Priority List

Barusan gue ngupi-ngupi sama Mbak Vivien sekalian diana kasih polis asuransi jiwa hubby (Alhamdulillah wa syukurillah laki gue akhirnya mau pake Asji meski unitlink-nya belum ditutup sih *sigh*). Ngobras-ngobras lah kita soal macem-macem, termasuk gosipin pasangan cowok-cewek yang lagi asik pelukan, ciuman dan beradegan 17 tahun ke atas di sebrang gue *tutup mata ngintip lewat celah jari*

Dari perbincangan sama Mbak Vien, gue jadi inget postingan Meta tentang Etika Bisnis.  Intinya, kayak yang Meta tulis, dalam berbisnis, kita kudu punya etika yang memungkinkan kita untuk menghormati dan memberi pelayanan top-notch pada klien sekaligus gain profit from them (bener gak ya Met?).

Contohnya yang tadi diomongin Mbak Vien. Menurut Mbak Vien, dalam sebuah bisnis terdapat tiga dimensi yakni yang menguntungkan klien, yang menguntungkan agen/marketing, dan yang menguntungkan perusahaan. Tinggal si agen/marketingnya aja yang pilih, mau memprioritaskan yang mana. 

Banyak hal yang gue dapet dari Mbak Vien dalam sesi GGS (gosip-gosip sore) kita tadi. Intinya, she’s the kinda person who puts the client as number one in her priority list. “Habis aku nggak tega kalo kasih klien penawaran-penawaran produk yang membebani dia. Misalnya, buat apa dia ikut asuransi pendidikan? Mending kan ditaro di reksadana. Mungkin karena aku belajar soal financial planning ya,” begitu katanya.

Nah dari situ gue jadi kepikiran tentang bisnis-bisnis lain di sekeliling gue. Kayak salon, misalnya. Beberapa waktu lalu, seorang teman di twitter tanya soal Salon Hijau Terus di Tebet. Gue langsung kasih bad recommendation karena pernah trauma.

Ceritanya, suatu hari, gue pernah iseng nyobain facial/krimbat di situ bareng adik dan sepupu-sepupu gue. Begitu kita mulai treatment, para petugasnya malah sibuk ngobrolin soal tips yang mereka dapet dari customer. Mbak yang pegang gue bilang “Aku tadi cuma dikasih 10 ribu padahal si Ibu itu badannya gede banget. Capek aku.” Sementara Mbak yang pegang sodara gue bilang “Ibu yang tadi aku pegang kasih aku 50 ribu lho. Nah gitu dong kalo jadi customer.”

Gatel nggak sih kuping lo dengerin yang kayak gitu?

Oke lah, mereka dapet gaji kecil dan hanya mengandalkan tips dari customer untuk bisa hidup. But talking about tips you get from customers in front of another customer is impolite, IMHO. Gara-gara kejadian itu, tiap liat salon Hijau Terus manapun, nggak cuma di Tebet tapi juga di belahan Jakarta lainnya, gue langsung ilfeel.

Padahal mungkin nggak semua pegawai salon tersebut berperilaku gitu ya. Tapi ya gitu, gara-gara ulah segelintir pegawai, citra salon itu di mata gue jadi jelek.

Dan begitu juga sebaliknya. Pas dapet kapster salon yang cucok banget, biasanya kita akan terus lengket sama dia, tak peduli lokasi salonnya di gang sempit. If you give excellent service, I’ll love you more. Rite?

*picture’s taken from here *

Begitu juga dengan agen asuransi, customer service bank, marketing produk, wartawan, atau profesi lainnya yang membuat mereka bersentuhan langsung dengan klien. Inget kan soal CS P*nin Sekuritas yang bikin temen gue bete? Langsung deh kebentuk image “Cih, mentang-mentang laris, CS-nya pada sok-sok banget sih!”. Padahal ternyata nggak semuanya begitu. Contohnya ya CS yang gue dapet dari Dina. Trus ternyata Firah malah nemu kantor P*nin Sekuritas yang jauh dari kesan snob yang dibilang temen gue.

Profesi agen MLM yang terkesan gengges pun ternyata tak semua begitu. Ada yang menjalaninya dengan sopan, dan menjunjung tinggi etika bisnis. Begitu juga dengan profesi-profesi lain yang berkonotasi sama.

Jadi ya IMHO, balik lagi ke ucapan Mbak Vien tadi. Kalo lo jadi mereka, lo mau prioritasin yang mana dulu? Gue sih yakin, if you put your client on your top priority list, she/he will be back with more rewards than you’ll ever know.  Remember, the number 1 marketing strategy is words of mouth. Kalo klien puas, biasanya dia akan merekomendasikan ke teman-temannya, entah via social media, blog, bincang-bincang, etc. And people will believe it because he/she has experienced it her/himself and is satisfied with it.

Dari situ, kesempatan dan rewards lain pun akan datang dengan sendirinya. Well I know, this is a long term investment. Hasilnya nggak akan langsung instan datang dengan sendirinya. Tapi ya seperti yang Meta tulis tentang si Sofa Guy. Orang-orang yang mentingin diri sendiri (dan enggan kasih excellent service) mungkin bakal dapet klien baru, tapi klien lama nggak akan balik lagi karena kapok.

Whadaya think?

*picture’s taken from here *

8 thoughts on “Priority List

  1. Yaampun Ira, gw sampe kaget…bisa ngetop gw nama gw disebutsebut disini…

    you took the words out of my mouth Ra, setujuuuu pisan. Mau nambahin dikit aja, ngasi excellent service mungkin nggak menguntungkan di awal karena kita kasih effort dan keikhlasan lebih untuk client/customer tapi hasilnya nggak langsung kliatan, tapi itulah investasi yang ngga bisa dibeli dengan uang…baru kerasa klo si customer/client jadi loyal dan kasih review bagus tentang kita, ya words of mouth tadi…

    eh kita udah bisa jadi trainer marketing belum ya bok?

  2. last week suami ada training di luar kota dan nginep di hotel Gran Me**a. dia cerita: hotelnya bagus, …. pegawainya ramah-ramah…. trus makanannya enak… pegawainya ramah-ramah… ruang makannya luas gitu… pegawainya ramah-ramah.

    suamiku bener2 impressed oleh betapa ramahnya pegawai hotel tsb. prasaan dia pernah nginep di Maerrott dan hotel ex-Hilton, gak pernah sekalipun muji ttg betapa terkesannya dia atas keramahan pegawai hotel-hotel tsb. bukan berarti gak ramah, hanya kurang impressive aja sih.

    semua hotel bisa kasih makanan yg sama enaknya, desain interior yang sama bagusnya. tapi bagi banyak customer, yang terpenting (dan yang akan terus diinget & dipuji) adalah keramahan pegawainya.

    *komen apa curhat ya ini?* hehehehe…

    • You’ve got my point, Mak! Service itu adalah yang membedakan satu hotel/resto dengan yang lain. Apalagi kalo bergerak di bidang jasa kayak hotel/resto/salon ya. Biasanya orang yang puas dengan servis satu hotel, misalnya, pasti akan fanatik dengan hotel itu. Meski sebenarnya tempatnya biasa aja atau masih ada yang lebih bagus.

      Btw, Gran Malayah emang oke sih Mak, makanannya lumayan cihuy lah. Trus karena pengamanannya gak ketat parah, jadi masuk situ agak santai. Beda sama Makerot yang dari depan aja udah mencitrakan kesan hotel eksklusif yang dingin dan kaku. Mungkin karena pengamanan yang super ketat kali ya. Jadi ngeper deh tamu-tamu yang dateng (eh itu mah gue doang kali :P)

  3. Pingback: Sharing is Caring « The Sun is Getting High, We're Moving On

  4. Wuih baru baca soal ini.. Marketer angkat bicara kalo begitu.. Ahahahah..

    SETUJUUU RAA!! *outloud* Lol ;p

    Marketing itu harus ‘pake hati’, jangan ngadalin.. Marketing tuh sejatinya ya menempatkan diri kita di posisi org yg dihadapi.. Apa yg mereka mau aja kadang harus kita bantu arahin supaya jd apa yg mereka sebetulnya butuhin.. Gw 5 thn jadi marketing kerasa bgtttt kok, betapa alhamdulillah semua lancar diberi kemudahan dealing sana sini situ sono ya krn mereka nyaman dan PERCAYA sama kita.. After sales jg tuh, it’s a must.. Semua harus sejalan, jgn cuma manis di depan aja cuma buat sikat keuntungan si sales/marketing semata.. Big no!

    Pokoknya dimana kita cari rezeki, penghasilan.. Ya sebaik mungkin lah diri kita memberikan pelayanan untuk para client/customer..

    Cita2 bgt deh gw jadinya kasih training urusan marketing, wkwkwkwk no wonder ya gw plg cepet emosi kalo posisi lg jd customer tp dpt pelayanan sucks bgttt yg kayak kent*t!! Hihihi

    Ps: bukan hoax lho ini, gw pernah dpt bbrp complimentary dr clients, berupa JBL yg lumayan besar yg harganya di atas 2jeti, pernah dpt voucher optik ternama senilai 2jeti jg, lalu beli bb onyx 2 biji (gw sama laki gw) tp trus gak boleh bayarrrrr samsekkk, dan plg gila siy dikasih free mkn di Kafe bet*w* selama satu thn, itu krn gw mau dihadiahin brg2 Electroníc u name it mau apa tp gw tolakin muluuu, emang udah kayak emak gw akhirnya doi nyerah gak bujuk2 lg cuma kasih Kartu Sakti hihihi.. Blom pas anak gw lahir dan ultah, duh gak habis2nya gw bersyukur.. Clients becoming good friends, malah bisa dibilang most of them udah kayak keluarga.. Ngelebihin org2 kantor gw dehhhh bondingnya..😉 *terharuuu..*

    Skrg asik sama anak, another chapter yg penuh syukur.. Terima kasih Tuhan..🙂

    Tq boleh sharing Ra.. God bless us all..🙂

    • Eh iya paling penting nihhh!
      Marketing tuh gak boleh bgtttt model bujuk2 lebay Jual Kecap!! Pengalaman gw dulu siy cukup dgn modal dimana kita menguasai materi produk, product knowledge, trus wawasan harusss luaaasss, trus dipresentasikan Se-oke mungkin gak pake bertele2 yet lebay, pokoknya jelas singkat tp detail.. Trus kalo ada pertanyaan yg kira2 Lo gak gitu paham / belum kuasai jawabannya, jgn coba2 SOK TAU! Wkwkwkwk big no deh!

      Apa lagi yah, ngantuk jd nge blank ahahah ntar lanjut deh kalo udah ON, disusulin ya cyiiint.. Hihi.. 😁👻

    • Nah kan, testimoni dari pelaku marketing sendiri. Berarti bener yang gue tulis ya, Dis? Iya lo jadi trainer untuk bidang marketing, gih. Supaya marketing2 yang ada gak cuma asal ngejar klien tapi gak maintain. Atau malah doyan sms caster random gitu -___-

      Ih asik banget ya pengalamanlo. Bener kan, kalo kita melakukan pekerjaan sepenuh hati dengan orientasi klien, pasti feed back-nya bagus ya. Entah kebanjiran klien karena promosi mulut ke mulut, atau yang kayak lo dapet itu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s