Yang Posesip, Yang Posesip..

Kemarin sempet ngobrol-ngobrol ngalor ngidul sama seorang teman, let’s call her, I. Mulai dari hal remeh temeh jadi dengerin dia curcol tentang bumernya. Panjang kali lebar tentunya.  Tapi yang gue inget banget adalah pas I bilang, si ibu mertua ini tipe yang “Like it or not, he’s my son” alias ngebela dan manjain anak abis-abisan.

*picture’s taken from here *

Pernah ya, suatu hari, di halaman rumah anaknya yang bungsu (adik ipar I), si bumer liat ada sendal cewek yang asing di matanya (si bumer tinggal sebelahan dengan rumah anaknya yang bungsu). Buru-buru dia ngumpetin sendal itu supaya gak ketahuan menantunya, alias istri si anak bungsu. Rupanya si bumer berasumsi, anaknya lagi ‘kedatangan’ cewek. FYI, si anak bungsu ini emang mata keranjang dan suka main cewek.

Tau nggak? Ternyata sendal itu adalah sendal baru punya menantunya. Jadi sebenarnya nggak ada cewek yang lagi berkunjung. Pas si menantu tahu alasan bumernya ngumpetin sendal itu, respeknya kepada si bumer pun melorot drastis. Lah ini baru sendal doang yang untungnya salah duga. Kalo nanti lebih parah, misalnya bawa selingkuhan ke rumah si bumer, gimana dong? Dijamin pasti anaknya tetep dibela deh :( 

Gue jadi inget beberapa teman gue yang lain, yang punya camer, ibu mertua atau ibu, yang sangat-sangat membela dan posesip terhadap anak laki-lakinya. Apapun yang dilakukan si anak, tanpa ba-bi-bu pasti dibela. Padahal, gak jarang si anak yang salah. Tapi justru orang lain yang disalahin.

Contohnya, temen gue semasa ABG dulu, let’s call him C. Dia sampe terlibat drug abuse yang parah banget dan nyaris OD. Penyebabnya? Ketidakseimbangan pola asuh antara ibu dan ayahnya. Ayahnya keras banget, maklum polisi/tentara (lupis gue tepatnya). Sementara ibunya, berhubung C anak cowok satu-satunya, manjain dia banget. Jadilah apapun yang C minta, selalu dikasih. Sampe kabur pun, duit jajan tetap ditransfer. Putus cinta karena C selingkuh, tetap si ibu ngebela C abis-abisan dan nyalahin pacar C. 

Sekarang sih si C udah merit. Gue nggak tahu gimana nasib istrinya karena ya terus terang, gue pesimis ngeliat sikap ibunya dulu. Bisa-bisa kalo si ibu terus begitu, rumah tangga C bisa acak adul deh.

*picture’s taken from here *

Karena gue nggak punya saudara laki-laki, jadi gue nggak bisa tahu gimana sikap nyokap terhadap anak laki-lakinya. Tapi sih selama ini, gue liat nyokap gue fair-fair aja ke gue dan adik gue. Zaman punya pacar dulu, kalo misalnya gue berantem sama pacar dan curhat ke nyokap, pasti dia nyalahin gue dulu. Kalopun pacar gue yang salah, nyokap nggak akan ngomelin dia. 

“Soalnya kamu anak Mama. Nggak mungkin Mama nyalahin dan ngomelin anak orang. Dia kan masih ada orangtuanya. Biarin ortunya yang kasitau dia, mana yang salah, mana yang benar.” Begitu prinsip yang dianut nyokap. Nyebelinnya, dulu gue punya pacar yang ibunya posesip. Lah bete bener kan gue disalahin emak gue, plus disalahin camer. Hih, untung udah putus. *curcol nih ye :P*

Terus terang, gara-gara nggak punya pengalaman first hand tentang how to handle a son, gue jadi agak takut kalo someday gue punya anak cowok. Gue bisa nyontek nyokap tentang cara how to handle a daughter karena sebagai kliennya nyokap (hehehe..) gue merasa puas dibesarkan oleh beliau. Lah kalo handle a son, gimana dong?

Gue takut banget berubah jadi ibu-ibu posesip yang selalu membenarkan apa yang dilakukan anaknya. Emang sih katanya, lumrah kalo ibu-ibu posesip terhadap anak laki-lakinya, seperti bapak-bapak yang posesip terhadap anak perempuannya. Tapi kalo over possessive kayak ibu mertuanya I dan ibunya C, piye? Aku tak mau jadi mother in law from hell tauukkk..

Btw, ini gue udah ngomongin anak laki aje. Padahal, niat hamil lagi juga belom ada *toyor diri sendiri*

You don’t raise heroes, you raise sons.  And if you treat them like sons, they’ll turn out to be heroes, even if it’s just in your own eyes.  ~Walter M. Schirra, Sr.

Don’t wait to make your son a great man – make him a great boy.  ~Author Unknown

Your son at five is your master, at ten your slave, at fifteen your double, and after that, your friend or your foe, depending on his bringing up.  ~Author Unknown

Clever father, clever daughter; clever mother, clever son.  ~Russian Proverb

Every mother hopes that her daughter will marry a better man than she did, and is convinced that her son will never find a wife as good as his father did.  ~Martin Andersen-Nexö <<– contoh emak-emak posesip😀

If a man has been his mother’s undisputed darling he retains throughout life the triumphant feeling, the confidence in success, which not seldom brings actual success along with it.  ~Sigmund Freud

26 thoughts on “Yang Posesip, Yang Posesip..

  1. PertamaX, Gan!
    Ra, nih ye sebagai Mommy Sholehah *UHUK!* gw seneng banget waktu ada yang ceramah gini ” Anak perempuan itu jika lajang adalah milik ibunya, tapi begitu dia menikah maka dia akan menjadi milik suaminya. Jikalau anak laki-laki lajang maka dia adalah milik ibunya, setelah menikahpun dia akan tetap menjadi milik ibunya…”
    HUAHAHAHA….Gw mo ketawa ala mertua-mertua posesip…

    Eh, intermezzo ya, gw gak nyebayang kalo sekarang gw sebel sama mertua posesip, eh gak taunya gw jadi mertua posesip dan punya mantu putri badung kayak gw ginih. *keliyengan duluan mikirnya…*

    • Eh Ndah itu mah cuma teorinya aja. Yang ada, anak laki tuh setelah merit, pasti ribet ngurus bini+anaknya. Pan kepala rumah tangga bok. Beda sama anak perempuan yang lebih primpen dan setia mengurus ortunya. Kayak pepatah Irlandia “A son is a son till he takes him a wife, a daughter is a daughter all of her life.”

      Makanya, sana gih hamil lagi supaya dapet anak cewek!😀

  2. Kalau nanti adiknya Nadira, cowok, Insya Allah bisa meng-handle nya juga kok mam. Kan sudah tahu dari pengalaman beberapa teman. Hahaha sok ngasih wejangan pdhal saya juga belum pengalaman punya anak cowok juga😀. Punya anak cowok yuk mam, biar merasakan how to handle a son😛

  3. mbak ira mau coment ahh, suamiku anak laki satu2nya dan mil’ku superrrr posesif tiap hari aja gtu tlp laki gw dan sehari bs tlp berkali2 cm caper2 aja padahal ga ada yg mau diomongin,, dan masih banyak hal2 lain yg bikin aku ngelus dada lama2 ngetasa jadi kya harus berbagi suami dan ujung2nya aku yg harus banyak ngalah🙂

  4. Huahaha,, jadi mikir nih mbak…
    Camer punya anak lelaki 3, cami anak pertama..
    Untungnya, bukan yg posesip gt. Tapi.. ada tapinya mbak…
    Sainganku, itu bukan Ibunya. Neneknya malah.. Nyeeh,, apa pun kulakukan untuk cucu pertama..
    Matiiih akuuu… >_<

    • Hiyahahaha… Eh tapi suami sepupu gue juga cucu pertama yang sangat sangat sangat disayang sama nenek-neneknya. Hidupnya malah enak bok, soalnya sering dikasih duit sama nenek-neneknya. Yang demen ya sepupu gue. Dari zaman pacaran kerjanya ditraktir mulu tiap si pacar dapet duti dari nenek-neneknya😀

  5. aseli gw baca komennya Indah jadi ketawa ngakak…rese’ bener ya kl denger lsg suara ketawanya hahaha *piss mak Indah*

    Mertoku punya anak 3 laki semua, en laki gw anak bontot. Dan emang emak mertoku termasuk yg posesip. Beliau pernah bilang, gedein anak laki semua mesti galak dan disiplin !!.

    Tp Alhamdulillah, gw blm pernah dpt masalah dr sikap posesip emak mertoku gw. Lagian jg gak separah contoh temen2 lu itu sih. Untungnya juga laki gw orgnya bukan yg tipe anak mami juga, bahkan agak bangor. Jgn2 gw malah di anggap ngerusak anak org kali ya😀

  6. Hihihi laki gw anak cowo satu2ny.untung mertua bkn ibu posesip hihihi.. Amit2 ketok2 meja..
    Cm kl baca cerita lo, kasian anaknya ya, disayang dgn cara yg salah, dannnn bs ngerugiin anak orang booo.. *sebel* hihi..

    Btw kl mau bikin anak cowo, bagi2 tips ya mak hahaha😀

  7. hey Ra..ikutan komen yaa..
    laki gw anak laki paling besar, cucu pertama dan anak cowo satu2nya. Emaknya beeuuhh.. posesip abis, tapi alhamdulillahnya laki gw orangnya santei abis kayak dipantai gitu deh.. jd gw jg bisa santei aja ngadepin si mertoku cewek. kayaknya sifat dan sikap laki gw lebih nurun dari babenya yg tenang bener.. (kok gw jadi cerita)

    Pokoknya mah tips gw buat ngadepin mertua posesip is santai aja, lama-lama juga dia santai sendiri (kayaknya yaa..) hihihihi…

    • Naahh.. Ibu-ibu dan adik-adik canten (calon manten) silakan tiru tips dari Jeng Savira ini ya😀

      Ih hebat lo neik, bisa santai trus trusan. So far gue juga easy going sih ngadepin MIL. Tapi kalo sarap gue lagi kambuh plus PMS, rasa-rasanya gue berubah jadi tabung gas elpiji 3kg deh. Siap meledak bok!😛

      • nambahin euy… mungkin bukan santai kali ya.. tapi tambeng.. kl gw sie prinsipnya gini aja, kita liat sikap suami dulu… kalo kira2 dia keberatan ya kita ubah, tapi kl dia ga masalah ya dibawa santai aja… karena kewajiban kita utama kan ama suami.. hihihihi…

  8. Wah postingan loe jadi acuan buat gw nih Ra,..amit2 ketok meja jgn sampe ntar gw jadi Mertoku posesif buat bininya Fadly *buseett jauh amat ya omongan gw*

    Hubby anak bontot, dari 6 bersaudara,,co nya 4 org tapi MIL ga terlalu posesif, dan dijadiin temen curhat sama MIL. Awal nikah sih agak2 gmana gtu deh, apa2 hubby padahal 3 abang co rumahnya deket2 MIL..tapi makin ke sini, gw makin bisa ngadepinnya.

    Eh malah yg diposesif-in MIL sekarang ya Fadly, nyaris tiap malem telp2an, udah gtu klo tiap minggu ga dateng ditanyain. Hehehe tapi kita seneng2 aja tuh🙂
    Emak-bapaknya bisa pacaran kan *nih hasilnya yg diperut*😀

  9. Lagi iseng blogwalking nemu posting ini. Keren!! kalau saya sih Alhamdulillah ga da masalah sama bumer, walaupun suami anak cowok satu2 nya dan dua adiknya cewek2. berhubung anak saya cowok musti jaga-jaga jangan sampai nanti di masa depan jadi bumer yang ga menghargai menantunya. sebisa mungkin saling menghargai lah ya. (masi lama kali ya orang anakku masi 2 tahun hehehe) posting nya jadi pengingat agar gaya asuh nya harus lebih baik lagi🙂

    • Hehehe.. Jadi malu dibilang keren *tersapu-sapu :P*

      Iya Mak, mudah-mudahan nanti dirimu bisa jadi bumer yang menghargai menantu ya. Karena sapa tau menantu dirimu justru anak dari emak-emak blogger🙂

  10. aaaahhhhh….bagaimana ini, udah terlanjur punya 2 anak cowo! sangat pesimis bisa menjadi Ibu mertua teladan… mengingat gw sangat berpotensi menjadi ibu2 tua yang super nyinyir. Terlambat sudah hehehehe…

  11. Ahahahahaha…yaampun topiknya gue banget. Mama mertua sakseissss bikin baby blues parahh rahhh, sampe2 dalam 24 jam mata n pipi kering kalo diakumulasi paling cuma 1 jam. Makanya kalo mau punya anak lagi ntar mikirnya bukan parno ama hamil n partusnya, tp setelahnya ituh lhooo.. Horror!
    Nahh, sekarang anak gue kan cowok. Nyokap bolak balik ngingetin: “mengko anakmu ojo mbok gondheli terus lho nek wes nduwe bojo —nanti anakmu jgn digondelin alias posesiiippp kalo udh punya istri” — hihihihi…
    Bismillah..

    • Hahaha.. Jangan-jangan MIL lo setipe sama MIL gue lagi mak, sama-sama bikin mantunya mewek mulu😆

      Kalo gue, karena anak gue cewek jadi takuuutt banget deh dia dapet mertua yang galak. Ntar dejavu bok, dan bikin hati lebih remet-remet bayangin anak gue ditindas orang lain😦

Leave a Reply

