Too Proud To Beg

Menurut hubby, satu hal dari gue yang paliiiiiingg dia sebelin adalah gengsi gue yang gedenya gak nahan. Gengsi di sini artinya bukan gue sok gegayaan padahal duit tiris ya. Tapi lebih ke gengsi nggak mau kalah gitu deh.

Yang paling jelas adalah soal keuangan. Saat baru merit, gue nggak pernah sekalipun minta duit ke hubby. Padahal gaji gue juga nggak gede-gede amat and I have my own expenses kayak cicilan rumah pribadi yang gue mulai dari zaman single dan cicilan kartu kredit.  Kalo hubby kasih duit, gue biasanya sok nolak dulu baru akhirnya nerima. Itupun kalo beneran kepepet bokek. Kalo masih ada duit di dompet mah, gue biasanya sok belagu nggak mau terima.

*picture’s taken from here *

Makanya pas gue hamil dan belanja-belenji kebutuhan bayi, gue nggak pernah minta duit hubby samsek. Untung waktu itu gue sempet jadi model gadungan dan dapet honor. Langsung tuh duit dibentukin tempat tidur dll dsb.

Untung aja laki gue bukan tipe cowok matre or irresponsible. Begitu tau gue belanja kebutuhan bayi pake duit sendiri, dia biasanya misuh-misuh. Apalagi karena dia tau betapa gedenya gengsi gue untuk berusaha nggak minta duit dari dia. Dia pun minta gue nggak ulangi lagi.

Yang hasilnya, tentu aja gue ulangi lagi, lagi dan lagi. Hehehe.. Sampe akhirnya kita sering berantem nih urusan duit. Biasanya di rubrik psikologi di tabloid Nova, banyak ibu-ibu curhat tentang suami yang nggak mau menafkahi keluarga atau terlalu perhitungan sama istri. Lah gue kebalikannya. Kita sering berantem gara-gara gue ogah dikasih duit sama hubby. Sampe hubby bolak-balik ngingetin “Kamu mau uang nggak? Mbok ya kalo bokek, jangan malu bilang ke aku. Aku kan suami kamu. Aku malu kesannya nggak menafkahi istri. Padahal istrinya aja yang sotoy nggak mau dikasih duit.” Hihihihi.. Sok gaji 10 digit banget ya akika? *toyor kepala sendiri :P*

Makanya banyak yang bilang gue bloon. But I don’t know, gue kebiasaan aja hidup mandiri dan bayar apa-apa sendiri. Dulu pas punya pacar pun, nggak pernah gue minta dibeliin ini itu sama pacar. Kalo dibeliin, ya gue terima, tapi sebisa mungkin gue minta nggak usah repot-repot. Tiap pergi-pergi, ya gue berusaha berkontribusi pada expenses kita saat itu.

That’s why gue selalu kagum sama temen-temen gue yang gold digger dan blak-blakan mengakui hal itu. Yes I’ve plenty of them, in real life ya, bukan online (catatan penting supaya nggak ada yang berasa kesindir dengan postingan ini). How could they do that? Gue pernah coba minta beberapa tips untuk agak matre sedikit, but still, I don’t have the heart to practice them. Payoyeh euy :(

*picture’s taken from here *

Kembali ke laptop. Nah, pas merit dan masih nebeng di rumah ortu, sikap gue yang sok gengsi ini belum bikin gue bonis (bokek kronis). Nah pas udah pindah ke rumah sendiri, gue pikir-pikir, keriting juga ya ngurus semua kebutuhan sendiri. Akhirnya gue pun mengibarkan bendera putih ke hubby, hahaha.. Suami pun langsung bilang “Nah, gimana, akhirnya nyerah? Makanya, jadi orang jangan belagu amat kek. Makan tuh gengsi!”😀

Tapi ya tetep sih, meski udah nyerah, gengsi gue masih segede bukit Sentul (dulu kan segede gunung Himalaya ceritanya). Meski tiap bulan sekarang gue udah bisa legowo mau nerima duit jatah, tapi nggak berarti gue bisa dengan santai minta duit ke hubby. Tetep bok, kalo minta duit rasanya koq gue kalah banget ya. Kalo nggak kepepet-pet-pet-pet, nggak akan gue minta duit ke hubby. Apakah gue terlalu menjiwai pepatah “Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah” ya? Hihihihi.. *teu nyambung*

Makanya hubby sebel banget pas gue cerita di sini tentang hobi gue naik angkot dan segala tips pengiritan gue. Menurut dia, gue nggak mikirin faktor safety dan kejahatan yang banyak banget bertebaran di angkutan umum. Apalagi pas gue bilang naik angkot demi pengiritan. Langsung deh dia ceramah, “Kalo kamu beneran gak punya duit, begitu gak apa-apa. Kamu kan sebenarnya ada uang dan kalopun nggak ada, bisa minta ke aku. Tapi kamunya aja yang kegedean gengsi!”

Sekarang gue lagi berusaha nurunin gengsi nih. Caranya, ya dengan rajin-rajin belanja online gitu, hihihi.. Apalagi prinsip hubby begini “Kamu kan kerja, jadi wajar kalo kamu beli barang untuk menyenangkan diri sendiri. Beli aja tas atau sepatu desainer gitu sekalian. Daripada aku pusing liat tiap hari kamu nenteng barang yang menuh-menuhin lemari dan sebentaran juga ambrol.”

Wah pas denger hubby ngemeng gitu sempet sih tas-tas Louis Vuitton, Chanel, Hermes, Coach, Kate Spade, etc bertebaran di angan-angan. Belum lagi kemarin sempet cuci mata sepokat dan branded clothing lucuk di sini. Tambahan lagi adik gue hobi bener ngeracunin tas-tas branded yang ada di thread Market Plaza-nya FD.

Sungguh godaan bagi pemilik iman tipis seperti diriku. Zzz… Zzzz…

Tapi, pikir punya pikir, kayaknya gue belum berani deh. Gue takuut banget living the lifestyle that I actually don’t deserve. IMHO, illogical banget ya maksain diri demi keliatan gaya, tajir, trendy, atau apalah. Apalagi kalo ujung-ujungnya sampe ngutang, nipu dan nyusahin orang demi gegayaan pake branded things. Buat gue, that’s a big NO.  

Lagian gue kan pelita hati ya neik. Masih belum rela rasanya beli tas berharga jutaan. Mending lanjut belanja online murmer aja yiuukk..😀

*picture’s taken from here *

27 thoughts on “Too Proud To Beg

  1. HAHAHA, ra kalo gue gengsian kayak lo, gue cuman makan angin kalik.. hihihi btw dulu gue waktu masi kerja jg gengsian, tapi semenjak jadi ibu rt sih maakk mana mungkin lah ya.. tapi enak loh jadi orang ga gengsian alias minta2 muluk ma suami, tapi yaa makan ati dikiiittt sih kalo lagi berantem trus diungkit2. hahaha

    • Iya Nad, makanya sampe sekarang gue maju mundur mulu kalo disuruh jadi ibu rumah tangga. Takut setres gak bisa ngalahin gengsi, hehehe..😛 Bagi-bagi tips-nya dong supaya bisa sakseis gak kegedean gengsi kakaaakkk…

  2. Wakakak…dulu gw waktu pacaran gengsinya sama kayak loe, Ra. Sampe pengakuan bodoh gw ke loe kalo ujung-ujungnya 7 tahun, Bok gw dimatrein pacar gw. *yea yea orang secerdas gw baru nyadar dibegoin setelah 7 tahun*.
    naaah pas awal-awal pacaran sama Hani, gw masih pasang jebakan betmen tuh. Eh pas udah nikah, baru deh taringnya keluar. Huahaha….

    • Samaaaa Ndah! Untung sih pacar-pacar gue yang serius gak ada yang matre. Tapi pernah dong gue jalan sama cowok yang pas tau gue orangnya gengsian, jadi nggak malu-malu kalo minta duit bensin lah, ditraktir makan lah. Cih, najoonnggg amit-amit. Bete gue ingetnya😦

      Kalo sama Hani, beneran jebakan betmen tuh. Duh kasian Mas Hani. Sini-sini sama akika aja *eh :P*

  3. Waaa…ra ada ternyata istri mandiri macam begini hihih…cal0n istri s0lehah nih🙂 untung suamimu jg bkn 0rg yg keenakan ga dmintain ma istri yah.
    Gw jg awal married gengsi minta duiit, nunggu dkasi kl sekarang mah ga segengsi itu😀

    • Iya Res, untung banget gue ketemu laki yang gak mempergunakan kebodoran gue ini. Soalnya ada temen gue yang sama gengsinya sama gue, terus lakinya jadi bener-bener nggak pernah nafkahin dia. Sampe duit sekolah anak, belanja sehari-hari, renovasi rumah, dll, semua duit istrinya. Si suami nggak tau deh ngabisin duit kemana😦

  4. Jadi malu karena aku istri galak yang ngingetin tiap bulan udah setor belum ke rek tabungan. hahaha.. eh tp ra soal tas yah.. baru2 ini aku bikin bag account. Itu ada tabungan aku khusus untuk beli tas. Jadi kalo gue dpt duit “kaget” ky misal lo jadi model gt gue masukin ke account ini. Yah rakyat jelata kan jg py tas idaman huahaha. IMO sih bersenang2 itu wajib di financial planning. wina jg blg kan.. *bela diri*

    • Hihihi.. Gpp lagi Ti. Gue malah berharap bisa segalak lo. Ajarin tips-nya dong Kakaakk..😀

      Ttg bag account, menurut gue mah sah-sah aja koq. Apalagi kalo ikutin perintah agama yang bilang kalo duit suami itu duit bersama, dan duit istri itu duit istri sendiri. Jadi lo gpp banget beli barang untuk menyenangkan diri sendiri. Doakan saya bisa begitu juga ya! *pasang foto Hermes bag di dinding*

  5. Hihihi, geliiii baca ini : nenteng barang yang menuh-menuhin lemari dan sebentaran juga ambrol –> itu aku bangeeeet jaman dahulu kala :p skr udah sedikit lebih insap..agak mahalan yg penting awet.

    Mba Ira emg beda deh ah, dimana2 prinsip istri yg ada “duitmu duitku, duitku duitku” ini malah ogah2 dikasi duit -____-

    • Hahaha.. Itu omongan laki gue banget, Di. Dia blg “Beli barang tuh yang mahalan dikit, sekali-sekali, tapi awet. Ini mah bikin tumpukan di lemari aja”😀

      Etapi cewek-cewek zaman sekarang banyak yang berprinsip kayak gue lho bok. Dan IMHO, bikin laki-laki pada keenakan gak sih. Mending kalo dapetnya laki yang sadar diri. Kalo yang mokondo kan, jadinya ribet😦

  6. aku juga dari gadis anti banget minta-minta ama cowok, ngga bisa aja. Tapi pas udah menikah sekarang gengsi ngga minta duit ke hubby rugi, ntar duitnya dibeliin ordendil kendaraan, gadget dan hal yg ngga penting lainnya mending buat nyenengin keluarga khususnya istri kan jadi barokah…he…he…apalagi kalo ngasih uangnya buat ke salon, spa…siapa juga ngga seneng istrinya jadi cantik kan?

  7. Ya ampuuuun…. koq mirip siiiih…. Ira, seneng deh ternyata ada yang senasib. Toss dulu ahhh… Dulu gw ngerasa jadi mahluk aneh sendiri. Soalnya temen-temen gw pada heran dan bilang, “bukannya enak bisa minta ama suami:p”. Gw koq kayak englishman in new york jadinya hahaaa..

    Gw juga gitu.. hiks.. gengsian pisan kalo mesti minta uang ama suami. Dulu emang gw kerja, tapi setelah 5 taun ga kerja teuteup wae gengsi berat untuk minta uang. Untungnya suami pengertian banget.. tiap bulan jatah bulanan masuk ke rekening gw, dan kalau isinya udah menipis dia mah tau aja, tau-tau udah ada lagi isinya heuheuu… Oya, kartu kredit sisa gw kerja pan masih gw pake.. dan si tersayang itu dengan baiknya suka ngebayarin tanpa gw minta…

    Sampe sekarang, udah hampir 10 taun merit gw tetep ga bisa lo dengan enteng minta uang ama suami. Gengsiiii…. berat rasanya kalo mo minta hahaaa. Alhamdulillah punya bisnis kecil sendiri, jadi kalau pengen beli tas atau barang lain pas jatah bulanan abis, masih punya dana cadangan hihiii. Eh, menurut gw ada bagusnya lo gengsi gini, sebagai wanita gw selalu merasa bahwa penting untuk punya penghasilan sendiri.. (sok) mandiri gitu ceritanya. Paling enggak itu bikin gw merasa (rada) berdaya (sedikit) walaupun bisa makan angin dan bayar uang sekolah anak pake daun kalo beneran ga dapet dari suami:p.

    Untuk yang gengsian kayak kita ini emang perlu suami penuh pengertian dan rajin nengok rekening istri biar bisa survive hihiii:p

    • Ya ampuunn, terharu juga nemu sesama orang ‘aneh’ *toss pinggul*

      Makanya Mak, suka ngerasa beruntung nggak sih dapet suami yang pengertian. Tanpa diminta suka kasih duit gitu. Jadi gak perlu bikin kita-kita ngerasa rendah diri karena minta duit sama dia, hehehe.. *ih pasti laki gue kembang kempis nih baca ini*

      Coba kalo kita kewongnya sama laki-laki yang matre atau cuek. Alamat kurus kering dah karena kegedean gengsi, sebenernya bokek tapi ogah minta duit dan suami cuek. Hiii…😦

  8. Aaah gw bgt ini *dulu tapi yaaa jaman masih kerjaaaa,dmn kala itu gaji gw msh lbh dr suami,jd gk pnh mnta duit jajan d,bkn cmn gengsi,tp gak tega bow pdhl suami gw sng2 aja ngasih ny kl dia ada duit lokasi* kalo skrg,saya duduk manis tggu transferan dan tggu duit kaget lokasi bt hura2,.awal2 stres berat Ra,pnghasiln jd cmn 1/3 ny *ealah curcol* tp ingt tujuan jd IRT demi Ben, smua keinginan dbuang jauh2,..suami yg jd gak tega liat lifestyle gw brubah 180derajat.. Jd skrg,bubye d gengsi drpd gw gk makan buuuuuu :p

    • Hahaha.. Bener banget, Di! Gue juga kayaknya musti gitu tuh kalo someday jadi IRT. Makanya sampe sekarang gue masih chicken banget nih, nggak berani jadi IRT. Salut deh bok sama lo, beneran! *thumbs up*

  9. ahua hua hua. ternyata bukan cuma saiya yang gengsian ya minta duit ama suami. dan masih mending dirimu lo Mbak, dikau masih kerja. lha aku kan udah IRT murni gitu loh.

    saking gengsinya, beli baju atau ke salon aja nunggu dimarahin abis-abisan ama suami. wiken lalu nih, mungkin dia udah gregetan, aku nyaris diseret *literally* ke toko baju. apesnya, dia cuma mau beliin gamis, yang mana bukan pilihan utamaku. untung nemu yang cakep, kalo ga kan nyesek he he he.

    solusinya sekarang, suami ngasih aku gaji. baru beberapa bulan trakhir ini sih. alesannya, dulu PRT-ku aja digaji, masa sekarang aku ngerjain semua sendiri tanpa PRT ga dapet apa-apa. kaya kerja rodi tanpa gaji ha ha ha

    yah solusi yang menyenangkan sih. jadi ga merasa (terlalu) bersalah kalo beli printhilan ini itu. ujung-ujungnya aku beliin samting juga sih buat keluarga atau dicelengin.

    • Huahahaha.. Seneenng deh ternyata banyak gengsiwati di marii😀

      Nah itu dia Mak penyakit perempuan. Begitu punya duit, yang dipikirin anak atau keluarga melulu. Gue juga gitu lho. Duit gaji abis demi dandanin anak karena prinsip gue emak gak boleh lebih kece dari anaknya hihihi.. Sekarang gue mulai mikirin diri sendiri nih kalo belanja. Kalo nggak, masa penampilan gue buluk forever sih? Ntar disangka ART lagi kalo jalan sama Nadira😦

  10. waaa, mbak… kalo aku dr kecil didoktrin sama nyokap, istri yang sukses itu kalo suaminya mempercayakan semua gajinya untuk dikelola istrinyao_O

    eh, ternyata suamiku sekarang, ga diminta juga langsung loh setor semuanyaaaa… huahahahahah…. *doyan* alesannya sih ya standar, males megang duit dan males ngurus2 bayar ini itu… untungnya lagi (atau sialnya ya?) suamiku ini kayak ga punya keinginan gitu… beli baju aja musti diingetin… kalo ga aku buang karena udah terlalu busuk, ga bakalan tuh ngerasa butuh baju baru…-____-“

    • Ahahahaha.. Itu suamimu samaan Jeng sama suamiku. Disuruh beli baju susaaah banget. Dan samaan, aku suka buang-buangin bajunya karena udah busuk banget. Abis dia ingetnya cuma beli velg, dandanin mobil, etc. Suka bete deh😦

  11. Hahahaha ngakak habis baca postingan ini, utamanya yang lemari ambrol itu. Kl sy sih tepatnya bukan gengsi ya, tp selama masih punya uang buat ini itu, rasanya gak perlu minta suami. Paling mintanya kalau pas perlu uang tp di dompet kosong krn blm ambil. Untungnya punya suami yang gak mempergunakan style istri yang gak suka minta duit ini. Hihihi kadang lucu juga bayangin istri disuruh2 belanja dg dibayarin suami. Kebanyakan cerita sih istri minta belanja tp suami gak kasih😀

  12. Heyhooo.. Mba Ira, saya silent reader di blognyah.. Ehehehhe.. Ternyata orang aneh bukan cuman saya aja yaks, yg berasa gengsi klw minta ke suami. Dari dulu pacaran paling ogah klw minta2 tapi sekaligus heran & agak2 iri ama temen yg bisa ajaaa gitu jadi gold digger. Ehehehhe.. Blog nya bagus amaaat,bacanya enakeun, trus berasa senasib meskipun blonan punya anak.. Hehehhe.. Keep up the good work.. Saya suka banget baca blog nya..

    • Ih samaaa.. Suka jeles pengen jadi gold digger juga tapi hati kita terlalu lembut untuk begitu yaa.. *berpelukan*

      Ah ya ampuunn kalo dipuji gini gue suka agak-agak hilang kontrol lho *pegangan kursi* Makasih Jeng Ekha🙂

  13. Pingback: Once-in-a-Lifetime Madness « The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

