Weekend Getaway: Bandung

Ihiy akhirnya bisa juga nih begaya pake judul Weekend Getaway buat postingan di blog. Abis selama ini wiken eikeh biasanya cuma diisi leyeh-leyeh di rumah atau ke tempat nyokap numpang makan😛

Nah, weekend getaway ke Bandung kali ini sebenernya agak-agak di luar rencana tapi pake rencana juga sih. Bingung yak? Jadi ceritanya, bulan lalu gue ada arisan keluarga ke Bandung. Karena judulnya arisan keluarga, ya tentu aja isinya cuma ke rumah sodara, arisan, trus pulang. Gak sempet jalan-jalan samsek. Payah beut dah.

Gara-gara itu, gue usul ke hubby untuk ber-weekend getaway ke Bandung, bertigaan aja. Diana (tumben-tumbenan) setuju, dan gue pun langsung meng-arrange dalam tempo sepekan. Pas browsing-browsing hotel, gue nyangkut ke Banana Inn Hotel di TripAdvisor. Diliat, lagi ada promosi 25% off for room prices di Agoda. Secara di TripAdvisor si Hotel Pisang ini posisinya nomor 2 di antara hotel se-Bandung, gue jadi nepsong. Mana harganya juga lumayan lah buat hotel yang (katanya) bagus banget itu.

Kita sengaja milih berangkat Minggu pulang Senin supaya gak kejebak macet yang biasanya melanda Bandung pas wiken tiba. Trus juga supaya pas ke FO dan pusat-pusat jajanan gak ketemu orang Jakarta melulu gitu, hehehe..

Jadilah kita cus berangkat Minggu jam 9.30 dari rumah. Kebetulan MIL nitip angpaow untuk undangan anak temannya di daerah Soekarno-Hatta. So it means, kita kudu ke sono dulu dong. Dan secara pengetahuan gue soal Bandung cuma berkisar pada Pasteur-Setiabudi-Cihampelas dan sekitarnya, sampe sono gue keder sendiri dah😛

Dari situ, kita langsung capcus ke Nasi Timbel Istiqomah yang sekarang ada di Jl. Ciliwung. Nasi timbel ini selalu jadi menu wajib tiap gue ke Bandung. Pertama dikenalin sama seorang gebetan teman pas gue lagi melancong ke Bandung 10 tahun yang lalu. Sampe sekarang, rasa dan harganya tetap pas di hati. Murmer dan sedep cuy!

Tapi sekarang setelah gue udah banyak baca-baca soal kesehatan dan concern soal kualitas makanan, jadi ketawa deh liat minyak goreng yang dipake untuk ngegoreng lauk pauknya. Item bener bok! Trus di situ juga banyak lalat yang berseliweran. Still, buat gue mah gak masalah. Tambah banyak ‘bumbu penyedap’ toh?😀

Kemarin total kerusakan bertiga dengan menu 3 nasi timbel (2 timbel merah+1 timbel putih), 3 ayam goreng, 3 pepes usus, 1 pepes jamur, 1 tahu, 1 tempe, sambal+lalapan, 2 sop buah, 1 es kelapa, dan 1 aqua botol = 68 ribu. Udah lumayan mahal nih sekarang, secara dulu kalo makan seabrek-abrek di sini berame-rame gak pernah kena lebih dari 100 ribu.

Dari Nasi Timbel, kita check in ke hotel dulu. Ternyata Bandung di hari Minggu, terutama ke arah Setiabudi, macica ya bok. Dan penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah Rumah Mode. Grrr..

Sampe di hotel, ekspektasi gue yang sangat tinggi akan hotel terbaik #2 di TripAdvisor mulai turun. Hotelnya bagus dan masih baru, tapi IMHO, gak impresif. Mbaknya sih baik, helpful banget untuk memilihkan kita kamar dan lokasi yang sesuai keinginan kita. Karena gue pilih non smoking room, gue diberi kamar di lantai 5 yang, katanya, non smoking semua.

Kenyataannya, pas sampe kamar, kamar gue bau rokok aja gitu😦 Tapi pas gue tawarin opsi untuk pindah kamar, hubby bilang nggak usah karena males. Trus gue baru tau kalo kamarnya gak ada balkon, bahkan jendelanya pun gak bisa dibuka😦 Tapi kamarnya emang luas sih, sesuai pesenan kita yang milih Executive Room.

 

 

Abis bobo siang sore, baru kita cabut lagi buat jajan makan malem. Terus terang, untuk weekend getaway ini, gue rajin banget ngumpulin daftar makanan-makanan TOP se-Bandung buat bekel. Maklum namanya juga gembul😀 Dan malam itu karena males ribet, gue ngajak ke The Kiosk yang katanya merupakan pujasera berisikan jajanan-jajanan paling top se-Bandung.

Kebetulan di Setiabudi ada cabangnya The Kiosk ini. Langsung dong kita ke sana. Bener euy, gue bawaannya ngences dan kalap pas nyampe. Rasanya pengen dipesen aja semuanya. Tapi berhubung udah niat pengen makan Lontong Kari Kebon Karet, ya udah gue order itu. Nadira gue orderin Nasi Goreng Bogarasa Cibadak, sementara hubby pesen Soto Bandung Bandara, Sate Kambing dan Wedang Ronde. Kita juga sempet nyemil Pisang Goreng Simanalagi dan pesen Martabak Keju San Fransisco untuk dibawa pulang.

The verdict? Lontong karinya kemanisan dan kentel banget ya menurut gue. Nasi gorengnya sih enak, tapi kayaknya model yang udah jadi trus pas ada yang pesen cuma diangetin gitu deh. Soalnya panasnya gak bener-bener panas. Trus soto bandungnya plain banget. Kata hubby malah masih enakan soto bandung bikinan gue *uhuy*. Trus sate kambingnya juga biasa. Sementara martabak, porsinya emang gede, tapi rasanya gak beda jauh sama Martabak Erwin di Jakarta. Jadi secara general, menurut gue, wiskul malam itu gak istimewa-istimewa banget. Mana gak boleh poto-poto lagi, jelek kan hasil poto-poto makanan gue jadinya *penting banget yak? :P*

Dari The Kiosk, kita mampir ke Rumod. Gak dapet apa-apa, cuma rok mini jins dan kaos untuk Nadira, plus rok buat gue. Dan gue baru tau kalo Rumod tutup jam 9pm. Jadi aja gitu kita terperet-peret karena baru nyampe situ jam 8.30pm.

Karena garing, akhirnya ngajakin Nadira jalan-jalan lewatin Cihampelas. Ajegile, macet banget ya bok. Untunglah banyak patung-patung toko di sepanjang jalan yang bisa menghibur Nadira. Jadi deh dia girang ngeliat patung “Aladin dan Puti Yashmin’, Mistel Biinn’ (Mr. Bean), “elitotel’ (helikopter), etc.

Besok paginya kita sarapan dan cukup seneng dengan beragamnya menu yang ditawarkan. Mulai dari menu standar macem nasgor dan lauk pauk, roti dan pastry, sereal, pancake wafel dan omelet, sampe yang tradisional banget kayak batagor, siomay, nasi kuning, dan lontong kari. Sayangnya, kita jadi sebel karena dikasitau, kolam renang ditutup hari itu karena mau ada maintenance. Bete banget karena pertimbangan gue untuk mencari hotel di Bandung kemarin itu salah satunya adalah kolam renang. Eh koq ya pas gue nginep kolam renangnya ditutup? Huh!

Mana ya, pagi-pagi itu martabak gue disemutin lho! Ealah gue baru pertama kali nginep di hotel berbintang yang semutnya banyak beneerr.. Langsung deh itu martabak gue selamatkan ke dalem kulkas.

Gara-gara gak ada kolam renang, ya udah jadinya kita cuma menikmati kolamnya dari pinggir doang. Trus kan ada kid’s corner gitu. Isinya pasir, ayunan dan perosotan. Tapi berhubung cuaca panas banget dan juga agak kotor, jadi hubby gak kasih Nadira main situ. Jadilah kita naik dan leyeh-leyeh lagi di kamar.

Setelah beres semua, baru kita check out dan berangkat ke The Summit buat ketemuan sama artis Bandung kesohor, Neng @Dipdut. Gue kenal Depoy dari zaman-zaman nyiapin kawinan tahun 2007 kali ya. Trus hamil barengan, bahkan melahirkan pun cuma beda kurleb 2 minggu. Tapi ya gitu, kenal udah 4 tahun, ketemu baru kemarin. Sungguh, the power of internet banget ya, hahaha..

Dari The Summit (plus Heritage dan Cascade), kita ke FO Anakkecil dulu. Biasa lah, namapun emak-emak, yang dicari pasti baju anak. Di sini cuma dapet kaos buat Nadira trus kita langsung cabut ke Batagor Kingsley. Gue dan Nadira di mobil Depoy, hubby sendirian di mobil deh, hihihi..

Di Batagor Kingsley ini baru perut bener-bener terpuaskan. Aduuhh ini emang the best batagor lah ya. Sayang mie kocoknya agak error, cemplang bok. Tapi berhubung hubby yang pesen (gue cuma makan batagor thok) jadi gue pun gak komplain. Happy belly abis lah!

Jam 4.30 pm kita cabut dan pamitan sama Depoy. Eh dikasih oleh-oleh berupa rendang! Buset, jauh-jauh ke Bandung, pulangnya dibekelin rendang, hahaha.. Kata Depoy sih, itu rendang terenak sejagad raya. Gue mah curiga dia digaji sama itu rumah makan padang buat jadi jubirnya dah, hihihi..

Anyway, Bandung emang selalu ngangenin. Dan gue pengeen banget ber-weekend getaway lagi next time karena masih ada setumpuk tempat jajanan yang belum gue datengin. Diet? Apa itu? *gak kenal*😀

Oh ya permisi ah mau mejeng bertiga yaaa.. Ihik😛

31 thoughts on “Weekend Getaway: Bandung

    • Itu yang motretin bertiga si Depoy, pake kamera BB😀

      Kata Prasto kegedean kameranya. Mana dia gak demen fotografi pula. Kemarin aja saya jarang dipoto karena dia gak demen motret ;(

  1. lumayan dapet masukan soal tempat makan+hotel baru. jadi nanti kalo ada yg rekomen udah tau duluan. gue biasanya kalo ke bandung paling makan di Bancakan mak *di belakang gedung sate* kalo nggak ke Ampera di Soekarno Hatta. standar bgt yak🙂
    jadi udah 4 taun kenal mamak depoy, baru ketemu kemaren🙂 tapi gpp ya yg penting bisa ketemuan🙂

    • Eh dimana itu Bancakan Ri? Si Nasi Timbel ini juga deket Gedung sate koq, deket sama Masjid Istiqomah. Kesohor banget lah pokoke🙂

      Iya setelah empat tahun baru ketemu kemarin. Itupun ngobrolnya susah karena Nadira caper bener, gue gak boleh ngobrol sama Depoy. Takut diambil kayaknya, hahaha..

      • nasi bancakan itu di jalan trunojoyo, deket sama rmh mkn sambara kalo ga salah. rame euy. apalagi kalo pas jam mkn siang+weekend ke sana, itu antriannya kdg smpe tempat parkir. murah meriah enak mak. gue makan rame-rame (5 dewasa+fatih naura) kalo ga salah ga sampe 80 ribu deh. nanti yg punya suka jadi among tamu gt di depan pintu, suka pada foto2 gitu sama yg punya. ntar kalo ke sana lagi gue mau foto2 ahh🙂 *obsesi*
        kalo batagor baru riri doang yg gue coba, itu pun rasanya biasa. yg lainnya blm pernah coba😀

      • Oh kalo gitu mah Bancakan gak jauh dr Istiqomah dong. Wong kemarin gue lewatin koq itu Sambara dan Jalan Trunojoyo, Ri. Tapi aseli itu murah amat. Enak gak makanannya? Kalo iya, mau mampir ah ke sono next time *mak irit :P*

        Batagor Riri enak sih tapi IMHO mah masih lebih enakan si Kingsley. Cobain ya!🙂

      • Nasi bancakan enak mak. murah meriah enak. nanti selain makanan+minuman, ada juga es goyang trus roti balok. nyamm nyamm. makannya aja ala-ala tempo dulu. pake pring+gelas dari kaleng🙂 gue kalo ke bandung, yg pertama dituju pasti situ dulu sblm ke hotel🙂 ayo kapan ke bandung lagi, nanti coba mampir ke sana *ihh gue kyk PRnya nasi bancakan ya* cocok lah buat model-model mak irit macam kita hehehe

  2. asiik beneeer jalan2 ke bandung. gw kl ke bandung sukanya beli siomay sinchan di jl cikawao jd jajanan wajib hehehe. Kapan2 yuk ke bdg Nadira maen di bandung bareng Laras😀

    • Eh kemarin gue liat tuh tulisan Somay Sinchan. Gue inget karena gue langsung mikir “Ini abang yang jual alisnya kayak Sinchan atau hobi ngintipin celana dalem cewek-cewek ya? Koq namanya Somay Sinchan?”😀

      Yuk yuk yuk kapan ke Bandung bareng. Pasti seru deh!

      • bwahaha..entah kenapa diksh nama sinchan. Yg jelas somaynya enak, kl kata gw ya. Dah gitu yg jual org jowo tulen, jd kl lg beli malah ngomong jawa ama abangnya. Ga berasa lg di bandung jdnya hahaha..

        Yuk, gw kyknya awal bln depan mo ke bandung, lebaran haji di rumah eyangnya Laras😀

  3. Ra, deket kingsley situ; gak deket banget sih tp deket😆 ada kupat tahu eniiiii bgt, modelan kayak tahu petis sih… deket jln putri situ
    sama cobain warung bu imas deh, modelan ampera gitu, tapi ini ayam bakarnyaaaa ama sambelnya, lebih mantab…
    duh kok bayangin mknan bu imas gw udah ngiler2 gitu yak…

      • bu imas itu di kebon kelapa Ra, depan2an ama ampera, dia punya 3 warung semuanya di sekitaran situ.
        aaaah… ke bdg gak kumplit klo lo gak makan mie yamin dong…di paskal *deket sekolaan apa ya lupa :D* ada tk mie yamin ada babatnya! trus di toko persegi, deket situ juga, ada jualan combro terenak se-Bandung utara, tapi adanya pagi doang
        klo mau mkn mkanan Ind ke warung rapih, gw sih suka ke kafe Bali Ra, deket2 toko roti Bawean deh… ya modelan rames gitu pilih lauk sendiri… semua lauknya enak klo kata gw mah… trus ada bubur sumsum, ketan item, kolak… klo mau steak jg ada sih di warung itu, tp gak pernah nyoba
        truuuusss… eh banyak aje…😆 ntar deh, lo klo mau ke bdg gw kasih list..hihihih

      • Tjep, untung gue baca komenlo setelah baru kelar makan siang. Kalo nggak, perut gue bisa parah beut dah gaduhnya. Secara itu daftar makanan yang lo kasih semuanya bikin ngenceeesss… *slurpt*

        Bener ya, ntar kalo mau ke Bandung lagi, gue BBM lo kucus minta daftar tempat makanan okeh!😀

  4. Seruuu beut yak ketemuan sama Depoy.
    Eh gw juga kenal Depoy dari zaman masih eksis di WK tapi sampe sekarang malah belum pernah ketemuan lho. Dese putri malu sepertinya.
    Gw nyatet atu per atu aja deh wiskul bandung. Yang loe review biasa aja, coret.

  5. Ra, di the kiosk dulu ada kupat tahu gempol, lu kudu coba tuh. Mnrt gw plg oke, ‘secara’ dulu penjualnya tetangga gw di jl gempol kulon :p yg di setiabudi itu kiosk yg pertama, lbh asik dibanding mis. dago mnrtku.

    Bancakan itu asik suasananya ya, bnr2 asli, emg bancakan.. Harganya jg murah abis. Wah, byk tempat makan lama yg hrs lu kunjungi lg ra kl ke sana. Yg ga byk ketauan org justru kdg lbh asik🙂 ya ga, poy?

    • Yang di Setiabudi nggak ada Kupat Tahu Gempol, Fa. Cuma ada Mie Kocok, Lontong Kari, Soto Bandung, Nasgor, Martabak, Pisang Goreng, Bubur Ayam, Nasi Liwet etc gitu. Katanya kan tiap-tiap cabang The Kiosk, suka ada yang beda makanannya karena nggak semua pedagang ikut mejeng di semua cabangnya.

      Nah karena lo dulu kuliah di Bandung, kasitau dong tempat-tempat makan yang cihuy dan gak pasaran. Gue mah turis jadi taunya yang pasaran aje😛

      • Oo gitu? Soalnya wkt kiosk setiabudi baru buka, kupat tahu gempol ada tuh, kyknya booth-nya di bwh dkt tangga.. Cmiiw.

        Sebenarnya pengalaman kuliner gw yg paling berkesan itu byknya wkt sma ra, soalnya suka diajak ma kk & tmnnya mkn bareng. Atau bareng sobat2 sma gw keliling ke tempat2 yg asik tpi ga byk ketauan.

        Timbel misalnya, selain istiqamah jg bisa ke bawean atau jl mangga (kesukaan suami). Atau masakan sunda ma uneh asli di jl pajajaran.
        Atau ayam goreng sulanjana di seberang hotel merdeka (pojok dkt telkom & cimb niaga), atau ayam goreng dkt jl sunda.
        Atau sate di jl anggrek, or kambing (chudori stasiun, ak gino jl sunda)
        Atau bebek dpn smp 5, bebek boro, atau van java (ini baru 4thn, punya tmn kul gw)

        Masih byk sih ra, cuma ga keinget semua skrg. Sori kl yg keingat warung semua, pengalaman kuliner spt itu justru lbh berbekas di gw hehe. Sekedar berbagi yg di memori aja, maaf ya kl tdk sistematis hahaha.. Next time coba ya

  6. mba, mau share nih jajanan gw selama jadi mahasiswa..

    coba deh ayam bakar tamansari.. ayamnya gede..timbelnya anget n sambelnya macem-macem.harga juga murmer. trus soto bandung yg enak cobain lugina, ada di depan indomaret tamansari di pertigaan jln.sulanjana (ini tempatnya tenda pinggir jalan gitu dan bukanya dari jam 7pagi smp jam 2 siang).

    menu bebek ada bebek darmo (lupa nama jalannya) dan bebek ali a.k.a bebek boromeus. cuma sayangnya bukanya dari sore aja. kalau bebek ali, sms dulu sebelum kesana untuk order bagian bebek yg dimau. soalnya kalau ga sms dulu sering kehabisan pas disananya.. beberapa orang sih sukanya dengan bebek van java.

    oiyaa..tempat gw nangkring bersama teman2 adalah madtari..dr zaman madtari masih sepi pengunjung smp ruamenya paraaahhh…mereka teteup ga mengurangi kuantitas si kejunya yg bejibun pd mie, pisang dan rotinya.

    sebenernya masih banyak lg..tp referensi gw hampir semua yg terjangkau budget anak kuliahan aja…

    • Ih makasih banget lho Del dikasih setumpuk sontekan baru soal kuliner Bandung. Gue mah seneng banget kalo dikasih referensi sesuai budget anak kuliahan. Namapun Mak irit, hihihii..

      Usul nih, bikin postingan sendiri dong Del di blog-lo soal kuliner Bandung yang enak dan murmer. Lumayan buat gue copy paste untuk next visit ke Bandung gitu🙂

  7. salah masuk postingan kayanya gw mba (*___*”)
    yang ada ngiler tapi tak tergapai judulnya ntar secara gw baru bisa melancong naek pesawat lagi taon depan, nunggu si baby brojol ampe dia 3 bulan
    ihiks….

    kangen berat kota banduuuunnnggg (T_T)

    • Hahaha.. Maap ya Zie telah bikin iler lo menetes segede-gede Gaban😛

      Emang nggak bisa ya titip batagor atau apaan gitu kalo ada yang baru balik dari Bandung? Kalo pake TIKI gak bisa juga dikirim ya?

  8. Gw kaga komen wiskulnya ah,… gw mau komen itu baju seksoy bener maak😀

    Suka liatnya :p sapa bilang PD emak2 yg menyusui jdi ga asik dipandang,.. buat gw loe tetep seksoyy hihihi

    *abis komen ini dikemplang Ira deh gw*

  9. Pingback: Travelling without Pusing « The Sun is Getting High, We're Moving On

Leave a Reply

