Pindang Bandeng Presto

Sejak punya panci presto (untuk review-nya baca di blog akika yang ini ya), gue bawaannya nepsong mulu sama bandeng, iga, buntut, dkk. Soalnya, berkat panci presto lah gue bisa masak dengan cepat. Bahkan untuk bandeng, bisa bikin bandeng duri lunak segala lho.

Nah, beberapa bulan lalu, nemu resep Pindang Bandeng pake panci presto di internet (lupa dari blog orang atau di milis NCC). Bacanya bikin ngences. Tambahan lagi, si ibu ini kasih catatan “dimakan pake nasi hangat + cabe rawit, dijamin bisa abis nasi sebakul”. Nah, gimana nggak senapsaran gue?

Tapi as usual, gara-gara ribet kerjaan, dan macem2 urusan, resep itu baru bisa dipraktikkan kemarin. Awalnya sempet agak ragu karena gue lagi kehabisan jahe dan serai. Sempet deg-degan sih, apakah rasanya bakal oke atau nggak. Kalo jahe sih gak pake gpp karena fungsinya cuma untuk ngilangin amis ikan. Tapi serai itu kan kuat aromanya, and I love it.

Hasilnya? Sumpah demi Allah, ENUAAAKKK BANGET!!! Meski nggak lengkap bumbunya, tetep endang gumindang wawaaww lah yaaa. Trus gue makan pake abon cabe Ninoy. Masya Allaaahh.. Langsung amnesia sama diet!

Trus yang paling membahagiakan, masaknya gampil banget lho. Gak pake ngulek samsek. Kuteks pun bisa selamat. Hebat kaann??

Anyway, ini ya resepnya. Silakan dicobaaaπŸ™‚

Pindang Bandeng Presto

Bahan A:
– 10 butir bawang merah (tambahan dari gue: plus 2 butir bawang putih)
– 6-8 cabe merah (kalo mau pedes, pake cabe rawit aja, jumlah dibanyakin)
– jahe seruas jari, dikeprek (ini cuma untuk hilangin amis sih. Karena nggak punya jahe, kemarin ikannya abis dicuci gue pakein air jeruk nipis dan didiemin selama 15 menit)
– kunyit, seruas jari, keprek

Bahan B:
– 2 ekor ikan bandeng ukuran besar, potong tiap ekor jadi 4 potong (jumlah ikannya terserah ya. Di resep asli pake 3-4 ekor ikan)
– Daun Salam (2-3 lembar)
– Sereh (3-4 batang, dikeprek. Kemarin gue gak pake)
– Lengkuas, seibu jari, keprek
– Air

Bumbu :
– kecap manis
– garam
– asam jawa (gue pake sebungkus kecil)

Cara membuat :
– Bahan A digongseng/dibakar sampai layu. Kupas kulit bawang dan masukkan semua bumbu A ke dlm panci presto.
– Masukan bahan B ke dalam panci.
– Beri garam dan kecap manis (boleh masuk setelah ikan matang).
– Beri air sampai ikan tertutup. Masak selama 1 jam. (gue kasih air agak banyak, trus dimasak 1,5 jam)
– Terakhir tinggal meracik asam jawa ke dalam kuah. Siapkan mangkuk kecil, masukkan asam jawa sesuai selera, tuangkan kuah ikan kedlm mangkuk. Tekan-tekan, sampai sari asamnya keluar. Tuang kuah kembali ke dalam panci. Kalau kurang asam, ulangi lagi.
– Silakan dinikmati!πŸ™‚

Leave a Reply

