Irit Never Dies

“You can take the girl out of the country, but you can’t take the country out of the girl.”

Pepatah londo itu pas-pas salonpas banget buat gue. Bukan, gue bukannya mau nulis tentang betapa kampungannya gue karena malu-maluin aja, jaim dikit dong ah. Tapi di sini gue pengen mendongeng tentang paham iritisme yang gue anut.

Jadi, waktu kecil, keluarga gue kan yang standar banget ya. Standar kayak gimana? Pokoke standar keluarga PNS yang bukan di departemen ‘basah’ macam departemen kelautan dan perikanan gitu deh *lho opo iki*. Yah pada ngerti kan ya maksud eikeh tentang departemen ‘basah’? ;) 

Karena itulah, bonyok gue kudu pengiritan dimana-mana. Untunglah kondisi ekonomi kakek dari nyokap lumayan. Nyokap juga diminta bantuin perusahaannya. Jadi deh gue dan adik gue bisa gegayaan dikit di sekolah, meski biasanya sih pake lungsuran dari sepupu-sepupu gue yang tajir, hihihi…

Jadi, di mata temen-temen sekolah sih gue lumayan berada karena beberapa barang gue branded. Padahal pada nggak tau aja. Barang-barang itu kalo bukan lungsuran, kado ultah dari tante-tante gue yang tajir, atau hasil nabung duit angpaow Lebaran. Buat duit jajan sehari-hari mah, tetep aje tong to the pes.

Zaman kuliah, rumah gue di Bekasi. Tiap hari gue harus 3x naik bis + 1x naik kereta demi menuju kampus tercinta di Depok. Dengan duit jajan minim, kalo nggak salah cuma 10rb perhari or even less (itu tahun 1997 ye) dan ongkos yang lumayan gede, tentu saja kebutuhan jajan gue pun rada minimalis.

Kalo mau makan yang agak mahalan kayak Ayam Bakar Christina, Bakmi Margonda, Mie Berkat, dll, biasanya baru bisa gue lakukan kalo lagi ada duit agak banyakan boleh dikasih bonyok or sodara. Atau ada yang ultah, baru jadian, pokoke ditraktir lah judulnya. Makanya gue demen banget pas temen se-gank gue pacaran sama cowok yang udah kerja. Jadi deh kita se-gank ditraktir mulu :D

Jajan di luar makan siang sih masih bisa. Tapi ya cuma cukup 1x jajan aja. Belum lagi karena gue saat itu masih ngerokok, jadilah pembagian duit 10rb itu bikin pusing. Beda 100 perak aja ngaruh lho. Intinya, semua hal dipilih yang paling murah lah.

*picture’s taken from here *

Setelah punya duit sendiri, gue jadi OKB. Jajanan yang tadinya gue jarang makan, gue beli. Baju, sepatu, tas, etc juga. Padahal duit yang gue dapet juga nggak seberapa. Jadilah eikeh penunggak CC.

Setelah kapok dan rada tua dewasa, gue pun kembali ke paham iritisme lagi deh. Terutama setelah berkeluarga ya. Sayangnya, gue merit sama laki-laki yang seumur hidupnya nggak pernah ngalamin masa-masa pengetatan ikat pinggang. Ini lah yang sering bikin kita ribut.

Contohnya gini.  Hubby udah bawel dengan sendok garpu di rumah yang gampang patah padahal keliatannya kokoh. FYI, sendok-sendok itu boleh dapet pas kawinan dulu. Trus dia juga komplain dengan kondisi pergelasan di rumah. Katanya kita nggak punya gelas bertangkai yang buat menyajikan minum ke tamu itu lho. 

Gue udah bilang, beberapa hari lagi gue bakal ke Jatinegara untuk beli semua barang-barang itu. Trus wiken kemarin kan kita ke Mal Artha Gading dan nyangkut di Ace Hardware-nya yang gedeee banget. Dengan santai, hubby liat-liat sendok dan gelas trus bilang ke gue: “Nih, beli ini aja lah daripada kamu repot-repot ke pasar.”

Gue pun langsung sewot. Tau dong sendok dan gelas di Ace harganya berapa. Sendok garpu sebiji 20rb-an. Gelas sebiji 50rb-an. Lah beli selusin aja masing-masing gelas, garpu dan sendok, bisa abis nyaris 1juta kan?

Kemarin, Rabu (15/6), gue nggak ngantor dan bela-belain ke Jatinegara. Sendok dan garpu merk Super Doll yang tebal, bagus dan nggak gampang meleyot harganya 28rb/lusin. Sementara gelas bertangkai harganya 48rb/lusin. Tuh, jauh bener kan bedanya?

Contoh lainnya, gue itu pecinta bis dan angkot sejati. Selain irit, gue juga seneng bisa ketemu abang-abang yang jualan beragam barang-barang aneh bin ajaib. Seneng banget nemu stiker anak-anak seharga seribu dapet 5 dan lucu-lucu.

Nah, hubby itu tipe anak mobil banget. Kalo nggak, ya dia prefer naik taxi. Jadi kalo gue pulang sendiri, dia pasti selalu pesan “Naik taxi aja ya.”

Tentu aja gue jarang taati pesannya itu. Dari kantor ke rumah gue, naik taxi bisa habis 60rb kalo lancar, dan berlipat-lipat lagi kalo macet. Nah, kalo naik bis+ojek, cuma 10rb-an, flat rate. Gue cuma ‘nyerah’ naik taxi kalo bodi gak enak or kondisi emang bener-bener kepayahan. Hubby pun cuma bisa geleng-geleng kepala ngeliat bininya yang keras kepala dan super irit ini hihihi..

*Psstt.. Sampe sekarang gue masih berusaha terus nyuruh hubby naik bis dengan alasan “Untuk mengurangi macet dan duit bensin” :D*

*picture’s taken from here *

Makanya, jangan heran ya kalo gue, meski hobi pamer, tapi pamernya sepesial barang-barang murahan atau hasil diskonan. It’s in the blood, alias bawaan orok. Lagian gue malu kalo pamer barang-barang mahal dan bermerek. Soalnya gue merasa belum nyampe di kelas socialite/jet set. Dan kalopun someday gue nyampe di kelas itu, Insya Allah gue nggak mau begitu-begitu amat. Kenapa? Soalnya gue punya contoh dua orang di dekat gue yang bak bumi dan langit.

Dua-duanya sama-sama merangkak dari bawah bersama pasangan masing-masing. Kemudian strata sosial mereka naik begitu suami-suami mereka jadi pejabat. Si A menyikapinya dengan menjadi ibu-ibu pejabat betulan yang “dongak ke atas”, kemana-mana disupirin dan minta dihormati bawahan suaminya. Sementara si B tetap humble, hobi naik metro mini kemana-mana kalo supirnya nggak masuk, duduk makan ngariung bareng ART-ART-nya, begitu lah.

Sekarang, setelah suami-suami sudah mereka pensiun, siapa yang paling hebat terkena post power syndrome? Sudah bisa ditebak, si A lah yang paling tergoncang. Meski aset-asetnya masih cukup untuk hidup lumayan, tapi ia tak pernah merasa cukup karena ngerasa dirinya powerless tanpa label “ibu pejabat”. Sementara si B, karena dari dulu tidak mengubah gaya hidupnya secara drastis dan stay low profile, jadi biasa-biasa saja menghadapi semua itu.

Insya Allah gue mau nyontoh B aja ah. Who’s with me?🙂

*picture’s taken from here *

40 thoughts on “Irit Never Dies

  1. Hehe agak ga nyambung sik, tapi quote You can take the girl out of the country, but you can’t take the country out of the girl itu bener banget! Anyhow, bagus tau kalau bisa berpikiran panjang kayak gitu.. kaya-nya cepet!

    • Eh kamsud gue tuh, quote-nya loosely translated gitu, Nad. Jadi misalnya kayak si Tante B itu. Mau setajir apapun, prinsip hidup low profile-nya tetep gak bisa dihapus dari dalam dirinya. Begichuuu..

      *eh nyambung gak sih? :P*

  2. baca posting beginian seger banget deh di tengah2 banyak posting sibuk pencitraan serba ‘wah’..gak banyak lho yg bangga jd mak irit.. padahal jadi mak irit juga ada kepuasan tersendiri,beda ama yg lain,gak keliatan tajir padahal tabungannya banyak

  3. hihihi.. embeerr.. naik bis itu seruuu.. banyak yang jualan macem2.. Gw kalo naik bis malah kadang-kadang khilaf segala macem pengen gw beli… *sigh*

    kalo lagi sendirian mah tetep aja naik bis lebih asoy.. hehehe…

    kalo untuk barang2 murce.. akika juga setuju.. kalo mau branded, mending nunggu diskon 70% atau 90% sekalian.. Kalo gak diskon, mending window shopping aja..

    Eh.. Jadi inget.. pengen ke asemka blom kesampean.. *OOT*😀

  4. aargh..td blm selesei nulis komennya udah keburu ke-enter..ulang lagi aahh

    baca posting beginian seger banget deh di tengah2 banyak posting sibuk pencitraan serba ‘wah’..gak banyak lho yg bangga jd mak irit.. padahal jadi mak irit juga ada kepuasan tersendiri,beda ama yg lain,keliatan punya prinsip, gak keliatan tajir padahal tabungannya banyak (hehe..) *a proud reader*

  5. Ih mak sama banget tuh ama gw, jaman sma dulu (94-97) duit jajan gw cmn 500 perak, dari duit 2000 yg diksh nyokap, secara mikrolet msh cepek kl pelajar kan. Gede ongkos ojek dr komplek ke xmalang aje. Ya kl bahasa gw seh, biasa pas2an dari kecil, jd ya terbiasa jg jadinya hidup irit.

    Beda banget ama laki gw yg biasa bermobil dr orok, jdnya sampe skrg jg kebiasan neksong ato minimal ojek. Yah alasan dia seh bis jkt tuh ga nyaman dan ugal2an bgt. Cuma dulu waktu di bdg seh dia suka ngangkot jg, tp angkot bdg kan msh nyaman ya, bisa duduk gitu. Makanya kdg mertoku suka heran kl gw bisa hilir mudik malem2 pula ngebis/ngangkot. Mane kl gw ajak Laras ngangkot, mertoku malah waswasnya minta ampun, pdhl kan mksdnya biar terbiasa jg hidup irit seadanya..ya gak?😀

    • Ini gue mau ngajak Nadira naik angkot aja gagal mulu. Biasanya mah rencana terjegal gara-gara laki gue tuh. Untung kendaraan umum kayak bajaj Nadira pernah dan ketagihan. Gue kan mau membiasakan dia hidup irit dan feel the real world. Jadi anak mobil ber-AC mulu kurang seru ah🙂

  6. I feel lucky that my parents were strict on me regarding financial matters. Since going to college abroad, they only provided me with the tuition fee and sort of prompting me to experience the real world out there. I struggled at first but on my 3rd year of uni, I have became financially independent. I paid for my own tuition and living cost. I also learnt to save and invest. Luckily, my husband ain’t so different than I am. We’re now in the ‘what should be spent, should be spent’ mode (LOL, I swear it sounds better in Chinese) We splurged sometimes, but on normal days, we just spend what we’re supposed to spend.

    Back to your post, I think it all started within the family. I hope one day, I will be able to teach my kids how my parents taught me. Thanks for the reminder.🙂

    • Yep, I do agree with your comment. And I really hope that both you and I will be able to teach our children how to spend their money wisely and how not to be very dependent to us financially. If they learn about the value of money and independence since their young age, hopefully they will not become those spoiled brats who’re unable to support their own lives when they grow up.

      The problem is, most mothers (including me) usually don’t have the heart to be ‘stingy’ to their children. So, if you’re successful with this ‘program’, please share some tips, ok? 🙂

  7. aduuuh superdoll memang sendok dan garpu andalah..tebal, kuat dan muraahh..hihihihi…

    aduhh mbaa.. baca postingan ini jadi inget masa2 kuliah yg gw n the geng paling hobi mamerin barang murah..hihihi semakin murah dan lucu, semakin bangga. belanjanya dulu di cimol smp pindah ke tegalega pun dikejar.

    pas lg skripsi, gw ngekost..naaah ini bikin gw tambah iritt.. mie instant diskon pun gw kejar..hihihi..

    udah jd emak2 malah iritisme semakin menjadi-jadi.. baju-baju buat gw dan Syasya kebanyakan gw beli bahan kiloan n dijahit ke tk.jahit langganan. kemeja buat hubby pun ada yg hasil menjahit dr bahan kiloan lho. jatuhnya jauuuuuuuuuhh lebih murah. walaupun pasti lebih murah jahit sendiri. tapi mau kursus jahit muaahaal benerr..

    eh ini gw irit apa pelit ya???

  8. ira.. lo cerita tentang masa2 ngampus lo di depok dengan duit jajan yang terbatas jadi inget jaman gw dulu.. persiss kaya lo, kuliah jauh dan duit terbatas..

    makan ayam christina dan mie berkat klo ada yg nraktir doang😀

    laki gw jg anti ngebis, dia terbiasa naik motor dari jaman SMU, katanya klo naik angkot buang2 waktu krn ngetem nya angkot, tapi sih laki gw kadang masih bisa dipaksain naik bis, secara kita belum punya mobil gitu loh..

    Ra, terus posting barang harga murah yak.. gw seneng dapet info itu.. btw kapan2 shoppingdate bareng dong ke jati negara, pengen belanja perabotan kya lo nih.. pengen tau toko2 nya..🙂

    • Hahaha.. Makanya gue suka heran kalo liat anak kuliah yang hedon, suka dugem tiap malem, shopping, dll. Lah koq gue gak pernah ngalamin itu ya? Maklum dah, dompet tipis, hihihi..

      Yuk meri kita shoppingdate ke Jatinegara. Rabu depan aja yuk, gue sama Lita mau ke sana🙂

  9. Hidup emak2 irit😀

    Ra, kek nya kudu bikin genk emak irit nih, selain genk narsih😀

    Sama Ra, secara dari kecil emang hidup susah,, perasaan nyampe sekarang pun tetep hidup pas2an,..jadi lah ga jdi masalah ngakot atau nge bis

    Klo laki gw, biar dulu susah, paling males naik angkot/bis dgn alasan ngetemnya lama. Jaman pacaran klo jalan ke mana2 maunya naik taksi mlulu. Diajakin naik angkot mukenye cembetut aja…
    Padahal klo dari jaman pacaran udh nyicil motor, ga naik taksi…udh punya 2 motor deh *pamer*

    Klo jalan b3 (eh b4 dink) ke mana2 ya biasa naik motor *teteup kere* tapi klo bdua ma Fadly biasanya gw ajakin dia naik angkot/bus/kereta/ojek. Biar terbiasa gitu..

    • Uhuy duitnya banyak lho bisa beli 2 motor. Harley semua pula kan? *plok-plok-plok tepok tangan*

      Iya nih pengen biasain Nadira naik angkutan umum. Soalnya gue sadar banget, gak selamanya hidup kita ada di atas. Nanti kalo gak terbiasa trus tiba-tiba hidup kita di bawah, bisa shock. Temen gue ada yang gitu tuh, kasian jadinya. Lebih susah beradaptasi dari kaya ke miskin than the other way around kan😦

  10. irit bukan berarti pelit. irit malah bisa kreatif toh? kapan itu aku naksir kotak serbaguna di ACE buat nyimpen printilan si kecil. ga mahal-mahal amat, cuma kok tetep sayang yaa…akhirnya kardus bekas dilapis kertas kado sisa, dan jadi deh hihihi….

    naik kendaraan umum kan enak ya Mbak. et lis ngajarin bersyukur. bisa sih naik taksi, tapi kapan bisa tahu ga enaknya uyel-uyelan naik metromini? untungnya misua (yang kebetulan di departemen [termasuk] basah) punya pendapat sama. kalo terus-terusan ngeliat ke atas, yang ada leher kram. enakan lihat bawah aja deh he he he….

    yang bikin heiran, bocah kecilku termasuk irit bener. tadi siang, dia menolak dibeliin baju baru dengan alasan: bajuku udah banyak Mi, ntar lemarinya nggak muat. baru mau pas aku bilang itu hadiah karena menang lomba antarkelas. trus ke mana-mana maunya naik angkot. apesnya, di angkot pasti tidur. aku deh yang pegel nggendong sampe ke pangkalan becak😦

    • Hahaha.. Wah anakku kudu belajar irit kayak gitu ah. Selama ini dia malah seneng banget kalo aku pulang bawain baju untuk dia. Langsung minta dipake, nggak mau dilepas. Kalo pulang nggak bawa apa-apa, suka ditanya “Ibu, bawa apa?”.

      Bangkrut dah emaknya. Hehehe..🙂

  11. Emang lagi banyak yang pencitraan “wah’ ya, Mbak Nuri ?
    untung saya gak ikut-ikutan. Saya sukanya pencitraan sholehah aja.

    Iiih…loe sama banget kayak gw. Paling bangga kalo berhasil beli barang lebih mursida. Apalagi kalo barangnya sama. *makanya Iti suka gemez sama gw karena gw seringnya dapet lebih murce ketimbang dia. LOL*

    Eh pernah suatu hari gw menanyakan pertanyaan dodol ke BBG Genk Racun. Emang kalo ngemall selalu makan di resto ya ? Soalnya gw kalo tiap ngemall makan di resto kayaknya bakalan keabisan ongkos kalo ngantor. *yaaa namanya juga UMR orang pabs*. Gw sama laki gw sekarang lagi demen mengexplore tempat makan di Galaxy, Pekayon situ. Bukan kelas resto sih tapi kaki lima. Selain lebih irit, juga kan lebih bersahaja…* padahal emang beneran ngirit…hihihi*

    • Cih, solehah sih hobinya pake baju yukensi my ketek😀

      Eh iya di Galaxy situ banyak tukang makanan pan. Gue demen bener tuh kalo main ke rumah Lita trus minta diajak jajan (baca: dijajanin) di daerah deket rumahnya😛

    • Paling bangga kalo berhasil beli barang lebih mursida.

      >> huehehehehe… sama’an tuh sama mbak indah. aku pun begitu. dapet tas kulit lokal seharga 50rebu tapi modelnya cantik dan kulitnya bagus, aku pamerin kemana-mana dah :))

      i call myself : a low maintenance woman

      #kipas2cantik #manggut2manis

  12. Setelah punya duit sendiri, gue jadi OKB. Jajanan yang tadinya gue jarang makan, gue beli.

    >> mirip nih ama kejadianku. akibatnya BODI MENGGEMBUNG….. *sedih*

    • HAHAHAHA.. Ideemm!!!

      Makanya, gue kan pengeeenn banget balik ke bodi zaman kuliah dulu. Tapi mengingat gue kurus karena duit jajan minimalis, langsung males deh, hihihi…😛

  13. Yaaay! Hidup super doll :))

    Eh gw bc di buku the billionaire next door, orng tajir amrik jg tnyt yg istrinya gunting2in kupon diskon spm gitu tiap wiken (dr sejak kere smp tajir melintir ga berubah) dan kehidupan konsumsinya cm 1/3 dr kemampuan sbnrnya. Well, gw kl idup 1/3 dr income ya mngkn puasa mutih 3x seminggu sih kl saat ini hahaha :)) tp yaa intinya dr pinter ngirit bs menuju idup sejahtera deh ya mudah2an. Smg ga terlena bermewah2an dan permisif sm definisi mewah😉 *nabungin koin*

    • Hahaha.. Senangnya ada yang paham juga dengan sendok garpu Super Doll!😀

      Eh bener banget tuh. Warren Buffett aja yang jadi orang paling tajir sedunia, tinggal di rumah yang sama dan kamar yang sama sejak dia zaman kere dulu. Kemana-mana nyupir sendiri. Penampilannya juga nggak wah. Jadi nggak yang macam OKB, begitu tajir dikit, langsung beli macem-macem (lah ini gue banget dulu :P). Tapi kalo disuruh nyumbang, si Warren ini juga ringan tangan banget. Jadi menurut gue, dia bisa dijadikan teladan banget ya.

  14. mba ira..demen deh ama blog nya yg memuaskan napsu ibu2 muda bwt gosip2 ringan&tips2 irit nya hihi..bosen baca blog pencitraan ibu2 jaman skrg yg kayanya “hah?tajir amat ni org, nyamain bakrie aja gaya nya” kl yg gini2 lbh membumi gituw..aplg smenjak punya ank, kl nyari brg di ol shop beda 5 ribu aja dibelain deh, kliling itc jg gpp asal dpt barang sama dg harga lbh murah, bner g mba?

    suka pengen negor gt org2 yg napsu beli di MC/baby shop laen yg di mall, yaelah buuuu barang bayi brp lama seeh kpakenya, itungan bulan doank, abis itu dikemanain tu barang2? mending beli yg murah tapi lucu, sisanya buat tabungan, biar kata tajir juga kan g tau besok gimana, ya g?

    kl prinsip saya seeh, g penting barang mahal, yang penting gaya nya mahal..

  15. gelas bertangai 48 ribu per lusin di pasar jatinegara sebelah mana ya? pengen beli jg tapi males mahal🙂 begitu tau harga ini tambah ngebet hehehe

    • Di Toko apa yah, pokoknya lokasinya di luar Gedung PD Pasar Jaya-nya Mak. Toko-toko ini deket lokasi tempat pedagang sate padang pada ngumpul. Toko-toko itu jual segala macam perabot rumah tangga, mulai dari sendok garpu sampe magic com. Mantep deh Mak🙂

  16. Pingback: Panci Presto Andalanku « The Sun is Getting High, We're Moving On

  17. Pingback: Too Proud To Beg « The Sun is Getting High, We're Moving On

  18. Pingback: Spesialis Angkot « The Sun is Getting High, We're Moving on

  19. kalo buat diri sendiri siy bisa lumayan irittt… apalagi pas kuliah… walopun temen minta anter ke mall buat belanja-belanja… masih bisa kekehhh ga belanja… qiqiqi… kata temen siyyy aq nya tahan mental ga kepengenan buat belanja… lahhh… itu karena duitnya ga ada kaliii yeeee….

    cuma… kalo buat anak kok ya susah iritnya… terutama mainan… truss ngeliat tampang kepengen anak yang liat mainan temennya truss pengen pinjem en ga dikasiy… waduhhh… jadi pengen ngebeliin aja tuh rasanya… untung masih bisa direm sama misua… qiqiqi….

    kalo baju siy… aq masih ngandelin neneknya… beli kain kiloan… trusss dijahit de sama neneknya… lumayan… dari gamis, rok, dress buat aq, nadhiifa en syakira cuma modal 10rebu en 20rebuan… jangan lupa juga neneknya diajakin ke mall buat liat model baju paling update… qiqiqiq…

    • Gue sih kalo zaman dulu buat diri sendiri susah irit Mak. Nah, sekarang setelah punya anak, apa-apa yang dipikirin anak mulu. Alhasil emaknya gembel, tapi baju anaknya selemari sendiri, hehehe..

      Eh gue malah belum pernah tuh beli kain kiloan. Lucu juga idenya buat bikin baju seragaman sama Nadira🙂

Leave a Reply

