Curcol EEB

Buat emak-emak bekerja (EEB) di bidang kayak gue, travelling ke berbagai tempat itu wajib hukumnya. At least, itu sih yang gue alami. Waktu masih jomblo single dulu, dengan senang hati gue travelling ke mana-mana. Ibarat kata, ke ujung dunia pun gue jabanin. Malah kalo ke tempat-tempat yang less travelled, gue akan lebih senang.

Nah setelah punya anak, nyali EEB macam gue pun jadi melorot. Kayak aktivis mahasiswa yang cemen setelah jadi anggota DPR gitu deh *ciyeh sok politis nih yee*. Tiap ada tugas luar kota dan bos tanya “Siapa nih yang mau berangkat?” gue pasti nunduk sedalam-dalamnya supaya nggak disuruh. Atau kalopun disuruh, gue minta dispensasi dengan alasan “Masih menyusui”, or mentok-mentok ya bocahnya gue angkut juga.

Gue baru berani tugas ke luar kota tanpa ajak Nadira setelah dia umur 1 tahun lebih. Itu pun penuh pertimbangan dan ogah-ogahan dikit. Tugas pertama ke Bali yang cuma stay 3D/2N. Abis itu merambah ke Kroya yang rada lamaan, 7D/7N.

Was it hard to leave your kid at home while you’re travelling? IMHO mah, relatif ya. Susah nggak susah gitu lah. Yang terutama adalah, you have to prepare everything first, including yourself. Kalo dirilo terlihat nggak siap, ragu-ragu dan sedih, anak akan ngerasa dan akan begitu juga lho.

Tiap mau berangkat, dari jauh-jauh hari, gue udah pelan-pelan kasitau Nadira bahwa gue akan kerja ke Bali/Kroya/HK/etc. Tiap ada kesempatan, mau itu pagi/siang/sore/malam, pasti gue bilang “Ibu mau ke Bali/Kroya/HK/etc, nanti Mbak Dira sama Papa ya di rumah.” Reaksinya, so pasti marah lah. Protes gitu deh. Dan terus terang, pas pertama kali ke Bali itu, gue yang agak goyah juga. Bisa nggak ya Nadira gue tinggal?

Kenyataannya, Alhamdulillah baik-baik aja tuh. Pas anter gue ke bandara, Nadira malah tegar banget dadah-dadah sama gue. Yang agak berkaca-kaca justru Papanya. Apalagi pas gue tinggal ke Kroya. Takut bininya disamber Lee Min Ho kali *GR :D*

Selama gue di Bali sesi 1, gue ribeet bener nanyain Nadira ke hubby. Waktu itu kita masih tinggal nebeng sama MIL, jadi perasaan agak tenang karena at least Nadira was in good hands lah. Karena waktu itu masih ninen, ya jadi agak PR buat hubby untuk menidurkan dia. Untung ada MIL, SIL dan Mbak-mbaknya, jadi rumah agak rame.

Begitu juga pas gue ke Kroya. Karena masih ninen, ya kembali PR buat hubby bersama the in laws untuk menidurkan Nadira. Mana gue seminggu full pula kan. Katanya sih awal-awal minggu masih biasa-biasa aja. Tapi udah lewat empat hari, Nadira udah mulai agak salting dan rewel. Kangen pastinya dan kayaknya sih sakaw ninen🙂

Pas ke Bali sesi 2 dan ke HK  beberapa bulan lalu, Nadira udah nggak ninen. Jadi urusan tidur udah nggak rempong-rempong amat. Terus kebetulan kita udah pindah ke rumah sendiri. Pas yang gue ke Bali sesi 2 sih, MIL sempet nemenin Nadira bobo di rumah karena takut rewel. Tapi yang pas gue ke HK, Nadira cuma bobo berdua sama Papanya. Sama hubby cuma dibiarin mainan sambil nyanyi lagu anak-anak favoritnya (mungkin ditotal 1 kaset full ye, hobi bener ini bocah nyinden sebelum bobo) sampe akhirnya tidur.

Selama gue tugas ke luar kota/negeri itu, Nadira emang overall manis-manis aja. Paling-paling nanyain “Ibu temana?” dan begitu dijawab “Ibu kan lagi kerja ke Bali/Kroya/HK/etc” dia balik mainan lagi. Tapi begitu gue telepon, biasanya dia langsung mewek. Mungkin karena dia menyadari, ibunya ada tapi nggak bisa dipeluk kali ya :’)

Apalagi kan setelah disapih, tiap bobo pasti Nadira selalu peluk dan ciumin lengan plus ketek gue. Mau gue mandi atau kagak, pasti acara endus-endus ini wajib ada tiap dia mau bobo. Ini nih yang namanya unconditional love, hehehe.. Kalo gue nggak ada, rutinitas ini hilang. Jadi mungkin pas denger suara gue di telepon, dia langsung keinget bau ketek dan lengan gue kali yaa..

Yang paling parah ya pas gue ke HK kemarin itu. Gue cuma berani telepon di malam pertama gue di sana. Soalnya Nadira yang mewek kejer gitu. Meski kata hubby, 30 menit kemudian dia udah tenang dan balik mainan lagi, gue nggak mau gambling. Gue nggak mau egois dan ngerusak mood dia demi keinginan gue untuk menuntaskan kangen dengan mendengar suaranya. Jadi selama di HK, gue berusaha puas hanya dengan baca update-an kabarnya via BBM hubby. Hikss..

Oh ya selain persiapan mental diri sendiri dan anak, secara emak-emak rempong, biasanya gue ribet nyiapin segala macem makanan siap goreng/kukus di kulkas. Pas ke HK kemarin, malem sebelumnya gue udah masak sop bakso. Jadi Senin, menu Nadira sop bakso + ayam goreng (ayam ungkep yang udah gue siapin dari Sabtu, ART tinggal goreng). Selasa menunya opor ayam plus sayur dibawain nyokap gue. Rabu gue minta ART bikinin sayur bayam plus gorengin telur/ayam goreng/bakso ikan goreng fave-nya Nadira. Kue-kue kayak Brownies Kukus, Cupcake dan Carrot Cake udah gue bikin dan simpen di kulkas. Jadi pas Nadira minta, tinggal diangetin. Bapaknya mah gampang. Di kulkas selain gue siapin ayam ungkep, juga ada ati ayam ungkep, rolade (beli di @bheboth enak deh), dan beberapa makanan siap saji lainnya. Simple toh?

Meski begitu, ya tetep aja namanya ninggalin anak rasanya gimana gitu ya bok. Apalagi dari pengalaman gue nih, sering kali, yang lebih susah berpisah justru orang tua dari anaknya, bukan sebaliknya. Bener kan ibu-ibuu??🙂

Kalo gue sih, bohong banget kalo nggak mikirin anak. Tapi sebisa mungkin gue berusaha fokus sama pekerjaan dan kesempatan gue travelling ke lokasi tersebut, yang bisa jadi besok-besok nggak akan terulang lagi. Seize the day gitu judulnya. Nikmatin tempatnya, makanannya, dan ya kalo ada cowok-cowok ganteng lumayan lah yaa buat cuci mata dan dipelototin gitu, hihihi..😛

Tiap abis pulang dari luar kota/negeri, Nadira biasanya mesraaa banget sama gue. Nemplok-plok-plok deh kayak perangko. Dan gue suka kasian kalo gue pulang dari tugas Rabu malem, misalnya, trus Kamis paginya gue udah harus ke kantor. Biasanya dia nangis dan rewel deh seharian. Poor baby😦

Yang agak lucu, kemarin adik gue tugas ke Nias. Trus keponakan gue, si Langit, pas ketemu gue jadi nemplok dan minta gendong terus. Nadira kan biasanya suka jealous kalo ada yang deket-deket gue gitu. Tapi kemarin dia nggak lho. Mungkin dia ngerti kali ya gimana rasanya pas ditinggal gue ke luar kota🙂

Cuma ya gitu, pas mau tidur, gue ceritain:

G: Tanta (adik gue) lagi pergi ke Nias. Deba (Langit) bobo sama Om Igun. Kayak Mbak Dira dulu ya waktu Ibu ke Hong Kong ya.
N: Iya, Mbak Dila bobo cama Papa watu Ibu te Honton.
G: Ibu boleh ke Hong Kong lagi nggak?
N: Ndak. *sambil peluk*
G: Ke Bali aja deh.
N: Ndak *pelukan tambah kenceng*
G: Ke Korea ya?
N: Ndaaaakkk *pelukan kenceng banget sambil geleng-geleng kenceng*
G: Lah trus ibu bolehnya kemana?
N: Di cini aja, cama Mbak Dila. Ibu ndak ucah peldi.
G: Emangnya kenapa Ibu nggak boleh pergi?
N: Mbak Dila tan tanen *sambil usel-usel*
G: :’)

I love you too, sweetheart!🙂

18 thoughts on “Curcol EEB

  1. aaahhh jd inget setahun lalu ninggalin anak 3 bln pas gw lagi tugas terbang haji.. Anak gw wkatu itu TK B, Pas udah 2 minggu pergi, gw kebetulan ada flight ke jakarta, dateng cuma sehari, daaann begitu dia liat gw, anak gw cuma bengong aja, kyk ada rasa gak percaya gitu..sampe gw bilang ‘ini mama nak..’ gw peluk dia sambil gw bilang berkali2 ‘ini mama..’ eh bocah langsung nangis…

    Pernah lagi di pesawat gw inget anak gw sampe nangis, dan ternyata di rumah pada waktu yang sama anak gw lagi tidur manggil2 gw sampe nangis2.. Yg ada bsknya gw dimarahin laki gw agar jgn terlalu inget2 banget,..oooo tak bisaaa..

    Sekarang anak gw udah kelas 1, n tiap gw bilang gw mau terbang lagi, anak gw langsung ngomong galak ‘mama..mama jangan doain aku ya biar aku ngijinin mama terbang..’ bos besar bener2 udah gak kasih ijin,,

    • Aduh Mak, baca komenlo jadi terhura :’)

      Dulu pas gue ke Kroya, reaksi Nadira sama banget tuh sama reaksi anaklo. Pas ketemu gue, dia bengong. Mau sih digendong tapi bolak-balik gue diliatiiinn melulu, sambil diendus-endus. Mungkin untuk mengidentifikasi bener nggak ya ini emak gue. Terus pas udah beberapa jam, langsung deh dia minta ninen lagi, hehehe..

      Dan samaan banget tuh. Pas ke HK kemarin, gue sempet yang susah tidur sampe jam 2 pagi waktu HK karena inget Nadira. Ternyata pas gue sampe Jkt, hubby cerita kalo malem itu Nadira rewel dan susah tidur. Ikatan batin ibu dan anak emang kuat ya.

      Tapi salut deh sama dirimu, bisa kuat ninggalin anak 3 bulan. Gue mau ambil short course di luar negeri selama sebulan aja masih mikir-mikir lamaaa bener. Susah lepas dari anak euy🙂

  2. secara gue IRT jadi gak (belum) pernah kejadian gue harus pergi ninggalin anak2. Tapi kan Mikko sama tuh profesinya kaya elu, Ra, suka harus ngeliput ke luar gitu, hampir tiap bulan ada kali….hwaduuuuuhh…tiap dia pergi nangis deh gue, nangis semaput maksudnya harus ngurus anak sendirian.

    Tapi semenjak Kai makin gede gue ngeliat kalo Mikko pergi lama dia suka nanya “isi? isi?”, trus kalo ada suara di pintu langsung anaknya lari “isi dataaaaang” padahal yang dateng tukang pos. Asli deh…gue ngeliatnya sampe nyeeeesss banget hati ini.

    • Aduh, gue jadi ikut nelangsa baca reaksinya Kai, Rik. Mana sehari-hari dia di rumah terus dan lo lagi ribet sama Sami ya. Pasti dia kangen Mikko karena dia satu-satunya partner bermain ya :’)

      Kai Kai, kalo ke Indonesia, main sama Nadira yaaa.. *ngeprospek buat jadi calon mantu :P*

  3. oh so sweeet ;’) akhir2 ini postinganmu bikin aku ngembeng2 mewek, hahaha.. salut deh dengan working mom yang bisa manage perasaannya pas jauh dari anak gitu. kalo aku gak tau deh mewek kayak apa. suamiku juga kerjaannya pindah, LDR mulu lah judulnya. terakhir sebelum pindah kesini, pisah 3 bulan. Ganendra juga udah mulai ngeh kalo bapaknya gak disampingnya dia. Yang paling nyess, pernah suatu saat pas di jalan iseng aku tanya lagi “ayah mana?” dia nunduk2 nyari2, ngeliatin langit trus nunjuk2. haduuuuh.. mak jleb rasanya. pas ayahnya pulang, dia nangis kenceeng banget, tapi dia ngintip2 gitu, mastiin itu ayahnya apa bukan. lucu tapi kasian. Ini rencana pisah lagi 2 bulan krn aku hrs balik ke indo, rasanya puyeng juga. Soalnya selama disini, anak ini lengket banget sama ayahnya. Kadang tidur aja abis nyusu langsung balik badan meluk tangan ayahnya.
    Kadang aku sedih juga sih, tapi inget banyak yang lebih gak beruntung dari kita, lumayan bisa ngerem kangen lebay-nya hahaha

    • Huaaa.. Itu Ganendra pinter amat sih Mak. Ciuumm.. :*

      Iya ya, kenapa postingan gue sok-sok melankolis gini? Kurang cucok kayaknya, hihihi.. Anyway, emang bener ya, berat kayaknya kalo kudu LDR. Gue sih belum ada pengalaman. Tapi baca-baca pengalaman orang, termasuk pengalamanlo, bikin hati ndredek gitu bayanginnya. Kitanya sih bisa lah overcome the problem. Anak itu lho yang susah dan bikin hati sedih liat efek LDR pada dirinya :’)

  4. Iya setuju ra, kitanya juga harus ridho.. anak kita pasti ditangan yang aman kan.. entah bapaknya atau neneknya. Tapi yah.. boro2 gue mikir ke luar kota.. kmrn aja gue tinggal ke mayestik ngamuknya kenceng bener, sampe nangis trus tidur juga masih mewek.. untungnya di tempat kerja sekarang gue udah nyaris ga pernah keluar kota lagi. Apa ambisi karir dan travelling udah hilang bersama air ketuban? hehe.. mbak dira pinter bgt ya ngomongnya..🙂

    • Hahaha.. Ih kalimatlo koq mirip banget sama pertanyaan gue ke diri sendiri ya. Kalo gue suka bertanya-tanya, apakah ambisi karier, travelling dan fashion sense hilang bersama air ketuban ya? Abisan jadi cemen gini setelah punya anak😛

      Nadira gitu gak tau siapa yang ngajarin. Tapi lumayan Ti, karena dia lagi belajar ngungkapin perasaan, suka gue racunin dengan omongan-omongan soal Disneyland dan travelling. Trus gue suruh bilang deh ke bapaknya. Lumayan sapa tau di-approve😀

    • Ih ya ampun, bener banget Nik. Even more than that. Sama anak rasanya lebih dari sekadar pacar deh. Makanya we would do anything for them because they’re the center of our universe. Gue jadi inget omongan temen yang udah berkeluarga pas gue masih jomblo “Gak usah mewek saat dikhianati pacar. Itu mah nggak sebanding sama perasaan kalo anak sakit atau kenapa-kenapa.”

      Tania hobi cium ketek ya Nik? Hihihi.. Toss dulu ah!🙂

  5. benaaar! kita yg mewek duluan ketimbang anak2x kita klo kita pergi dinas, dan entah smakin kangen bocah2x di rumah semakin gw impulsif membelikan oleh2x buat mereka *alasan pembenaran :P*
    tapi surga dunia rasanya ketika anak menyambut kita di depan pintu rumah dengan teriakan: “ibooooooeeeee”

    • Ih soal oleh-oleh itu bener bangeettt.. Gue liat temen-temen kantor yang emak-emak juga gitu bok. Tiap pulang darimana, pasti anaknya dapet oleh-oleh banyak bener. Sementara bapaknya belum cencu hihihi..

      Kalo gue, biasanya gue beliin mainan/baju/etc dulu buat Nadira sebelum berangkat. Soale karena gue business trip, suka susah nyempetin belanja barang untuk anak. Paling-paling yang gampang ya bangsa coklat or boneka.

      Setuju banget soal surga dunia itu. Hati lumer ya bok begitu liat senyum mereka terkembang pas menyambut kita🙂

  6. OHMAYGAWDDDD…. Ra, lo benerbener menyuarakan pikiran gw selama ini.. *peluk banget*

    Iya, dulu jaman masih single, biz travel selalu dinanti, sendirian di antah brantah pun dijabanin. Skr gw jg kalo ada tawaran pergi slalu menunduk dalamdalam dan berdoa sungguhsungguh spy jangan gw yang pergi atau acaranya gak jadi atau jadi tapi ke tempat yang si anak bisa gw angkut.

    Di situ gw baru nyadarin bahwa mungkin sesungguhnya bukan anak gw yang ga bisa tanpa gw, tapi gw yang ga bisa tanpa dia.. Hiks. Huhu..

    Makasih, Ira!!

    • *peluk Smita erat-erat*

      Iya Smit, banyak koq temen gue yang pas tugas ke luar kota/negeri, galaunya luar binasa. Eeh pas telepon anak or pas udah balik ketemu anaknya, si anak yang biasa-biasa aja. Mungkin karena ingatan mereka masih pendek dan dangkal ya, belum sedalam dan sepanjang kita yang dewasa. Trus juga, cara berpikir mereka masih sederhana, jadi semua masih serba simpel dan gak rumit kayak kita🙂

Leave a Reply

