Nari Daerah, Yuk!

Barusan gue ngobrol sama seorang teman kantor gue soal kursus tari buat anak. Dia nyaranin supaya Nadira ikutan les tari balet aja. “Supaya kayak anaknya si C tuh,” katanya. Gue cuma ngejawab “Kayaknya gue lebih tertarik masukin Nadira kursus tarian daerah deh.”

Mau tahu alasannya?

Jadi begini. Beberapa tahun lalu, waktu kerutan mata belum ada, gue sempet mewakili Indonesia ke acara ASEAN Youth Camp di Kampuchea (Cambodia) bareng  beberapa anak muda. Acara ini diikuti oleh para penulis, musisi, penari, dan perupa berusia di bawah 25 tahun dari negara-negara ASEAN plus 3 negara mitra ASEAN, yakni Korea Selatan, Cina dan Jepang.  Intinya, saling belajar tentang kebudayaan dan kesenian masing-masing negara lah ya.

Tapi terus terang, kesan mendalam yang gue dapetin justru tentang bagaimana mengapresiasi budaya negara sendiri. Jadi dua orang penari dari Indonesia, let’s call them L dan C, kan cewek-cewek yang asik banget ya. Mereka ini piawai banget nari Jaipong dan beberapa tarian daerah lainnya.  Apalagi salah satu penarinya, si L, merupakan putri bungsu dari Maestro Jaipong, Tati Saleh. Karena cantik-cantik, ramah dan supel, mereka pun jadi idola peserta lain.

Pas mereka nampilin tarian, aseli lho, semua peserta, termasuk para penari dari negara lain, pada melongo kagum. Selama 2 minggu di Kampuchea kan masing-masing negara dan grup bikin workshop. Dan selalu tiap giliran penari Indonesia yang tampil di workshop, animo peserta membludak.

Pasti pada tau lah ya tari Jaipong kayak gimana. Gerakan-gerakannya dinamis, sensual dan menyihir. Tak heran nyaris semua peserta menyebut tarian ini sebagai “sexy dance” dan si L dan C disebut “sexy dancer”. Ih, hati gue banggaaa banget tiap ngeliat peserta dari negara lain terpukau saat menonton tarian Jaipong atau tarian Indonesia lainnya.

Pas malam perpisahan, masing-masing negara diminta menampilkan tarian khas. L dan C bawain tari Topeng Rahwana dan Sinta yang, tentu saja, disambut dengan gegap gempita. Mana acara itu kan dibuka untuk umum. Jadi deh semua penonton lokal terpukau.

Dari hasil ngobrol-ngobrol dan gosip-gosip sama L dan C, mereka cerita tentang pengalaman mereka sebagai penari tarian daerah. Sweet moments tentu saja saat mereka bisa berkeliling dunia karena diundang untuk tampil di berbagai acara di berbagai negara. Saat itu, menurut mereka, udah lebih dari 20 negara di lima benua yang udah mereka datangi. Gratis, pake dibayar pula. Sungguh pengalaman yang tak ternilai, bukan?

Bitter moments-nya? Saat mereka dipandang rendah, justru di negara sendiri. L cerita, suatu saat dia diminta menari dalam sebuah acara pembukaan mal/hotel. Di acara tersebut, ada juga fashion show abal-abal dengan model lokal. Di backstage, para model berkoar-koar “Koq kita ruang gantinya barengan sama penari sih? Harusnya model punya ruang ganti sendiri dong!”

Dodol banget kan? Secara ya, model-model itu kan cuma model kelas Bandung thok. Boro-boro mereka bakal diundang ke luar negeri kecuali usaha keras. Sementara L dan teman-temannya yang penari udah berkeliling dunia sejak mereka masih remaja.

Makanya, gue ingeeet banget pesen L ke gue. Waktu itu, kami sama-sama masih perawan ting-ting yang belum kepikiran bakal merit. Tapi pesen dia justru berkesan banget di diri gue sampe sekarang, yaitu:

“Ra, lo gak usah ikut-ikutan tren atau cuma mau dibilang modern dengan masukin anaklo les balet. Inget gue aja. Gue bisa keliling dunia gratis, punya banyak pengalaman cuma karena gue bisa nari Jaipong dan tarian tradisional. Ini nilai plus kita sebagai bangsa Indonesia. Buat apa ikut-ikutan nari balet cuma supaya dibilang keren padahal benefit-nya nyaris nggak ada? Balerina asal Indonesia belum diakui di dunia. Lagi pula, dengan menari tarian tradisional, kita bisa melestarikan budaya, kan.”

Gosh, that’s surely an enlightenment! Gue jadi keinget beberapa temen dan sahabat yang dapet benefit dengan bisa nari tarian tradisional. Temen gue yang jago nari Bali udah bisa keliling dunia dengan gratis, just like L. Seorang teman lainnya pas lagi kuliah Master di Belgia, bisa dapet extra cash dengan cara “ngamen” alias nari Bali atas undangan KBRI. “Hasilnya lumayan banget bok buat biaya gue Eurotrip,” katanya.

Trus gue inget banget ceritanya Denada waktu dia kuliah di Oz dulu. Dia kan jago nari Jaipong. Dan dia sering “ngamen” juga dengan cara nari Jaipong di KBRI atau pentas-pentas seni di cafe gitu.

Selain itu, untuk requirement AFS, salah satunya adalah bisa kesenian daerah. Terus kalo gak salah juga, requirement di salah satu scholarship yang pernah gue baca mencantumkan bisa kesenian daerah merupakan sebuah nilai plus.

That’s why, demi menunaikan amanah dan pesan L, gue pengen banget masukin Nadira ke kursus tari daerah. Selain mudah-mudahan bisa keliling dunia endebre endebre, gue mau dia bisa melestarikan budaya bangsa kita. Soalnya gue nyesel banget waktu kecil nyokap gue nggak masukin gue kursus tari tradisional dengan alasan rumah kami waktu itu di ujung dunia. Padahal gue suka banget nari. I really do.

Oh well, semoga keinginan gue bisa terwujud ah. Kalopun Nadira nanti prefer ballets to traditional dance, yo wis gue gak bakal maksa. Lagi pula, tari balet juga mampu membentuk postur tubuh dan gesture anak kan? *emak labil*

38 thoughts on “Nari Daerah, Yuk!

  1. Setubuhh,,eh setujuuuhhh,,,

    Klo bukan kita,anak2 kita…sapa lagi yg melestarikan budaya bangsa? *cie omongan gw,tumben bener :p*

    Coba ke tmii deh Ra,setau gw anjungan2 di sana buka kursus tari.

    Hihi senengnya klo anak ce kek gini nih,bsa diwarisin keinginan emaknya🙂 yg berhub dgn dunia ce,,

    Ntar klo udh pinter nari, ajarin tante ya mba Dira🙂

    • Iya di TMII emang ada anjungan-anjungan yang buka kursus tari, Sal. Temen gue ada yang kursus di situ. Katanya pesertanya dari anak umur 4 tahun sampe ibu2 yang pengen langsing. Gue kepengen sih ikutan, jadi ntar belajarnya bareng Nadira gitu, hihihi..

  2. aaahhh jd inget, gw waktu sd dulu les nari bali di gelanggang remaja jaktim n deket sma kita dulu…cuma sayang ga dilanjutin..padahal menyenangkan banget, bisa nari diliatin bule2 yg terkagum2.

    yg masih tersisa skrg adalah kostum2 tari pendet n legong pleuus foto yg dikirim seorang turis jepang yg berfoto dgn gw waktu tampil di TMII dengan kostum tari pendet yg melorot smp terlihatlah PD gw..(untung msh SD)..

    gw setuju bgt dgn memasukkan anak les tari daerah..ayo lestarikan budaya bangsa!!!!

  3. keren kan tari tradisional. setujuuu ama tulisanmu Ra:). emang siapa lagi yang bangga ama kebudayaan ina kalau bukan kita, itung-itung biar ga sembarangan diklaim negara tetangga hihiii.. plus bonus keliling dunia gratis :d.

    eh, tapi anak gw cowok semua euy.. musti nyari kursus gamelan nih, atau calung kali ye:p.

    • Kursus gamelan aja Mak. Atau nari tradisional jg gpp. Malah yg gue tau, penari cowok kan jarang banget. Jadi demand-nya sangat tinggi. Hasilnya sering diajak pentas kemana-mana. Suaminya temen gue gitu soale. Duitnya banyak hehehe..

  4. waktu gw msh piyik, jaman SD gitu, gw diikutin emak gw ke sanggar tari jawa. Kebetulan deket ama rumah, jd jalan kaki nyebrang kali *berasa rumah di pedaleman aje :D* sampe deh di anter nyokap.

    yg paling berkesan emang kita selalu mentas di acara 17 agustusan di komplek. Juga beberapa kali mentas di TMII, sampe skrg masih gw simpen tuh fotonya..lucu deh soale ada foto pas gw nari kaen kembennya melorot bwahahahaha.

    emang seneng kl lg mentas gitu, apalagi krn di dendongin *dr kecil dah doyan dendong eike :P*. Tapi sayang ga diterusin krn waktu itu emang nyokap cmn alesan gw ada kegiatan pengisi waktu luang selain belajar. Begitu agak gedean lsg di masukin kegiatan karate di komplek, abis lah sudah itu sikap gw yg luwes lsg berubah tomboy xixixixi

  5. setuju mak iraaaa..gue juga sudah berencana bgtu..plus gue mau Nara ikutan sanggar vokal..sapa tau bisa keliling dunia juga..she loves to sing..gue jg nyesel knp emak gue dulu ga masukin gue ke sanggar nyanyi, padahal gue demen bener nyanyi..huhu..

  6. mbak ira sy ijin link postingannya ya
    jadi kepikiran mau bikin postingan sejenis tapi berbeda jenis #hlohh
    kalo saya dulu bukan nari tapi main gamelannya
    tapi seneng banget juga kalo ngeliyat temen temen yang bisa nari tradisional
    mereka tuh keren keren lohh

  7. Stujuuuu!!! Gw ud bniat,kl ben nunjukn tanda2 minat nari,djamin gw masukn les tari daerah *tentunya nari Bali,biar sama ky emaknya* plus pgn nya bisa gamelan bali jg,masa kalah ama emak nya hahaha… Metal2 gni,gw dididik keras ama ortu gw,hrs bisa nari Bali dr umur 2thn dan bisa gamelan dr smp,.dl sih tsiksa,tp stlh ngerasain “jalan2” ama nabung dr uang pentas,kg ada d pnyesalan hehe…untg ny suami ngedukung,tp syaratnya, jgn dpaksa *ky gw dl maksudnya :p

    • Eh Di, gue penasaran. Kalo nari Bali gitu, mata anak jadi agak-agak juling gak sih? Soalnya beberapa temen gue yang nari Bali, suka agak-agak gitu. Gak parah sih, cuma kadang suka bikin GR. Kirain ngeliatin kita, tau-tau ngeliat yang lain😛

  8. Pingback: ACI (Aku Cinta Indonesia) « The Sun is Getting High, We're Moving On

  9. *barungisikomengara2blogwalking*
    mbak’yu klo punya info Sanggar tari Minang Sanggrina bunda pimpinan Ely kasim plizz imel dirikuh yaa😉
    tengkiuu,,,
    *salamkenal

  10. Mbak, maaf nih, baca2 blognya krn saya lagi nyari les tari daerah buat anak perempuan saya umur 7thn yg daerah Duren Sawit. Udh ketemu tempat kursus tarinya gak mbak yg di duren sawit?

  11. Pingback: The Big Catastrophe | The Sun is Getting High, We're Moving on

  12. eh jadi baca tulisan yang ini gara-gara ‘the big catasthrope’.
    mba setuju banget sama tulisannya. secara aku pun dari SMA bisa pergi-pergi ke luar negeri gara-gara yang kaya ginian.🙂 sama sekali bukan profesional, tapi di setiap acara yang aku ikutin pasti deh harus nampilin kesenian Indonesia. dan aku bangga! :’)

    • p.s. bener bangeeet soal orang lokal yang justru kurang ngehargain seni budaya Indonesia! kesannya sok idealis atau gimana ya, tapi beneran deh.. kenapa sih orang Indonesia belum bisa cinta sama budaya sendiri ya?😐 giliran ada isu diambil negara lain baru heboh. -__-“

    • Wuiihh hebat banget! Ini makanya gue lagi memupuk minat Nadira untuk belajar tari daerah atau karawitan dll gitu Tik. Tapi gara-gara kebanyakan nonton Barbie dan Princess, skrg mintanya belajar balet. Zzzz.. Kudu dikurangi nih nonton princess2annya hihihi..😀

      Nah, iya tuh, orang sini kurang menghargai budaya sendiri. Begitu tiba-tiba nongol di web tourism Malaysia, baru heboh. Yah logikanya sih budaya itu kayak barang lah. Kalo kita rawat dengan baik, nggak mungkin ada yang berani ngembat kan?

  13. Pingback: Review: Kursus Tari Daerah untuk Anak | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

