Teori 80-20

*Ceritanya mau ngetes posting pake BB (baru punya BB aja norak banget). Tapi berhubung cemen nan gaptek, gue copy paste aja tulisan yang pernah gue posting di FB notes dan Multiply ya*

Beberapa hari lalu, gue nonton Star World. Eh di next show, ada film berjudul Why Did I Get Married? Wah, dari judulnya aja gue tertarik banget. Penasaran, karena judul itu bisa diinterpretasikan macam-macam, tergantung intonasi sang pembicara, atau tergantung mood kita saat lagi membacanya. Jadi bisa jadi sebuah penyesalan, sebuah kebanggaan, atau cuma sebuah pertanyaan biasa.

*picture’s taken from here *

Gue gak pengen ngebahas filmnya gimana ya. You can find the synopsis in wikipedia or imdb. Yang gue pengen bahas adalah sebuah kiasan yang bolak-balik dijadikan topik di film itu. Yaitu sebuah pandangan berjudul 80-20.

Jadi begini nih ye. Misalnya seorang laki-laki/perempuan menikah, lalu dia tergoda oleh laki-laki/wanita lain, yang dia anggap jauh lebih menarik, lebih baik, lebih sabar, lebih pintar, dll, dsb. Kemudian, dia nge-dump pasangan lamanya demi si pasangan baru ini. Is it good? Not always. Why? Umumnya, orang nge-dump pasangannya yang justru bernilai 80, demi mengejar orang lain yang hanya bernilai 20. Jarang banget terjadi kebalikannya.

Di film itu pun digambarkan exactly what happened to one of the casts. Si pria berselingkuh dgn cewek cantik karena merasa istrinya too fat, too ugly, too annoying, etc. Saat mereka udah cerai, dan si pria ini melanjutkan perselingkuhannya dgn si wanita cantik, barulah dia sadar. Si cantik itu gak mau melakukan segala sesuatu yang mau dilakukan mantan istrinya, kayak beberes rumah, memanjakan sang suami, be nice ke suaminya, dll. Si cantik cuma mau shopping, shopping and shopping. Well, I think he gets what he deserves, right?

Yah, intinya sih kiasan ini mengacu pada sebuah proverb yang berbunyi “You don’t know what you’ve got til it’s gone”. Ya gak sih? Jadi, jangan terlalu gegabah mengejar sesuatu di awang-awang, padahal hal yang paling berharga justru ada di genggaman. Emang gampang sih gue nulis kayak gini. Belom tentu juga bisa segampang itu menerapkannya di kehidupan sehari-hariπŸ™‚

Ah Mas Brad, terpaksa akyu menolak ajakanmu untuk berselingkuh. Soalnya kamyu cuma bernilai 20, while my hubby’s worth 80πŸ˜€

*picture’s taken from here *

*Pssstt.. Kamyu masih menyimpan nomor hapekyu kan, Mas? Telpon-telpon yaaa.. Tulisan di atas cuma on record koq. Yg off record bisa diatur lah hihihi..*

16 thoughts on “Teori 80-20

  1. pada awalnya yang baru disayang-sayang soalnya berasa beda dari yg dulu, tapi lama-lama yg baru itu sama menyebalkan bahkan lebih nyusahin dari yg dulu…he..he..

    • Hahaha.. Embeerr.. Kayak ganti barang Mak. Gue dulu pernah ganti hape dengan alasan boros batre, model katro dll. Eh pas beli hape baru, setelah 2 bulan, batrenya lebih boros dr hape lama. Trus sinyalnya suka byar pet. Siwalan!πŸ˜›

  2. like this post.

    Sangat terasa kebenerannya, maklumm…pernah ngalamin sendiri booww. Si 20 itu sebelon resmi jadian kenapa selalu terlihat seperti 200 yaaa? Sungguh jebakan betmen!!!!

    • Eyymmbeerrr.. Dulu gue juga pernah ngalamin koq jaman-jaman ABG. Rumput tetangga emang selalu lebih hijau ya. Pas disamperin, eh tau-taunya diana pake sepuhan. Jebakan Betmen beneeuurrr!πŸ˜€

  3. Setuju banget dengan β€œYou don’t know what you’ve got til it’s gone” mbak. Godaan dr luar pasti ada, tapi kalau selalu bersyukur dengan apa yang kita punya, Insya Allah gak jadi main mata…eh kalau main mata doang gak papa kali yeee..:mrgreen:

  4. Ira, loe nemu aje sih tuh foto mantan pacar gw yang gak pake baju. *sumpey ye kite kayak rebutan cowok yang kenal juga kagak ame kite!*

    Ada peribahasa baru kali Ra, loe gakkan pernah tau kalo loe salah sampe loe mencoba…*siyap-siyap ditimpuk*

  5. Ah kalimat terakhir pasti cuma salah tulis kan tuh *hedeuh mana majang potonya yg kek gitu lagi….masya AllahπŸ˜€

    Rumput tetangga selalu nampak lebih hijau ya mak…mudah2an kita ga gityu ya…pan kita istri solehah *hoeks

  6. BENER BENER BENER BENER!!!
    Ah jadi mau nangis saking benernya..
    Maafkan aku Cesc Fabregas, kamu hanya 20, suami saya biar suka resek tetep 80! (Ini yakin ya itungannya ngga salah, kok meragukan kayaknya..)

  7. Pingback: The Center of My Universe « The Sun is Getting High, We're Moving On

  8. hummmm teori pareto yah..hehehehe…ternyata berlaku juga untuk asmara, makasi mba, ak mau nakut2in suamiku pake teori ini,hihihihihiy

  9. Pingback: Life Partner | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s