan menghargai argumentasi anaknya. Orang tua macam ini terbiasa mendikte dan memerintah anak, dan berlindung di balik alasan “I’m doing it for your own good”.

Untung sih gue nggak dibesarkan oleh orang tua macam gitu. Buat yang iya, let me pukpuk you *apaan sih bahasanya*. Mudah-mudahan diberi hati seluas samudera dan keikhlasan penuh untuk memahami bahwaΒ they’re doing it for your own good and they love you so much.

Soal dijodohin, waktu gue jomblo lama, beberapa kerabat bonyok, keluarga dan teman-teman gue udah ada yang berusaha ngenal-ngenalin gue ke eligible bachelor versi mereka. Meski prihatin anaknya nggak kewong-kewong, bonyok gue justru menolak tawaran perjodohan dari teman-teman or keluarga. Alasannya? Mereka nggak mau hubungan pertemanan dan keluarga jadi rusak kalo gue dijodohin sama cowok-cowok yang disodorin itu dan hubungannya nggak sakseis. Dan juga, mereka pikir, gue nggak bakal mau dijodoh-jodohin kayak gitu.

Ih bonyok gue koq suudzon banget sih. Kalo yang dijodohin kece dan keren kayak artis Holiwut di bawah ini, akika juga mawaarrr… *diselepet Papanya Nadira* *lagian mustahil banget sih Joe nepsong sama akika*

*Mas Joe, sayang kita terlambat bertemu yaaa…*

19 thoughts on “Bukan Siti Nurbaya

  1. gw juga salah satu yg komen soal royal jelly ini; ya gimana ya…kita kan emang demen komenπŸ˜€ tapi ini jg dipicu sama media yg jg over ngeberitainnya yak…

    btw, gw mau kok dijodohin… yg penting orgnya banyak duit, ganteng, baik, dan cinta ama gw… *lhaaa…

    • Huahaha.. Lo mah emang demen banget komen plus kepo-kepoan, Tjep! Eh malah kalo media nggak over beritainnya, pasti tanda tanya akan semakin besar karena, koq event gede macem Royal Jelly gini gak diberitain gede-gedean? Ada apa di balik itu, pemirsa? *bibir bergetar macam pembawa acara Insret*

      Iihhh.. Kalo kayak gitu juga gue mau Tjepiii… Apa daya biasanya yang dijodoh-jodohin itu biasanya kebalikan yang lo sebutin tadiπŸ˜›

  2. Uhuyyy..gw kmaren nonton true blood season 4..ada si aldice itu..guanteng tenan ooyyy *salah-fokus* :p

    Ngomong2 soal jodoh menjodohi ini..jd inget..gw dl jrg bgt pacaran..yg bener2 pacaran serius y sm bapake azzam ini hehehe..tapihhh..disaat diriku menjomblo..gw laris bgt dikalangan ibu2 yg mo ngejodohin gw ma anak cowonya (˘_˘”)..knp jg yg kecantol mlh calon2 mertuhe..bukan anaknya..tp nyokap g pernah mau ngeiyain..cm blg y terserah anaknya aja..klo cucok y silahkan..jgn dipaksa..dasar g jodoh y..nggak ada yg jadi tuh Ζ—Ζ—Ι‘Ζ—Ζ—Ι‘Ζ—Ζ—Ι‘..

    Klo si royal jelly ini..pas foto pre wed-nya mayan mesra loh menurut gw..pas gladi resik jg pegangan tangan..mgkn pas nikah grogi aje kali..jd g kliatan mesranya hehehe..bisa jd aja ni pasangan dikenalin ma ortu masing2..trus eh kecantol gt..jd bukan dijodohin paksa :p

    Apapun ituuu..mudah2an pernikahannya langgeng..awet..dunia n akhirat..aamiin..*\(Λ†β–½Λ†)/*

    • Alcide, Miittt… Bukan Aldice *ngambek nama peran pacar gue salah tulis :P*

      Huahahaha.. Berarti lo dulu calon mantu idaman banget kali ye. Soale itu banyak ibu-ibu yang ngarep lo jadian sama anak merekaπŸ˜€ Kenapa gak di-follow up sih? Sapa tau ada yang seganteng si Alcide hihihi..πŸ˜€

      Eh kalo si Royal Jelly, foto prewed-nya yang luwes cuma Mbak Siti doang. Gue sih berhusnudzon, emang si Mas Edi gayanya kaku kali ye. Jadi keliatan di foto-fotonya kurang hangat. Ah mudah-mudahan aslinya dia romantis macam cerita-cerita dongeng *halaahh :D*

      • wahahaha..keblibet..alcide y? :p..nonton deh true blood..byk adegan toplessnya *halah*

        tau deh..knapa tuh ibu2 pd naksir gw..mlh ada yg smp didukung suaminya sgala..klo beneran jadi tuh..gw bs jadi mantu kesayangan kali yak hahaha..

        btw..kan kali aja tuh si mas edi kaku..tp galdira hihihi..

      • Iyaakkk.. Gue nonto trailernya, maygaawwdd… Bodinya ciamik tenan euy! *slurpt*

        Hihihi.. Kan kayak yang kemarin gue bilang, banyak lho yang penampilan luar kaku tapi ternyata galdira. Coba ada VCD-nya macam Ariel yaa.. *plak*

  3. Iku Joe sopo?
    Mbak Siti iku apanya Siri yg di iPhone? #halah

    Aku sendiri ngerasa kalo si akun yg memulai #SaveSiti iku agak gak jelas. Dia njelek2in Edi, tapijuga njelek2in Siti (cmiiw klo ga salah baca). Biar dijodohin juga biarin daaaaah….. Sitiudah gede iniπŸ˜› lagian iya kalo Siti yg sedih krn dijodohin…. Lha kalo ternyata hestek sebenernya adalah #SaveEdo gimance? Muka culun gt jg byk yg demen lho, hihihi…..

    • Joe Manganiello, Tyk. Yang main True Blood di HBO. Slurpee banget deeehhh *ileran*

      Nah itu Tyk. Akun yang kemarin lo kasitau itu, setelah gue bacain, bikin kepala pusing. Isinya fitnah nggak jelas, dan kemana-mana pula. Aneh beeuutt.. Dan setuju lho. Muka culun kayak gitu tetep banyak penggemarnya. Soale gue punya beberapa temen yang emang demen cowok-cowok bermuka culun, padahal mereka sendiri cantik, hehehe..

  4. *terkenang-kenang masa lalu*
    :))

    Samapun disini, dlu sang mantan dijodohin ama ortunya. Tp dipikir2 kita juga ga bakal kmana2 secara beda iman. Jd yah, dadah babay 9thn pacaran..
    Dulu sih nangis bombay, tp dipikir2 klo tetep ama yg itu apakah aku akan sebahagia sekarang? Ciyeeee..

    Thx ya udh diapp di twitterπŸ™‚

  5. Waktu masih kuliah gue pernah baca entah di jurnal apa gitu, katanya arranged marriage (but NOT forced marriage) lebih banyak berhasilnya daripada gagalnya. Kalo ga salah diliat dari jumlah perceraian dan indeks kebahagiaan hidup gitu. Agak mengejutkan juga buat gue waktu itu.

    Trus gue ketemu temen gue orang India dimana arranged marriage masih jamak banget, dan dia salah satu pelakunya. Dia bilang ke gue gini: “with arranged marriage you have almost no expectation, whatever you get is a bonus”

    Buat dia suaminya mau ikut belanja ke supermarket bener2 sesuatu yang luar biasa banget, sementara buat gue “situ cinta situ ikut belanja sama sini”

    Gue sih percaya ya sama ucapan witing tresno jalan-jalan itu, dan bagi gue cinta bukan satu2nya yang bikin sebuah pernikahan berhasil.

    • In a way, penjelasan di jurnal itu masuk akal, Rik. Orang-orang itu biasanya mau menjalani arranged wedding karena alasan yang kuat di balik itu. Bisa jadi alasan orangtua, bisnis, duit, etc. Dan alasan-alasan itu udah cukup untuk mereka buat terus menjalani hidup. Ya nggak sih?

      Ini sih pengalaman gue sama bonyok gue yang pernikahannya termasuk arranged wedding ya. Masing-masing jadi bisa lebih nrimo karena they have zero expectation on each other. Trus mereka juga nggak mau menyakiti hati ortu dan keluarga masing-masing yang telah bersusah payah memperkenalkan mereka. Jadi gue ngerti banget tuh omongan temenlo si orang India itu. Banyak pasangan bercerai padahal pacaran bertahun-tahun karena mereka kecewa, harapan dan imajinasi mereka pada pasangan masing-masing tidak terpenuhi.

Leave a Reply

