The Ugly Duckling

For a mother, her child (ren) is her universe. In fact, we can say that her world revolves around her/him/them. So, if there’s anyone saying bad things about her child (ren), don’t be surprised if she gets angry or even kicks you in the ass.

Berlebihan? Not exactly. Mungkin kalo ada ibu yang gak sebel kalo anaknya dijelek-jelekin orang, malah jadinya aneh kali ye *cari temen :-P*

Kayak beberapa waktu lalu. Ada seorang temen yang bilang anak gue jelek. Ok, she’s unmarried and despises children. But still, for me, it doesn’t give her right to say bad things about other people’s children, especially her own friend’s. Hal itu gak hanya bikin gue sebel, tapi juga bring back old memories.

You know, when I was small, some relatives used to call me ugly. Apalagi gue sering banget dibandingin sama adik gue yang lebih kenes, lincah dan cerewet. Jadilah gue pendiam, nggak pede, dan penakut. Waktu SD, gue kalah ikut Lomba Matematika tingkat provinsi gara-gara gue takut menjawab pas babak rebutan. Gue parno duluan sama lawan-lawan gue yang terlihat lebih pintar dan keren. Kepribadian kayak gitu masih kebawa sampe gue dewasa. Kalo jalan lewatin keramaian nih, mata gue selalu lurus ke depan gak pake nengok-nengok acan. Banyak yang menyangka gue sombong, padahal itu karena gue gak pede bok.

Emang sih, dari luar, gue keliatan pede, cheerful, etc. Tapi dalam hati, gue bener-bener nggak punya rasa percaya diri and self esteem. Penyebabnya, gue selalu yakin kalo gue emang jelek. Mau orang bilang kayak gimana pun, I am still that ugly duckling I once was.

Itulah yang bikin gue sedih pas Nadira dibilang jelek. I don’t want her to feel inferior just like her mother does. Kalo bisa, jadi anak yang pede dan periang ya Nak. Supaya bisa dapat pacar lebih banyak dari Ibu *lhooo… Hihihi.. :-D*

Btw, ini lho poto si anak jelek itu. Kasian deh, udah jelek, potonya kelunturan pula *jangan diketawain ya*

20 thoughts on “The Ugly Duckling

  1. salam kenal ya mba ira,
    i heart you aylot..
    dulu waktu gw kecil sering banget dibandingin sama sepupu yang putih dan mancung sementara gw item dan pesek.

    tapi untungnya nyokap cepet tanggap.
    jadi gw selalu dikasih semangat “tenang aja, masih pinteran kamu kemana-mana, dia mah kalah” hahaha padahal gw baru 8 tahun loh.

    Makanya gw sekarang melarang semua orang manggil anak gw apalagi sampe ngatain anak gw dengan kata-kata fisik macam itu. Sakit hatiku.

    • Kalo gue nih, udah punya adik yang kenes dll, sepupu yang tajir-tajir, eh nenek gue yang mulutnya kayak silet itu pilih kasih pula bok (I’ll write about her next time). Trus nyokap gue kan baik banget, jadi nggak pernah ngomelin orang yang ngata2in anaknya. Jadilah gue dah yang inferior abis.

      Sekarang mudah-mudahan anak gue nggak akan mengalami apa yang gue alami dulu. Kalo ada yang berani, sini siap-siap eikeh gamparin! *emak galak :-P*

  2. Itulah kenapa nggak boleh manggi anak : jelek, pesek, gendut, dsb…
    Adekku dibawah bayang2ku karena seluruh keluarga besar kaya gitu, dan waktu sd dia smp pndh sekolah, smp smp stress, sma pisah sekolah, keliatan prestasinya…
    Kata sapa ra kamu jeyek? Cantik dan seksoy gitu loh!

    OOT.. Anak jelek aja pacarnya buuanyak gimana kalo cantik, abis semua itu keluarga bakrie dikakimu hahahaha

  3. heuuuu… sma.. gw sebel banget waktu orang2 pada bilang gini ke Syasya

    “haduuuh hidungnya ketarik pipi yaaa sampe ga kelihatan??”

    “itu hidungnya ditarik aja terus tiaap hari..nanti juga mancung koq..”

    “ya mapun deel…hidung anak lo koq gga ada peningkatan yaa… coba kayak bapaknya” (ini bikin emaknya yg minder)

    “gapapa koq pesek, nanti udah gede kan bisa operasi plastik”

    yg terakhir ini yg bikin gw meledak (walau ga marah2 bombay). gw bilang aja..

    “syasya udah cantik koq, ga perlu operasi plastik. lagipula untuk apa operasi plastik?? itu tandanya ga bersyukur tas semua pemberian Allah……. (selanjutnya ceramah gw ttg tidak baiknya mengomentari penampilan fisik anak n efeknya dalam jangka panjang)”

    itu orang akhirnya ga enak sendiri ma gw..wkwkwkwk…

    • Hihihi.. Itu Nadira juga suka dibilang pesek dan item. Yang nyebelin, orang yang sering ngatain gitu juga, item dan pesek! Tapi gue mau ngomel, ntar dibilang nggak sopan karena dia lebih tua. Ugh, sungguh menyebalkan!

  4. Bukan ra, adek gw tepat dibawah gw, namanya dita😀 jadi dia sial banget kejepit gw dan that multi-talented younger sist…
    Fyi icha dulu cantik bangeeet sebelum kecelakaan

    • Ooh iya ya, kalian kan Charlie’s Angels ya, tiga bersaudara cewek semua. Tapi emang bener, kalo anak 3 dan jenis kelamin sama semua, biasanya si anak tengah kena sandwich syndrome tuh, paling merasa tersisih lah. Ah sekarang udah nggak kan Dhir?

  5. Hueee..jd inget masa lalu..wktu kecil..malah gw sering diejek zombie..mayat idup..sampe g ada yg mau sebelahan ma gw kalo baris..saking putihnya gw (dibanding temen2 gw yak :p)..sedihh..mana dl gw pemalu abiess..mending lu klo jalan liat lurus kedepan..lah gw..nunduk malah..parahh hahaha..tp pas sma..mulai ngekos..mau g mau jd mandiri deh🙂

    Nah..skrg..si azzam suka dipanggil2 bodat..gundul..botak..sama sodara2nya laki gw..padahal azzam kurang ganteng apa coba??..cuman kurang rambut aja :p..gw blg aja ma laki gw..blg tuh ma sodara2nya..azzam tuh punya nama..g usah panggil nama yg nggak2 deh..klo kamu g brani ngomongnya..aku yg ngomong ntar..abis itu..g ada lg yg manggil azzam yg aneh2 hehehe :p

    • Whoaaa.. Lo putih Mit? Cakep dong, kayak Noni2 Belanda. Itu sering dikatain krn temen2 sekolah lo item2 apa ya? Aneh amat🙂

      Azzam kurang rambut? Tenaanngg.. Masih ada Nadira koq hehehehe..😀

  6. Ira dirimu segitu cantik seksoy tinggi dibilang jelek, haloo gimana diriku pendek item pesek *mewek guling2 dikasur*, dikeluarga gw juga gw paling jelek cuma ga pake minder hihi, untung uen mirip plek bapaknya cuma idungnya pesek ngikut emaknya😦, kl ada yg bilangin anak gw jelek bisa gw gamparin dech huh anak2 gw ngapain lo yg ribet *emak sadis* hehe🙂

    • Iya ini Nadira jg pesek ngikut gue Jen. Yg ngeselin kalo keluarga laki gue menegaskan itu dgn bilang “Koq Nadira hidungnya pesek ya, padahal Papanya kan mancung.” Sebaaallll!! *garuk-garuk aspal*

  7. aduh.. tega banget sih orang itu!!!😦 Menurut gw semua anak kecil tuh cute, lucu, cantik n ganteng semua. Jadi inget waktu itu ada anaknya temen gw yang blasteran Jepang dateng ke kantor. Trs gw bilang kalo anak itu cantik, eh.. ada temen gw (yang perawan tua) bilang,”Aduh, apa cantiknya sih kayak gitu, udah pesek, bibir dower, mirip banget sama bapaknya. hihihi..” Aduuh.. gw shock banget lo ngedengernya. Kok tega2nya ngomong kayak gitu, meskipun dia ngomongnya sambil becanda, dan ga di depan orangnya langsung ,tapi kan gw yang ngedengernya juga ga enak😦

    Mau pesek, item, bibir dower, mata sipit, belo’, tetep deh.. cakep semua. iya ga🙂

  8. ira….. pengen gw plester aja tuh mulut orang2 yang suka ngomong kaya gitu.

    Kyara suka dibilang pesek dan nyebelinnya sama sodara sendiri dari pihak suami termasuk mertua gw. emang sih bilangnya sambil becanda, bukan ngatain kesannya. tapi buat gw itu sama aja! pake ngajarin gw supaya narik hidungnya tiap hari dan nyalahin gw kenapa ngga biasain narik hidung kyara dari bayi pula. lah dikir anak gw hidungnya dari karet bisa melar. dulu gw diem, tp belakangan gw lawan dengan bilang “biarin aja ya nak nggak mancung (gw gak pernah nyebut pesek), yang penting hidungnya berfungsi normal bisa buat nafas nggak bengek nggak penyakitan”. Skrg gw gak mandang siapapun yang ngomong, kalo ada yg komen gitu langsung gw jawab. Terbukti sekarang mereka mulai diem. Lah bapak ibunya nggak ada yang mancung kaya bule knp mereka berharap anak gw mancung. Yang penting hidungnya berfungsi normal, cukup utk gw. Ah anak mereka juga ga ada yang sempurna banget knp mesti ngomentarin anak lain sih.

    gw akan ngajarin kyara untuk ngga ngata2in org lain krn dengan kita komentar gak enak, berarti ngomentarin ciptaan Allah.mending diem deh drpd bikin sakit hati orang. huhuhuu…. gw jadi komen panjang bener, soalnya ikutan panas Ra kalo ada orang yang ga bisa jaga mulut ;p

    • Naahh.. Itu dia! Laki gue mancung jg gak tau drmn asalnya krn mertua gue dua2nya nggak. Jadi kalo Nadira gak mancung, ya menurut gue wajar krn emang leluhurnya didominasi orang2 gak mancung. Begitu pula dgn warna kulit. Laki gue nggak putih, tapi gue lumayan terang. Nah kalo Nadira nggak putih, ya wajar lah ya, secara bokapnya begitu. Heran beneerrr😦

  9. loh kok bawa2 sayah? situ nggak tau saya inferior juga dengan kelebihan otak dan t***k yang kamu milikih? :))
    sementara saya kurus kerempeng sekolah di universitas swasta murahan pulak :))
    kalo situh jelek mosok dapet pacarnya bawa mubil semua, sementara saya pasti sm bad boy (oke, kalo ini problem saya sendiri kayanya, hihihi)
    sapa itu yang bilang keponakan saya jelek? *asah golok, siapin cambuk* matanya buta atau butuh operasi plastik kali! cih..

  10. Pingback: Easily Intimidated « The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

