Confession of A (ex) Shopaholic

Mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa lately gue niat bener belajar Financial Planning seperti ditulis di blog ini dan itu? Selain karena udah niat di resolusi tahun ini, gue ceritanya mau belajar dari kesalahan masa lalu *ceileh*

Jadi nih, kalo udah pernah baca novel Confession of A Shopaholic karangan Sophie Kinsella, pasti khatam bangget dong dengan kisah si pecandu belanja, Becky Bloomwood? Si Becky ini dikisahkan sangat-sangat-sangat hobi belanja, sampe-sampe menghalalkan segala cara.

*picture’s taken from here *

Well, bukannya sampe nyolong or ngerampok sih. Tapi dia demen bener sama yang namanya credit card (CC). Dia punya beberapa CC yang disembunyikan untuk kondisi ‘darurat’ (artinya: ada diskon sepatu keren tapi duit abis dan CC yang ada udah over limit). Sampai-sampai tagihannya menggunung dan dia dikejar-kejar penagih alias debt collector.

Sekitar enam tahun lalu, I was Becky. Gue hobi banget shopping, meski belum secanggih dia yang belanjaannya tas Hermes danΒ LV, sepatu Louboutin, dress Gucci, etc. Kelas gue mah baru Pojok Busana dan Ramayana deh Nyah *lha wanita karier apa Inem Pelayan Seksi?*

Namanya juga lagi norak-noraknya punya duit sendiri dengan gaji yang lebih lumayan dari gaji kerjaan jaman kuliah. Jadilah bawaannya shoppiiingg mulu. Seringkali hanya berdasarkan “Ih barang ini lucu yaa” atau “Eh kalo beli paket Body Shop itu dapet makeup pouch-nya lho. Ih mau ah”. Alasan-alasan nggak penting ya neeiikkk..

Trus, gue mulai sering dikirim ke luar negeri, especially Singapore. Jadilah gue menggila beli sepokat Charles & Keith dll tiap ke sana. Kalo duit kurang, tinggal gesek. Apa-apa, gesek aja. Jadilah gue punya 3 CC, dengan limit berapa kali lipet gaji. Parah tuh emang perusahaan CC. Tau aja orang-orang yang doyan belanja macam gue. Mereka jadiin gue sebagai sasaran empuk untuk terus-terusan terbelit utang.

Awalnya sih, gue punya komitmen untuk membayar tagihan sesuai dengan yang gue belanjain. Tapi lama-lama, mana sanggup bookk.. Maklum deh, gaji minimal tapi pengen tampil maksimal. Sok gaya banget deh pokoknya. Tiap Sabtu-Minggu pasti nongkrong bareng teman-teman di karaoke, pool club, night club, cafe, etc. Biaya entertainment kayak gitu kan nggak murah toh? Belum biaya bensin, taksi, dan printilan lainnya. Pengen gaya keren ala eksekutif muda, padahal penghasilan belum nyampe.

Dan benarlah, hutang CC yang cuma gue bayar jumlah minimumnya tiap bulan pun membengkak. Singkat cerita, gue bikin kesepakatan dengan pihak penerbit CC untuk mencicil hutang tiap bulan dengan jumlah sekian sampe lunas. Ada sih orang yang menyarankan untuk kabur aja, nggak usah bayar. Tapi gue ngerasa itu salah. Gue ngerasa salah karena dulu udah sok gaya hedon padahal kemampuan finansial belum nyampe. IMHO, eventhough it’s bitter, this is my way to learn about life and financial matters.

Yes, I paid my dues. Meski udah lunas dari kapan tahu, gue jadi parno sendiri. Sekarang-sekarang ini gue hati-hatiii banget dengan yang namanya CC dan segala macem kredit. Gue juga hati-hatii banget dengan urusan shopping. I don’t wanna live the lifestyle that I can’t afford anymore.

Kalo gue flash back, gue mulai kerja dari jaman kuliah, tahun 1999. Waktu itu gue jadi freelance translator dan dapet honor aroundΒ 6 juta, lumayan banget untuk ukuran anak kuliah tahun itu ya. Wong gue bisa beli hape dan emas koq. Trus, tahun 2000 gue kerja di sebuah tabloid dengan gaji 700 ribu. Baru kerja 7 bulan, tabloidnya tutup dan gue dapet duit pesangon 5 juta. Lumayan banget kan? Dan abis itu gue langsung kerja lagi di media lain. Harusnya kalo gue waktu itu pake logika, duit-duit itu bisa gue tabung karena toh untuk biaya hidup+uang kuliah, masih ada gaji bulanan gue. Kalo gue udah ngerti financial planning, duit-duit itu bisa gue investasikan.

Hasilnya? Kagak ada sisanya tuh. Duit hasil nerjemahin dan duit pesangon abis untuk traktir sodara-sodara, teman-teman, belanja-belanji, etc. Ih kalo inget, gemeeess deh sama diri sendiri. Makanya, gue pengeeeennn banget mewanti-wanti teman-teman dan saudara-saudara sekalian yang masih muda namun udah punya gaji sendiri untuk hati-hati sama duit yang mereka punya.

Please invest some. Jangan kayak teman gue yang di usia 35 tahunan kena stroke, nggak bisa kerja, dan dia nggak punya uang pensiun serta aset likuid. Padahal dulu gajinya di perusahaan advertising lumayan gede. Tapi karena dia hobi makan dan clubbing, ya habis aja itu duit tanpa bekas.

Well, saving and investing your money don’t mean that you have to live down-to-earth the whole time. You still can enjoy all the luxury in the world. But remember to do it properly. Don’t be like me back then, okay?πŸ™‚

*picture’s taken from here *

8 thoughts on “Confession of A (ex) Shopaholic

  1. saya2 juga ngacung
    dulu sebulan bisa berapa kali beli sepatu,
    padahal tu duit kalo diinvest udah jadi apa ya hiks hiks

    ya tapi kita insap juga ya mak akhirnya
    hihihi

  2. Alhamdulillaaaaah…
    I am not a shopaholic hihihi..
    tapi inget kalau duit kerja dulu dikumpulin, pasti udah banyak banget.. dulu malah buat jajan gak karuan, spa-spa gitu😦

    iya nih, resolusi 2011 harus nabung lebih banyak, nyiapin sangu-nya adeknya zua

  3. Pingback: Irit Never Dies « The Sun is Getting High, We're Moving On

Leave a Reply

