Alice in Financial Land

Sesuai resolusi tahun ini, gue pengeeennn banget bisa menata keuangan keluarga. Makanya gue hot dan semangat banget kalo ada acara seminar keuangan gitu. Salah satu yang baru-baru ini gue datengin adalah acara Mommies Daily bareng Ligwina Hananto. Tadinya pengen juga ikut kopdar AFC bareng milis Mama Koki Handal. Tapi karena malem dan waktunya mefet sama jadwal packing ke Yogya, gagal deh. Padahal gratis lho, huh sebal!

Supaya angan-angan gue gak cuma jadi impian belaka (apa sih bahasanya), barusan, usai deadline dan rapat siang, gue iseng-iseng hunting asuransi. Soale kesentil banget sama twit dari acara kopdar AFC-MKH kemarin yang bilang:

Lebih baik punya asuransi salah daripada gak punya asuransi sama sekali.

*picture’s taken from here *

Tapi ya ofkors gue nggak mau dapet asuransi yang salah dong. Wong ini aja gue lagi ngebet poll minta hubby nutup unitlink-nya. Masa premi Rp 300 ribu/bulan (alias Rp 3,6 juta/tahun) UP-nya cuma Rp 100 juta? Rugi bandar bok. Gue jadi janda miskin kalo begitu Papaahh… *Astaghfirullah koq bisa sih lo Ra mikir begitu? Ccck… cckk..*

Kebetulan, gue punya ‘financial planner’ pribadi yang bisa digangguin kapan aja, asal nggak pas BB-nya disita si bocah (wink to Mak Dindin). Jadilah tadi gue nelponin Manulife, Cigna dan Sunlife. Berikut hasil telponan mesra sayah dan hitungan kasarnya ya:

Manulife (situsnya di sini ya)

1. Prolife plus (alias asuransi whole life term or seumur hidup, mihil cing!)
Jangka waktu 3, 5, 10, 15, 20
Min premi Rp 3 juta/tahun

  • Ira (32 tahun tidak merokok) *heh jangan pd ngetawain umur eikeh!*

> UP 1 Milyar
Premi Rp 11.140.00 untuk 10 tahun
Premi Rp 8.730.000 untuk 15 tahun

> UP 700jt
Premi Rp 8.169.000 untuk 10 tahun
Premi Rp 6.454.000 untuk 15 tahun

> UP 300 juta
Premi Rp 3,6 jt untuk 15 tahun

  • Prasto (35 thn merokok) *eh ini namanya hubby ya. Jadi attention, nama Papanya Nadira bukan Mas Adi :-P*

> UP 700 jt
Premi Rp 10.563.000 untuk 10 thn
Premi Rp 8.421.000 untuk 15 thn 

2. Proactive plus (ini nih yang dimaksud dgn term life alias asuransi jiwa ya)
Maximum hingga usia 70 tahun

  • Ira
    UP Rp 500 jt premi Rp 1.170.000/tahun untuk 10 tahun
  • Prasto
    UP Rp 1 M premi Rp 4.960.000 untuk 10 tahun
    UP Rp 700 jt premi Rp 3,4 jt pertahun untuk 10 tahun

Cigna Life Protection (situsnya di sini)

Premi mulai Rp 11rb  sampai Rp 104rb perbulan. Nilai premi maksimal, UP-nya maksimal juga, yakni Rp 500 juta. Kalo gue ikut yang 104 ribu/bulan sekarang, artinya gue harus ikut sampe umur 60 tahun dan bayar segitu setiap bulan untuk dapet UP Rp 500 juta.
Note:  Premi dipatok sama untuk semua usia, sampai batasan usia 60 tahun, merokok atau tidak. Jadi mencurigakan nih. Masa gue yang mulai bayar asuransi sekarang dan tidak merokok sama UP dan preminya dengan hubby yang lebih tua dan merokok? Agak aneh gak sih? Apalagi pas gue gugling, banyaaak banget yang komplain tentang asuransi ini.

Sunlife

Tadi Customer Service-nya nggak bisa kasih perhitungan kasar kayak Manulife. Minggu depan agennya baru bakal hubungi gue. I’ll update it soon ya. Tapi sih, beberapa teman gue yang pake Financial Planner menyarankan asuransi ini lho. Jadi senapsaran nggak sih?

Anyway, sekian dulu catatan gue di dunia asuransi dan finansial yang bikin gue puyeng bak Alice in Wonderland. Sungguh memalukan bagi mantan wartawan ekonomi seperti saya yang dulu ngurusin BI rate, APBN, sukuk, ORI, endebre endebre *toyor kepala sendiri*

Oh ya, thanks to @alyahzie, gue lagi belajar financial planning basic lewat blog ini. Menyenangkan lho blog-nya, karena dia memadukan ajaran-ajaran Ligwina Hananto, Aidil Akbar dan Safir Senduk, pleus kehidupan pribadinya sebagai seorang kepala keluarga. Lumayaann ada sontekan baru toh?

Permisi dulu ah…

*nenggak diapet panadol*

16 thoughts on “Alice in Financial Land

  1. Hai mbak Ira, blognya menyenangkan sekali deh. Minta ijin nge-link yaah hehe.

    Aku juga setuju kok mbak kalo asuransi itu penting. Papaku dulu juga ikut asuransi pendidikan utk adikku dan alhamdulillah, saat beliau meninggal, Premi Asuransi tsb dibebaskan dan adikku bisa mencairkan Asuransi Pendidikannya secara bertahap sampai jenjang kuliah definitely free, and it did help my family a lot at that moment. Namapun musibah ya, siapa yg akan tahu datangnya kapan, jadi preparing for the worst is a must *IMO*.

    Keep blogging ya mbak, coz ur blog is sooo inspiring.😀

  2. mbak, akhirnya ambil asuransi yang mana? trs up-nya berapa? sori nih nanya2, aku mo tauk aja kira2 yang mencukupi kebutuhan untuk anak dan keluarga, bagusnya preminya berapa? Aku sih so far punya axa mandiri, kenapa milih axa mandiri.
    1. ga repot, karena dipotong langsung dari tabungan. Takut lupa juga.
    2. setiap kantor bank mandiri, punya perwakilan axa mandiri. Jadi kalo ada claim, atau masalah apa bisa ke kantor bank mandiri terdekat. jadi lebih mudah dan ga repot (heheh..ga repot lagi, ketauan orangnya males) :p
    sori ya mbak, bukannya promosi.Sumpah deh bukan agen axa mandiri, cuma tuker pendapat aja🙂
    Kalo mbak Ira punya pendapat tersendiri?

  3. “> UP 1 Milyar
    Premi Rp 11.140.00 untuk 10 tahun
    Premi Rp 8.730.000 untuk 15 tahun”
    Mb, itu 11.140.000/bulan atau untuk 10 tahun *pertanyaan bodoh*😀 soale kadang aku suka bingung klo ada agen yg ngomong ky gini..mksh yaa

    • Maksudnya. premi dibayar pertahun, selama 10 tahun Mak. Oh ya, yang dirimu quote itu adalah whole life, produknya antara lain adalah unit link. Jadi emang mahal. Kalo mau yang term life aja. Hasil maksimal, bayar minimal. Kalo ada agen yang nawarin, keukeuh untuk minta asuransi jiwa/term life ya. FYI, Pr*dential gak punya term life🙂

  4. Pingback: AFL: Masih tentang AsJi « Our Diary

  5. Ira,
    Kata sapa AXA gak punya asuransi term life ? Gw taon kemarin masih ditawarin kok dari AXA Mandiri asuransi term-life. Tapi dengan UP yang sama dengan Manulife, gw dapet harga mehong 500ribu preminya makanya gw gak ambil.

  6. Pingback: Confession of A (ex) Shopaholic « Our Diary

  7. mbaaak, aku lagi puyeng nyari asji bwt aku n hubby niiih..udah mengerucut sih pilihan antara mataharihidup sama A*A, tp masi bingung..
    bole minta email agen mataharihidup nya?*kedipkedip*

    tenkyu mbaak :*

Leave a Reply

