Berhasil, Berhasil, Berhasil, Hore!

Siapa bilang semakin besar anak kita, tugas kita semakin enteng? As parents, it is our job to make our children able to do things by themselves. Harus pelan-pelan sih emang. Dan kadang-kadang bikin urat syaraf tegang *maap lebay karena ini gue banget :P*

Setelah sukses weaning with love PR gue untuk menggiring Nadira menuju gerbang kedewasaan *ceileh* adalah toilet training (TT). Dan seperti story sebelum weaning dulu , sebelum TT pun, banyak kekhawatiran dan keparnoan yang gue rasakan. Takut ini lah, takut itu lah.

Apalagi Nadira itu susaaahh banget disuruh pup di toilet. Padahal kan banyak tuh anak-anak lain yang belum sakseis lepas diaper tapi kalo disuruh pup di toilet mau. Nadira sih kalo mules bilang. Tapi begitu ditongkrongin di toilet, langsung nggak mau pup. Jadi dia baru bisa pup kalo pake diaper.

Sebenernya, gue pengen TT Nadira setelah dia lulus proses weaning. Tapi berhubung kita kudu pindah rumah dulu jadi deh TT-nya ditunda. Gue pernah baca dimana gitu, proses weaning dan TT sebisa mungkin dilakukan saat anak dalam kondisi stabil dan sehat. Soalnya anak itu hanya bisa beradaptasi sedikit-sedikit. Kalo dipaksa beradaptasi sekaligus banyak, nantinya justru bisa menimbulkan problema yang kompleks untuk dia.

Nah, jadi kalo kondisi pindah rumah gitu kan berarti Nadira harus adaptasi dengan lingkungan baru. Terpaksa rencana TT gue tunda sambil nunggu dia merasa nyaman dengan rumah kami.

Setelah sekitar 2 minggu – 1 bulan pindah rumah (lupis tepatnya :P), Nadira mulai terlihat nyaman dengan rumah kami. Mulailah program TT gue laksanakan. Awalnya pas weekend, gue gak pakein dia diaper dan gue pesenin “Mbak Dira kalo mau pipis, bilang ya”. Trus setiap sejam gue bopong ke toilet yang berujung pada dia marah-marah karena belum mau pipis tapi ditongkrongin di toilet, hihihi.. 

*lesson learned: bopong anak ke toilet 2-3 jam sekali aja. 1 jam sekali mah kecepetan*

*picture’s taken from here *

Pas gue kerja, gue juga pesen sama ART di rumah untuk nggak pakein Nadira diaper. Untuk bobo, gue tetep pakein dia diaper karena khawatir tembus. Tapi, gue liat tiap bangun pagi, diaper-nya kering melulu. Mulailah gue sok pede nyoba nggak pakein diaper kalo Nadira bobo. Tapi kasur tempat tidur gue alasi dengan perlak pink-biru, perabot zaman Nadira bayi dulu.

Nah, yang ini rada-rada PR bener nih. Gue jadi parnooo abis dan agak susah tidur. Tiap Nadira gerak-gerak, gue langsung melek dan bopong dia ke toilet supaya pipis. Jadinya lucu deh pemandangan ibu-anak sama-sama setengah sadar lagi nongkrong di toilet tengah malam😀

Namanya TT, ‘kecelakaan’ sesekali terjadi lah hay. Di malam pertama bobo tanpa diaper, Nadira lulus gak ngompol. Begitu juga beberapa malam selanjutnya. Nah, begitu kewaspadaan gue menurun, alias gak sigap bangun pas dia gerak-gerak, ealah bocahnya malah ngompol. Untung cuma sedikit, nggak  bikin kasur kudu dijemur di halaman.

Oh ya, Nadira juga jadi anti sama diaper gara-gara Mbaknya ngegodain dia dengan komentar “Mbak Dira kalo pake pampa pantatnya mirip Donal Bebek ya, nungging gitu.” Abis itu tiap dipakein diaper, Nadira langsung ngambek dan marah-marah “Mbak Dila ndak mau Donal, Ibu!” sambil usaha nyopotin diaper sendiri. Hihihihi..😀

Jadilah gara-gara anti diaper itu, kalo pergi-pergi dia jaraaanng banget mau dipakein diaper. Kalopun mau pake diaper, tiap kebelet pipis pasti dia bilang dan keukeuh minta ke toilet. Nah gue jadi yang agak ribet gitu kan. Kayak hari Sabtu beberapa minggu lalu, Nadira+papanya+Mbaknya jemput gue di kantor. Dari kantor gue, kita ke Pasar Rawabening, mau beli dispenser, blender, dll. Gara-gara Nadira mau pipis dan dia gak pake diaper, terpaksa kita melipir ke sebuah pom bensin. And you know lah toilet di pom bensin kan kadar kebersihannya rendah banget. Bikin deg-degan bener dah.

Apalagi sekarang Nadira sotoy banget. Boro-boro mau pake pispot. Pake alat bantu duduk di toilet buat anak kecil (apa sih namanya?) aja ogah. Jadi dia maunya duduk sendiri di toilet anak gede. Untungnya, dia mau gue ajarin pipis jongkok karena, well you know, susah nyari toilet duduk yang bersih. Jadi mending Nadira gue ajarin pipis jongkok juga supaya fleksibel gitu🙂

Anyway, seperti juga weaning, untuk TT ini, persistence and commitment from parents are really important. Kita kudu siap dan niat bener. Kalo nggak, jadinya setengah-setengah deh. Dan jangan nyalahin anak kalo ujung-ujungnya dia gak lulus-lulus. Wong ortunya yang ngelatih juga nggak serius *nyentil diri sendiri yang dari dulu males TT-in Nadira :P*

Btw, setelah lulus TT ini, artinya kan gue gak perlu beli diaper lagi. Lumayaan budget beli diaper bisa buat nambah-nambah emaknya beli baju buat diri sendiri Nadira😀

*picture’s taken from here *

15 thoughts on “Berhasil, Berhasil, Berhasil, Hore!

    • Ih Della tau ajuah kalo gue hobinya melototin koran edisi Jumat demi ngeliatin iklan diaper, hihihi.. Iya nih lumayan budget diaper sekarang bisa buat foya-foya *halah lebay :D*

  1. Uuh mbak dira pinter, sama nih pinternya sama onti dhira, kan namanya sama *numpang narsis*
    ra, beliin potete kaya ayska itu deh coba, kalo pipis ditoilet kotor bisa pake itu aja, dimobil juga bisa loh…
    Klo di zua gampang, wong bisa dimasukin ke botol aqua hahahahahahaha….

    Peer banget ya ra bangun malem itu.. Klo zua yg bangun ulil, jadilah dia berkoar2 keseluruh dunia bahwa kalo ada ayah dia bobo gak pake pampers, kalo nggak ada pake pampers soalnya bundanya NGGAK MAU DIBANGUNIN…. (T__T)

    • HUAHAHAHAHAHA!!!

      Ih Abandua pinter banget deh merusak pencitraan Bundabu di depan khalayak😀

      Gue sih pengen sebenernya beli potete kayak Ayska. Tapi sekarang aja Nadira nggak mau Dhir disuruh pipis pake dudukan khusus anak-anak. Dia sok gede, maunya pipis langsung di toilet tanpa alat bantu. Jadi gue ragu mau beliin potete. Ntar udah mahal-mahal, nggak dipake lagi *mak irit*

      Mungkin gue mau beliin pelapis toilet aja deh, kayak sarannya Nandra. Katanya bisa dipake di toilet umum gitu untuk ngelapisin dudukan toilet. Ada di Mothercare, tapi belum sempet beli nih.

  2. ah memang bener itu lulus TT brasa lulus sidang skripsi hihihi….

    anakku lulus TT jadi males pake diaper. kadang aku suruh pake kalo kudu pergi ke tempat yang toiletnya bikin jin males masuk😀 kadang sampe sekarang masih ngompol. biasanya kejadian kalo sebelum tidur, minumnya kaya unta haus. kalo abis ngompol, doi pasti minta maaf karena dia lihat nyuci seprei itu berat he he he…..pernah sih malam-malam dibangunin gara-gara minta pipis. nyaris kepleset, mata cuma setengah watt

    • Bangeettt.. Anak lulus TT itu rasanya lebih membahagiakan ketimbang gue wisuda dulu, hihihi… Bahkan kalo lagi ajak dia pipis ke toilet tengah malam, suara pipisnya terdengar lebih merdu ketimbang suara juara American Idol *lebay.com :P*

      Ya ampun, anaklo hebat banget ya Mak. Sejak kecil udah ngerti berempati sama ibunya. Pinter!🙂

  3. anakku mikirnya gini: kalo kerjaan Ummi banyak, maka waktu main sama aku jadi berkurang he he he…..prinsip untung rugi bener yaa…suka ngomel dia kalo aku kelamaan beberes rumah. yah saya kan mak-mak OCD sama urusan rumah, kalo belum dicentang semua checklist kerjaan, ga enak banget :p

  4. huaaaa..ajarin donkkk raaa…
    gue ini males bgt deh ngajarin toilet training ke Nara..gmn anaknya mau bisa klo emaknya aja males ngajarinnya? huhuhu..

    • Yah lo kata gue gak males apa Both? Alasan gue biasanya gini “Gue kan kerja, jadi susah ngawasinnya. Kalo wiken, gue maunya leyeh-leyeh, gak ada tenaga buat TT-in Nadira.” Alhasil proses TT-nya gak kelar-kelar. Apalagi Nadira kan full diaper dari kecil. Jadi emang bener-bener nggak pernah tanpa diaper *tutup muka malu*

      Makanya lo kudu kuatin tekad dulu buat TT-in Nara. Soale lumayan bener Both capeknya. Kita kembali lagi ke those long and sleepless nights karena kudu sigap kalo tengah malem dia gerak-gerak tanda mau pipis. Belum lagi kalo lagi pergi dan di tengah jalan dia minta pipis. Hadeeehh…

  5. hore.. berhasil berhasil berhasil..
    gw pas TT ngandelin kesiapan E, krn gw gk telaten hahaha
    cuma ngajarin pas weekend aja (klo lg gk males haha), untung nya anaknya sadar diri (stlh gw iming2 sm celdam princess hahaha). kadang pas malem masi bs ompol si, tapi mostly aman hehehe..

    good job mbak dira😀

    nah gw kebalik soal PR nyapih haha (masi belum, belum siap – jujur hahaha)

    • Nadira jg masih ngompol sesekali koq Din. Biasanya sih kalo sebelum tidur dia minum buanyaak dan gue kurang tanggap (baca: gak bangun) pas tengah malam dia gerak-gerak tanda mau pipis, hehehe..

      Soal nyapih mah, kalo emang lo-nya belum siap, ya udah nikmatin aje. Ya tokh?🙂

  6. Pingback: Sorry, I Don’t Do Mornings « The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

