Somay Campur

Oke, sebelumnya kan gue pernah posting tentang Somay Ayam. Nah, rupanya Nadira suka banget, bahkan jadi lauk buat dia. Cenculah sebagai emak-emak yang (sok) perfeksionis, gue berusaha bikin lauk yang padat dan lengkap gizi. Maksudnya, dalam satu lauk udah ada protein dan sayurannya gitu. Jadi kalo Nadira cuma mau makan pake somay aja, gue gak perlu khawatir dia gak makan sayur hari itu.

Setelah dapet saran dari kanan kiri dan uji coba berkali-kali (gaya banget berasa Farah Quinn), gue nemu resep somay yang cucok sekali di lidah gue dan juga Nadira. Maklum, namanya juga emak gragas. Lauk anaknya suka diembatin juga hehehe.. Ini resepnya rada kira-kira ya. Pake feeling aja sih intinya, okeh okeh? Oh ya fotonya caur abis, jangan ditiru *halaahh*

Somay Campur

Bahan:
350 gram ayam giling
100 gram udang, bersihkan, cincang
1/2 buah labu siam, parut dengan parutan keju
Sayuran sesuai selera (kalo gue suka pake frozen veggies yang isinya ada wortel, buncis, kacang polong, jagung pipilan)
1 butir telur
1 sdm minyak wijen (gue pake Lee Kum Kee)
1 sdm saus tiram (gue pake Lee Kum Kee Choy Sun, gak ada MSG-nya lho)
3-4 siung bawang putih, cincang haluuuss banget
Tepung sagu kira-kira 5 sdm kali ya (sesuaikan dengan kondisi bahan. Kalo kurang, tambahan, kalo kelebihan, pasrah aja, hihihi..)
Garam sesuai selera

Cara membuat:
– Campur semua bahan, aduk-aduk hingga rata
– Bentuk bulat-bulat dengan dua sendok (biasanya sih gue gak rapi samsek seperti yang terlihat di foto hehehe..). Letakkan dalam loyang yang diolesi minyak goreng
– Kukus selama 20 menit atau hingga matang.
– Bisa jadi lauk, atau cemilan dehπŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s