You To Me Are Everything

Who’s your bestest friend(s) in the world? If that questions’s asked to me, I definitely would answer ” My mom and my sister“. Why? Because IMHO, those two are the ones who have been with me whole my life. I may have some bestfriends who have been supporting me through everything in life, but still, the closest ones are those I mentioned earlier in this post. And since I’ve written a posting about my mom before, here, I’m gonna write a piece on my sister. Be prepared for a boring article, ok?🙂

Waktu kuliah, gue inget banget, teman-teman se-gank suka iri sama gue. Kenapa? Karena gue dan adik gue bersahabat. Dan mereka dengan adik/kakak mereka nggak samsek.

Ada satu sahabat gue yang punya kakak cewek berusia terpaut satu tahun saja, dan sama-sama kuliah di UI, beda fakultas. Kalo gue dan Lita yang begitu, mungkin kita bakal ngekos bareng di satu kost-an. Selain menghemat (maap kami emang dididik irit dari zaman jebot :P) rasanya bakal seru aja kali ye sekost bareng sodara sendiri.

Nah, kalo temen gue itu sih boro-boro. Dia dan kakaknya ngekost di kost-an beda, dengan jarak yang jauh pula. Yang satu kost di Gang Sawo, yang satu lagi di Kukusan Teknik. Trus pernah nih kita se-gank ketemu sama kakaknya di bis. Temen gue cuek duduk bareng kita, sementara kakaknya cuek duduk di belakang. Teguran basa-basi mereka cuma “Eh, mau kemana lo?”. That’s it.

Beda sama temen gue yang satu lagi. Dia gak punya sodara perempuan. Tapi sama adik-adik lelakinya juga nggak akur. Sama nyokapnya pun nggak akur. Jadi dia iri banget ngeliat persahabatan yang terjalin antara gue, nyokap dan adik gue.

Gue sih nggak tau ya apa yang bikin gue dan Lita bisa seikrib gitu sampe sekarang. Tapi satu yang pasti, hubungan kita nggak selalu adem ayem. Berantem mah, wuidih jangan ditanya. Sering benget. Tapi berhubung dulu kita sekamar, jadi ya susah juga mau berantem lama-lama. Gue rasa sih ini deh trik yang dipake nyokap supaya anak-anaknya yang cuma dua orang ini akur terus. Nice trick, Mom!

Selain sharing kamar, kita juga terpaksa sharing everything. Mulai dari baju, sepatu, tas, makeup, sampe ulangtahun bok. Untung selera cowok kita beda, jadi gak bisa sharing deh hihihihi.. Sekarang sih, berhubung bodi gue yang menggendut heboh, sharing baju tinggal cerita lama. Sesekali masih, tapi seringnya sih nggak muat😦

Mungkin karena beda cuma dua tahun dan sama-sama berzodiak Aquarius, kita jadi kompak banget ya. Bahkan dalam urusan pergaulan pun. Rata-rata teman gue bisa jadi temannya Lita. Begitu pula sebaliknya. Nggak jarang pas jomblo dulu, gue sebagai EO wannabe abal-abal bikin acara kumpul-kumpul main bilyar, karaoke, ngafe or clubbing dengan teman-teman lintas lingkungan. Dan serunya, temen-temen gue dan Lita pada cucok aja tuh digabungin gitu.

Trus ya, zaman-zaman kegelapan dulu, gue sering banget ngajak cowok-cowok hasil TP (tebar pesona) jalan bareng Lita. Well, sebenarnya sih, Lita yang maksa gue yang lagi jalan bareng cowok-cowok itu untuk jemput dia. Atau bahasa sederhananya, Lita used the men I dated to be her ‘jemputan/taxi gratis’. Alasannya? “Sekalian Ita bisa liat Mbak, itu cowok cocok nggak sama Mbak Ira.” Kam to the fret. Maafkan ya cowok-cowok, adik saya emang rada error😀

Gue juga jadi korban omelan bokap gara-gara dia belum kelar-kelar bikin skripsi. Kata bokap: “Kamu seharusnya bisa membimbing adik kamu supaya bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu. Kamu kakak macam apa sih?”. Hadeeuuuhh… Nyebelin banget gak sih? Yang lelet skripsi siapa, yang diomelin siapa. Kayak waktu kecil aja pas Lita nangis (and yes, she’s a very cranky kid back then), gue yang kena omel.

Pas dia lagi backstreet boy pacaran, gue juga yang jadi pemasok alibi. Bonyok tahunya Lita jalan sama gue, padahal dia lagi pacaran dan gue berusaha nyari pacar (hahaha.. Aduh kasian banget ya gue gak laku bok :P). Atau supaya gampil, gue suruh mereka pacaran sambil nongkrong bareng gue. Jadi eikeh beneran nggak bokis kaann??

Intinya kita kayak quote berikut ini:

More than Santa Claus, your sister knows when you’ve been bad and good.  ~Linda Sunshine

Momen paling mengharukan? Ofkors pas suatu hari, Lita sms gue “Mbak, Igun ngajak saya merit. Enaknya kapan ya ngomong ke Mama Papa?”. Di satu sisi gue seneenng banget my little sister will get married. Tapi di sisi lain, gue gak rela ngebagi satu-satunya temen sekamar gue selama 27 tahun dengan orang lain. Mana gue penakut bener lagi. Nggak kebayang nanti bobonya sama siapa😦

Belum lagi nyokap yang sutrisno bachir abis karena gue dilangkahin adik gue. And FYI, waktu Lita berencana merit, gue masih jomblo dong, alias bener-bener nggak punya pacar serius. Dan emang ya, doa orangtua emang diijabah. Sehari sebelum Lita dilamar, gue punya pacar aja gitu. Jadi deh gue dengan bangga nenteng pacar gue (yang baru 1 hari) ke acara lamaran adik gue. Horee!

*di sinilah gue akhirnya keliatan lebih langsing dr Lita, wong dia lagi hamil 9 bulan, hehehe..*

Pas Lita merit, gue jadi seksi repot. Begitu juga sebaliknya. Pas Lita melahirkan, gue juga merelakan gak liputan rakor Menkeu supaya bisa buru-buru liat ponakan gue yang baru lahir (err.. Padahal sih emang nggak demen aja ngeliput rakor-rakoran gitu :P). Pas gue mau melahirkan, laki gue cerita, Lita sempet sms dia “Mas, tolong jagain kakakku ya. Ini aku lagi otw ke RS.” So sweet ya?🙂

Bukti kekompakan lain? Lita merit Juli 2007, gue merit April 2008. Langit lahir April 2008, Nadira lahir Januari 2009. Semua pas terpaut sembilan bulan sajah🙂

Kekompakan-kekompakan itu lagi berusaha kita tularkan ke Nadira dan Langit.  First step terjadi saat gue minta ASI-nya Lita. Soalnya pas Nadira lahir, ASI gue belum keluar samsek. Abis itu, sejak Nadira lahir, satu-satunya bocah lain yang dia liat secara berkala adalah Langit, alias Deba. Kalo nggak ketemu seminggu sekali, pasti bocah-bocah ini nagih ke emak masing-masing deh🙂

Oh ya, meski kita kompak luar dalem, untuk urusan teman kita masih objektif. Lita pernah punya mantan pacar yang sangat bermasalah sama dia. Tapi si mantan ini tetap sopan ke gue. Yo wis, gue juga tetap balas menyapa dia kalo ditegur. Begitu juga saat ada seorang bekas teman kantor gue yang kurang cocok sama gue tiba-tiba sekantor bareng sama Lita. Lita gak langsung memusuhi. In fact, mereka justru got along very well.

Makanya gue jadi berasa agak aneh dan mau ketawa sih beberapa waktu lalu saat ada yang ngerasa tersinggung sama twit-nya Lita trus unfollow dia dan gue sekaligus. Padahal, gue kenal akrab sama itu orang juga nggak, hihihi..

Anyway, doakan semoga kita kompak terus sampe tua ya!🙂

She is your mirror, shining back at you with a world of possibilities.  She is your witness, who sees you at your worst and best, and loves you anyway.  She is your partner in crime, your midnight companion, someone who knows when you are smiling, even in the dark.  She is your teacher, your defense attorney, your personal press agent, even your shrink.  Some days, she’s the reason you wish you were an only child.  ~Barbara Alpert

I know some sisters who only see each other on Mother’s Day and some who will never speak again.  But most are like my sister and me… linked by volatile love, best friends who make other best friends ever so slightly less best.  ~Patricia Volk

When mom and dad don’t understand, a sister always will.  ~Author Unknown

A sister is a gift to the heart, a friend to the spirit, a golden thread to the meaning of life.  ~Isadora James

28 thoughts on “You To Me Are Everything

  1. so sweet……………….. and gue termasuk teman kalian hahaha…. jd teringat satu2nya kakak cewe’ n teman sekamar juga, saat kakak gue merid, pelukan sm gue lebih kencang n lebih lama dibanding pelukan dengan nyokap *usapairmata. mudah2an hubungan kalian tetap jaya yaaa…. amin🙂

  2. huwaaa ikutan brebes mili nih T___T
    beruntungnya kalian berdua bisa terus rukun n kompak sampe skrg, gw punya adek cowo, yg jaraknya 5th. ya mgkn krn beda gender jd ga bisa sekompak kalian. Gw n adek gw punya persamaan, sama2 “tertutup”, jarang banget bisa sharing dari dulu, apalagi skrg die di luar kota, dan gw pun dl sempet kuliah di bandung.
    Kompak trs ya gals🙂

  3. Hayah, siyal,,,baca postingan loe sore2 gini bikin gw mewek mak *salahkan hormon*

    Klo loe tnya gw iri apa kaga, jwbannya gw iri bangettt mak,,,,
    krn gw ga pnya sodara kandung ce, en ada adik sepupu selisih 6 thn yg dari kecil tinggal bareng tapi kaga bsa diajakin sharing soal co,asi,masalah dandan en urusan ce lainnya.
    Kompak sih kita,tapi pas gw udh pnya buntut,malah anak gw yg cs ma oom nya,,,nasib dah :p

    Pas liyat kalian bdua di acara seminarnya supermomsid wktu itu aja gw cuma bsa berkaca2,,akur bgt sih kalian.

    Smga tetep nular ke Langit dan Nadira ya,,,

    • Amin amin amiinnn…

      Semoga nanti Fadly dan dedek yang ada di dalem peyut bisa kompak kayak gue dan Lita ya Mak. Laki gue juga kompak banget lho sama adiknya, padahal beda gender. Coba nanti gue tanyakan kiat-kiatnya ke dia ya, sapa tau adiknya Fadly kelak cewek🙂

  4. Ter-ha-ru
    Aku 3 bersaudara cewek semua, kompaknya ama si bungsu doang😦
    Iya ra, somehow kalian kayak persiiiis banget ya kepribadiannya, dan aku suka sama kalian *fans*
    tapi cara kalian nulis dan memandang sebuah masalah beda loh, klo di lita jadi cool kalo di kamu lah kok jadi heboh :p
    Aku kayanya bisa deh klo dikasih tulisan suruh nebak sapa diantara kalian yg nulis
    Taaaapiiiiii…….
    Perbedaan paling signifikan..
    Itulah, kau tahu kan hahahahahahahaha

  5. Ira, adikku cuma satu namanya Lita juga disahabat terbaikku juga, dia juga menikah duluan dari aku, baru setahun kemudian aku menikah, tapi mungkin sudah kehendak Allah, setahun LIta adikku belum hamil juga pdhal ngga pake KB, aku cuma beberapa bulan menikah langsung positif hamil, beberapa bulan kemudian adikku postif juga, so kita barengan hamil, aku melahirkan Lita masih hamil 8 bulan, dia pengen ngerasain gendong bayi, dia gendong anakku, malamnya langsung mules-mules, ngga bisa ditahan lagi Lita melahirkan walau anakkya prematur tapi Alhamdulilah sehat, Jadi anakku sama sepupunya Via bedanya cuma 2 minggu saja, kami mengasuh anak bareng, seru deh, mama dan abah kayak punya cucu kembar. Aku cuma berdua beradik aja dengan Lita sama2 cewek juga, dari kecil sampai besar kita sahabatan dan kita selalu bersama dan sehati, Lita itu my soulmate, hingga kita udah jadi emak-emak sekarang ini. So membacapostinganmu yang ini seperti berkaca pada hidupku sendiri so sweet.

    • Ya ampun, koq kita story-nya samaan sih jeng? Sama-sama punya bestfriend and soulmate adik kita sendiri, yang namanya Lita. Mudah2an Via dan sepupunya serta Nadira dan Langit bisa kompak terus kayak ibu-ibunya yaaa🙂

  6. Jd pengen kasih mbil adek cewe..uhuk uhuk…
    Aku terharuuuuuu…smoga kompak terus sampe keriput ya kalian berdua, juga mba dira dan deba….😉

  7. gw ga terlalu deket ama ade2 gw. tapi belakangan setelah kepencar2 malah jd mayan deket walo ade gw ada cewe ada cowo. klo sama ade yg cewe deketnya setelah sama2 punya anak.

      • bener banget. bahkan gue sendiri jadi berdoa moga2 anak2 gue jg bisa rukun, gada saing2an iri2an antar kluarga. suka ikut sedih liat anak2 kepecah belah ya. ga kebayang prasaan ortunya yg ngarep antar anak bisa saling bantu pas mereka udah ga ada.

      • Banget Jengkir. Temen gue ada yang ibunya sampe wanti2 supaya dia dan kakaknya gak berantem sebelum meninggal. Soalnya, hubungan si ibu dengan adik-adiknya kurang baik karena urusan warisan. Jadi alm ibunya pesan “Akur terus, jangan sampe urusan uang dan benda duniawi membuat kalian berantem kayak ibu dan adik-adik ibu dulu.” Gue diceritain aja mau nangis😦

  8. apa kyara namanya tak ganti jadi lita aja yaa.. kayanya adek2 yg bernama lita itu pasti kompak sama mbaknya deh😀 huahuahua. berharap kayla-kyara bs sekompak kalian🙂 kakaku cowo, yaa kita kompak sih tp sekompak2nya sama cowo paling banter kaya apa sih…etapi stl kita sama2 dewasa seringnya aku yg jadi kakaknya smtra dy jd adeku …emg yaa cewe itu lebih mature ketimbang cowo, jadi lbh sering aku dgrin dy curhat ato minta tulung trus aku yg kasih solusinya -_____-

  9. ih raaaa…. gw juga cuma berdua sama adek gw, cewek juga. beda 5 tahun tapi orang suka nyangkain kita kembar hahaha… malah kadang dikiranya gw yg adek, adek gw yg kakak *thanks to chubby cheek*

    dulu waktu kecil suka ngga akur, tidur sekamar juga. tapi makin gede, lama2 jadi makin akrab dan kompak. dulu alm bokap selalu marah kalo kita berdua ngga akur, katanya ‘kalau papa nanti udah ngga ada trus kalian ribut2 gimana, sama sodara sendiri kok begitu, nanti kalo lagi susah siapa lagi yg mau bantu kalo bukan sodara kandung’. waktu bokap kumat sesak nafasnya, dia selalu pesen sama gw supaya kita berdua akur, hiks jadi sedih tiap kali inget dia ngomong begitu. seolah2 kyk pesan terakhir buat gw sama adek gw :((

    sejak bokap ngga ada, gw berjanji sama diri gw untuk selalu jagain adek gw dan akur sama dia. klo berantem2 kecil sih pasti ada, tapi ntar juga pasti baek lagi ujung2nya hehehe….

    • Wah, mengharukan banget deh Ren :’)

      Tapi emang bener sih, blood is thicker than anything. Ada mantan istri, atau suami, tapi mantan adik/kakak gak akan pernah ada kan? *hugs*

Leave a Reply

