To The Extreme (ist)

Udah lamaaa banget gue mau nulis ini. Tapi selalu takut kenapa-kenapa. Karena mungkin deep down inside, gue mengakui, kalo satu hal yang gue bilang ekstrem, belum tentu ekstrem untuk orang lain. Jadi, gue keep on postponing to write the post, on and on and on.

Tapi sekarang, hajar bleh aja lah. Wong ini cuma sekadar pemikiran gue kan. Gak penting. Mudah-mudahan gak ada yang tersungging yaaa🙂

Anyway, beberapa waktu lalu gue pernah baca timeline twitter yang memperdebatkan soal pro kontra imunisasi. Gue sih dari dulu nggak pernah kepikiran untuk tidak mengimunisasi anak gue. Dari berbagai literatur kesehatan dan hasil diskusi sama dokter anaknya Nadira, gue menilai imunisasi itu wajib hukumnya. Buat gue lho yaaa… 

Pernah sih baca ada pro kontra soal halalnya imunisasi. Berhubung gue orangnya gak sakelijk, gue cuek aja. Lagi pula, gue pernah baca di beberapa sumber (salah satunya ini), Nabi pun membolehkan kita memakan sesuatu yang haram dalam kondisi darurat, daripada kita terancam bahaya mati kelaparan. 

Nah untuk imunisasi, dalam pandangan gue yang super awam ini, karena belum ditemukan yang sahih halalnya, daripada gambling anak gue kenapa-kenapa, mending diimunisasi aja. Pro kontra ini, menurut gue, justru harusnya dipandang sebagai dorongan bagi para ilmuwan-ilmuwan muslim untuk segera menemukan vaksin yang benar-benar halal. Jangan jadi boundary buat menolak mentah-mentah hal itu.

Baru-baru ini lah gue tau bahwa ada beberapa kelompok yang sangat ngotot untuk tidak mengimunisasi. Mereka bahkan meminta orang tua lain untuk melakukan hal yang sama dengannya.

Gue langsung melongo. Serius. Maksud gue, kalo emang itu prinsip hidup dan cara berpikirlo, ya silakan melakukannya. Anak kan anaklo, duit kan duitlo, masa depan kan masa depanlo. I don’t give a damn at all. Tapi kalo udah mengajak, mengancam bahkan bilang “Silakan yang (anaknya diimunisasi) mau masuk neraka, saya sih (yang anaknya gak imunisasi) mau masuk surga aja”, I think I have the right to say, “Man, you’re extreme to the bone!”

*mudah-mudahan gak disambit bom molotov*

Yang kedua nih, belakangan gue liat banyak teman-teman yang mulai berjilbab. Alhamdulillah, gue seneeeennggg banget liatnya. Tambah cantik-cantik semua deh!🙂

Eeehh.. Tau-tau gue baca ada yang bilang, kalo hijaber modis itu harus dilarang karena bertentangan dengan agama. Bahkan ada juga yang melarang perempuan-perempuan Muslim untuk pergi ke mol.

Yah melongo lagi deh gue. Menurut gue mah udah bagus ya mereka pada mau berjilbab. Harusnya jangan dihantam dengan larangan ina-itu yang bikin semangat berjilbab kempes dong. Kalopun ada yang kurang bener, dibilangin baik-baik. Jangan main hajar kayak gitu.

Trus gue jadi inget pas gue umroh 4 tahun lalu. Gue kan umroh bareng serombongan yang isinya temen-temen semua. Ceweknya 3, sisanya cowok semua. 1 orang cewek di rombongan aslinya berjilbab, sebut aja namanya Y. Cuma gue dan temen gue, sebut aja si X, yang aslinya gak berjilbab.

Pulang umroh, si X memutuskan untuk berjilbab. Sementara gue nggak. Langsung dong si Y ini berkoar-koar ngejelekin gue kemana-mana. Dia sebel karena gue nggak mau berjilbab kayak X. Padahal dia berharap begitu.

Agak aneh sih menurut gue. Lah ini kan kepala dan badan gue. Koq dia yang rempong? Trus pake acara ngomongin gue kemana-mana dan ngejelek-jelekin. Apakah itu solusi terbaik untuk mendorong gue berjilbab? 

Serius deh, kalo pengen dakwah dan merangkul teman ke jalan yang menurut dia benar, cara kayak gitu justru jadi bumerang kali. Temen-temen gue yang lain pun jadinya malah gak simpati dengan caranya itu. “Mau ngajak orang berbuat baik koq pake cara yang jahat,” kata mereka.

Si Y juga banding-bandingin gue sama X. Trus bilang kalo X berjilbab karena dengerin nasihat dia. Nah lho, maksudnya apa ya ini orang? Pengen masuk daftar “The Most Powerful People” versi Majalah Forbes ya Jeng?

Oh ya, buat yang curious, si X sampe sekarang tetep berjilbab sih. Tapi baru-baru ini dia bikin tato segede gaban. Pas gue tanya, katanya “Biarin aja. Yang penting nggak keliatan dari luar.”

*tarik nafas dulu ah*

Yah, dalam hidup, orang-orang kayak gini pasti selalu ada ya. Dan terus terang, nyebeliin banget. Rasanya kayak kanker yang kudu dioperasi secepat mungkin supaya nggak menggerogoti organ tubuh lainnya.

Jadinya IMHO nih, tinggal kitanya aja yang kudu pinter-pinter meng-handle orang-orang kayak gitu. Didiamkan, dicuekin, atau if you have the guts, ditegur. Kalo gue sih lebih prefer cuekin aja lah. Pegel ngeladenin yang macam gitu. Ujung-ujungnya cuma bakal menghasilkan debat kusir yang panjaaannng banget, nggak kelar-kelar kayak telenovela.

Prinsip gue, hidup gue adalah hidup gue, hiduplo adalah hiduplo. Asal nggak saling ganggu, semua bisa berjalan selaras. But once you try to mess up with me, don’t expect me to stand still, ok?

*gimana Jeng Bunga postingan eikeh? (tulis nama alias tapi koq kasih link blog, hihihi..)*

34 thoughts on “To The Extreme (ist)

  1. couldn’t agree more mak ira..asal ga ganggu mah terserah deh mau ngapain aja..lagian itu yg ngmg mau masuk surga kok PD amat ya? yg bisa nentuin org msk surga atau neraka mah cm Allah..

  2. Aihh setuju mba.

    Jujur aja..gw ϞĞƍªќ mengimunisasi anak2 gw..alasannya apa? Hmm ϞĞƍªќ seperti para penolak imunisasi diluar sana sih..gw punya alasan sendiri diluar alasan haram dsb..dsb.. Tp gw ϞĞƍªќ pernah ajak2 orang buat ngikutin gw..krn gw jg ϞĞƍªќ mau dipaksa2 orang yg pro imun buat ikutan mereka.

    Buat yg masalah jilbab syar’I n ϞĞƍªќ syar’I kl mnrt gw ya lama2 berproses lah orang. Gw juga dulunya pk jilbab gaul bercelana Keta, baju ketat, jilbab ditarik ke belakang ϞĞƍªќ menutup dada. Tp lama-lama ada bosennya koq smp akhirnya gw memutuskan untuk bergamis dan menggunakan jilbab yg menutup dada (walaupun masih bnyk yg bilang masih blm syar’I krn masih berani pakai warna yg mengundang perhatian)..

    Tp kl smp ngelarang hijabers ke mol mah keterlaluan buangeeet.. Apa dasarnya? Kl masalah ikhtilaf (campurbaur laki-pere) sekalian aja larang k pasar tradisonal juga..biarkan para lelaki yg belanja keb. Rumah tangga..hihihi

    Yah kalau mau ikutan kata orang mah capedeeh..mending perbaiki diri sendiri aja dulu..blm tentu yg kita yakini benar smp bikin kontroversi juga benar dimata اَللّهُ..

    Ya ga? Ya ga?

    • Nah harusnya kelompok itu niru lo kali ya Del. Kalo mau melawan arus, ya udh sendirian aja. Gak usah ngajak-ngajak dan memprovokasi orang.

      Dan gue setuju sama komenlo soal jilbab. It’s all about the process. Makanya gue menyayangkan orang-orang yang langsung memborbardir seorang jilbaber baru untuk berjilbab gondrong. Soale ada lho yang begitu baru pake jilbab langsung gitu, lama kelamaan malah semakin ketat. Padahal menurut gue, perubahan itu harusnya ke arah positif, bukan ke arah negatif. Ya gak sih? Dan semua baik buruk itu Allah yang nentuin koq. Bukan tugas kita sebagai manusia untuk menentukannya🙂

  3. Ra,

    Imunisasi buat gue sih wajib, ngga pernah kepikir awalnya haram/halal hahaha… tapi lebih kepada tindakan preventif aja.. Gue sih berharap ibu2 pro kek, kontra kek, saling menghormati lah, asal anak kalo lagi batuk ingusan jangan dibawa ke sekolah atau deket-deket anak gue aja, gondok bgt kalo liat yg begitu.

    Anywaaay,
    kok ngga bilang yg sering bawa-bawa ayat di twitter tapi kalo kepo urusan orang nomer satu sih? *panas-panasin* Lagian sih mau dakwah & ngajak tapi suka ga sesuai perbuatan & bikin antipati, yang ada malu-maluin..

    Gue juga suka bingung aturan berhijab sekarang.. Ada orang-orang yg sukanya mendiskreditkan bgt yg hijabnya modis & bermake-up, kesannya kastanya lebih tinggi gitu.. (lah apa kabar gua dong? rakyat jelata?)
    Sampe temen gue baru buka clothing line buat cewek berjilbab sempet diteror mas-mas karna jual celana lho, ini celana harem pants bukan yg ketits gitu, yg wajib itu rok katanya, celana harom hukumnya.. (tapi ini celana harem mas, bukan harom..)

    • Setuju! Kalo lo anti imunisasi, jangan biarkan anaklo yang lagi sakit berkeliaran di tempat umum. Konsekwen dong dengan pilihanlo. Anak lain gak sakit karena imunisasi yang lo bilang haram lhoo.. Sementara lo kan gak imunisasi krn gak mau yang haram-haram. Please respect each other lah yaww..

      Soal twitter, hihihi.. Iyak gue suka bingung. Ada sih yang hobi nge-RT ayat-ayat dan bilangnya dakwah. Tapi kalo ada gosip, keponya nomor satu bookkk.. Orang zaman sekarang pinter-pinter cyin. Pada bisa menilai koq kira-kira yang (sok) berdakwah itu beneran atau cuma angot-angotan kalo sehari-harinya masih suka kepo sama gosip dan urusan pribadi orang lain.

      Makanya jeng Bunga (halah dilanjutin nama aliasnya), gue sempet yang gimana gitu pas bacain TL twitter golongan yang menentang jilbab modis. Gue jadi mikir, lah katanya muslimah yang kastanya paling tinggi karena jilbabnya udah canggih, koq sikapnya kayak gitu amat? Sementara TL pimpinan ikon jilbab modis malah adem ayem dan bikin orang simpati karena di umur yg masih 20thn, gak keliatan emosinya. Coba kita ye yg digituin, udah nyantet kanan kiri kali😛

  4. Ooh semalem loe ngebahas ginian yak, Ra ?
    Gw pikir ngebahas gw…yah padahal gw udah demen aja dibahas sama emak metropolis kayak loe.
    Waktu awal-awal begawol di dunia maya mah, gw mah bingung sama orang-orang kayak gini. Membela opini dooong.
    Sekarang mah gw cuma ngelirik ” Oooo…”. Cukup tau aje. *buktinya gw aja baru tahu soal Hijabers pas heboh-heboh di twitter tadi. gw makin gak gawol aje*
    Abis Ooo..langsung balik sibuk ngeliatin pergerakan RD…*pencitraan hahahah…*
    Hidup itu kan selalu ada pro dan kontra. Yang penting yakinlah dengan apa yang kita yakini. …*tsaaah*

    • Yakinlah apa yang dikatakan Indah. Gitu kan pasti maksudlooo…

      Btw Mbak Indah Hananto, sebagai seorang Finplan andal, bagaimana prediksi Anda soal pergerakan reksadana dan bursa saham Indonesia belakangan ini? *reporter lagi wawancara ceritanya*

  5. Gue klo soal ga imun gt sih balik aja ke masing2 deh ya. Etapi klo virus jd merajalela krn ga vaksin trus kita2 jg yg kena gmn dong😦

    Trus soal heboh2 blog post jilbab itu, mmg apa yg dia blg itu bnr ko. Bener bgt malah. Tp niat yg baik klo cara penyampaiannya potensil nyakitin org lain akhirannya tauk deh tuh masih baik gak. Yg diblg so-called-Jleb-moment dia gue msh mencerna gt Jleb-nya maxudnya ke hati dia aja ato skalian ke hati org yg dia omonging😄

    Bentar, gue numpang ngakak dulu ama komennya Gemma soal harem n harom. Hahahahahahahaha

    • iya bener. nasehat/masukan/kritik itu kan bukan cuma KONTEN-nya yang penting. tp cara penyampaiannya juga harus bijak. ada orang yang bisa dikritik langsung model hajar-bleh, ada juga yang kudu pelan ngasih taunya, sambil guyon-guyon dikit……

      Pengen masuk daftar “The Most Powerful People” versi Majalah Forbes ya Jeng?

      OKE INI DAHSYAT! hahaha…😆😆

      • nasehat/masukan/kritik itu kan bukan cuma KONTEN-nya yang penting. tp cara penyampaiannya juga harus bijak. ada orang yang bisa dikritik langsung model hajar-bleh, ada juga yang kudu pelan ngasih taunya, sambil guyon-guyon dikit..

        Setuju pisan!

    • Itu dia Ti pikiran gue. Gue udah preventif, tapi kalo mereka membiarkan, ya sami mawon ya. Tetep aja itu virus berkeliaran😦

      Beneran gue setuju. Kalo maksudnya baik tapi cara penyampaiannya kurang enak, susah diterima lho. Btw soal blog jilbab itu, just like I told you before, gue malah tau dari timeline-lo. Ternyata pas gue posting blog ini, di kalangan jilbaber lagi heboh soal blog itu ya. Hadeeehhhh… Once again, pasti gue disangka nyiletin blog orang lagi dah. Padahal bacanya aja telat. Nasib, nasiibbb… *tertunduk lesu*

  6. Iyaah. Saya pun lebih respek dengan orang yang membimbing dengan cukup ngasi contoh baik instead of menakut2i. Kaya ditawarin obat pelangsing, yang satu bilang “Coba deh, dari pada badan lo gembrot”, yang satu bilang “Coba deh, badan gue jd langsing loh”. Nampaknya saya akan nanya ke yang ga nawarin tapi badannya langsing terus padahal makannya lahap “Minum obat apaan sih lo??” (Hahaha). Kalo memang niat banget mengajak ya mbok jangan salah approach. Sampai tergelitik menganalisa ratio mereka menyebut “pahala” vs “dosa”, or “surga” vs “neraka”. Banyakan yang mana ya?😀

    • Ih gue suka banget deh sama komenlo, Mak!

      Setuju pisan eta soal “membimbing dengan cukup kasih contoh baik instead of menakut-nakuti”. Lagian urusan pahala, dosa, surga, neraka mah bukan urusan manusia atuh. Jangan sotoy deh aw🙂

  7. Pro kontra ini, menurut gue, justru harusnya dipandang sebagai dorongan bagi para ilmuwan-ilmuwan muslim untuk segera menemukan vaksin yang benar-benar halal. Jangan jadi boundary buat menolak mentah-mentah hal itu.

    >> heyak betul sekali mak! payah ah, negara dgn penduduk muslim terbesar di dunia plus kita punya perguruan tinggi berkualitas (which means, banyak orang finter dong mestinya di Endonesi ini, ya gak?)….tapi nyari apa-apa yg halal aja susah bener loh kadang-kadang. duh ilmuwan kita kekurangan dana apa yak? *sedih*

    kalo soal wanita (& pria) perlu untuk membatasi diri (bukan ‘dilarang’, tapi ‘membatasi diri dan berhati-hati’) dalam pergi ke pasar (tradisional) atau pusat perbelanjaan modern, sebenarnya kalo mau dicermati dalilnya sampe detil sih, alasannya bener juga. but ofkors semua kembali ke pilihan masing-masing

    okelah…. daripada ditimpukin deretan mak-mak disini karena kurang sefaham dan tidak pula memberikan penjelasan yg detil, mendingan akika kabur dulu yak, hahaha…..

    • Tul, setuju Jeng Tyka! Lebih susah cari makanan halal di sini drpd di Spore, padahal Indonesia kan negara dengan jumlah Muslim terbesar, sementara Spore jumlah Muslim gak terlalu banyak😦

  8. Betuls!..kuncinya introspeksi diri masing2 ajalah..toh udh pada gede ini kan..udh bs memilih..mau a mau b or mau c..y kan?🙂

    Kayak gw ma adik ipar (cewe)..kita deket banget..sering diskusi jg masalah rumah tangga..anak..agama..kebetulan adik ipar srg ikut2 pengajian..dia nggak mengimunisasi anak2nya..gw ttp imunisasi azzam..kita sama2 tau alasan masing2..tp sama2 nggak maksain..that’s why I love her🙂..dia beragama tp tdk menceramahi..

    • Bener Mit. Ibu-ibu zaman sekarang kan pinter-pinter. Kalo mau menguliahi orang, pake cara yang menarik buat logika dan nalar mereka. Jangan pake “surga vs neraka” dong. Udah gak zaman lagi cuy.

      Adik iparlo cihuy dong ya. Maksud gue, dia nggak berusaha ngatur dan menceramahilo soal paham yang dia percaya🙂

  9. Ih pas bgt kmrn2 juga lg mikir2 soal pro kontra imunisasi ini, ada yg kultwit soal ini tp dibiarin gantung gitu seolah ‘kalo ibu imunisasi brarti ibu dosa besar’ akhirnya gw jawab kalo memang haram ya mui langsung haramin Aja daripada gantung gini mendiskreditkan yang pro padahal gw udah baca beberapa pendapat ulama kalo imunisasi lbh banyak manfaat daripada mudharat..sodara2 gw banyak bgt yg anti imunisasi tp ortu&suami gw pro jadi yah masing2 Aja lah

    Trus yg Jilbab itu dimana sih?belum baca jadi g bisa komen tapi soal maksain kehendak itu bener banget…bahwa yg disampekannya benar itu lain soal dengan cara penyampaiannya tho? Gw dulu termasuk telat pk jilbab dan udah kenyang banget sama tatapan ‘pendosa pendosa’ tp gw g mau munafik,pake kerudung krn disuruh/g enak ama orang,gw jg g mau
    Munafik dengan nganggep orang yg cara jilbabnya modern nista,udah bagus mo nutup aurat..eee

    • (kpencet)… Eee yg dulu Lebih senior dari gw pk jilbabnya mulai Ada yg tumbang, Dari yang lepas sama sekali atau yang bajunya mule ngepas2/bajunya g bner2 nutup… I was like ‘makanya jgn ekstrim2..yang penting konsisten&terus belajar jadi Lbh baik’ betuuul???

      *knp kl komen dsini bawaannya curhat *tutupmuka

    • Bener Lin, semua itu masing-masing aja ya. I mean, gak ada ortu yang mau disalahin soal pola parenting dan keputusan yang dia ambil untuk anak-anaknya. Nah kalo begitu, jangan sok nyalahin orang lain dong, apalagi pake bawa-bawa surga vs neraka ye. Kayak yang pasti masuk surga aja situ.

      Untuk jilbab, gue setuju banget. Ada temen yang dipaksa pake jilbab sm ortunya, dan ended up kalo ke luar rumah, dia pake jilbab. Tapi begitu di luar, jilbabnya dibuka. Atau yang begitu pake jilbab, pake jilbab gondron, eh semakin hari, semakin bergaul, jilbabnya malah jadi minimalis. Sedih aja sih liatnya.

  10. Setuju banget2an mak iraaaa, semua seh balik ke individu masing2 yah. Untuk ngajak ke kebaikan pun kalo caranya ga baik dan ga sopan kayaknya orang boro2 mau ngedengerin, yang ada malah kabur dan eneg duluan.

    Apalagi kalo yg ngajak ini pake prinsip ‘yang gue yakinin ini bener banget, selain yang gue yakinin salah dan wajib masuk neraka’. Iddddiiiiiiiiiihhhhhhh, kayaknya dunia cuma punya dia aja yang laen numpang. Sebeeelllll deh. Hihihihi. *maaf curcol, mak*

    • “Untuk ngajak ke kebaikan pun kalo caranya ga baik dan ga sopan kayaknya orang boro2 mau ngedengerin, yang ada malah kabur dan eneg duluan.”

      Betuullll.. Apalagi orang zaman sekarang kayaknya udah pinter-pinter dan gak mempan digempur sama black campaign kayak gitu. Lebih akan masuk kalo caranya itu via diskusi dan yang distimulasi itu logikanya. Ya gak sih?

  11. Haduh mak Ira ikutan emosi gw bacanya. Gw sampe ngadu ke laki gw masalah vaksin ini. Laki gw jawab dong, berarti orang haji jaman dulu pada dosa dong krn meningitisnya belom halal? hiy…pinter kan laki gw :-p trus pro sama pendapat lo krn belum ditemukan yang sahih halalnya, daripada gambling anak gue kenapa-kenapa, mending diimunisasi aja.
    Ngasih masukan boleh aja yah, jangan mengintimidasi apalagi menakut2i, bisa beneran kabur orang n males deket2. Damai aja yah hhihi
    And yg paling namfol: “sampe sekarang tetep berjilbab sih. Tapi baru-baru ini dia bikin tato segede gaban”. hihihi ini sih beneran labil, yg karena mendengar masukan orang tapi bukan dari hati, jadinya setres deh

  12. iraaa gue mau ketawa dulu si gemma tentang harom dan hareem,,abis itu nangiss karna gue ga bisa pake celana hareem karna badan bomber ini,, jadi pake nya legging deh,,, uppss gak boleh ya legging ra,,, yah gagal dong gue jadi wanita shalehah..*halah* udah ah,,gue mau nyari orang buat nitipp sale MC #eaaa #salahfokes

  13. huahahaha kayanya gw tw mba siape yg bawa2 urusan surga-neraka soal vaksin ini… ah, emang dasar watak mba, ga bisa terima pandangan orang lain yg bersebrangan…. emang ada sih mba ada orang-orang yg golongan nya keras ga nentu kaya gitu, gw diemin waelah sepanjang orangnya ga ngusik gw duluan.

    yg soal jilbab, gw sendiri naek turun pernah jilbaban modis nyerempet buka-bukaan, terus jilbaban gondrong trs agak diskonan dikit jilbabnya terus gondrong lagi terus… **halah* makanya gw kaga yg keras ama ade gw, lebih seneng orang yg perlahan tapi pasti berjilbab, IMO sesuatu yg instan bisa instan juga akhirnya ntar. Daripada ujug-ujug jilbaban gondrong trs jadi pake kemben kemana-mana *fakta lho ini*

    jadi inget jaman kuliah, gw pernah tuh mba lagi nunggu dijemput di cengkareng, duduk persis sebelahan sama jilbaber yg cadaran serba item dari head to toe while gw, colourful dari jilbab baju rok ampe kaos kaki, orangnya sih sempet liat gw dari atas ampe bawah, tapi cuek bebeklah yg penting gw masi dalem ‘pakem’ Nya toh dia cuma ngeliatin doang ini *nyengir*

    • Iya Zie, setuju sama kalimatlo “gue diemin waelah sepanjang orangnya gak ngusik duluan”. Anak kan anak dia, duit kan duit dia, ya suka-suka dia. Tapi kalo udah rempong ngurusin anak gue, apalagi sampe bawa-bawa surga neraka, gue habek dah! *preman Tanjung Priok-nya keluar :P*

      Eh serius jilbaber cadar itu ngeliatinlo dari atas ke bawah? Anggap aja dia ngefans sama lo dah😀

  14. halooo salaam mba Ira. hihi…baru pertama kali comment niy.

    Aiihhh yg mba katakan soal ilmuwan muslim itu bener bgt deeeh. pas heboh2nya twitter itu suamiku juga sniwen. ya bingung juga siy emang ada ajah org extreme to the bone gituh.

    tapi mudah-mudahan ini ntar bisa jadi cambukan buwat para ilmuwan endonesah
    untuk bisa eksis lagih ke depannya ya *pe er buwat suami dkk :)*
    tengkyuuuh🙂 *maap ya mba sok kenal*

    bdw, hareem kan gag ketits…masa harom gituh? *garukgaruk*

    • Huiiihhh.. Suamimu ilmuwan lokal ya Mak? Iiihh.. Meni hebat pisan euy! Gue dukung deh supaya bisa nemu solusi masalah halal haram vaksin ini yaaa… *keluarin pom pom cheerleaders*

      Nah itu dia. Harem pants kan longgar beut yak. Masa dibilang harom. Pening dah ngurusinnya.

  15. pernah sih aku diajak “ngobrol” soal imunisasi haram. salah satu alesannya, ga dicontohin sama Nabi, Nabi ngasi contohnya itu pake madu dll dll. ya waktu itu sih jawaban pamungkasku “tapi jaman Nabi dulu, kayanya belum ada hepatitis deh”. ngasal aja sih jawabnya, tau bener tau nggak. cuma biar orangnya diem aja😀

    aku pake jilbab awalnya karena disuruh ortu, trus ya keterusan ampe sekarang. total udah sekitar 18 tahunan pake, meski 8 taun pertama tuh on off, maksudnya kalo lagi ga ke sekolah atau les, ya ga dipake he he he. jujur aja, kadang ngiri ama orang2 yang akhirnya memutuskan berjilbab karena panggilan. aku nggak pernah ngerasain pergolakan batin *tsaah* macam itu. secara pakemnya ala bisa karena biasa :p

    lagian sori dori mori, orang2 yang dulu jilbaber luebar dan suka marahin aku karena jilbabnya masih setengah hati, eh malah sekarang ada yang jilbabnya mini, lebih pendek dari aku. jadi ya people change…nggak bisa kita bilang jilbaber luebar itu (selalu dan akan) lebih baik dari yang mini. dan pernah lo, waktu di C4, ga sengaja senggolan tangan sama seorang jilbaber luebar. eh doi langsung ambil saputangan DAN antis plus bonus pelototan ke arahku. segitunyaaah….

    • Bener sih Mak. Kalo itu nggak dicontohin sama Nabi, kan zaman dan sikonnya emang beda. Aneh aja sih orang yang menguliahi soal vaksin tapi pake kalimat itu. Menurut gue gampang dipatahkan logikanya. Ibu-ibu sekarang kan udah banyak yang pinter-pinter lhoo..

      Haaa… Itu Mbak2 jilbaber luebar koq gitu amat sih? Ih serius deh. Kesannya nista banget bersinggungan sama jilbaber kayak dirimu, Mak. Padahal, Islam is supposed to be a friendly religion. Kalo umatnya merasa diri paling suci dan kayak gitu semua, gimana citra Islam di mata dunia nggak tambah parah ya😦

  16. Gak begitu cara ngajak orang menuju yang baik. Kan kasian yang diajak, jadi gak mau.. Padahal kalau dia teliti lebih jauh pasti dia mau, tapi jadi terhalang gara-gara si pendakwah yang salah cara.

Leave a Reply

