Cita-Citaku

Waktu masih SD, cita-cita gue adalah jadi Insinyur, karena idola gue saat itu adalah BJ Habibie. Cita-cita ini kandas pas SMP karena gue ganti haluan cukup drastis. Gue pengen jadi pilot atau pramugari. Alasannya simple, gue pengen jalan-jalan keliling dunia, gratis.

Sayang, pas mau lulus SMA, emak gue ngelarang gue masuk sekolah pilot di Curug. Bahkan gue pengen daftar Teknik Penerbangan ITB aja gak boleh (dan emang gak nyambung juga sih antara pilot dan Teknik Penerbangan, hihihi..). Trus mau daftar jadi pramugari, gue baru sadar, akika tinta bisa berenang cyin. Langsung khawatir dah kalo dites renang, bisa-bisa gue kelelep blep-blep-blep.

Gagal maning, gagal maning semua cita-cita itu. Trus pas kuliah, kebetulan gue cukup beruntung keterima di FSUI. Eh langsung ngerasa salah ambil jurusan pas denger temen-temen yang kuliahnya jurusan ex penjajah yakni Sastra Belanda dan Sastra Jepang. Dua jurusan itu buanyaaakkk banget dapet program kerjasama dengan pemerintah Belanda dan Jepang yang berupa beasiswa, short course atau kesempatan jalan-jalan ke Belanda dan Jepang. Sementara jurusan gue gak pernah tuh nawarin beasiswa atau program apaan kek ke Inggris, Ameriki or Ostrali. Lha wong gue pernah apply beasiswa Chevening aja gagal *curcol nih yee*

Dan mungkin ini yang disebut dalam buku The Secrets ya (yang mana gue belum pernah baca sebenernya tapi mau sok-sok ikutan bahas aja). The whole world conspires to make your wishes come true. Jadi ceritanya sebelum lulus gue udah coba-coba kerja jadi jurnalis abal-abal. Nah pengalaman pertama gue naik pesawat justru gara-gara pekerjaan ini. Kasian ya gue, maklumlah namapun kere cyin😀

Trus pas gue lagi getol-getolnya cari beasiswa, gue liat besar kemungkinan kalo gue kerja di media yang serius. Masup lah gue ke kantor yang sekarang. Yah, emang sih sampe sekarang belum dapet-dapet juga beasiswa ke luar negerinya. Tapi lumayan lah, cita-cita masa kecil untuk jalan-jalan ke beberapa negara dan kota udah mulai terwujud sedikit. Itu tanpa gue jadi pilot or pramugari lho.

Semakin ke sini, gue malah semakin nepsong untuk berkelana ke placess less traveled. Pertama kali ada tawaran ke Singapore, saking girangnya 7 hari 7 malam sampe susah tidur. Begitu udah 2 kali ke sono, excitement mulai berkurang. Abis pulangnya bokek mulu karena isi dompet selalu terkuras ke toko Charles & Keith dan Mustafa Center sih, hihihi..

Gue jadi lebih memilih tawaran liputan ke lokasi-lokasi yang bukanlah destinasi wisata pada umumnya. Makanya gue cinta banget pas disuruh berangkat ke Jayapura dan Merauke. Norak-norak deh liat kangguru kecil-kecil di Taman Nasional Wasur, trus besokannya meringis pas jalan-jalan ke pasar liat daging kangguru dijual di tukang daging.

Sampe pas mau merit aja cita-cita gue hanimun ke Afrika, liatin singa dan hyenna kawin kayak di Discovery Channel. Trus pengen juga menularkan hobi travelling, especially to those places less travelled, ke keluarga. Sayang beribu sayang, suami eikeh kagak demen travelling samsek. Gak usah pake berkelana ke Merauke ya. Diana ke Bandung aja lebih milih pulang pergi dong-dong-dong. Trus kalo ada acara kantor pake nginep di hotel di Jakarta, dia lebih milih pulang karena nggak demen nginep di hotel samsek. Malaysia banget gak sih?😦

Dulu pas gue masih hamil, dia sampe pernah bilang “Nanti kamu travelling berdua aja sama si Bocil (begitu nama Nadira waktu masih di dalam perut). Aku di Jakarta aja cari duit buat biayanya.”

Cakep bener cuy! -___-

Untunglah, belakangan ini, tampaknya sikap hubby yang anti travelling mulai berubah. Cuma ya gitu, gue gak bisa serta merta ujug-ujug ngajak dia jalan-jalan ke lokasi aneh. Tapi ya gpp lah ya. Sebagai permulaan, perubahan sikap ini aja udah bagus bener.

So far kita pernah nginep di Grand Ussu Puncak plus ke Taman Safari yang bertujuan untuk merayakan ultah Nadira yang ke-2. Abis itu, thanks to promo Air Asia kita jadi sempet jalan-jalan ke Yogya. Rencananya akhir Januari tahun depan mau ke Bali, biasa dapet diskonan AA juga😀

Hari Minggu besok juga rencananya mau ke Bandung, cuma nginep sehari doang, sambil testing pesen hotel di Agoda. Agak sebel ya sebenernya. Kenapa sih buat pesen hotel di Indonesia aja lebih murah pesen via online store luar negeri? Kudunya anak-anak bangsa justru bisa bikin lebih murah karena proses yang lebih pendek toh? *sok nasionalis*

Anyway, proses meracuni hubby untuk mau ikut travelling bareng gue dan Nadira emang pelan-pelan. Dan untuk saat ini cita-cita gue adalah mengajak mereka keliling Indonesia dulu. Kenapa? Idealisme gue sih buat numbuhin rasa cinta pada negeri sendiri. Negara kita ini kan luas dan harusnya sih masih banyak yang bisa dieksplor ya.

Apalagi gue pernah baca di @GNFI cmiiw, dengan buanyaaakknya pulau di Indonesia, kalo kita menghabiskan satu hari aja di satu pulau, kita baru kelar keliling Indonesia selama 52 tahun. Wuidih, gilak banget!

Namun, idealisme tinggallah idealisme. Kantong yang berbicara juga ya neik. Gara-gara bentuk Indonesia yang kepulauan dan luasnya gila-gilaan, ongkos buat kelilingnya pun gak kira-kira mihilnya. Masa ongkos ke Singapore lebih murah daripada ke Makassar sih? (dengan maskapai yang sama lho ini). Trus ongkos ke Seoul cmiiw gak beda jauh dengan ongkos ke Jayapura. Dan infrastruktur plus fasilitasnya pun tentu aja lebih nyaman dan child-friendly Singapore dan Seoul.

Kayak gini nih yang sering meruntuhkan semangat idealisme ogut. Maklum nasib pelancong berkantong pas-pasan, hehehe.. Jadi yah mungkin cita-cita surfing di Raja Ampat, berenang di Danau Tomohon, liat atraksi lompat batu di Pulau Nias, atau jalan-jalan di Pulau Ternate masih jauh dari jangkauan akika. Tapi Insya Allah kalo doku terkumpul, plus hubby kagak komplain, mari kita cus ke sono yiuk!

P.S: Gara-gara sok banci travelling (padahal sih dalam rangka kerja), gue belakangan jadi demen buka-buka Trip Advisor, mengkhayal-khayal gitu deh. Eh malah sempet nulis beberapa review. Kalo mau liat, cek-ceki di reviewnya W Retreat and Spa SeminyakArtnoveau City Seoul dan Aston Kuta Hotel & Residence ya :)

2 thoughts on “Cita-Citaku

  1. Eh tumben gw pertamax.
    Untung loe kagak jadi insinyur, Ra. Gw pengennya Athia juga gak jadi tukang insinyur. Ntar dia saban hari kerjanya ngeblog mulu kayak guah. *curcol hahaha*
    Gw pengen tuh liburan keliling daerah eksotis di Indonesiah. Tapi ya bener kata loe, gak pernah ada promo ke sono.
    Abis buat sebagian orang, liburan kalo gak ngecap pasport mah kurang gimanaaaaah gitu. *ngikir kuku*

Leave a Reply

