Ayam Goreng Kuning

Temen kantor gue, Mbak Nuke, dikenal sebagai jago masak. Karena itulah, selain berguru ke nyokap, gue sering minta sontekan resep dan tips masak dari dia. Berhubung dia masak selalu pake feeling dan metode kira-kira, jadilah gue kudu nodong supaya dia bisa kasih resep yang pake takeran, hehehe..

Berikut ini adalah resep ayam goreng kuning yang dia pernah bikin di acara kantor. Hmmm.. Yummy! Gue biasa bikin sekaligus banyak, trus simpan di kulkas. Karena Nadira doyaaan banget, ini jadi lauk template-nya dia deh, hehehe..

Ayam Goreng Kuning

Bahan:
1 kg ayam, potong2
1 sdm ketumbar (gue biasanya lebihin dikit supaya tambah enak)
7 bawang putih
5 Bawang merah
1 jempol kunyit
Lengkuas
1 lembar daun salam
Garam (yang banyak ya supaya ayamnya ada rasanya gitu)
Air

Cara membuat:
– Tumbuk kasar bawang, kunyit dan lengkuas
– Rebus ayam bersama bumbu, daun salam dan garam sampai empuk dan air menyusut
– Goreng ayam

Sehari-hari biasanya gue bikin resep ini pake panci presto dengan cara:

– Masukkan ayam, air, bumbu, garam dan gula ke dalam panci presto.
– Rebus selama 10 menit dihitung dari mulai panci mendesis.
– Buka tutup panci, kemudian lanjutkan merebus ayam selama kurleb 30 menit hingga bumbu meresap.
– Goreng ayam.

Leave a Reply

