Somay Ayam

Idenya muncul saat bikinin nugget ayam untuk Nadira. Koq rasanya mirip somay? Kebetulan di memopad BB gue ternyata udah punya resep somay ayam hasil copy paste dari berbagai sumber. Bener kan, dipelototin, bahan-bahannya mirip sama nugget. Yang beda paling-paling cuma penggunaan kulit pangsit/somay sebagai ‘pembungkus’ adonan. Kan kalo nugget dicelupin telur kocok+tepung panir.

Anyway, resep yang gue pake ini gue modifikasi dari resep aslinya. Bukan sok gaya udah pinter masak pake acara modifikasi segala. Tapi alasannya cuma satu: Bahan-bahannya nggak selengkap di resep! Jadi disesuaikan dgn bahan yang ada aja deh, hehehe..

Somay Ayam

Bahan:
350 gram ayam cincang
4 siung bawang putih, dicincang atau dihaluskan
10 sdm tepung kanji/sagu (sesuaikan dgn konsistensi bahan)
1 sdt merica
1-2 sdt garam halus
1 sdt kaldu ayam bubuk
1 sdt saos tiram
1 sdt minyak wijen (kemarin nggak pake karena lupa)
1 butir telur
Kulit pangsit (beli di supermarket di lemari pendingin, deket tahu, kwetiau, dst)
1/2 batang wortel, parut (untuk topping)
1 batang daun bawang, iris halus (kemarin nggak pake karena habis)

Cara membuat:
1. Campur semua bahan kecuali kulit pangsit dan wortel. Cicipi dan sesuaikan dgn selera.
2. Masukkan ke dalam kulit pangsit yang dibentuk cawan. Kalo mau gampang sih, cetak di cetakan bolu kukus/muffin mini. Jadi bentuknya seragam bok. Oh ya, sebelum meletakkan kulit pangsit ke dalam cetakan, olesi dulu cetakannya dgn minyak goreng.
3. Hias somay dengan wortel parut.
4. Kukus selama 20 menit atau lebih hingga matang.
5. Sajikan dengan sambal kacang. Tapi karena kemarin gue males bikin sambal kacang, akhirnya cuma pake saos sambel. Tetep enak! *maap narsis soale norak nih baru bisa masak *

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s