I Love You Daddy

I talked about motherhood and my mom most of the time in this blog. But how about fatherhood and my dad? Well I try to write it here. Mudah-mudahan nggak aneh hasilnya🙂

Hubungan gue dan bokap biasa-biasa aja. Padahal menurut pakem, normalnya anak cewek, apalagi anak cewek pertama, deket sama bokapnya kan? Nah, it doesn’t apply to me. Gue dan adik gue lebih deket sama nyokap. Kita bertiga biasa gosip, shopping dan curhat bareng, mulai dari hal sehari-hari sampe urusan cowok. Sama bokap? Never.

Padahal waktu gue kecil, gue inget banget, bokap itu sosok yang heroik bener buat gue dan adik gue. Nyaris tiap malam kita didongengin bermacam-macam kisah. Mulai dari Klenting Kuning sampe Joko Kebluk. Yang terakhir itu gue rada nggak yakin beneran ada dongengnya atau cuma karangan bokap aja. Tapi semua lucu dan menyenangkan.

Trus bokap sering ngajak kita ke toko buku dan sabar menunggu kita pilah-pilih buku yang cocok untuk kita. Kalo lagi di rumah, bokap rela rambutnya dikuncir macem-macem sama dua anaknya yang centil ini. Setelah itu, kita ketawa bareng-bareng ngeliat rambut bokap kayak berjamur karena dikuncir kecil-kecil.

*picture’s taken from here *

Tapi pas udah mulai dewasa, kedekatan kayak gitu perlahan mulai menghilang. Bokap langsung pasang citra “Bapak yang tegas” ke anak-anaknya dan nggak jadi sosok yang hangat kayak dulu lagi. Apalagi pas gue dan adik gue mulai kedatangan temen-temen lawan jenis. Sumpe deh, bokap gue galak banget bok.

Nggak usah pacar, temen gue yang cowok-cowok pun sukses dijutekin kalo pada main ke rumah. Makanya semua pada bilang “Bokaplo jutek amat Ra.” Padahal di antara keluarga dan teman-teman, bokap gue itu sosok yang super ramah. Dia cuma jutek ke temen-temen laki anaknya aja😀

Bokap baru bisa agak ramah dikit ya sama hubby. Sama pacar-pacar gue sebelumnya sih boro-boro. Padahal gue dan hubby pacaran cuma 1 tahun, itupun sambil nyiapin kawinan. Mungkin karena hubby luwes dan jago basbisbus ya. Ini juga sih yang jadi salah satu nilai plus kenapa akhirnya gue mau kewong sama diana😀

Dulu-dulu sih gue suka sebel sama bokap yang dikit-dikit ngelarang, dikit-dikit ngelarang. Tas dan mobil gue suka di-sweeping karena beliau nggak ngebolehin gue ngerokok. Alasannya “Rokok itu merupakan gerbang menuju narkoba.” Trus kalo pulang malem banget, beliau nyuruh nyokap untuk neror gue via sms dan hape. Kalo nggak mempan, beliau sendiri yang telpon dan bikin gue gemeter takut angkat. Intinya, segala yang dilakukan bokap bikin gue tambah males deket-deket beliau. Apalagi bokap gue tipe yang kalo ngomong ketus dan sengak. Jadi gue suka deg-degan sendiri, takut kena omelan.

Sekarang, setelah merit dan punya anak, citra itu masih ada sih. Tapi pelan-pelan luntur. Bokap gue setelah pensiun kan masih kerja lagi karena beliau nggak betah di rumah. Dan beliau paling ogah naik mobil, jadi kemana-mana doyannya naik motor. Setiap hari, beliau naik motor pulang pergi Condet-Pulogebang yang tentu aja nggak deket jaraknya. Tapi nyaris setiap hari pula beliau menyempatkan diri mampir ke rumah gue dan adik gue untuk menjenguk cucu-cucunya secara bergantian. Biasanya nggak lupa bawain makanan or jajanan favorit cucu-cucunya kayak es krim, jeli atau sate.

Kalo gue dan suami atau adik gue dan suaminya belum sampe rumah, bokap nggak akan pulang. Katanya kasian cucu-cucunya cuma berdua sama ART aja di rumah. Padahal di usia 60 tahun, naik motor dari Galaxy/Duren Sawit ke Condet itu nggak deket kan? Tapi kalo kita komplain, beliau akan lebih galak lagi. It shows how much he loves his granddaughters.

Gue sih kadang suka mikir, apakah mungkin semua yang bokap lakukan ke Nadira dan Langit ini merupakan cara beliau untuk mengembalikan kenangannya atas apa yang beliau, gue dan adik gue punya bersama saat kami masih kecil? Atau mungkin juga, ini merupakan manifestasi penyesalannya karena tidak lagi dekat dan hangat dengan dua putrinya ini? Jadi semua kasih sayang sekarang dicurahkan ke cucu-cucunya.

Whatever it is, thank you so much for your attention, Dad. I love you! :’)

 “Any man can be a Father but it takes someone special to be a dad.” — Anne Geddes

“By the time a man realizes that maybe his father was right, he usually has a son who thinks he’s wrong.” — Charles Wadsworth

“It doesn’t matter who my father was; it matters who I remember he was.” -Anne Sexton

18 thoughts on “I Love You Daddy

  1. Iraaaa, sukses lo bikin gw mewek disore yang mendung kelabu kaya ginih. Huhuhuhu, bokap gw juga tipe ² kaya bokap lo gt ra, tapi kalo ke temen ² yang cewe centil ujubileh. *sigh* I miss him so much ra*apus air mata*
    Tiap inget pasti gw ngomong sendiri, kebayang kalo masih ada bokap pasti tiap minggu nginep dirumah, apalagi nengokin cucunya.
    Sayang banget gw nikah ga disaksiin bokap*mewek lagi*
    Huhuhuhu.

  2. Dulu kita senengnya pergi sm papa krn pasti semua yg kita pengen dibeliin, pas udh jd ibu baru berasa ya, ngurusin uang rumah tangga itu susah🙂
    Yap, sering banget malah kehujanan kerumah, krn udah janji mau bawain cucunya sesuatu😦
    Dan beberapa kali kalo saya+igun plg malam bgt, papa nemenin Langit di kamar sambil terkantuk2 T__T
    Beruntung kita masih dinikahkan dan beliau masih ada kesempatan utk mencurahkan kasih sayang ke cucu2nya. Love you so much, dad!

    • Samaa.. Mana biasanya Nadira nggak ngebolehin Engkung-nya pulang pula. Masih mau main terus sama Engkung. Manalah tega si Papah buat pulang ninggalin cucunya😦

      Yup, we’re so lucky. Alhamdulillah🙂

  3. ira, tulisan elo bikin gue brebes mili untuk kedua kalinya. tadi malem pas pertama baca, and now pas gue mau komen😥 you’re so lucky mak, bokap masih ada sampai sekarang. bokap gue gak ada pas gue lagi hamil fatih. gue yakin banget kalo bokap msh ada sampe skr, beliau juga akan melakukan hal yang sama buat cucu2nya. say hello to your daddy ya mak🙂

    • *peluk Ria kenceng-kenceng*

      Iya Ri, I’m sure if your dad’s still around, he would do exactly the same thing as my dad does to his granddaughters. Insting kakek ke cucu gitu lho🙂 Nanti gue sampein salamlo yaaa..🙂

  4. kangen papaaaa… (T___T)
    pernah gw ceritain kan mba sampe sebelom aira lahir, gw lebih deket sama bokap…

    ihiks…
    kalo gw lg di jakarta, bokap ngurus aira banget. Pernah gw tinggal aira di rumah cuma sama bokap dan sukses! aira juga lengket berat sama ayah gaeknya. Dulu waktu gw tinggal di jember, bokap kebetulan ada proyek di surabaya, urusannya bisa selesai 1 hari sih bisa tektok jakarta-surabaya, tapi papa bela-belain capcus malem ke jember (5 jam perjalanan dari surabaya) naik bis (karena se-selesainya urusan di surabaya udah ga ada travel dan jadwal kereta ke jember) trus nginep 2 malem di rumah gw dan selama di jember sengaja matiin hp nya biar ga keganggu urusan kantor katanya =’)

    • Baca cerita tentang bokaplo jadi kebayang gimana deketnya lo sama beliau ya Zie🙂 Bela-belain banget antar kota antar provinsi cuma untuk menjenguk anak cucunya. Yang bikin tambah terharu, sampe matiin hape lho :’)

  5. Gw cmn berani komen aja, gak berani baca postingan di atas Ra..
    Gw gak pernah ngerasain kasih sayang bahkan figur ayah kyk anak2 lain😦
    I’m happy for you & Lita🙂

  6. kalo ibuku, suka komentar kalo aku anak ayah …

    sampe sekarang, prinsip ayahku “kalo bisa bikin, ga usah beli” sebisa mungkin diberlakukan. secara dulu mulai dari baju, lemari, set meja kursi, kasur, dipan, pot bunga, sampe radio pun hasil karya ayahku sendiri. aku selalu nganggap ayahku bisa bikin hampir semua kebutuhan hidup manusia he he he….dan blio semangat buat terus belajar tanpa kenal usia. pas masuk usia 50-an, malah asik belajar bikin kaligrafi pake logam kuningan, setelah dulu-dulu pake marmer dan kayu. sampe terima pesenan juga😀 sekarang malah rajin bener belajar komputer, biar ga kalah sama yang muda katanya.

    apalagi waktu masi sekolah, temen2 dianter ibunya buat ambil rapor, eh ayahku dong muncul jadi yang paling ganteng he he he. yang paling mengharukan, waktu nikah, blio bikinin cermin berpigura ukiran. katanya baru boleh dibawa kalo dah punya rumah sendiri. hiks….

    • Waahh Mak, ayahmu mirip banget sama bokap gue. Tipe yang handy man, jago bikin segala macem pake tangannya sendiri. Dan sama banget tuh, bokap gue juga semangat banget untuk belajar meski udah tua. Sekarang aja di usianya yang ke-60 dan udah pensiun, beliau nggak mau berhenti kerja. Di kantornya yang sekarang, keahliannya nguprek komputer melebihi anak-anak muda teman kantornya. Padahal bokap gue belajar komputer sendiri lho. Gue lagi khawatir bentar lagi dia belajar internet, ngetwit dan follow gue nih, hahaha..😀

  7. Iraaa.. sampe mewek jaya ini di kantor gara2 baca postingan lo kali ini… Sejak Bokap ga ada 1,5 tahun lalu rasanya pengen muterin waktu. Ngoreksi segala hal salah yang pernah kita buat or just simply just make another sweet memory with him… hwaaa… mewek lagi deh..
    ayo Ira, tanggung jawab..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s