Krisis Identitas

Gara-gara dompet beserta isinya hilang, mau gak mau gue kudu sibuk urus segala macem kartu dan tanda pengenal yang lenyap tanpa jejak itu. Kalo kartu kredit sih gampil ye. Namapun alat ngutang, kita cuma tinggal blokir, dalam tempo 48 jam udah dikirim kartu baru. Kalo ATM kita yang kudu ngurus ke bank-nya. Yah gak terlalu rempong lah.

Yang agak ribet adalah kartu identitas kayak KTP dan SIM. Or so I thought deh. Untuk KTP, gue kudu urus ke RT, RW, baru ke Kelurahan. Untung juga sih punya suami hobi basbisbus, urusan ke RT dan RW lancar lah, hihihi.. Pas ke kelurahan, gue baru urus sendiri.

Dan cepet juga sih bikinnya, gak pake ribet. Emang gak instan jadi, it took me less than a week sampe KTP-nya jadi. Yang agak nyebelin, karena pas urus KTP, gue nggak dandan, gue jadi bilang oke aja pas ditawarin untuk pake foto KTP sebelumnya yang ada di file mereka. Gue lupita kalo dalam foto KTP gue terlihat seperti Mbak-Mbak galak luar binasa😦

KTP kelar, giliran SIM deh. Sejujurnya, gue males bener bikin SIM karena belakangan ini gue emang jaraanngg banget nyupir. Mumpung punya suami yang cintrong abis sama mobil, ya dipergunakan sebaik-baiknya lah yaaa…😀

Ealah, Senin besok, gue kan ada tugas liputan ke luar kota nih. Untuk tugas ini, akika kudu punya SIM A. Yah kepaksa dah itu SIM hilang diurus. Waktu kasak-kusuk tanya ke beberapa temen wartawan yang ngepos di Polda, ada yang bilang boleh di Samsat atau SIM keliling. Tapi untuk meyakinkan, gue sms aja ke layanan SMS Center Ditlantas Polda Metro di nomor 1717.

Eh jawabannya tinta bisa cyin. Gue kudu urus SIM hilang ke tempat pembuatan SIM-nya. Artinya, gue kudu ke Kantor pembuatan SIM Ditlantas Polda Metro di Daan Mogot sana. Matilah awak! Kebayang ye jauh, macet dan penuhnya. Belum lagi bejibunnya calo-calo yang siap mengerumuni perempuan manis lemah lembut tanpa daya seperti dirikyu. Ih rasanya malaysia abis deh ngurusnya!

*maklum dulu ngurus SIM-nya bareng-bareng rombongan temen sekantor yang akrab sama Kaditlantas, jadi cuuss cepet banget kelarnya :P*

Tapi berhubung kudu segera diurus, ya sutra, tadi pagi gue janjian sama driver kantor yang jadi cs-an gue sejak lama untuk minta dianter ke Daan Mogot. Alasan gue “Gue takut sendirian, Pi. Kalo ada lo kan gue kayak bawa body guard gitu.”😀

Setelah bayar parkir, gue ngeliat tempat bertuliskan “Cek Kesehatan” dan ada dua polisi lagi berdiri di sampingnya. Gue turun aja dan tanya ke mereka, dengan embel-embel “Pagi Dan!” plus jabat erat tangan ala Polwan. Secara gue turun dari mobil kantor dengan tulisan nama koran segede gaban, mereka pun langsung kasih penjelasan sejelas-jelasnya. Tapi kayaknya sih, kalo gue gak pake gaya ala-ala wartawan kriminal itu, mereka akan tetep ramah koq. Terutama ke cewek-cewek cantik seperti akyu ya.

Karena tujuan gue adalah untuk mengurus SIM yang hilang, gue menyertakan Surat Keterangan Hilang dari Polisi dan fotokopi KTP (plus ID Card kantor sih, buat jaga-jaga supaya prosesnya gak dilamain, hihihi.. *abuse of profession* :P). Di loket Cek Kesehatan, gue bayar Rp 20 ribu trus langsung disuruh periksa mata. Kelar dari situ, gue disuruh ke gedung utama.

Di sini, yang diperbolehkan masuk cuma orang yang urus SIM. Pengantarnya dilarang masuk. Jadilah gue melenggang sendiri. Terus terang agak keder juga sih. Dengan jurus manggil semua polisi “Dan” alias komandan sambil senyum ramah plus jabat tangan ala Polwan, gue pun banyak dapet petunjuk.

Pertama, gue disuruh ke BRI yang ada di dalam gedung, untuk membayar formulir pengurusan SIM. Kalo untuk SIM hilang dianggap sama dengan perpanjang SIM, jadi bayarnya Rp 80 ribu. Kalo untuk SIM baru, biayanya Rp 120 ribu. Both untuk SIM A ya, gue gak perhatiin untuk SIM C berapa, atau SIM B1 dll karena akika tinta mawar jadi supir bis AKAP.

Abis bayar di BRI, gue ke loket formulir, ambil formulir dan ngisi di deket situ (make sure jangan lupa bawa pulpen, ok?). Abis itu gue beli asuransi, yang berada tepat di samping loket formulir. Di sini, gue kasih fotokopi KTP + bayar Rp 30 ribu.

Selanjutnya, gue disuruh ke lantai 2, ruang Asdok (arsip dan dokumentasi cmiiw). Di sini gue kasihin semua formulir, fotokopi dan bukti pembayaran yang gue punya, trus disuruh nunggu di ruang tunggu mereka. Cuma 5 menit, gue dikasih semua formulir tadi dan disuruh ke lantai bawah untuk foto dan ambil sidik jari. Kelar foto dan sidik jari, gue diminta ke loket terakhir untuk ambil SIM yang udah jadi.

The whole process only took me about 40 minutes! Aseli, gak nyangka banget deh bisa segitu cepetnya. Driver kantor gue aja sampe kaget begitu ngeliat gue keluar dari gedung SIM secepat itu. And I only had to pay total Rp 135 ribu. Ish, sadap kan?🙂

Mungkin, gue bisa secepat ini karena cuma mengurus SIM hilang ya. Soale dulu pas gue perpanjang SIM di Samsat Jakarta Timur, juga secepat ini sih. Yang bikin agak lama waktu itu adalah ajakan gosip dari ibu-ibu penjaga loket. Mereka girang banget pas tau gue jurnalis. Jadilah gue ditanggap untuk cerita macem-macem, mulai dari krisis ekonomi 2008 sampe gosip-gosip artis -__-‘

Mungkin kalo bikin SIM baru, prosesnya agak lebih lama sedikit ya. Tapi gue rasa sih nggak parah-parah amat ah. Happy deh karena bayangan gue soal pengurusan SIM yang berbelit-belit ternyata gak separah itu. Bravo Polda Metro Jaya! *kayak iklan bener yak?😛

Oh ya, setelah bete dengan foto paspor yang mirip Jeng Kelin dan foto KTP yang kayak Mbak-mbak peran antagonis di sinetron, gue cukup hepi dengan foto di SIM gue. Gak separah dua foto identitas gue lainnya gitu lho. Yaeyalah ya, wong pas mau foto, sambil dipelototin 5 orang Masteng (mas-mas tengil) yang lagi antri, gue minta jeda waktu dulu untuk sisiran, bedakan plus pake lipen setip. Untung aja gak pake acara pasang bulu mata palsu dulu sesuai saran Garet hihihi..

Etapi tapi, tetep sih agak sebel karena tinggi badan gue masih aja ditulis 160 cm. Kurang 8 cm, Daann!!! Trus trus, itu tulisan profesi bukan gue yang nulis lho ya. Polisinya yang inisiatif nulis gitu. Jadi maluuu…😛

8 thoughts on “Krisis Identitas

  1. Percayalah, profesi yang tercantum itu akan memudahkan jalanmu *isinya sama soale*

    Btw, tau gitu td ikut dah ke daan mogot. Pengen bikin sim yg udah mati niiiih!

  2. gw juga pernah nemenin hubby ngurus SIM nya yg hilang, tadinya gw pikir bakalan rempong tapi ternyata polisi disana amat sangat membantu ketika kita nanya2.. dan prosesnya pun cepet.. pokoknya bener2 tidak seperti yg di bayangkan deh..

    yang paling penting ngurus sendiri lebih murce dibanding ngurus sama biro jasa, karena awalnya hubby males ngurus sendiri karena takut repot bikrorasinya, pas tau hrgnya yg hampir 800ribu untuk 2 SIM , sebagai istri sholeha nan irit gw langsung ngajak hubby ngurus langsung dan janji nemenin dan ternyata emang lumayan hemat.. ngga sampe 300ribu udh dpt 2 SIM.. girang banget lah gw.. pan lumayan tuh 500ribu drpd buat biro jasa mending buat gw..hehehehehhehe…

    • Hahaha.. Ih bener banget Nik. Pengalaman gue kemarin emang gitu. Boleh dibilang, reformasi di bidang pelayanan Polda Metro cukup sakseis lah yaa.. *koq kalimat gue macam iklan layanan masarokat sih :P*

      Btw itu 500 ribu jadinya lo apain? Beli sepokat yak?😀

  3. oh suamiku dong, mau urus SIM sekalian mudik (naseb KTP daerah :p). antriannya bikin lemes. dan karena suami iseng, doi nguping dong obrolan pemohon SIM yang ditolak ama petugas. gagal tes tulis, disuruh “minta petunjuk” ke kursus mobil yang ada di deket kantor pulisi situ.
    iya deh biaya transparan dipampang guede. tapi prosesnya ternyata masih kudu “minta petunjuk” sama pihak ketiga, yang mana buat ke pihak ketiga kudu nanya lagi ke tukang parkir. pulisinya bener-bener nyebut tukang parkir loh. binun sayah….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s