Red Velvet Cupcake

Gara-gara RVC-nya DapurQ gue jadi doyan sama RVC. Padahal dulu pernah nyoba sekali, langsung gak demen karena rasanya langu. Mungkin karena pake bit dan jumlahnya kebanyakan kali ye. Nah, ternyata hubby dan Nadira juga doyan banget RVC-nya DapurQ. Malah Nadira kalo makan langsung 2 biji dong.

Tapi berhubung DapurQ lagi laris manis (ehm-ehm), gue gak bisa sering-sering pesen, nunggu PO dibuka. Akhirnya akika iseng browsing resep RVC yang bertebaran di internet dan milih salah satu yang paling gampang, nggak pake bit karena gue males cari bit-nya, hehehe..

Hasilnya? Enaaakkkk deh. Emang sih, belum selezat RVC-nya DapurQ. Tapi lumayan banget koq. Buktinya, Nadira doyan banget sama “tuwe melah bitinan Ibu” iniπŸ™‚

Red Velvet Cupcakes

Bahan:
Red Velvet Cupcakes:
1 1/4 cup tepung terigu yang sudah diayak
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam (gue gak pake karena menteganya udah salted)
1 sdm coklat bubuk (gue pake Van Houten)
1 sdm pewarna merah (gue cuma pake 1 sdt, maksimal 1,5 sdt lah)
1/4 cup mentega tawar lunak (gue pake Anchor Salted Butter)
3/4 cup gula
1 butir telur, suhu ruang
1/2 sdt ekstrak vanilla
1/2 cup buttermilk (gue campur 1/2 cup susu UHT dan 1/2 sdm cuka)
1/2 sdt vinegar/cuka (yes ini cuka masak yang buat makan bakso itu lho)
1/2 sdt baking soda

Cream cheese frosting (kemarin gue gak sempet pake):
125 gr cream cheese
50 gr mentega tawar
110 gr gula bubuk (bisa dikurangi jika tidak suka manis)
1 cup krim segar, kocok hingga kaku

Cara Membuat:
1. Panaskan oven 180 derajat celcius.
2. Dalam satu wadah, ayak tepung, baking powder dan garam. Sisihkan.
3. Dalam wadah kecil, campur coklat bubuk dan pewarna merah, aduk rata hingga berupa pasta (gue tambahin sedikit air supaya coklatnya bisa larut semua).
3. Dalam wadah lain, kocok mentega dengan gula hingga ringan dan mengembang. Masukkan telur, kocok hingga rata. Masukkan vanilla ekstrak dan pasta coklat bubuk-pewarna merah, kocok hingga rata.
4. Masukkan secara bergantian ayakan tepung dan buttermilk. Diawali dan diakhiri dengan ayakan tepung.
5. Dalam wadah kecil, campur vinegar dan baking soda. Ini dibikin instan aja ya. Lalu, masukkan campuran tersebut ke dalam adonan tepung. Aduk rata dengan spatula. Tuang ke dalam loyang cupcakes yang sudah dialasi papercup. Panggang selama 18 menit hingga matang.
6. Biarkan dingin di atas rak kawat.
7. Beri topping cream cheese frosting.

Cream cheese frosting:
1. Dalam satu wadah, kocok cream cheese dengan mentega hingga lembut.
2. Dengan mikser kecepatan rendah, masukkan gula bubuk sedikit-sedikit. Kocok hingga tercampur rata.
3. Masukkan krim, aduk balik dengan spatula.
4. Masukkan ke dalam plastik segitiga. Semprotkan di atas red velvet cupcakes.

Kalo pengen yang mumbul-mumbul gitu sih jadinya cuma 12 biji. Lumayan lah yaπŸ™‚

Leave a Reply

