Everybody’s Changing and I Don’t Feel the Same…

Seperti yang gue pernah tulis di sini, I used to join some gangs when I was a teenager. But it doesn’t mean that I still feel connected to my fellow gang members until now. Seiring waktu berjalan, kebutuhan, pengetahuan dan pergaulan orang pun berubah-ubah, bukan? And I feel, it’s a normal thing.

Gue sih masih berusaha keep contact dengan teman-teman lama karena gue percaya sama pepatah jadul yang bunyinya kira-kira “1000 orang teman tak pernah cukup, 10 orang musuh terlalu banyak” atau pepatah bulai “We need old friends to help us grow and new friends to help us stay young”. Tapi tentu saja, kedekatannya mungkin sekarang udah agak beda ya. Gue percaya, faktor intensitas komunikasi, kesamaan wawasan dan kedekatan personal yang tidak melulu disebabkan kebutuhan semata sangat berperan dalam hubungan pertemanan.

Nggak heran kalo gue bisa bingung mau ngobrol apa kalo ketemu si A yang udah lama nggak ketemu. Tapi sama si B yang jaraaaang bener ketemu, tiba-tiba bisa langsung nyambung.

Okeh, di postingan ini sebenarnya gue mau curhat nih. Jadi, sekitar 1-2 tahun lalu, seorang teman gue di gank jadul mencoba menghubungi gue. Sebelum itu, dia yang sering menghilang tanpa kabar.

Suatu hari dia telepon gue. Kebetulan, timingnya nggak pas bener. Saat dia telepon, gue lagi di tengah acara liputan yang berisiiikk banget. Coba bayangkan. Lo dalam kondisi ribet-bet-bet, terus tiba-tiba ada teman lama yang udah lost contact telepon hanya ingin ngobrol-ngobrol. Nggak enak bukan? Saat itu, gue minta maaf trus minta pengertiannya untuk menyudahi acara ngobrol kita. Lagian mau diterusin juga susah bok. Wong berisiknya minta ampun.

Eh abis itu, dia kirim sms ke gue. Bunyinya kira-kira begini:

Ira lo sekarang koq sombong banget sih mentang-mentang udah sukses.

Wajar nggak sih kalo gue jadi sebel? Gue udah baik-baik minta maaf karena harus menyudahi teleponnya, eh dia nuduh gue macem-macem. Daripada tambah bad mood, gue diemin aja sms dia, gak gue reply. Besok-besoknya dia telepon juga selalu lagi bad timing. Yang gue lagi di bis or ojek lah, yang gue lagi menidurkan Nadira lah, etc. Jadilah mungkin di benaknya, gue sekarang beneran sombong dan nggak mau ngobrol lagi sama dia.

Menurut gue sih begini ya. Untuk memulai percakapan via telepon, gue selalu memulai dengan kalimat “Sorry, lagi sibuk nggak?”. Atau kalo pas gue telepon nggak diangkat, gue akan kirim sms, memberitahu gue tadi telepon dan kapan kira-kira gue bisa telepon lagi. Jadi gue gak akan ujug-ujug langsung heboh meriah dan nyerocos sebelum tahu kondisi lawan bicara gue siap atau nggak untuk berbicara dengan gue.

Begitu juga dengan percakapan di BBM. Haram hukumnya bagi gue untuk nge-PING lawan bicara hanya untuk memulai percakapan. Itu ibarat lo mau bertamu ke rumah orang, trus pintu rumahnya lo gedor-gedor kayak ada kebakaran. Gue juga gak suka orang yang hobinya PING melulu. For me, PING can only be used in emergency situation, saat yang bener-bener butuuhh banget jawaban, or untuk ngetes, BBM kita nyampe atau nggak. The conclusion is, PLEASE BE POLITE A BIT, WILL YOU?

Okay, back to the topic. Temen gue tadi kemudian kirim message di facebook (FB). Lah, sekarang gue udah jaraanngg banget buka FB. Jadilah message dia gak gue baca. Trus dia curhat ke adik gue via chatting di FB. Dia bilang gue sombong karena telepon, sms dan message-nya di FB gak dibales. Padahal itu kan kejadiannya udah lama kali ye.

Yah terus terang aja, gue pun jadi ilfeel. Sejujurnya, gue nggak akan mau ninggalin teman-teman lama gue. Masih banyak koq teman-teman lama gue yang sampe sekarang masih sering ketemuan dan jalan bareng. Tapi kita semua ngerti sikon masing-masing dan seakan-akan punya perjanjian tak tertulis. Kita punya tempat tersendiri di hati masing-masing, sesuai kebutuhan dan timing. Apalagi yang udah berkeluarga ya.

Jadi kita nggak akan ujug-ujug menongolkan diri di saat yang kurang pas. Ada saatnya koq, don’t worry. We’ll never leave each other behind.

Tapi ya emang bener ya kata pepatah. Untuk dapet teman yang baik dan cocok di hati emang gak gampang. Butuh waktu yang lama untuk menguji, apakah teman kita itu benar-benar teman sejati atau bukan. Kalau bukan, oh well everybody’s changing  and I don’t feel the same… 

A real friend is one who walks in when the rest of the world walks out. [Walter Winchell]

*picture’s taken from here *

16 thoughts on “Everybody’s Changing and I Don’t Feel the Same…

  1. wahhh themenya baru… (ketauan dah jarang mampir)
    etapi gw pernah nge-PING lo ga sih mak?
    maap ya klo pernah😐 gw sbnrnya termasuk org yg jarang nge-PING kok..
    anywho, back to topic, gw setuju mak sm blog post ini, krn utk yg namanya tmn ga hrs ktm tiap hr tp saling mengerti aja..
    moga2 nantinya tmn lo bs mengerti stlh dia pikir ulang.
    btw, trus kpn kita ktmuannya mak? *teteup*

  2. PING!!

    Kalo ngeping diblog boleh gak ra?
    Hihihi..
    Kalau aku walau jauh sahabat selalu dihati, didoa juga, ya seperti baca blog ini, jadi tau ooh ira begini, ira begitu.. Ira dapat bahagia ini (ikut senang) ira susah begitu (doakan smg cepat selesai)
    Susah emang ya klo maunya bikin judgement sendiri😦

    • Hahaha.. Ciyeh yang udah mainan iPhone, gak BB lagi nih yeee…

      Bener Dhir. Susah emang kalo ada yang ngerasa deket trus ujug-ujug bikin judgement sendiri. Kalo gitu, gue jadinya mikir “Yah cukup tau aja deh. Ternyata dia nggak se-oke dulu.” Gak enak sih, tp ya gimana lagi😦

      • Setuju ama komen lo ra ““Yah cukup tau aja deh. Ternyata dia nggak se-oke dulu.” Gak enak sih, tp ya gimana lagi😦 ”

        Kalo gw pribadi, berhubung sobat gw kebanyakan cowo, tapi hati kita sebenernya masih nyatu *cuiiih*,jadi jarang hubungan ama yg paling deket ya karena cewenya bow cemburu ma gw :)). ampe sobat gw dilarang ngobrol, ketemu & ngapus gw dari semua social networknya sobat gw itu krn disuruh cowoknya🙂

        tapi tetep, kita berdua masih punya memory indah kalo ketemu. sekalinya ngobrol kaya lagi di masa lalu

        Lagu ini justru lagu fave gw disaat pertama kali bisa dibilang gw “patah hati” karena harus berpisah ma sobat2 gw demi pasangan atau keluarga mereka (krn cemburu tadi)…. “Everybody’s Changing and I Don’t Feel the Same…”

        Gw buanget :*
        Love this post, reminds me of them who i love🙂

      • Iya, emang enakan sahabatan sama cowok, Bundee. Gue punya temen se-gank cowok-cowok semua zaman SMA dan kerja awal-awal, sampe sekarang baik-baik aja tuh. Paling nggak enaknya begitu mereka udah punya pacar/istri. Dicemburuin mulu dah kita sebagai temen ceweknya. Pdhl mah udah mati rasa pan? hehehe..

    • Setuju pisan, Git. Berteman, pacaran dan menikah itu ibarat berjalan. It takes two to tango. Kalo kaki yang satu udah gak mau/bisa jalan, akan ngebebanin kaki yang sebelahnya kan? Jadi mending nggak usah jalan, kecuali kalo memang masalahnya nggak kompleks.

  3. aku sih orangnya nyante aja selama ngga terlalu prinsipil banget kayak menghianati kita atau menipu kita, kalo cuma sibuk doang atau ribet, soalnya balik kediri aku sendiri aja aku juga ngga bisa ada dan available setiap waktu juga kok, itu juga kan fungsi sahabat kudu mengerti.

    • Itu dia Mak. Gue selalu mencoba melihat satu masalah dari berbagai sudut pandang. Jadi sebisa mungkin gue akan mencoba mengerti kondisinya. Nah, masa dia nggak mau ngerti kondisi gue sih? Pake bilang macem2 pula ke temen2. Sebel😦

  4. Eh iya banget. Kadang ya gw ngerasa ketemu genk temen kuliah gw yang masih jomblo ato belon punya anak, agak gak nyambung ngobrol apaan. Kebiasaan kalo ketemu genk emak-emak kan kita cerita soal laki sama anak, eh ujung-ujungnya jadi gak enak ati.
    Begitu ketemu temen dunia maya yang sesama emak-emak, biar kata baru sekali ketemu tapi bisa langsung nyerocos karena nemuuu aja yang bisa diomongin.

    Kalo gw dan sohib-sohib cowok gw *otomatis karena gw kan lingkungannya laki kabeh*, gw udah pengalaman tuh pasti istrinya pada cemburu kalo liat kedekatan kita sama lakinya. Makanya gw ubah strategi deh. Sekarang gw selalu minta dikenalin sama istrinya dulu. Jadi istrinya tau ya gak mungkin lah cewek sekece gw gini mao sama lakinya. *huahahaha…narcist!*
    Tapi beneran mempan lho. Jadi sementara gw berakrab-akrab ria dengan suaminya, sesekali gw juga ngobrol sama istrinya. Bahkan istrinya temen kantor gw kirim message nitipin jagain lakinya sama gw. Padahal gw mah nepok jidat ‘sapa juga yang mao sama lakinye di sini…’

    • Nah itu gue sering banget bok, dicemburuin sama temen-temen gue yang lelaki. Sampe empet rasanya, secara gue udah ilfeel aja gitu sama mereka😦 Ah ntar kapan-kapan gue tulis ah di blog. Thanks for the idea ya Ndah🙂

  5. pernah juga tuh kejadian. lah ujug2 nge YM, gara2 kelamaan di-reply, nuduhnya aku marah. padahal ya emang lagi sibuk, udah dipasang status busy juga. habis itu cerita ke sana sini kalo aku marah2….bikin pengen mites.

    tapi ya sudahlah. Allah menciptakan orang-orang kaya gitu kan pasti ada maksudnya :p

Leave a Reply

