Risoles Mayones

Jadii.. Salah satu emak-emak di twitter kan jual risoles mayones. Gue sukaa banget! Tapi sayangnya, karena dia ribet sama kerjaan + anak-anaknya, jualannya gak bisa sering-sering. Kudu pre order bok, hehehe.. Karena itu, berhubung gue suka banget sama risolesnya, gue iseng bikin sendiri. Alhamdulillah, kata orang-orang rumah sih enak. Tapi, kalo disuruh bikin banyak-banyak, bisa keriting deh gue. Secara bikin risoles itu kan rempong ya bok.

Anyway, here’s the recipe. Oh ya, adonan kulit gue nyontek dari blog-nya Mbak Astri Nugraha dan diuprek-uprek sendiri (sotoy). Gue suka resepnya Mbak Astri karena irit susu dan telur, hehehe (mak irit.com). Sementara adonan isinya, gue ‘adopsi’ dari blog-nya Bunda Inong.

Risoles Mayones

Bahan-bahan:
* Kulit (kira-kira menghasilkan 22-24 kulit berdiameter 20):
170 gr tepung terigu (karena nggak ada timbangan, gue jadi 17-18 sdm tepung, pilih Segitiga Biru ya)
250 ml susu UHT
200 ml air
2 butir telur, kocok lepas
5 sdm mentega, lelehkan
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk (bisa di-skip seperti saya)

*Isi:
3 buah sosis, potong kecil-kecil (bisa juga diganti dengan smoked beef)
2 buah telur rebus, cincang kasar
Mayones dicampur dengan susu kental manis putih

Perekat:
5 sdm terigu
100 ml air
Tepung panir

Cara Membuat:
– Campur tepung, garam dan kaldu, tuangi susu dan air. Aduk-aduk hingga rata dan halus.
– Masukkan telur kocok. Campur hingga rata.
– Saring supaya tidak ada adonan yang bergerindil.
– Masukkan mentega leleh, aduk-aduk hingga rata. Diamkan 30 menit.
– Ambil 1 sendok adonan, ratakan di atas wajan teflon. Buat dadar tipis.
– Ambil dadar, isi dengan potongan sosis, telur dan mayones. Lipat seperti amplop atau gulung.
– Celupkan risoles ke dalam larutan terigu. Gulingkan pada tepung panir.
– Simpan dalam lemari es 1 jam supaya tepung panir melekat.
– Goreng.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s