1 Bulan Lagi

Hari ini, tanggal 20 Desember, Nadira tepat ulbul yang ke-23. Artinya, bulan depan, dia akan berulangtahun yang ke-2. Maigat, time goes by so fast, ain’t it? Perasaan baru kemarin dia nemplok di dada gue pas baru lahir dan belajar IMD. Eh sekarang udah mau 2 tahun aja gitu. Wow!

Di usia 2 tahun, anak-anak pada umumnya mulai disapih. Gue juga berencana untuk menyapih dia perlahan sih, macam weaning with love gitu deh. Makanya dari dia umur 18 bulan kemarin gue mulai tega ninggalin dia liputan ke luar kota dan luar negeri.  Tujuannya sih membiasakan Nadira tidur tanpa harus ninen dulu ke emaknya.

Boy, I was so wrong. Pas gue pergi sih, dia oke-oke aja tidur tanpa ninen. Tapi begitu gue balik, ya tetep wajib hukumnya buat dia ninen sebelum bobo. Urutan prosesi sebelum tidur itu Nadira doa “Bistita awouma aya watitita amuuu..” -> bilang ke gue “Buu.. Ninen” -> cium gue -> gue cium dia -> baru ninen.  Nah, sekarang pun kalo disuruh doa sebelum tidur, asosiasinya pasti langsung ninen.  Salah nih kayaknya gue ngajarin doa mau tidur sebelum ninen. 

Emang sih, to be honest, gue masih menghadapi dilema untuk menyapih Nadira. Di satu sisi, gue masih sedih kalo harus melepaskan ritual ninen sebelum bobo bareng Nadira. Biasa lah, sambil ninen, Nadira biasanya mengelus-elus tangan, perut dan boobs gue. Gue juga elus-elus kepalanya dia sambil ngajak ngomong. Ih sedih deh kalo kehilangan momen itu :( 

Namun di sisi lain, gue pengen dia disapih supaya dia bisa mandiri. Trus, dari pengalaman keponakan gue dan temen-temen gue, napsu makan anak yang sudah nggak ninen itu rata-rata tinggi banget. Jadi Nadira bisa agak montokan dikit gitu. Capek nih emak bapaknya dituduh melulu ngabisin makan Nadira. Maklum, emak bapak gede begini, anaknya koq langsing😛

Selain itu, kalo Nadira disapih, berarti gue bisa mulai ikutan akupuntur dan beragam terapi melangsingkan badan. Maklum, dimana-mana,  dokter maupun terapis langsing pasti melarang perempuan yang masih menyusui untuk ikut terapi langsing mereka. Padahal serius bok, gue udah eneg banget nih sama bodi yang overweight ini.  Masa anak udah mau 2 tahun, berat badan masih kelebihan 7 kg sih? *siapa suruh rakus dan males olahraga, cih!*

Ini nih yang bikin tekad menyapih masih setengah-setengah. Tapi kayaknya gue harus lebih kencengin niat nih. For our own sake sih. Kan kalo dia lebih gemuk setelah disapih, sapa tau bisa ngebantu emaknya agak kurus karena capek gendong-gendong dia kemana-mana hihihi…

4 thoughts on “1 Bulan Lagi

  1. Gw sampai hari ini belum berhasil nyapih uen 24M18D ra, pulang gawe pasti langsung nyari nennya, bobo malem apalagi dan parahnya gw belummm ihklas huhuhu, apalagi kl uen baru sakit dooh mkn ga mau nyapih deh😦, share ya kl berhasil nyapih nadira🙂

    • Yaahh.. Mungkin karena kitanya belum ikhlas juga jadi proses nyapih gak sukses-sukses ya Jen. Kan kalo gak salah, weaning with love bisa dilaksanakan kalo kedua belah pihak (anak dan ibu) sama-sama udah ikhlas. Di kasus lo dan gue, kedua belah pihak sama-sama belum rela ternyata ya bok, hehehe..

      Okeh, ntar kalo ada progress, gue kabarin deh ye🙂

  2. Pingback: Weaning with Love (and Persistence) « Our Diary

  3. Pingback: Berhasil, Berhasil, Berhasil, Hore! « The Sun is Getting High, We're Moving On

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s