Numpang Ngeluh

Kemarin sempet ngetwit keluhan tentang perilaku bank/provider telpon/perusahaan layanan jasa di Indonesia. Gue ngerasa, mereka memposisikan diri lebih tinggi dari kita sebagai konsumen. Sementara kita sebagai konsumen cuma punya bargaining position yang rendaahh banget,

Kenapa? Soalnya kalo mereka bermasalah dengan kita, kita susaaahh banget dapet pertanggungjawaban. Disuruh telp customer service lah, trus abis itu disambung ke kanan-kiri-depan belakang, sampe pegel. Sementara kalo kita yang salah, misalkan cuma kurang 50 ribu atau telat bayar 1 hari, diterornya kayak ngutang berapa miliar.

*picture’s taken from here *

Gue mengalami perlakuan gak adil ini beberapa kali. Dulu, sekitar 5-6 tahun lalu, gue pernah ikut program Bank Kota (Bangkot) 1 Bill. Jadi tagihan hape gue dibayarin sama mereka dan included di dalam tagihan CC gue tiap bulan. Waktu itu gue pikir ini adalah cara paling praktis, supaya gue nggak ribet bolak-balik bayar tagihan satu-satu.

Suatu hari, hape gue mati total. Gak bisa terima panggilan dan boro-boro bisa keluar. Padahal tagihan CC gue bayar terus, nggak pernah nunggak. Yang nyebelin, saat itu wiken dan gue punya janji sama beberapa teman untuk ketemuan. Dengan kondisi hape mati suri, jadi ribet khan?

Akhirnya gue pinjem hape bokap dan telp customer service Telkomsel. Enyunowat? Mbak CS Telkomselnya bilang, udah beberapa pekan ada trouble di jalur pembayaran antara Bangkot dan Telkomsel. Jadi pihak Telkomsel belum bisa terima pembayaran tagihan hape gue. Makanya hape gue jadi diblokir. Kalo mau dibuka, gue harus bayar manual karena sistem Bangkot lagi bermasalah.

Apakah gue pernah dapet pemberitahuan dari Bangkot? NO! Nyebelin banget kan? Dan karena waktu itu gue masih yang dodol banget, akhirnya gue memutuskan untuk bayar manual dan mau beribet-ribet kasitau ke Bangkot. Abis itu, gue langsung nge-cut semua deal 1 Bill dengan Bangkot.

Pengalaman dengan Bangkot gak cuma itu aja. Pernah pas gue belanja di Titan, eh di kasir ujug-ujug CC gue decline. Padahal selalu bayar tepat waktu dan masa berlaku CC-nya baru berakhir 1-2 bulan ke depan. Tengsin? So pasti. Dan pas gue telp CS-nya, dia bilang CC gue udah di-cancel karena mau dikirimi CC baru yang entah kenapa belum dikirim juga. Gara-gara gue telpon komplain itu, barulah CC-nya dikirim.

Kemudian, tahun lalu, dari Bangkot juga nawarin CC baru yang kerjasama dengan sebuah hipermarket deket kantor. Gue nolak, tapi dia insist kirim dengan iming-iming biaya tahunan gratis. Begitu CC-nya dateng, gue masukin ke dalam laci lemari, tanpa membuka amplopnya.

Makanya nggak heran gue terkaget-kaget begitu terima surat pemberitahuan bahwa gue nunggak 200ribu untuk pembayaran CC itu. Plus ancaman kalo gue nggak bayar, gue bakal masuk black list Bank Indonesia, didatengin debt collector dan semua CC gue yang lain dari Bangkot bakal di-cancel.

Setelah gue telpon sambil marah-marah dan ancem untuk tulis di surat pembaca, barulah gue dibebaskan dari semua tagihan dan CC tersebut ditutup serta dianggap nggak ada. Siyal banget khan?

Trus dengan Bank Trading juga kemarin gue sempet kesel. Gue kan ambil KPR di situ, yang metode pembayarannya didebet dari rekening gue. Kemarin tiba-tiba MIL gue telpon, kasitau kalo ada orang dari Bank Trading yang telp ke rumah kasitau kalo gue nunggak. Gak lama, kebetulan orang Bank Trading telp gue ke hape dan kasitau kabar yang sama. Pas gue tanya, emang nunggak berapa sih? Ternyata cuma 100 ribu. Malu-maluin banget deh. Mana jadinya MIL sempet panik gitu. D’oh!

Trus adik gue juga kemarin berkasus dengan sebuah provider ponsel yang iklannya ada Kuntilanaknya itu lho. Karena kartu pasca bayar suaminya sering mati dan dia susah banget menghubungi CS plus dapet pelayanan yang kurang oke, akhirnya dimatiin lah itu kartu. Eh tau-tau dia dapet tagihan baru, plus diteror lewat telpon dan didatengin petugas macam debt collector segala.

Kampreto banget khan?

Ih makanya gue gemeeessss banget sama sistem pelayanan atau servis beberapa perusahaan besar di Indonesia. Giliran mau nawarin produk baru, konsumen dirayu dan dibujuk tanpa kenal lelah plus dikasih so-called bonus ini itu. Kayak kemarin ada Mbak-Mbak marketing Bangkot yang nawarin personal loan jam 8 malem aja sodara-sodara. Kenapa nggak sekalian jam 5 Subuh, Mbak? *sebel*

Padahal, begitu kita jadi konsumennya , boro-boro dah. Mau menghubungi untuk nuntut hak aja diping-pong abis. Trus kalo telat bayar dikit or kurang sedikit, diteror gila-gilaan.

*picture’s taken from here *

Tapi yah, meski pernah trauma 2-3x, gue sampe sekarang masih pake CC Bangkot. Bukan karena istimewa, tapi karena males aja gonta-gantinya. Layanan Bank Trading juga masih gue pake untuk KPR dan Tabungan Pendidikan Nadira. Abis so far, gue liat semua bank mirip-mirip pelayanannya. Nggak ada bedanya perlakuan mereka ke klien. Jadi daripada ribet, mending gue terusin aja lah *sigh*

12 thoughts on “Numpang Ngeluh

  1. hai mbaaaa…
    aku silent reader blog kamuh..=)
    gemes pengen komen pas baca posting yg ini.
    pernah ngalamin juga sama provider kuntilanak ituh.
    BB ku sempet di blokir,padahal udah bayar.
    pas dicek ternyata,menurut data mereka aku belum bayar,2 bulan pulak!kampret beneeeer..yg bikin naik darah,2 tagihan itu nominalnya ga masuk akal dan nomor2 di print outnya emang bener nomor2 yg aku kenal…tapiiiii masak tiap nlp durasinya 5 jam?!sintiaaaang…

    awalnya kasir atau cs mereka di gerainya sotoy banget,keukeuh harus bayar.aku ogah dooooong…akhirnya setelah panjang kali lebar,smp panggil duty managernya,baru ketauan system mereka yang salah..
    dan dgn gampangnya mereka cuma minta maaf…amit2 bgt.ih.

  2. Ira!seperti yg gw bilang pas baca twit lo kemaren, laki gw kena charge penerbangan international dari CC (3digit singkatan nama) dan laki gw emang type ga sadar perhatiin detail tagihannya,pas gw baca,gw kaget donk,ngapain laki gw booking tiket keluar ga bilang2,eh ternyata laki gw ga ngerasa,komplenlah dia,lempar sana sini ampe capek,dan tetep ga bisa dicancel,akhirnya laki gw langsung gunting tu kartu dan tutup tu CC. Ini mirirp ma kejadian salah satu pakar kuliner yg kena charge gede pas ditutup ribet dgn bank yg sama.

    Nah kalo gw, berurusan sampe didatengin debt collector & surat dari kuasa hukumnya provider seluler yg ngakunya paling Hebat di negeri ini,gw ga mau bayar dari awal krn gw 2 bulan kena charge tagihan bulanan  gw yang uda lama gw matiin sebelumnya. Gw minta 2 bulan (2x150rb) itu dihapus) si CS bilang oke,karena emang kesalahan mereka,eh trnyata 3 bulan tagihan berturut, kok tambah nambah,jadi 1jt bow!eh pas 3 bulan didatengin debt colector & surat dari kuasa hukumnya. Gw bayar juga akhirnya,tapi langsung gw tutup,dgn uang yg ga kembali.

    Waaa..komen gw panjang juga, have a nice wiken nadira & ibu :*

    • Ya ampun Bundeeee.. Lo koq sabar amat sih dan masih mau bayar? Mending lo tulis di surat pembaca deh. Biarin tuh perusahaan gak sok koar2 di luar bahwa mereka perusahaan yang care bla-bla-bla padahal kenyataannya zero. Ih bete!

  3. Luar biasa ini mah!
    Sebelumnya pernah jg bermasalah sm (lagi2) bank kota yg CC atas nama gw tp gw ga pernah terima tp ada tagihan. Gara2 hal ini sempet ribet urusan mau KPR rumah, kamfret bener deh! Akhirnya harus bayar krn waktu itu mikirnya mau urus KPR jd ga mau ribet masuk black list sgala macam. Pdhal tuh CC boro2 pernah lihat wujudnya jg nggak.
    Kalo sama bank trading, ga dtg tagihannya, akhirnya bayar seinget penggunaan aja. Tau2 ditelp lg ditengah2 miting, karena bayar tagihan kuran enam belas ribu perak! Gila kali ya?!!
    Nah terakhir spt yg diceritain diatas, sm provider. Igun udh bayar setiap akhir bulan/ tagihannya abis (dia pake yg di limit tiap bulan). Abs bayar, 2 hari kemudian hp-nya ga bs keluar lagi. Pas dicek, tau2 tagihan 500 ribuan. Lah, limit dia kan 400 ribu, gmn jd bayar segitu? Akhirnya matiin tuh nomor, eh dikejar2 sm. CS nya udh kaya buronan trilyunan aja! Nyebelin minta ampun. Krn males ribut, akhirnya harus bayar tagihan nyaris sejuta yg ga jelas siapa yg make (CS-nya jg ditanya jawabannya dodol banget). Mgkn bwt bbrp org ini kecil, tp buat gw duit segitu lumayan banget! Yaudahlah, anggap buang sial.
    Makanya suami gw paling males berurusan sm bank gara2 bbrp masalah sebelumnya, pas dia jg kena yaudah makin sebel aja. Oh iya, ada lg KPR kita jg tiap bulan dipotongnya dobel, dgn alasan deposit. Lah, bayangin aja, kalo sebulan KPR 1 jt, dipotongnya kan jd 2 jt. Dan itu brrti udh make jatah pos2 kita lainnya. Dan ini tanpa bilang2 loh, bank-nya melakukan ini. Cakep bener kan?! Makanya cita2 mau lunasin KPR sesegera mungkin deh, biar ga punya utang2an atau urusan sm perusahaan2 spt itu. Kalo CC sih, alhamdulillah udh 4 thn ini ga punya. Jd lebih bebas idupnya, sesuai kemampuan aja😀
    *panjang bener*

  4. Saya juga mau curhat… perkara provider seluler warna merah.
    Taun lalu mereka tanpa izin mengaktifkan paket type A utk iphone laki gue. Padahal sebulan sebelumnya kita udah secara manual (dateng ngadep ke CS-nya) utk aktifin paket type B. Waktu tagihan dateng, kita di-charge utk 2 paket. Udah dilaporin bolak-balik tetep aja billing sistem-nya gak dibenahin. Yg ada sampe 3 bulan tetep wae dicharge dobel. Yg nyebelin lagi, sistem pembayarannya auto debet. Jadi tiap bulan kesedot mulu duit gue. Akhirnya stlh proses investigasi plus digebrak ama laki gue, mereka ngaku lalai dan bersedia balikin duit gue… tapi dicicil bok! Konyol gak sih… perusahaan segede gitu nyicil, Gustiiiii….

    Bank trading itu jugak!!!
    CC laki gue kena transaksi tarik tunai siluman 13 juta. Udah dua bulan nih investigasi, tapi gak ada kabar.. sementara tiap bulan tetep aja ditagih-tagih suruh bayar.. Kamfret…

    *ngelap meja… gara2 ngamuk sampe ludah muncrat2*

    • Sabar bumil, sabaaarrr…

      Etapi serius, koq perusahaan segede gitu bayarnya nyicil? Giliran kita yang begitu, diteror macam debt collector deh. Amit-amiitt! Trus Bank Trading koq bisa gitu? Lo kirim surat pembaca dong Ti, biar mamfus tuh perusahaan yang aneh-aneh ke customer. Sebel gue!

      *ikutan lap meja krn ludah muncrat*

  5. Gatel mau komen lagi gara2 baca komen2 mba2 diatas..hehehe..CC dari bank 3 huruf berwarna merah bukan sih?
    kalo iyaaa..emang dodong thu bank.
    dulu bgt,pas bru kelar kuliah,aku sempet iseng2 jadi marketing disitu,buat produk deposito premierenya mereka.
    and you know what?setiap kali sales call..baru nyebut nama thu bank aja,gue udah langsung dimaki2 ama customer.masalahnya apalagi kalo bukan CC nya yg tagihannya ajaiblah,diblokir tanpa alasanlah,sampe yg ngamuk2 krn prnh ditlp pas lg mau nguburin bokapnya cuma buat nagih duit 12rbu perak dan ga sopan ngomongnya endebre endbre..saraaaap.
    padahal gue bukan marketing CCnya…
    katronya lagi,sekali waktu gue sales call’in bokap gue tanpa bilang ke dia.dia ga kenal no tlpnya dan ga ngeh suara gue juga,bgtu gue sebut nama thu bank..gue dimaki2 ama bokap gue!ternyata,bokap gue jg korban thu bank,ada tagihan siluman di CCnya yg nominalnya lumayan beneeeer..dan walaupun janji2 surga mereka buat ngeberesin ini (mereka udh mengakui kalo kesalahan ada di mereka),sampe bokap gue meninggal thu uang ga pernah balik.iiiiiiih….*injek2 logo thu bank*

  6. gue ga ngerti knp ya bank2 itu suka ngirim CC baru seenak jidat. udah kita ga apply, dipaksa suruh bayar iuran taunan

    nih si okky tb2 dikirimin dari bank independent CC titanium. trus langsung aktif pula tanpa kita aktif in. aneh abiss..

    untung lo posting ini jadi inget kudu cek2 ke okky udah di cancel blm itu kartu huhu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s