Kutu Disaster

Apa yang ada di benaklo saat mendengar ‘kutu rambut’? Pasti gelisah (geli-geli basah) sambil gatel-gatel kan? Belum lagi image jorok (literally jorok ya bukan jorok yang nganu) dan kamseu. Hiii..😦

That’s what I also had in mind. Padahal, semasa kecil, gue cukup ikrib dengan yang namanya kutu rambut. Soale, gue kan selalu tinggal di kampung, bukan di kompleks perumahan. Temen-temen gue rata-rata berkutu. Trus nyokap gue hobi bener nyariin kutu, sampe dia sering ngupahin anak-anak tetangga untuk dicariin kutunya. Begitu rambut gue mulai lebat, giliran gue yang jadi korban. Biang kutu dari rambut anak tetangga dipindah ke kepala gue. Jadi nyokap pun bisa memuaskan hobinya tanpa harus ngubek-ngubek rambut anak tetangga yang lengket itu.

Zzzz… Zzz…

Karena ngerasa waktu kecil dulu sebel dengan kutu-kutu di kepala, gue pun nggak pernah sama sekali ingin mengulangi apa yang dilakukan nyokap ke gue kepada Nadira. Makanya akika kaget setengah mati pas minggu lalu nemu telor-telor kutu di kepala Nadira. Apalagi pas nggak berapa lama, di kepala gue juga ditemukan barang serupa. Heleeepppp!!!

Soal Nadira vs kutu sih sebenernya gue udah sempet curiga karena beberapa hari belakangan, dia sering garuk-garuk kepala. Gue pikir, nggak mungkin lah anak ini ketombean karena sehari gue keramasin 2 kali. Trus karena rambutnya belum lebat-lebat banget, keliatan lah ya kulit kepalanya. Dan emang nggak pernah ada ketombenya.

Jadi pas gue nggak ngantor, gue iseng lah ngurek-ngurek kepalanya. Langsung dong gue kaget beneeer nemu telor-telor kutu, meski udah pada gabuk. Dalam kondisi panik, gue langsung bertanya pada Mbah Google dan nemu beberapa penjelasan yang bikin hati agak lega sedikit. Salah satunya adalah di Web terpercaya ini.

Di situ dikatakan kalo kutu rambut adalah penyakit yang paling sering diderita anak-anak setelah common colds. Trus, kutu rambut tidak melulu berasosiasi dengan faktor sanitasi, strata ekonomi dan higienis. Wong di Eropa aja yang kebersihannya sangat terjaga, kutu rambut masih suka terjadi.

Setelah baca kalo kutu rambut tidak bisa terbang atau loncat, dan hanya menular kalo kepala penderitanya bersentuhan dengan kepala lain, gue kepikiran diri gue sendiri. Lha wong Nadira kalo bobo kan selalu nemplok ke gue macam anak kangguru, jangan-jangan gue juga ketularan nih. Dan bener aja. Pas diperiksa sama ART gue, ada telor-telor kutu di kepalaku. Eaaaa….!!!! *histeris*

Browsing-browsing lah eikeh soal obat kutu. Dari zaman dahulu kala, Peditox merupakan obat yang sangat kesohor ampuhnya untuk membasmi kutu rambut. Tapi gue juga baca kalo obat itu lumayan keras. Jadinya gue khawatir kalo pakein itu ke Nadira.

Pas baca di  sini, ternyata disebutkan kalo jeruk nipis bisa digunakan sebagai pembasmi kutu alami.  Langsung deh gue cari jeruk nipis dan pupurin airnya ke kepala Nadira. Sementara buat gue sendiri, gue minta tolong hubby beliin Peditox di apotek deket kantornya. Biarin aja, pasti dia bakal dapet tatapan awkward dari Mbak-Mbak SPG yang pasti pada bertanya-tanya dalam hati “Lah koq Bapak-Bapak eksmud gini belinya obat kutu? Ih gak nyangka deh!” Hihihihihi..😀

Sesuai saran, jeruk nipis itu gue/ART pupurin ke kepala Nadira setiap hari sebelum mandi dan keramas. Minimal 30 menit lah, bahkan kalo bisa lebih dari itu (tapi gatelnya gak nahaannn. Kasian bocah). Trus, berhubung ART gue juga hobi nyari kutu, dia rajin bener nguprek-nguprek kepala Nadira kalo lagi tidur. Abis, tiap liat gelagat gue or ART mau nyariin kutunya, dia langsung jejeritan “Ndak mau tali tutuuu..”. Jadi cari kutunya cuma bisa pas dia bobo aja deh.

Nah ART gue cerita, dia sempet nemu beberapa anak kutu dan terakhir, biang kutunya dong. Setelah biangnya ketemu, kelar semua sejarah perkutuan di kepala anak gue *pheewww*

Kalo gue sendiri, setelah pake Peditox semaleman, besoknya, di kepala gue masih ketemu beberapa telor kutu. Tapi abis itu, selesai, udah abis semua. Alhamdulillaaahh.. Gue sampe gagal potong rambut gara-gara parno bookkk.. Kan tengsin kalo pas lagi dipotong atau diblow, trus tiba-tiba hairdresser-nya nemu kutu-kutu lagi berlari-lari dengan lincahnya. Untung pas dulu nyalon di Shunji Matsuo gretongan gue belum kena kutu ya. Kalo iya kan, ya ampuuunnn… Kasian amat itu hairdresser impor papan atas kalo nemu kutu di kepala akika *tutup muka*

Mudah-mudahan selesai ah kisah perkutuan di keluarga gue. Malees bangeett bookk.. Apalagi kan ini merusak citra socialite yang selama ini gue bangun, hahahaha..😛

*picture’s taken from here *

Trus, sumber kutu di kepala Nadira sampe sekarang remains a mystery. ART gue kekeuh sumekeuh bilang dirinya gak kutuan. ART mertua juga. Sementara kalo sumbernya dari gue, gue juga bingung, ketularan darimane ye? Teuing ah, lieur. Yang penting udah sembuh, yay!

12 thoughts on “Kutu Disaster

  1. akhirnya diposting.😛
    alhamdulillaaahhhh…udah lenyap yaa itu kutu….

    gw jd parno sendiri lho sekarang tiap lihat syasya garuk kepala, dan kalau kepala tiba2 gatel..jadinya tiap syasya tidur gw uwel-uwel tuh kepalanya mencari telor kutu.. alhamdulillah sekarang udah ga ada…

    btw kemaren gw pakein syasya peditox lho… heuuuu….ga tau soalnya kalau jeruk nipis bisa mematikan kutu..

    • Ini juga jeruk nipisnya eksperimental, Del. Dan kudu ditelatenin selama seminggu plus dicariin juga kutu-kutunya. Jadi emang prosesnya lama, nggak kayak peditox yang langsung cepet mati semua.

      *kepala gue jadi gatel-gatel lagi deh ngemengin kutu*

  2. Sama MaK, secara tinggal di condet pedaleman, begaul ama anak2 kampung, gw jg parno bgt kl mikail garuk2 kepala.
    Yang kedua adalah takut cacingaaann. Iihhh geli ngebayanginnya. Hihihihi

  3. Ra, serius tuh nyokap loe mindahin kutu ke kepala loe utk buat peternakan kutu? Hitler bener sih tante😀

    Kenapa klo konotasi yg ga elit loe pasti ngorbanin bokapnya Nadira,kasian bener..rusak sudah pencitraan belio sbg arteisss :p

    • Serius begete dah Sal. Kemarin aja nih pas gue cerita ke nyokap kalo gue dan Nadira kutuan, dia langsung semangat 45. Ambil kacamata trus ngurek-ngurek kepala gue. Nostalgia masa lalu gue rasa, hahaha..😀

      Hihihi.. Ih lo koq ikutan ngalemin laki gue sih? Kayak Indah aje😀

  4. Wahahahaha iya dulu Zahra jg sempet kutuan ketularan ART… gue jg parno ketularan tp udah ubek2 berapa kali alhamdulillah kynya ga kena. Kebayang ya bok klo kita kena pas make over di shunji itu.. duuhhhh tengsin berat… gue dateng pake masker bengkoang kek nya :)) (tetep pgn make over gratisan tp menyamar)

    • HUAHAHAHA.. Itiii… Gue jadi ngakak mbayangin muka hairdresser Shunji pas nemu kutu di kepala kita berdua. Pasti Hani dan anak-anak FD juga pada tengsin karena menyodorkan peserta makeover yang kutuan!😀

  5. mbaaaaaak, ya ampun.
    kapan hari suamiku bilang kalo rambutku berkutu tapi aku gak percaya coz dese emang suka lebay. ketombe ama kutu beda gak sih? rambutku sih gak suka gatel-gatel :((((

    • Ketombe dan kutu beda atuh Neng. Kalo kutu itu gatelnya suka kayak ada yang gerak-gerak di kepala gitu deh. Coba aja beli serit trus sisirin rambutlo. Sapa tau dugaan suami bener *sodorin peditox :P*

  6. mbaa..ih nyokap Lo sm bgt ma nyokap gw dl :D*taroin kutu*..dia ga mau pk-in anak2nya obat kutu ktnya bisa bkin sakit mata *bah* :p ..gw siy nurut aja tuh meski waktu bmain gw bnar2 sangat tersita krn hrs cr kutu dl sblm main😀..

    after all, smg tuh kutu ga balik2 lg yaa mak..:)

    • Bwahahahaha.. Seneng rasanya punya temen yang sama-sama jadi korban kutu oleh ibu sendiri😀

      Bener Mak, dulu mau main aja syusyeh karena kudu dicariin kutu dulu. Huh syebel. Mkanya nih mudah-mudahan si kutu jahanam itu gak balik lagi ah. Ini gue sampe pengen nyetok obat kutu di rumah saking parnonya😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s