Body Issue

*ceritanya sekuel dari postingan yang ini*

Buat yang kenal gue in real life, atau follow gue di twitter, pasti ngeh deh gimana gue suka becanda soal boobs. Mungkin juga, buat beberapa orang, becandaan gue agak kelewatan, atau malah terkesan sombong/pamer, just because I have a pair of big ones.

Padahal, aslinya itu berbeda 180 derajat lho. Gue ngetwit atau ngomong begitu justru untuk teasing myself. Buat becandain diri sendiri. Kenapa? Karena gue berprinsip, sebelum diolok-olok atau di-bully orang lain, mending mengolok-olok atau mem-bully diri sendiri aja, hehehe.. Dan gue pernah baca dimana gitu, katanya sih orang yang berani menertawakan dirinya sendiri adalah orang yang hebat *ngaku-ngaku nih yeeee :P*

Kayaknya gue bisa ‘lepas’ becanda atau ngomong kayak gitu sekarang karena gue udah bisa berdamai sedikiiit dengan ukuran bagian tubuh yang itu. Coba lo ketemu gue saat masih SD-SMA deh. Gue amat sangat tidak pede dengan size gue yang, yah begitulah. Contohnya, tiap mau tidur, isi salah satu doa gue adalah minta kepada Tuhan untuk menghentikan pertumbuhan ukuran boobs gue. Kalo bisa malah dikecilin supaya boobs gue bisa selevel sama temen-temen yang lain.

Trus kalo jalan gue bungkuk-bungkukin. Kemana-mana bawa tas dikempit sebagian supaya menutupi dada, even itu tas ransel. Bahkan kadang-kadang gue suka bawa-bawa map atau apaan gitu, cuma sekadar untuk nutupin dada aja. Baju pun sengaja pilih yang longgar-longgar supaya nggak keliatan ‘mengundang’.

*picture’s taken from here *

Pas pelajaran olahraga, gue rada tersiksa karena ya gitu, all eyes were on my boobs. Sampe gue yang hobi basket ini jadi males-malesan karena gak pede. Trus lebih gondok lagi kalo naik metromini. Di terminal Pondok Kopi dulu banyaakk banget preman dan timer yang nongkrong. Beberapa bahkan suka ngegrepe cewek-cewek, either cuma sok gak sengaja nyolek atau beneran megang. Dan gue pernah ngalamin hal itu. Karena saat itu pede gue masih minimalis banget, gue cuma bisa nunduk aja😦

*inilah salah satu alasan gue sangat against dengan omongan pejabat dan ahli agama soal rok mini atau baju seksi mengundang pemerkosaan. Bok, gue dulu bajunya longgar-longgar bener tapi tetep koq dicolek. Kudu pake karung atau gimana inih sayah? :(*

 

Untunglah pas kuliah, gue ketemu banyak temen yang punya masalah yang sama dengan gue. Dan gue liat, mereka hepi-hepi aja. Gara-gara itu, rasa pede gue untuk urusan boobs (and also my entire body) mulai bertambah sedikit demi sedikit. Mulailah pake kaos agak ketat dan celana bell bottom macem Levi’s 517 (yah ketauan yak angkatan gue :P). Trus gue bertiga sama Rachel (now, a devoted PNS) dan Intan (now, an award-winning novelist and feminist) bikin BKC (Bolu Kukus Club), sebagai klub solidaritas sesama pemilik boobs dengan size, ya begitu lah🙂

*wajah-wajah innocent nan lugu (dan gue belum kenalan sama Narsih :D)*

Dari situ juga, gue belajar gimana meng-handle rasa nggak pede atas boobs gue. Salah satunya dengan mengolok-olok diri sendiri. Kalo temen-temen gue becandain “Ra, boobs-lo kira-kira beratnya berapa ya? Lo kan kurus, tapi boobs-lo gede banget.” (note: at that time, berat gue cuma 50 kg, tinggi 170 cm). Gue langsung reply “Ntar ya kalo gue ke Hero, gue coba deh nimbang boobs di timbangan buah dan sayur.” Intinya, diambil santai semuanya.

Tapiiii… Meski udah agak berdamai dengan ukuran boobs, gue tetep bete lah kalo ada yang becanda dengan gaya rude atau gak sopan samsek. Especially if he/she doesn’t know me in person dan gayanya norce beng-beng. Cuy, becanda soal ukuran badan itu kudu tau selahnya lho. Nggak bisa lo samain gaya becandalo ke si A trus lo pake lagi ke si B.

It also applies to jokes around body weight. Nah untuk urusan ini malah kudunya lebih sensitif ya karena rata-rata perempuan kan pengen dibilang langsing. Jadi ya gue gondok aja kalo ada orang yang sok-sok becanda soal body weight and size, padahal dia gak kenal orang yang dia becandai dengan baik. Apalagi kalo dia juga gak sekece dan selangsing Heidi Klum. Meski itu bukan gue, tapi ngeliatnya gemes luar binasa banget deh. Pengen gue unyeng-unyeng rasanya!

Anyway, pengen banget rasanya menerapkan konsep “Love myself, love my body” the whole time. Tapi apa daya, susah ya bok. Meski berat badan gue udah turun lumayan, tetep aja kondisi perut belum sekencang perutnya J-Lo (ngimpi kali yeee..)

Hihihi.. Udah ah, segini dulu postingan gak penting hari ini. Cherio!

 

15 thoughts on “Body Issue

  1. kalo aku malah dari dulu mpe sekarang ukuran boopsnya rataa (sekarang agak gedean dikitt) tapi dlu sepet ga pede bgt karna suka dibilang kutilang darattt mpe bela belain beli bra yang cupnya lebih gede dari ukuran asli padahal kl dipake isinya kopongg hihihiihi….tapi kalo skarang sihh udh mulai pede lah karna menilikkk biar dada gw rata muka gw cakep kok, ..hihihi*jangan muntah ya*

  2. Yah Ra,coba pas jaman kuliah gw udh kenal loe, pasti gw daftar jdi geng BKC juga deh,,😀

    Abis melahirkan malahan nambah ya mak yg bikin sensi, selain boobs, perut jga bikin sensi. Eh paha ma lengan juga denk *hayah banyak amat yaaa*

    • Ini sebenernya komen apa curcol? HAHAHAHA..

      Makanya gue belum pengen hamil lagi Sal. Abis sisaan lemak dari hamil Nadira aja belum kelar. Ntar kalo ditambah hamil lagi, apa kabar duniaaa???

  3. jadi terkenang deh pengalaman jaman SMP. 1/2 maksa mamah supaya dibeliin vitamin mahal yg dulu seirng di majalah Gadis, klo ga salah namanya Zinc dan promosinya sih supaya bisa membantu pertumbuhan badan, KEATAS. alias tambah tinggi.

    hampir 3 tahun minum, kok gak tambah tinggi ya? ndilalah pas kuliah baru nyadar, ini vitamin bukannya membantu pertumbuhan keatas (tambah tinggi), lha malah akika punya boobs jadi cup C gini😥

  4. Irrraaaaaaaaa!! Been there! Gw tau banget rasanya punya BH yg harganya berlipet2 baju luarannya -_- doa lo persiiiisssss sama doa gw dulu..
    Trus gw jg tau rasanya,ke itcK/melawai, temen2 gw bs beli baju model apa aja,sedangkan gw dpt 1 potong aja udah untung..
    Tp entah kenapa, hbs ngelahirin jd susut :p alhamdulillah

  5. Lah sini malah nelongso beha2 sekarang kok kegedean ya? Huuuhuhu… Dan malah suka ga enak hati kalo dikomentarin, “badan lo kurus, enak banget” atau semacam itu. Nggak enak, beneran deh. Padahal karena kurus ga bisa tiduran di lantai, beradu semua tulangnya. terus kalo di omprengan suka di bully sama ibu2 lain😦

  6. Salam kenal..Tetiba nyasar ke postingan ini kocak ya…
    Kebetulan aku jga sesama pemilik boobs ukuran gk wajar hahaha berhubung di keluarga keturunan boobs gede jadi dengan polosnya gw pikir semua org boobs-nya segitu so gw gk pernah merasa malu atopun bangga biasa2 sajah baru sadar pas sma bahwa manusia bermacam2, ya dinikmati sajah, palingan suka sebel susah nyari baju soalnya ukurannya serba gak pas harus ngalah antara kegedean tapi boobs lega ato pas tapi si boobs kayak mau berongak hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s