Mencoba Ikhlas

Gara-gara kehilangan dompet kemarin, gue jadi inget pengalaman yang sama saat gue kuliah dulu. Jadi sebagai anker (anak kereta) jurusan Depok, kayaknya rada gak afdol kalo nggak pernah kecopetan, ya khaann??? *cari temen*

Nah gue udah pengalaman beberapa kali tuh kecopetan di kereta. Well sebenarnya, sebagai mahasiswa berkantong tipis, gue malah kasian sama pencopetnya. Salah bener nyopet dompet gue, wong isinya cuma ada beberapa puluh ribu doang, bahkan kadang-kadang cuma beberapa belas ribu, hihihi..😀

Tiap kecopetan atau kehilangan barang, rasa kehilangan, kesel dan sebel pasti ada. Tapi entah kenapa, gue selalu mendoktrin diri gue sendiri untuk easy going. Sambil berpikir “Pasti barang itu hilang karena gue kurang sedekah atau kurang memberi ke orang yang lebih perlu.” Jadi rasa kehilangannya biasa aja. Paling-paling cuma kesel karena ribet kudu urus segala kartu yang ada di dompet (like I’m doing now, zzz..zzz…).

Anyway, zaman kuliah dulu, gue pernah punya pengalaman yang berkesan banget soal copet-mencopet ini. Jadi, suatu hari gue kecopetan di kereta. Waktu itu yang bikin gue kesel adalah, dompet gue masih lumayan baru. Trus kartu mahasiswa gue (yang juga berfungsi sebagai ATM) ikutan hilang. Padahal kan kartu itu berfungsi banget buat bayar uang kuliah plus gegayaan sebagai identitas anak UI geto lowh *perlu gue pejeng profpic I was the Yellow Jacket? Gak usah deh ye, tengsin ah :P*

*picture’s taken from here *

Eh sekitar 1-2 minggu setelah peristiwa itu, gue dapet telepon dari LIA, tempat kursus B. Inggris yang dulu termahsyur itu. Mereka kasitau, ada seorang Bapak yang menelepon untuk memberitahu kalo dia menemukan segala kartu-kartu yang gue punya. Gue terus terang kaget karena gue udah berusaha ikhlas dengan peristiwa kecopetan itu. Apalagi, gue udah lulus LIA dari kapan tau. Kartu LIA masih nongkrong di dompet gue karena gue ngerasa sayang aja untuk ngebuangnya.

Dengan diantar bokap, gue dateng ke rumah si Bapak yang menemukan kartu-kartu gue. Rumahnya sederhanaaa banget, di perkampungan padat penduduk di belakang Mal Kalibata. Dia cerita, pas lagi jalan di deket Stasiun Kalibata Baru, dia nemu setumpukan kartu di deket tempat sampah. Dia ambil, trus dia cari-cari nomor telepon yang bisa dihubungi. Karena nggak ada, dia telepon LIA dan dengan menyebutkan identitas plus nomor anggota LIA gue yang lama, nomor telepon gue pun bisa terlacak.

Dompet gue gak ketemu karena mungkin setelah liat duit gue cuma seiprit, si maling memutuskan untuk ambil dompetnya dan ngebuang kartu-kartunya. Kartu Mahasiswa gue juga gak ketemu karena mungkin si maling mengira dia bisa menguras duit yang ada di situ. Kagak tau aje dia eikeh kan mahasiswa kere. Isi duit di ATM gak pernah lebih dari 100 ribu😛 Yang bikin gue kesel, sekarang gue jadi nggak punya kenang-kenangan kartu mahasiswa jadul buat kenang-kenangan deh😦

Yang pasti, gue terharu banget masih ada orang yang baiik kayak gitu. Mana pas mau pulang, bokap gue kan mau kasih tanda terima kasih ke si Bapak itu ya. Eh dia nggak mau lho. Ya ampun, tambah terharu gak siiiikkk???

Dan dari sharing temen-temen di twitter, ternyata di Jakarta, masih ada lho orang-orang baik kayak si Bapak itu. Alhamdulillah ya, bikin hati terasa hangat gimana gitu deh knowing that there are still a few good men among the bad ones in our city🙂

Kasus dompet gue yang hilang kemarin gimana? Ah ya sudahlah. Gue berusaha ikhlas aja. Apalagi emang isi duitnya cuma dikit karena gue nggak terbiasa naro duit banyak-banyak di dompet. Takut abis😛

Yang bikin ribet, ya ngurus-ngurus kartu. Segala kartu kredit dan ATM udah diblokir. Sekarang PR-nya tinggal urus kartu-kartu Jamsostek, Manulife Dana Pensiun Kantor, etc.

But what hurt me the most is, I lost a picture of me as a baby. It’s the only picture I had because the others were damaged or lost. Mungkin buat orang yang nemu, foto bayi botak gembil gak cakep itu gengges abis. But for me, it means a lot. So would you please return it to me? Thanks before…

12 thoughts on “Mencoba Ikhlas

  1. ya ampun mbaa.. turut berduka yaa..

    emang yg bikin males kalo kecopetan itu ngurus kartu2 macem ktp,sim,atm dsb..hiiiyyy kebayangnya aja udah ribet..

    naah sejak kecopetan, trik gw dari sma-kuliah adalah bawa dompet minimal 2.. dan semua ga ada isinya..hhehehe..jadi uang dan kartu2 gw simpen di kantong tas.. di dompet cuma gw taro kartu nama gw, kartu nama orang2 , atm yg udah expired beserta uan koin dan uang seribuan 5lembar.. (gw sebut dompetcopet) makanya pas kecopetan, gw nyantai2 aja.. kalo sekarang sih udah ga gitu..soalnya tas udah beralih fungsi jadi diaperbag. jadi bawa dompet lebih dari 2 bikin tas tambah sesak..hihihi..

    yg kocak pernah gw kehilangan dompet dan 2minggu kemudian ada yg nelp kalo dia nemuin dompet gw dan minta imbalan. gw bilang aja dompet dan isinya boleh diambil…eh dia malah marah2 dan dibilang gw ga tau terimakasih.. hihihi kasian bgt tu copet..ga dapet apa2 dari dompet gw..

    • Bwahahaha.. triklo ciamik bangeettt Deelll…😀

      Itu yang nemuin dompetlo koq gitu banget ya. Apa sekarang jadi modus orang-orang ya untuk nyopet terus blackmail owner dompetnya gitu ya?😦

  2. I’m sorry that you lost your wallet.😦 Kebayang ribet2nya ngurus gituan. Semoga lancar ya prosesnya. Terharu sekali baca cerita tentang si Bapak yang baik hati. Gue pernah ngilangin STNK mobil, kayaknya jatuh di depan rumah pas pulang malem. Kemudian dipungut hansip, eh si hansipnya terang-terangan minta duit baru mau balikin STNKnya zzzz. Semoga si Bapak rejekinya melimpah ya, dan semoga Ira segera dapet ganti yang lebih baik.🙂

    • Waduh, koq gitu ya Ste? Kalo gue rasa, si hansip ‘memeras’lo karena dia liat (sori sebelumnya) lo Chinese, tajir, perempuan pula. Jadi bisa dikerjain seenaknya. Bete banget deh gue sama orang-orang kayak gitu😦

      • hmm.. kebanyakan kalo cina imagenya tajir ya? padahal kalo elo liet gue, I’m just as average as the next person. Curcol dikit ya. Beberapa tahun lalu gue pernah minjem mobil kantor, a beat up panther, gue ditabrak angkot dari belakang, pas gue turun mau minta pertanggungjawaban, si supir angkot ga mau turun. cuek cuek gitu. eh trus metromini lewat dan berhenti di TKP, terus mamang2 di dalem metromini teriak2, “Hei cina, udah kaya juga lo. Jangan nyusahin orang.” Terus satu bus itu teriak2 ke gue.

        I was like WTF =_=”

        buru-buru masuk mobil, nyetir pulang sambil nangis hahaha. I wasn’t even wearing flashy clothes or driving fancy car and I was treated like criminal. LOL.

      • I’m sorry to hear that, Ste. I really am😦

        Keluarga nyokap gue kan Sunda-Betawi, tapi penampilannya Cinaa banget. Uwak gue (kakaknya nyokap) pernah digebukin sampe bonyok+giginya ancur pas lagi zaman pengganyangan Cina di era 60-an. Nyokap dan Tante gue sering banget dikerjain gara-gara disangka Cina.

        Tapi, alm Kakek gue bisnisnya lancar karena selalu disangka Cina. Sama taipan-taipan, dia gampang masuk dan langsung dapet kepercayaan. Oh well, there are always two sides of everything ya🙂

  3. I feel U, Ra. *hug dan empyuk*
    Emang kadang duit dalam dompet tinggal recehan, tapi teteupp kliatan tebel sama kartu seabrek-abrek. Naah yang remfoong tuh justru ngurusin kartu-kartu dalam dompet.
    Semoga ada hikmahnya dan digantikan dengan rezeki baru. *sapatau Mas Adi gantiin dompet Hermes*

    • Iya Ndah, gue aja yang ‘cuma’ kehilangan dompet ribetnya setengah mati. Gimana lo yang kemarin kehilangan lebih besar ya? *hugs balik*

      Diaminin deh soal dompet Hermesnya. Second jg gpp, yang penting aselik!

  4. Pingback: Krisis Identitas « The Sun is Getting High, We're Moving On

  5. dimana saja pasti ada org jahat dan baik. di pesantren, di masjid dll. blm tentu baik semua org nya. di terminal dll blm tentu jahat semua org nya.

Leave a Reply

