Thank You For (Not) Smoking

Ceritanya postingan ini ditulis untuk menyambut hari Tanpa Tembakau besok🙂

Buat orang yang kenal gue dari zaman jebot, pasti agak kaget melihat perubahan diri gue saat ini. Dulu, tiap ketemu, pasti gue lagi asyik menghisap A M*ld Menthol favorit. Sekarang, paling-paling lagi makan permen atau ngunyah sesuatu.

(And yeah that’s the main suspect of my current weight gain :P)

Cigarettes had been part of my life since I was in high school. Standar lah. Awalnya cuma iseng nyoba-nyoba coz you know, smoking made me look very cool. Ha! *naif beut yak* Tapi zaman SMA cuma 1-2 kali doang sih. Iseng diajarin temen-temen se-gank yang isinya cowok semua.

*picture’s taken from here *

Selain itu, mulai dari buyut, nenek sampe nyokap, semuanya ngerokok. Jadi pemandangan asbak, rokok dan asap bukanlah sesuatu yang asing bagi gue sejak kecil.

Habit merokok ini mulai lebih rutin dilakukan pas gue kuliah. Secara ya, gue kuliah di Fakultas Sastra, trus sehari-hari nongkrong di Kansas (Kantin Sastra). Kalo nggak ngerokok, nggak keren cyin.  Inget banget deh, dulu berhubung duit jajan cekak, untuk beli rokok biasanya ketengan atau patungan. Kalo gak salah, dulu rokok gue sebungkus harganya 1500. Biasanya gue patungan bertiga sama seorang sahabat dan kakak kelas yang sekarang jadi artis+MC kondang, masing-masing gopek. Abis itu sebungkus rokoknya dibagi 3 dan dihisap bareng-bareng deh, hehehe..

Habit itu tambah parah pas gue mulai kerja sambil kuliah. Gue kan pernah kerja di sebuah tabloid keluarga dan kesehatan gitu. Kirain mah isinya orang bener semua. Ealah, tau-tau, seruangan kayak di Puncak Pass di malam hari. Putiihhh semua ketutupan asap. Teman-teman kantor gue perokok berat semua bok. Mereka biasa lho menulis bahaya merokok sambil ngerokok. Dan berhubung gue penganut prinsip “Daripada jadi perokok pasif, mending aktif sekalian” ya langsung deh habit merokok jadi lebih menggila.

Dari tabloid itu, gue ke sebuah tabloid hiburan. Nah di sini kerjanya dugem-dugem mulu. Karena gue gak suka minum dan gak pakauw, sahabat gue untuk jogedan on the dance floor ya cuma rokok. Begitu juga pas gue pindah ke kantor yang sekarang. Deadline yang sering bikin gue kebelet pipis saking tegangnya dan work pressure yang lebih tinggi dibanding tabloid dulu, bikin gue tambah kecanduan sama rokok.

Lucunya, meski nyokap dan sodara-sodara nyokap tau gue ngerokok, sebisa mungkin gue menyembunyikan ini dari bokap. Soale, bokap gue nggak bolehin anak-anaknya ngerokok. Dulu dia pernah ngerokok, tapi yang sebungkus bisa 2 minggu nggak habis-habis gitu. Dan meski gue udah kerja, tetep lho bokap nggak ngebolehin gue ngerokok. Tas gue sering dirazia, hihihi.. Alasan bokap: “Merokok itu bisa bikin kamu kecanduan narkoba tau!”.

Duileh, kalo mau pakauw mah, dari dulu aja kali. Gue kan kalo dugem suka ditawarin barang macem-macem. Tapi karena gue-nya nggak mau aneh-aneh, ya gue tolak dengan keras. Gue kan dugem cuma buat having fun, olahraga dan menyalurkan hobi jogedan, thok. Hiiiiii.. syereemm deh kalo inget zaman dulu! :( 

Trus, dulu nih, para pacars dan gebetans gue rata-rata bukan perokok. Mereka sih tau gue ngerokok dan biasanya cuma bilang “Aku nggak mau nyuruh kamu berhenti ngerokok karena aku tau, kamu nggak akan berhenti kalo aku minta untuk berhenti. Aku mau kamu berhenti merokok sesuai keinginan hati kamu aja.”

Hasilnya? Ya nggak berhenti lah ya! Wong bapak gue aja nggak sakseis, lah ini cuma pacar dan gebetan gitu lowh. Manalah kena😛

Pas gue pacaran sama hubby, gue seneeeng banget karena dia juga perokok. Gak ada yang ngelarang-larang gue ngerokok lagi deh. Merek rokoknya sama pula. Jadi deh kita sering patungan beli.

Tapi, justru pas sama pacar/suami perokok itulah gue berhenti merokok. Ini terjadi sebulan setelah merit. Suatu hari, gue tiba-tiba nggak enak merokok. Pahiittt banget. Trus sebel aja liat bungkus rokok dan orang-orang yang lagi ngerokok. Kebetulan, mens gue udah telat 1 minggu. Besoknya iseng gue test pack, dan positif! Resmi deh gue berhenti ngerokok🙂

Selama hamil + menyusui, Alhamdulillah gue nggak ada keinginan samsek untuk merokok. Hilang blast aja gitu semua napsu merokok. Padahal ada lho teman, seorang perokok berat, yang selagi hamil ngantongin rokok kemana-mana. Jadi kalo kangen ngerokok, dia cium-cium deh itu rokoknya. Yah lumayan lah daripada seorang kenalan lain yang cuek aja ngerokok while pregnant😦

Apakah sekarang keinginan gue untuk merokok benar-benar hilang? Nggak juga sih.  Kira-kira setahun yang lalu, gue pernah koq coba ngerokok lagi. It only lasted for 1 month. Kenapa gak dilanjutin? Karena suatu hari, gue ngerokok 3 batang nonstop sambil nongkrong sama teman-teman kantor. Abis itu, dada gue sakit dan tenggorokan panaaas banget. Berakhirlah karier gue merokok saat itu juga🙂

Gue sih nggak mau janji that I’ll quit smoking for good. Apalagi kalo gue lagi di tengah orang-orang yang ngerokok, lagi nongkrong di kafe, nonton konser atau lagi bete, kadang keinginan untuk ngerokok lagi pun muncul. Hubby juga masih merokok, dan selalu gue pelototin supaya never ever ever merokok dekat gue dan Nadira. Galak deh pokoknya😀

Buat gue yang mantan perokok berat, berhenti merokok selama 3 tahun is quite an achievement. Secara dulu-dulu kalo berhenti maximal cuma kuat 2 bulan aja. Meski nggak janji, but I’m doing my best to quit. Supaya Nadira nggak terbiasa melihat pemandangan asap + asbak dimana-mana kayak gue dulu. Kalopun nanti dia mau coba merokok, ya silakan. Gue nggak mau jadi ortu selfish yang melarang anaknya melakukan sesuatu padahal dia sendiri begitu.

Oh well, having a baby surely changes me from who I used to be🙂

*picture’s taken from here *

Btw, there are 2 things I always did when smoking:

  1. Avoid smoking near babies/children/pregnant women.
  2. Never blow the smoke to somebody else’s face. I always blow the smoke away. Or else, I tried not to smoke whenever I sat with a group or a non smoking person (s).

Makanya dari zaman ngerokok dulu sampe sekarang, gue benciii banget perokok yang bisa cuek ngerokok deket anak-anak or pregnant women, dan cuek aja menghembuskan asap rokoknya kemana-mana. Tenggang rasa dikit dong!

17 thoughts on “Thank You For (Not) Smoking

  1. Gue banget raaa, kasian deh gue dr kecil udh dikelilingin sm perokok, nenek, nyokap, bokap, ade2, oom dan tante2 gw smua perokok beraatt. Tapi gue ngga dooonk, anak rumahan banget gitu loh,walopun belom se solehah indah😉
    Pas gw hamil dan shahlaa lahir, bokap dgn kesadaran sendiri berenti ngerokok, tapi nyokap nih sampe skrg yg susye bgt…udh cape jg kalu dia gw bawelin…😉

    • Lo kayak sepupu gue, Cimon. Jadi Tante gue sekeluarga kan perokok berat. Tapi sepupu gue malah nggak ngerokok, pdhl ibunya gak ngelarang. Gue justru seneng liat yang kayak gitu daripada temen gue yang ibunya perokok berat tapi anaknya dilarang keras merokok. Sampe diancam macam-macam. Yang ada jadinya si anak justru jadi perokok hebat tapi ya ngumpet-ngumpet gitu.

      Sama, nyokap gue juga masih ngerokok sampe sekarang. Bokap gue malah udah brenti dari jaman jebot. Gue mah males kasitau nyokap untuk berhenti. Abis orangtua kan mana rela kalo diguruin sama anaknya, hehehe..

  2. Me too.. Papaku perokok beraaat, pun ulil, tapi sekarang dia berkurang banget, tinggal ngerokok buat pergaulannya ituloh yg susaaaah banget berenti😦
    Anak gw kan cowok ya, suka mikir kalo someday dia mau ngerokok dibolehin apa nggak yah

    • Kalo gue sih, prefer jangan dilarang Dhir. Soalnya belajar dr pengalaman diri sendiri nih, gue iseng nyoba rokok juga karena awalnya dilarang sama bonyok. Sementara mereka ngerokok. Apalagi anak laki. Dulu temen SMP gue, laki-laki, dilarang bonyoknya ngerokok, padahal bonyoknya di rumah jg ngerokok. Alhasil malah jadi perokok berat sampe sekarang.

      Intinya sih, practice what you preach lah ya. Kalo kita ngelarang sesuatu sementara kitanya justru melakukan hal yang kita larang itu, biasanya anak, terutama yang masih labil, bakal jadi penasaran.

  3. Nyokap gw dl jaman gw kecil perokok jg Ra, tp gw ga inget termasuk berat ato gak. Krn nyokap suka ngerokok di rumah, jd dl waktu kecil jg suka ikut2 tp ngumpet2 hahaha. Cuman ada kejadian yg bikin gw ga tertarik utk nyobain rokok, while temen2 1 genk gw yg cewe2 pd ngerokok. Nyokap gw waktu itu sakit paru2nya, sampe muntah darah dan itu terjadi di depan gw pdhl gw waktu itu masih TK. Ih sedih banget deh kl inget rasanya, soale muntahnya itu dah ditadangin ember dan tetangga2 gw yg nolongin nyokap, bawa ke rumkit.

    Alhasil nyokap masuk ICU, tp gw dl ga tau ya sakitnya apa. Dan gw jd anak titipan ke sodara or eyang gw selama berbulan2 krn nyokap di ICU dan lg hamilton adek gw. Nah sejak itu, semakin dewasa gw menghubungkan sakitnya nyokap ama kebiasaan ngerokoknya *nebak*. Dan sampe skrg gw anti bener ama yg namanya rokok, dan sebel bgt kl di sekitar gw org pd ngerokok sembarangan.

    • Ya Allaahh.. *peluk Rince*

      Duh Mak, Alhamdulillah nyokaplo gpp ya. Kalo gue sih, bukti negatif ngerokok ada sama nenek gue. Dia perokok berat yang di lemarinya ada koleksi Dunhill Menthol beberapa slop. Sekitar 10 thn lalu dia stroke dan sampe skrg jadi agak lumpuh+pikun. Tapi ya terus terang, kondisi nenek gue itu nggak bikin gue shock dan trauma untuk segera berhenti ngerokok sih. Baru pas hamilton aja gue tergugah untuk berhenti, hihihihi.. *jangan ditiru*

      • iya Ra, tengkyuu.. *peyuk2 jg*

        Alhamdulillah banget nyokap gw bisa sehat lagi, dan dia bener2 kapok tuh ama yg namanya rokok sampe ngelarang adek gw ngerokok tp gatot jg hehehe.

        Temen gw jg byk yg kyk elu, begitu hamilton & punya anak lsg berhenti ngerokoknya. Emang bener ya, anak tuh bisa bikin kita berubah 180 derajat dan mau berbuat apa aja demi dia😀

      • Bener banget! Jadi sebenernya, bukan anak yang belajar sama kita. Tapi kita yang belajar sama anak, terutama untuk menjadi orang yg lebih baik dan bagaimana menghargai hidup ya *duileh serius bener :P*

  4. dari dulu aku ga kuat ama asap rokok. langsung pusing aja gitu. biasanya kalo lagi di angkot trus ada yang ngerokok, ya aku minta ngerokoknya ditunda sampe dia turun. pengecualian kalo si sopir yang ngerokok, yang ada aku yang disuruh turun. tapi ada juga yah penumpang yang nyolot dan malah maki-maki, padahal udah diminta dengan bahasa superalus.

    dapat suami mantan perokok yang sekarang malah pusing kalo cium asap rokok. untung deh, sehaluan he he he

    dan ya bener, paling nggak suka kalo ada yang ngerokok deket anak-anak. sering banget lihat bapak-bapak ngajak anaknya main, eh ngebul. main sama anaknya sih bagus, efek sampingnya itu yang ngerusak😀

    • Ih gue juga sebel banget kalo di bis/angkot ada yang ngerokok. Dan dulu ya waktu masih ngerokok, gue juga nggak suka kalo ada orang yang ngerokok sembarangan kayak gitu. Bisa-bisa gue omelin or pelototin judes😛

  5. alm. bokap duluuu perokok.. akhirnya berhenti total waktu aku SMP kelas 3 karena waktu sakit (lupa sakit apa) n dirawat ada temennya bilang gini

    “lo masih mau lihat anak-anak lo punya anak ga??”

    alhamdulillah sejak itu sampai meninggal ga pernah ngerokok.. (walaupun waktu meninggal anak-anaknya blm pada nikah…😥 )

    nah dulu rokok bokap tuh djie sam soe entah kenapa kalau ada orang yg merokok dji sam soe, gw ga pernah pusing atau sesak nafas (asma kambuh). tapiii kalau ada orang meokok selain djie sam soe udah deh kepala gw kleyengan langsung ga kuat dengan asapnya.. udah kebal sama asap djie sam soe kali yaa??

    kalau suami gw alhamdulillah ga merokok… padahal alm. bokapnya juga perokok berat. kata hubby bokapnya melarang anak-anaknya merokok selama uang masih minta pada ortu. kalau udah punya penghasilan sendiri boleh.. tapi yg ada hubby and ipar gw ga ada yg merokok juga..

    kayaknya emang ortu ga perlu ya ngelarang-larang anak merokok buat yg ortunya perokok…soalnya kalau dilarang pasti bikin anak penasaran buat ngerokok..

    • Eh katanya Djie Sam Soe itu ada cukai anti batuknya lho Del. Dulu gue pas masih ngerokok, kalo lagi batuk, switch ke Djie Sam Soe, hihihi.. Tau dah ngaruh apa kagak. Yang pasti mah tetep sesek😛

      Bener, gue setuju banget sama komenlo. Kalo dilarang, dan gak dikasih contoh yang baik, anak pasti jadi penasaran. Practice what you preach lah istilahnya🙂

  6. ” teman, seorang perokok berat, yang selagi hamil ngantongin rokok kemana-mana. Jadi kalo kangen ngerokok, dia cium-cium deh itu rokoknya.”

    Kok rasanya akrab deh saya sama temannya itu *uhuk*

  7. practice what you preach ya ? berarti karena suami & gw sama2 non smoker, gak salah dong kalau kita ngelarang anak ngerokok ?

Leave a Reply

