My Daily Cooking Schedule

Sejak punya anak, buat gue masak itu hobi. Tapi kalo jadi suatu keharusan, ditambah kondisi bodi lagi rada senep, ujung-ujungnya malah jadi siksaan. Maklum deh, gue lebih hobi makannya dibanding masaknya *pantes gak kurus-kurus :P*

Tapi buat anak, gue selalu berusaha untuk kasih makanan homemade yang bisa gue ketahui isinya apa aja, gak tebak-tebak buah manggis. Kalopun beli, biasanya beli di katering bayi (kayak Bebitang), sosis sehat (beli di Jeng Amel) or jajan pas wiken di mal. Sejak Nadira bisa makan table food, gue suka rada males nyiapin makanan khusus buat dia pas mau pergi-pergi. Lagian, seringkali, pas udah disiapin, eh dia malah lebih napsu sama makanan yang lagi diembat emak bapaknya. Kan mubazir dan bikin gendut emaknya karena terpaksa ngabisin tuh.

Untuk sehari-hari, gue selalu nyiapin makanan Nadira sendiri. Kecuali kalo lagi nginep di tempat nyokap ya. Di situ gue bebas merdeka karena nyokap gue lah yang akan memasak untuk cucunya tercinta. Gue tinggal tanya aja butuh duit belanja berapa.๐Ÿ˜€

Terus terang, dulu gue setres sendiri bayangin mengatur waktu kerja dan harus nyiapin makanan untuk Nadira di pagi hari. Tapi setelah dijalanin, Alhamdulillah bisa koq. Tapi ya jangan ngarep menu yang gue masak itu spektakuler ya. Secara pemalas dengan cooking skill minimalis gini, gue pun cuma masak yang gampil-gampil aja.

Nah, pembagian jadwal masak gue biasanya kayak gini.

  • Weekend:
  1. Bikin laukย kayak chicken nugget/somay sayur/pepes tahu or ikan/ galantin, pokoknya lauk yang bisa dimasukin ke chiller or dibekukan di freezer.
  2. Bikin cemilan, kayak puding coklat alpukat atau puding susu apel (Nadira rada susah disuruh makan buah), puding roti karamel, risoles mayones (kaloย Mak Ietohย gak buka PO), yah gitu-gituan deh. Kalo wiken di tempat nyokap sih, biasanya gue juga suka bikin kue-kue macam muffin or brownies gitu buat sarapan dan cemilan bocah. Maklum perabot baking eikeh ada di sono semua.

*picture taken from here*

  • Weekdays:
  1. Malam: rajang sayuran, bawang putih & merah/bombay, daging giling, bumbu-bumbu,ย dll, trus masukin ke kulkas.
  2. Pagi: Bikin sarapan gampil kayak oatmeal pisang (oatmeal+susu UHT+pisang kerok), spaghetti aglio olio, roti panggang, atau kalo kepepet banget, koko krunch+susu aja๐Ÿ˜› Abis itu gue ambil semua bahan yang udah disiapin sejak malam dan dikosrek-kosrek di wajan +ย ditambahin bumbu-bumbu. Kalo mau jadi sop, kasih kaldu atau air. Kalo jadi tumisan, kasih air dikit aja. Kalo mau jadi sapo, kasih kaldu/air, trus kentalkan dgn sedikit larutan maizena. Abis itu goreng/kukus deh lauk yang ada di kulkas. Voila, you’ll have breakfast, lunch and dinner for your baby!

Metode itu tampaknya juga bakal gue terapkan pas pindah rumah nanti. Maklum, Mbak-nya Nadira masih ABG, belum bisa masak. Trus hubby juga nyuruh gue masak buat bekal lunch driver kita seperti yang biasa dilakukan MIL. Doh, kayaknya wiken-wiken gue kelak bakal dipenuhi jadwal bikin ayam ungkep lah, daging empal lah, etc yang bakal dibekukan buat stok lauk seminggu dah. No more kuteks on my nails kayaknya karena kalo nekat pake, dijamin gompal *kretek-kretekin tangan :-P*

*picture taken fromย here.ย Pengennya sih bisa masak begini bareng Nadira. Tapi kalo dia ke dapur malah ngacak-ngacak dan bikin gue emosi jiwa*

4 thoughts on “My Daily Cooking Schedule

  1. sabar mak… nanti tunggu nadira minimal 3y+, dia bakan masak sesuai di gambar itu bareng kamu.

    adib jg dulu berasanya recokin aja kalo gw lagi bikin kueh, tapi sejak 3.5y, dia malah ngerti apa aja yg harus disiapin, pelan2 sih walopun masih belepotan. kalo sekarang, gw uda ambil mixer dia langsung lari mau bantuin, minimal nuang bahan/ nimbang2๐Ÿ™‚ , kalo masak dia ogah.

    it will be great, jadi sabar aja yaaaa. Kalo kita enjoy bikin kue/masak bareng, anak bakal lebih cepet ngertinya, dan helpfull banget nantinya.

    Oh iya, aku emak yg ga peduli dengan pendapat orang “kuno” yg selalu bilang “cowok ga pantes didapur”…. ah,, sekarang banyak chef keren cowo kok๐Ÿ˜€

    • Iya ya Bundee. Skrg Nadira sih sebenernya suka banget diajak ke dapur, tapi maunya ngeliatin sambil digendong gue. Lha gimana gue mau masak kalo tangan gue sebelah ngegendong dia? Mudah-mudahan kalo udah segede Adib nanti, dia bisa jadi asisten emaknya. Kayak kisah anak2 bakul kue di NCC itu lho, yang udah pada gape disuruh dekor cupcake dan hapal nama-nama jenis kue dan bahan2nya.

      Ah gue doain supaya Adib bisa jadi The Next Edwin Lau ya. Macho, keren dan jago masak. Dijamin cewek-cewek pada klepek-klepek Mak!๐Ÿ˜€

    • Kalo sempet, suka di-defrost dulu. Tapi biasanya sih, boro-boro deh Mak. Wong bangun tidur kesiangan mulu, hehehe.. Jadi langsung gue goreng, tapi pake api kecil aja ya supaya gak hangus luarnya, tapi dalemnya masih beku. HTH๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s