Black or White?

Ini bukannya pengen mbahas almarhum King of Pop ya. Tapi ceritanya akika pengen iseng nulis soal warna kulit.

Jadi begini ceritanya. Bokap gue kan Jawa, sementara nyokap berdarah Sunda Betawi. Jadilah gue blasteran Janda (Jawa-Sunda). Ndilalahnya, tiap kenalan sama orang, pasti gue selalu disangka berdarah Manado. Padahal nama gue kurang Jawa apa coba?

Gue sampe curiga, apakah karena gue doyan banget sama Woku, Tumis Bunga Pepaya, Cakalang Papis, dan Brenebon ya? *omigot, akika jadi laper!* Ternyata alasan orang-orang menuduh gue Manado adalah karena, menurut mereka lho ya, warna kulit gue cukup putih untuk ukuran orang Indonesia. Weleh-weleehh.. Sayang hidung gue pesek. Kalo mancung, mungkin gue udah dibilang Indo kali ya *silakan yang mau muntah Kakaakk..*

Warna kulit ini suka bikin gue agak gimana gitu. Bokap gue, sebagai orang Jawa yang gak ningrat samsek, kulitnya ya rada-rada ireng lah yaw. Nyokap kebetulan berkulit cerah. Gue dan adik gue kedapetan kulit nyokap.

Sementara sodara-sodara gue dari bokap rata-rata berkulit mirip sama bokap. Jadilah gue dan adik gue sebagai pemilik warna kulit ‘idola’ di antara sepupu-sepupu. Bahkan pernah ada seorang sepupu, waktu itu dia masih kecil, yang hobi banget nginep di rumah dan selalu minta dimandiin sama nyokap. Alasannya:

“Aku mau dimandiin Budhe supaya kulitku putih kayak Mbak Ira dan Mbak Ita.”

Ingetnya sekarang, gue jadi miris sendiri. Bener-bener ya, paradigma “Cantik = kulit putih” di negara-negara Asia dan Afrika sangat sukses ditanamkan di benak masyarakat. Makanya whitening products laris manis bener di negara Asia. Padahal di Eropa dan Amerika sendiri, masyarakatnya pada berlomba-lomba mendapatkan tanned skin.

*picture’s taken from here*

Gue sendiri sih pernah sok-sok pake whitening zaman SMA dulu, tapi koq gak ngaruh. Warna kulit gue segitu aje. Pas kuliah, gue ganti haluan, sok-sok berjemur di Depok sambil berangkat or pulang kuliah supaya agak item dikit. Tapi ya mungkin ditakdirkan kulit gue warnanya segini, mentok dah. Kagak item samsek cuy.

Laki gue sendiri kulitnya gak putih. Standar aja menurut gue mah untuk ukuran cowok Indonesia. Makanya gue ngerasa no problemo dengan warna kulit Nadira yang nggak putih-putih amat. Malah cenderung agak gelap ikut Papa dan Kakeknya (bokap gue).

Di sinilah gue sebel. Banyak orang yang seolah-olah ‘mengasihani’ anak gue karena berkulit rada gelap. Ada yang bilang “Duh ibunya putih koq anaknya item”, “Anak cewek kasian ya kalo kulitnya item”, atau “Gpp koq, nanti gedenya kan bisa suntik putih kayak artis-artis”. Heh??? Gue aja emaknya ngerasa biasa-biasa aja tuh. Koq yang lain pada repot? *tinju samsak sampe kempes*

Dan gue kayaknya bakal berusaha banget supaya Nadira nggak ngerasa rendah diri hanya karena warna kulitnya nggak seputih bulai-bulai. Atau bahkan sampe nyuruh dia pake whitening products dan suntik putih. I want her to be confident and proud as herself. Jangan kayak gue yang waktu kecil terobsesi pengen mancungin hidung dan ngecilin boobs.

*Tuh Nadira gak item-item banget kan? #rabidmomunite*

Sebagai bentuk dukungan untuk Nadira, gue mau berjemur lagi aahh.. Tapi sebelum berjemur pake bikini, kudunya ngecilin perut dong ya supaya keliatan cihuy dan bisa pamer bikini body. *Duileh rempong amat hiduplo Ra -__-*

Btw ini dapet gambar orang berjemur yang bikin gue ketawa sambil mesem-mesem sendiri. Cucok buat temen-temen yang ber-cup Z :D

*picture’s taken from here*

20 thoughts on “Black or White?

  1. Gue sudah berdamai dengan warna kulit dari dulu banget. Kebal, deh, dibilang item, keling, dll, dsb. Apalagi adik gue yang pas di bawah gue kulitnya putih, bukan “jauh lebih putih” tapi beneran putih. Udah kenyang diolok2 beda, diolok2 bladus. Lah ya memang bokap gue item dan nyokap lumayan putih … paling tidak gue mirip salah satu dari mereka. Hahaha.

    • Nah, kalo soal mirip gak mirip, gue bermasalah sama ukuran bodi, Man. Bonyok gue langsing. Lita langsing juga. Lah kenapa gue kayak babon gini yak? Mana curvy bener pula. Sementara emak gue dan Lita kan kutilang darat gitu tuh. Beda gen sendiri gue…😦

  2. hahaha sama deh mbak ira ini, bapak sy jg item ibu putih,
    anak2nya ikutan putih kek emaknya,
    orang2 jd bersyukur
    tapi mikir jg sih berarti kan ada gen item jg yakk dr bapak saya
    tar gmn y kl nurun ke anak saya xixixixiiyyy

  3. haha gw kebalikannya mba.. anak-anak ikut kulit ayahnya yg rada *masih ga rela* putih…

    nahhh yg bikin sensi tuh ada beberapa temen nyokap yg bilang

    “aduhh ini anak-anak asa ga pantes jadi anaknya della ya..”

    kesannya gw tuh jeleeeeek bangeet karena gw tidak berkulit putih..padahal gw kan juga ga item-item banget *bela diri*

    alhamdulillah sih soal kulit begini ga sampai bikin gw ga PD…malah over PD..kan bulai-bulai suka kulit wanita asia yg gelap-gelap bukaan??

  4. Gw kebalikan loe Ra, ngikut kulit bokap yg mirip2 orang jawa gitu deh😀 jadilah gw kadang suka dikira dari jawa atau dari daerah Indonesia timur klo ngeliat rambut gw yg ikal *nasib* Sempet bikin gw ga PD juga.Apalagi pas SMA hobi bener maen basket jam 12 siang,ditambah ga ada yg ngajarin kudu pake produk2 whitening.

    Tapi pas kuliah,gw udh berdamai dengan warna kulit. Yg penting ga dakian,panu,kadas,kurap ma temen2nya deh.

    Lagi berharap2 cemas nih semoga adiknya Fadly ga sekeling gw :p

    • Bwahahaha.. Eh tp bener sih Sal, menurut gue mukalo itu Njawani banget lho. Ternyata malah Padang tohh..

      Btw, gue malah punya beberapa temen orang Padang dan mukanya beda-beda. Yang 1 kayak Cina, yang 1 kayak India. Eh sekarang ketemulo yang mirip orang Jawa. Jadi susah dah nandain orang Padang ciri2 fisiknya kyk gimana🙂

  5. 20 something and still obsessed with weight-loss and whitening products😀 dari kecil jadi yg item sendiri di keluarga ahahahaha. waktu kecil kalo jarang sekeluarga suka merasa outta place gitu, dengan kulit item dan mata belo, bahkan pernah dikira pembantu :p

    I haven’t made peace with myself because of that. Soon hopefully🙂

    • Ya ampun Steee… Masa sih dikira pembantu? Bukannya nanny? *langsung dikeplak*

      Ih sutra lah yaooww.. Agnes Monica aja bangga berkulit tan. You should do that too *kenapa ambil contohnya abege bener yak? :P*

  6. kl gw ngerasa dulu item, ya ga item2 amat lah tp gelap. Lah kok skrg malah bisa jd putihan ya? *lah kok malah nanya*. Nyokap gw aja ampe heran, dikiranya gw pake produk pemutih ato sejenisnya..

    Kalo Laras warna kulit emang ikut bapake yg gelap eksotis huahahaha. Dia jg dah tau sendiri, malah suka bilang, “papah, Laras item, mamah putih”, bangga critanya mirip ama bapake😀

    • Hahaha.. Laras pinteerrr.. Nanti kalo gede terus pede aja ya Nak. Jangan kemakan iklan produk-produk pemutih yang story line-nya “Cewek item itu gak bakal populer/dapet pacar”. Pret!

      *cium Laras dari jauh*

  7. Huaaa,,, aku malah nggak mirip bapak+Ibu mbak..
    Beda sendiri, cenderung putih dan bermata sipit. *anake sopo iki?*
    Dulu masih kecil malah nangis terus pas dibilang anak angkat sm sodara2, meski becanda..
    Akhirnya tiap siang muter2 naek sepeda biar item.
    Sekarang, udah nggak ngefek deh, mo item mo putih, pokoknya sehat aja wes.
    Disyukurin aja, masih diberi hidup sampe saat ini. *mlh ceramah*

    • Ih candaan dibilang anak angkat itu bener-bener nggak banget ya. Untung dirimu santai dan cuek Mak. Coba kalo tipe yang sensitif, bisa-bisa krisis identitas dan berusaha cari asal-usul pribadi lho. Gue pernah denger true story kayak gini soalnya.

      Dan setuju sama pendapatlo. Mau item or putih, yang penting sehat deehhh🙂

  8. ahuahuahua…..jadi inget postinganku dulu. ada temen anakku yang ama ibunya dipakein lotion+sabun pemutih karena dianggep item. padahal ya, ibunya item juga *maab*

    ankaa ga putih-putih amat, turunan dari ayahku+mertua. tapi yang penting kulitnya sehat. kulit putih tapi kalo jerawatan, bisulan, kudisan, ya ga bagus toh? lagian, ankaa dapat warna kulitnya juga dari kakung, masa mau ditolak? jangan sampe dia dapet kulit sensitip macam aku. lebaran kemaren, make arloji suami cuma lima menit dan langsung bruntusan ga karuan😦

    btw, aku ada sepupu cowo putiiiiih banget. kalah dah cewe-cewe di iklan itu. pas SD, dia suka diledek karena kulit putihnya itu, sampe dia rela ke pantai dan berjemur berjam-jam. pusing karena kepanasan iya, jadi item nggak😀

    • Hihihi.. Kasian amat itu anak di-‘putih’kan oleh emaknya sendiri. Mudah-mudahan gak ngaruh sama rasa pedenya pas gede nanti yaa..

      Btw bener lho, kalo cowok putih itu emang terkesan kurang macho. Temen gue ada yang gitu, sampe hobinya jemur-jemuran tapi gak item-item juga dan suka dikatain cong, pdhl dia laki beneran🙂

  9. Hahaha…gw dari dulu inget banget, tamu/sdr orangtua gw abis liat kk ade gw pas liat gw bilang “loh ko item (sendiri)?” On my face! Pret amat ya? Padahal sangat wajarlah secara bokap gw kulitnya gelap, nyokap putih dan yang beruntung nurunin kulit beliau, ya, gw. So yeah, in a way kan make sense donk.

    Tapi gw ga pernah pengen putih sih. Secara ga mungkin. Lebih pengen punya rambut lurus hahahaha *sama impossiblenya*

    • Ih itu orang-orang koq pada gak sopan banget sih Nis? Yang kayak gitu lho yang kadang bikin anak gak pedean pas udah gede. Kayak gue yang dulu pas masih kecil pernah dibilang sama sodara “Untung Ira bodinya bagus ya, mukanya kan gak cakep”. Gilak bener, kalo inget itu, gue rasanya masih dendaaammm aja!

      Ih rambut lurus mah lebih gampil. Pan sekarang ada smoothing, rebonding, you name it lah!😀

Leave a Reply

