Pilah-Pilih Obgyn

Pada dasarnya, gue ini pemalas. Makanya, dari dulu selalu pengen cari yang gampang-gampang aja. Termasuk untuk urusan kesehatan. Duh, nggak bener banget ya?

Dulu mah pas single, kalo sakit, paling ke klinik deket rumah aja. Kalo jerawatan kayak pizza, baru deh ke dokter kulit. Nah, pas kewong dan kemudian hamdan, cencu saja daftar must-visit doctors bertambah dong. Yak, gue pun kudu menyambangi dokter beranak (dukun kali neik) alias obgyn.

*picture’s taken from here *

Sebenernya dulu zaman masih kuliah dan kerja di tabloid keluarga, gue punya kenalan obgyn cewek yang funky berat. Bahkan gue merekomen dia ke beberapa orang teman. Tapi berhubung gue meritnya ketuaan baru beberapa tahun kemudian, kartu nama doi pun udah ketlisut dan nggak ketemu.

Dan karena adik gue melahirkan di RS Hermince Jatinegara yang gak jauh dari kantor gue saat itu, gue jadi kabita pengen periksa di situ juga kalo gue hamdan nanti.

Eeehhh tanpa disangka tanpa dinyana, sekitar enam minggu setelah merit, eikeh positif hamdan. Waktu itu, masih milih obgyn yang pereu, pake metode cap-cip-cup, alias cari yang antrinya gak panjang (kayak metode milih DSA itu lho). Duileh, di tahap awal kehamilan ini, rada gengges ya kalo punya obgyn silence of the lambs. Namapun hamdan anak pertama. Jadi pastinya butuh informasi dong. Eh diana mah diem ajuah. Jadinya kurang sreg deh gue.

Abis itu MIL nyaranin sepupunya yang obgyn perempuan di Hermince, plus praktik juga di RS Bunda. Baik sih orangnya dan ramah banget. Pasiennya juga lumayan antri. Tapi, ehm, gue tengsin kalo diobok-obok sama sodara sendokir. Ntar kalo gue tiba-tiba khilaf piercing di daerah Miss V or iseng waxing bentuk hati di daerah bikini, kan jadi ketahuan. Apalagi kalo ketemu pas arisan keluarga, manyun dong gue.

Ya udah, akhirnya gue ikutin saran adik gue aja, periksa ke obgyn langganannya. Yang asiknya lagi, obgyn ini jadwal praktiknya banyak. Jadi hari apapun mau periksa, kita bisa datang, asal sesuai dengan jadwal praktiknya. Dan, antriannya juga nggak panjang. Ah cucok sekali dengan diriku yang pemalas ini.

Laki gue juga mikir, kalo ke obgyn yang praktiknya nggak tiap hari, ntar ribet pas udah mulai mules-mules mau ngeden dan si obgyn lagi gak praktik. Jadi pas gue usul sama obgyn-nya adik gue yang praktik tiap hari, he’s ok with him.

Obgyn gue ini santai abis deh orangnya. Kalo banyak ibu-ibu hamil yang dikasih larangan ini-itu sama obgyn-nya, dia malah ngebebasin gue untuk ngapain aja semau gue. Mau nyupir? Boleh. Mau minum es? Boleh. Mau nonton konser? Boleh. Mau minum susu UHT instead of susu hamil? Boleh. Intinya, nggak rempong lah. Asal, gue ngerasa kuat dan oke-oke aja ya tentunya.

*picture’s taken from here *

Doi mulai agak rempong pas gue lagi hamil enam bulan dan terserang diare hebat. Langsung gue disuruh untuk di-opname. Alasannya, diare berat untuk ibu hamil cukup risky. Soalnya, diare itu kan memicu kontraksi. Kalo udah waktunya sih nggak apa-apa. Lha ini baru enam bulan cuy. Bisa prematur dong anak gue?

Oh ya, sebagai obgyn yang tergolong masih junior, cencu saja obgyn gue ini sering dicap sebagai obgyn penggemar c-section. Gue sih gak memungkiri, memang obgyn gue ini banyak menangani pasiennya dengan metode c-sect, termasuk adik gue. Tapi gue mah cuek aja. Apalagi dari awal, MIL gue udah bolak-balik maksa bilang supaya gue bisa lahiran normal. *Dince pasti ketawa baca ini, you know what I mean lah yaaww ;)*

Makanya Pak Obgyn juga bolak-balik nyuruh gue rajin senam hamil, jalan etc. Bukan supaya gue bisa lahiran normal. Katanya mah “Supaya sehat aja Bu. Kalo banyak gerak kan badan jadi sehat.” Dan emang dasar Pak Obgyn orangnya bodor. Pas gue tanya, senam hamil emang wajib ya untuk ibu hamil? Dia langsung jawab “Kalo menurut saya sih itung-itung olahraga aja Bu. Emangnya Ibu bakal hapal tuh sama hitungan napas dan gerakan-gerakan yang diajarin di kelas senam pas lagi proses melahirkan nanti? Rata-rata mah pasien saya ngaku lupa.” Haiyaahh..πŸ˜€

Pas lahiran, Alhamdulillah gue bisa normal,Β tanpa ILA or epidural. Padahal dari awal hamdan, gue udah ribet tanya-tanya sama Pak Obgyn tentang ILA yang disediakan di Hermince. Pas waktunya melahirkan, gue kan kudu diinduksi tuh ya. Jadi ya gitu deh, mulesnya cihuy banget.

Di bukaan kelima, gue udah bilang ke hubby untuk minta ILA. Dia pun bilang ke Pak Obgyn dan Pak Obgyn bilang, iya. Begitu terus sampe Nadira lahir. And then what did he say? “Tuh kan, bisa kan Bu nggak pake ILA? Lagian sayang ah pake ILA, Bu. Mahal. Saya juga tau koq Ibu mah pasti kuat.” Akyu ditipuuuuuπŸ˜€

Begitu mau pasang kontrasepsi, ya gue pasang di dia. Sakit sih, meski dia sok-sok ngajak ngobrol. Kayaknya emang gue yang tegang dan kurang rileks deh.

Kemarin, gue kontrol IUD ke dia setelah hampir 1 tahun pasang baru berani sempet kontrol (cckk..cckk… Jangan ditiru ya!). Dan yah, nggak ada yang berbeda dari Pak Obgyn langganan. Tetep kocak, bodor dan santai.

Pas gue curhat soal Nadira hobi ajrut-ajrutan di perut, dia bilang “Gpp koq Bu. Perut kita kan terdiri dari beberapa lapisan. Jadi Insya Allah nggak pengaruh ke IUD. Itu buktinya IUD Ibu aman-aman aja kan?”

Dokter tau aja deh kalo perut saya kayak wafer Tango. Berapa lapis? Ratusaaann… *ngumpetin wironan perut*

7 thoughts on “Pilah-Pilih Obgyn

  1. aku suka bilangin sama yg baru hamil…mau melahirkan tuh kayak mau mati tapi ngga mati-mati…tuh pada pucet tuh bumil yg dikatain begitu…tapi entah kekuatan dari mana yaa…udah lemes, nyerah, dan pengen ceasar aja, dgn sisa2 tenaga…ambil nafas…Alhamdulilah…brojol juga…kayaknya waktu berjalan super duper lambretta deh waktu itu. but it’s amazing moment ever!

    • Huahahaha.. Buset parah banget deskripsinya. Itu mah namanya nakut-nakutin, Mak!πŸ˜€

      Etapi emang bener sih, it was amazing ya bisa melahirkan. Waktu itu gue sampe nonjokin perut hubby dan cengkram tangannya lho. Pantes abis gue brojol, laki gue sakit meriang. Rupanya efek KDRB (kekerasan dalam ruang bersalin) hihihi..

  2. Saya dulu maunya obgyn cewek, tapi jadwalnya gak ada yang cocok. Soalnya saya carinya di RS yang pas hari kerja bisa sekalian jalan ke kantor. Jadi dulu kalau konsul, pamit beberapa jam di hari kerja heheheπŸ˜€. lagian kalau hari kerja kan pasien gak begitu banyak. Trus cari obgyn yang praktek juga di Hermina Bekasi, krn pengin lairan di sana. Jadi RS konsul dan lahiran beda dg obgyn yang sama.

    Akhirya dapat rekomendasi obgyn dari dokter kantor. Dokternya sdh senior banget (baca : tua). Krn asalnya dr jogja juga, jadi kalau pas konsul ya cerita2 ttg jogja mulu. Pokoknya cocok banget. Semoga kalau diberi amanah punya anak lagi, bisa sama obgyn itu deh. Semoga belum keburu pensiun…eh obgyn pensiun umur brp ya?πŸ˜€

  3. Pingback: Bongkar Pasang IUD | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s