Puding Roti Karamel

Punya roti tawar dan bosan cuma dimakan pake selai/meises? Coba deh ikutin resep ini. Cuma butuh roti tawar, susu, telor, gula dan vanili. Dijamin gampang dan enak! Di sini sih gue pake takeran ya. Tapi biasanya pas bikin, suka-suka gue aja hehehe..

Btw ini potonya cupu banget. Maklum udah ngantuk motretnya bok.

Puding Roti Karamel

Bahan:

1/2 cup gula untuk karamel

1 loaf (1 bungkus, kurleb 10 lembar) roti tawar

500ml susu cair

350ml air

3 butir telur

3/4 cup gula *atau sesuai selera*

1 sdt esen vanilla *gue cuma pake vanila bubuk yang biasa*

2 sdm tepung custard, boleh ganti pakai tepung maizena

Cara Membuat:

– Masukkan gula ke dalam wajan/panci, panaskan dengan api kecil hingga jadi karamel, tambahkan air 5 sdm, biarkan hingga kecokelatan dan larut semua. Masukkan ke dalam loyang.

– Masukkan roti, susu, air, telur, gula, vanila dan tepung custard/maizena ke dalam sebuah wadah. Lumatkan hingga benar-benar lembut (gue sih gak lembut-lembut banget, lebih enak masih keliatan tekstur rotinya)

– Tuang ke dalam loyang yang sudah diberi karamel, jangan lupa oles loyang dengan margarin sebelum adonan dimasukkan

– Panggang dengan suhu 200 derajat Celcius, selama kurleb 40 menit atau hingga bagian atas kecoklatan, matang. Dinginkan.

– Bisa juga dikukus, namun biasanya puding roti akan lebih lembab dibanding jika dipanggang.

– Keluarkan puding roti dari loyang dengan cara membalikkan puding ke piring

– Dinginkan di dalam kulkas sebelum dimakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s