AFL: I Did It, Asji!

*judulnya dinyanyiin macam I did it my waayyy.. ceritanya gitu ganti*

Maap kalo norce. Tapi gue emang seneng banget hari ini. Tadi gue sakseis dapet tiket AA ke Bali buat tahun depan dengan harga murce (I’ll write about it in the next post) dan udah memulai langkah pertama gue di dunia asuransi jiwa, yaitu tanda tangan permohonan polisnya.

Semalem gue janjian sama Mbak Vien untuk ketemuan hari ini di Plaza Semanggi after lunch. Eh tadi siang, ujung-ujungnya kita malah lunch bareng karena sama-sama kelaperan (atau emang kita berdua rakus ya Mbak? hihihi..). Untunglah Mbak Vien ini orangnya asik. Meski lebih tuwir *uhuk* tapi ngobrolnya nyambung. Maklum deh, sesama emak-emak gichu, meski beda generasi sih *tetep diperjelas beda umurnya :-P*. Yang diobrolin pun melebar jadi urusan kontrasepsi, susu anak, pendidikan, trik supaya nggak kebobolan (hamil lagi maksudnya, hahaha..) dll dsb.

Oh ya, akhirnya gue ambil asji di Matahari Hidup dengan UP 1 M jangka waktu 20 tahun untuk gue sendiri. Emang sih terkesan UP gue banyak banget ya? Padahal nggak lho. And remember, gaji gue nggak yang 2 or 3 digit. Buat yang nanya cara hitung UP, ilustrasi dari Mbak Vien adalah sebagai berikut:

Penghasilan pertahun X (perkiraan usia anak mandiri – usia anak sekarang) = UP

Ilustrasinya gini ye. Misalkan si A penghasilannya Rp 3 juta perbulan alias Rp 36 juta pertahun. Trus anaknya saat ini umur 3 tahun. Asumsi rata-rata anak mandiri atau lulus kuliah adalah umur 23 tahun. Berarti hitungannya:  Rp 36 juta X (23-3) = Rp 720 juta.

Tuh, mayan pan? Kalo menurut gue sih, gak harus diikutin bulat-bulat. Gue memilih membulatkan ke bawah. Abis kalo pake hitungan itu, meski gaji eikeh masih 1 digit, hasil UP-nya geda bener. Gimana yang gajinya 4 digit yak? *kliyengan*

Sebenarnya sih masih ada hitungan satu lagi yang hasil UP-nya lebih kecil dikit. Tapi gue lupita neik *maap ya Dina, akyu lupa ilmu hitungan darimu, maklum dah, cetek ini otak sayah* 

Oh ya, seperti yang gue sebutin di sini, untuk UP 1M, gue kudu bayar premi Rp 2.839.200 per tahun. Nah, sebagai orang yang masih belajar financial planning, gue masih meragukan komitmen diri sendiri untuk nabung supaya bisa bayar premi pertahunnya. Akhirnya gue minta Mbak Vien untuk bikinin ilustrasi bayar premi perbulan jatuhnya berapa. Jadinya perbulan gue kudu bayar Rp 264.992. Yah lumayan deh, bikin gue harus mengurangi kunjungan ke Giant beli perabotan gak penting berhemat.

Hasil ngobrol-ngobrol sama Mbak Vien, seperti yang diceritain Citra di sini, rupanya si Mbak adalah certified financial planner juga. Dia pernah dikirim kantornya untuk belajar financial planning. Makanya tadi dia curhat, sebelum booming orang-orang belajar financial planning, asuransi yang paling sulit dijual adalah asuransi jiwa alias term life. Mengherankan banget karena kendaraan dan rumah diasuransikan, tapi diri sendiri malah nggak.

No wonder, dulu tuh yang laris ya si unit link itu, karena menjanjikan perpaduan asji dan investasi. Kasarnya, duit yang kita bayarkan bakal balik lagi. Padahal kan kalo dihitung, unit link itu jauh lebih mahal dan tidak maksimal proteksi+investasinya. Makanya Mbak Vien cerita, dia seneeeeng banget belakangan ini mulai terjadi booming orang-orang yang belajar financial planning dan makin banyak orang yang sadar akan asji, bukan unit link lagi.

Untuk aplikasi asji gue di Matahari Hidup ini, belum tentu di-approve sih. Dan gue terus terang rada deg-deg plas karena profesi gue selalu dinilai risky. Padahal kan saat ini, gue udah nggak terjun di lapangan lagi, melainkan cuma ngedit di kantor dan sesekali wawancara orang. Ah mudah-mudahan di-approve ah. Kalo nggak aku akan cediihh cekalii…😦

Btw, tadi kan pas ngisi-ngisi formulir, gue disuruh nulis nama dan identitas penerima manfaat. Kalo penerima manfaat belum dewasa (di bawah 17 tahun) atau cacat mental, disarankan untuk menulis walinya, yakni keluarga langsung (ayah, nenek, etc). Gue keukeuh nulis nama Nadira karena, oh well, you all know why *hint: read this post ;)* Tapi berhubung harus ada wali, jadi deh gue nulis nama bapake di instruksi khusus, hihihi..

27 thoughts on “AFL: I Did It, Asji!

  1. Mbak dina, aq blm sempet email…..😦
    mak ira, gw kan level br ke jogja, mau contek posting jogjamu😀 hehehe…gw weekday tgl 30jan-3feb12…yg murah kalo kita gak over weekend soalnya mak…

  2. Mbak dina, aq blm sempet email…..😦
    mak ira, gw kan levelnya br ke jogja, mau contek posting jogjamu😀 hehehe…gw weekday tgl 30jan-3feb12…yg murah kalo kita gak over weekend soalnya mak…

  3. Berarti mba vivien kmrn ketemuan sama laki gw abis lunch sm lo ya ra? Hehe.. Tapi kok beda jauh ya preminya.. Laki gw termlife 20th UP 1M preminta 3,5jt an/th. Padahal kan umurnya banyakan dirimu ya mak? Huehehee *minta ditimpuk*

    • Laki kan premi lebih mihil, Cit. Soale dianggap laki-laki itu umurnya lebih pendek daripada perempuan jadi lebih berisiko, gitu. Oh iya, gue ketemuan sm Mbak Vivien tadi siang, salah tulis tuh. Maklum pikun😛

    • Emang teori ngitung UP lo gimana Ndah? Iya kmrn gue cantumin nama Nadira. Tapi kudu pake instruksi khusus karena Nadira kan masih belum dewasa gitu. Apa sekalian bikin surat wasiat yak?😛

  4. Hi mbak Ira,
    Salam kenal, nice post.. Kebetulan aku juga lagi cari2 info ttg ASJI Murni. Btw boleh minta kontaknya mbak Vien gak mba? Thx b4 =)

  5. Pingback: Sharing is Caring « The Sun is Getting High, We're Moving On

  6. mbak ira yang manis dan lagipula baik ati, aku minta nomer kontaknya mbak vivien juga ya, soalnya asuransiku skrg unit link n kecil amat UPnya.

  7. Pingback: Financial Planner Amatir | The Sun is Getting High, We're Moving on

  8. Halo mba Ira.. Salam kenal yaa namaku Aya.. Aku lg browsing2 cari info utk asji dan askes utk klg aku.. Trs baca blog mba, menarik bgt dan jd mayan bljr sedikit2 nih.. Boleh ga mba aku minta email atau ni telp cp dr asuransi nya.. Makasih banyak ya mbaa seblmnya.. Sukses terus mbaaa nulis2nya🙂

Leave a Reply

