Iga Panggang

Dapet resep ini dari milis NCC karena gue lagi heboh browsing buat memperdayakan panci presto baru (ciyeehh pamer nih yeee..). Pas baca resep ini, lah koq gampil bener. Gak pake ngulek, gak pake iris, semua tinggal diaduk-aduk.

Kalo gak punya panci presto juga gak masyalah sih. Silakan rebus iganya secara manual sampe empuk. Dulu sih gue rebus sampe 2-3 jam gitu dengan api kecil-sedang. Lamaaa cyiiinnn… Anyway, here’s the recipeπŸ™‚

Iga Panggang

Bahan :
1 kg iga, dipresto sampai empuk kurleb 30 menit lalu ditiriskan sampai kering (gue pake cuma 1/2 kg aja, kan percobaan perdana takut gak enakπŸ˜€. Kaldunya gue sisihkan buat bikin sop #makirit)

Bahan perendam :
2 sdm Mayonaise
2 sdm Saus tomat
Saus sambel (kemarin kelupaan gak pake)
3 sdm Kecap manis
1 sdt Minyak wijen
2 sdm Madu

Cara :
β€’ Aduk semua bahan perendam sampai rata.
β€’ Masukkan iga dan balur merata.
β€’ Simpan di lemari es di kontainer tertutup minimum 4 jam. Bagusnya semalaman. (gue dua malam karena kelupaan, hihihi..)

Kalo mau dibakar:
β€’ Bakar dulu sebagian arang diatas kompor sampai membara, jangan disiram pake minyak tanah, ntar iganya jadi bau minyak tanah
β€’ Terus campurin dengan arang lainnya di dalam wadah bakaran
β€’ Kipas kipas ampe baranya jadi banyak
β€’ Susun iga diatas jepitan bakaran, lalu tarok diatas arang
β€’ Ngebakarnya gak lama kok, secara si iganya khan udah mateng, cukup ampe agak kering n dapet sensasi arangnya

Kalo mau dipanggang:
β€’ susun iga diatas loyang ato pyrex
β€’ Panasin oven dengan suhu 200Β°C
β€’ Masukin iganya, panggang ampe satu sisi kering, balikin iganya terus panggang lagi ampe sisi satunya juga kering

Karena males ngeluarin otang tercinta, gue pake cara sesat:
– Kasih mentega dikit di atas teflon
– Masukkan iga, masak dengan api kecil, tutup dengan tutup panci.
– Balik iga jika sudah agak menghitam, tuangkan saus, tutup dengan tutup panci.
– Angkat jika sudah matang.

2 thoughts on “Iga Panggang

  1. mbaaa…ak da cobain resepnya…enaaaakkkkk, ijin copas resep plek2 yahhh…oriental gimanaaaa gituhhh rasanya….ak bikin banyak buat stok hehe,semoga mayonesnya ga asem yah di freezer ato dalam 3 hari ini harus cepet2 diabisinn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s