Diet, The Beginning

This morning, I read a story that really inspired me.  Intinya sih, kalo mau langsing, you have to keep a record on what you eat and do, publicly. Jadi kalo lo tiba-tiba kehilangan arah, lo bisa balik lagi baca-baca catatanlo. Your readers will also be able to help you to stay in shape.

Nah, salah satu resolusi gue tahun ini adalah melangsingkan badan. Kebetulan, sejak 1 Januari, Nadira udah bisa disapih (I’m gonna write about this later). Gue pikir, mau nggak mau gue harus mengurangi asupan makanan gue. Pan kalo masih nyusuin, metabolisme masih tinggi secara menyusui itu membakar kalori banyak kan. Sekarang, makanan malah numpuk jadi lemak. Meh!

Jadilah kemarin, Senin (17/1) gue mencoba akupuntur di Klinik dr. Rosana Tanuwidjaya di daerah Pedurenan, Setiabudi. Sebenarnya, gue tau klinik ini udah sejak lama. Dari jaman mau merit malah. You know lah, wece-wece kalo mau merit pan pada jadi bridezilla dan bawaannya mau diet mulu supaya keliatan kurus, hehehe.. Waktu itu gue gak jadi akupuntur karena duit udah abis buat bikin kebaya dan printilan. Kebetulan sama perias disuruh puasa Senin-Kamis, eh Alhamdulillah langsing sendiri🙂

Back to the topic, abis melahirkan sesungguhnya gue udah pengen banget ke dr. Rosana. Tapi, ternyata dia, dan juga ahli akupuntur lain pada umumnya, nggak membolehkan ibu menyusui untuk ikut akupuntur. Karena gue mau menyusui Nadira, ya gue ngalah. Biarin deh emaknya gemuk meski menderita asal anaknya sehat.

Pertama kali datang, gue ditimbang dan diukur tinggi badan + lingkar tubuh. Oh ya, kita disuruh buka baju dan cuma pake bra + celdam ya. Jadi make sure kalo mau ke sana, pake underwear yang cakep, bukan yang bolong+pake peniti. Malu bok!😀

Berat gue ditimbang 75 kg, cukup bikin shock krn bedanya lumayan dgn timbangan rumah. Lingkar perut gak usah disebutin di sini ah karena bisa bikin sutris (which is UDAH sodara-sodara!). Sementara tinggi gue, surprise surprise, cuma 165 cm! Ini bikin senewen abis, secara biasanya tinggi gue 170 cm, minimal 168 cm deh. Dengan tinggi dan berat segitu, otomatis badan gue jadi bantet banget yak?😦 Trus target penurunan berat badan gue pun jadi nambah dong. Kata dr. Rosana, gue harus mencapai berat badan 65 kg supaya bisa dibilang ideal. Kalo gue sih maunya 52 kg – 55 kg supaya mirip balik ke bodi jaman kuliah dulu, hehehe..

(gue dan temen-temen se-gank jaman kuliah dulu. Kalo gak salah ini dipoto tahun 1998 di Danau UI deh. Gue yang paling kanan pake baju item. Lengan gue sekarang mungkin gedenya sama dgn paha gue dulu.)

Oh ya, sama dr. Rosana gue juga disuruh diet. Standar sih, jangan banyak minum dan makan yang manis-manis, jangan makan gorengan, jangan makan keripik+biskuit+permen, kurangi karbohidrat, perbanyak sayur dan air putih. Dulu mah gue ngerokok, jadi emang jarang nyemil. Lha sekarang pan eikeh udah sok hidup sehat. Jadi bener-bener kudu nahan napsu makan nih.

Trus, karena gue gak mau 2 kali seminggu akupuntur, jadi sama dia disuruh 1x seminggu aja akupuntur, plus dikasih obat penahan lapar. Dia tanya dulu, nafsu ngemil gue biasanya muncul jam-jam berapa. Ya gue bilang aja sore-sore sekitar jam 3. Jadilah itu obat disuruh diminum jam segitu.

Kemarin siang, gue makan bakso, trus akupuntur dan nggak dinner samsek. Laper sih (sampe susah tidur malah :-P) tapi mungkin ini efek euphoria pengen kurus kali ye. Trus hari ini, gue cuma sarapan 1/2 bungkus kecil arem-arem mie+sayur+udang cincang. Siang, makan pecel+bakwan tanpa nasi. Sebenarnya sih dr. Rosana nggak mengharamkan nasi. Boleh-boleh aja, asal nggak banyak. Tapi mumpung gue lagi euphoria, ya gue hindari aja sekalian.🙂

Aduuh.. Mudah-mudahan bisa sukses kayak Mares yang udah turun 8 kg. Doakan saya yaahh ceman-cemaaann. Ganbatte!!! *pasang iket kepala di rambut kawaii :-P*

24 thoughts on “Diet, The Beginning

  1. wah mak sebenernya BB n TB kita ga jauh beda deh..dl waktu msh aktif mompa ASIP di kntr, BB gw 75 TB 162cm, lebih bantet kan dr dirimu hahaha..
    setelah ga mompa lg, gw bisa turun jd 70kg cmn dgn mengurangi porsi makan aja sendiri, bulan puasa kmrn sempet sampe 67kg. Tp, skrg2 ini malah jd mentok ga turun2 lg, kdg malah balik ke 70kg lagi, cmn skrg Laras ampir 3th, msh ninen cmn kl malem aja, sbnrnya cmn ngempeng aja seh walopun msh kdg keluar tuh ASI dikit2..msh blm boleh akupuntur ya kl gitu?
    Pengen jg nih balikin ke berat 63-64, asli ga muluk2 krn kyknya susah balikin ke kepala 5 lagi hehehe

    • Kmrn sih gue akupuntur + 1 jenis obat untuk seminggu 170rb, Ai. Gue ke sana jam 4 sore hari kerja, kosong bok. Lumayan deh, gak sampe 1 jam udah kelar.

      Sakit mah relatif ya. Dan menurut gue yg lumayan parno sama jarum, saat si dokter nusukin jarum di badan mah gak berasa samsek. Nah, pas digetarinnya itu lumayan geli2 sakit gitu deh, kayak digigitin semut di seluruh badan hehehe..😛

      • *hoek*
        yuk sini kita berburu brondong hahahahaha…
        tapi serius, aku aja liat fotoku dulu mual bangeeet, jadi agak takut hamil ntar segede itu lagi, kan dulu metabolisme masih bagus, lah sekarang??… nooo….

        ra, klo nggak, coba puasa nabi daud.. yang sehari puasa, sehari nggak.. itu juara buuanget!

  2. Hah emangnya tinggi badan bisa menciut??? Masaaaa??
    Nanti mampir-mampir juga ke klinik mamak saya ya kalo udah bener-bener jadi, nanti tak kasih voucher!

    Anyway, mampir blog gue deh, ada award buat elo, uhuy! (sumpah berasa abg ini maen award-award-an!)

    • Itu dia Gemmaaa.. Gue yakin itu alat ngukurnya error deh! *cari dukungan*

      Asiik.. Beneran yak gue dikasih voucher totok? Dapet award juga? Hahahay.. Torokeket eh tararengkyuuu..🙂

  3. Kak Ira tahun 1998 udah mau lulus kuliah ? Eh yaampyun, akyu masih di PG tahun itu, Kak. *siul-siul*

    Menurut gw yang bikin loe keliatan kurang langsing itu ya aset loe itu. Dimana sih dr. Rosana itu ? Gw juga pengen kurusin badan juga ah. Setres gw dibilang ” Ya ampuuun Indah gemuuuk banget” sama ex temen kantor gw. *Ngeraung-raung*

  4. Pingback: My Diet Crasher « Our Diary

  5. Mak Ira, ceritanya gw banget. Cuma gw lebih berat hehehe… eniwey, jadi harus nunggu si baby selesai ASI yak? Hrrrrr…14 bulan lagi kalo gituh bersama kelebihan 20 kilo ini. Kasih semangat dooong..hiks.. Tapi emang sih, waktu anak kedua (masih ASI) nekat akupuntur dan minum obat, alhasil anakku tusekarang ga doyan makan. Takut nduuut kayak bundanya..huhuhu.. Beda ma abangnya dan adek bayinya yang gembul-gembul..

    • Olahraga aja Mak, terus kurangi nasi+karbo, tapi banyakin sayur+buah. Insya Allah bisa deh. Gue sih kalo misalnya hamil lagi, bakal begitu deh. Kemarin kan pas nyusui selalu pake alibi “Ah ibu menyusui ini” supaya bisa makan-makan enak tanpa kontrol, hehehe.. *buka aib*

  6. Pingback: Confession of A (Ex) Hippo Look-Alike « The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

