Nadira: 20 Months

Baru sadar, blog ini koq belum pernah ditulisi mengenai milestone Nadira, seperti blog emak-emak lainnya ya? Nah, mumpung lagi ada waktu, gue ikutan nulis juga ahh *gak kreatip :-P*

Kebetulan, hari ini (20/9), Nadira ulang bulan yang ke-20. Di hari ulbulnya itu, gue malah harus masuk setelah cuti abis Lebaran kemarin, hikss.. Tadi pagi sih, pas gue berangkat kerja, dia masih tidur. Gue cuma cium dahi+pipinya sambil berpesan supaya mau mamam danย nggak rewel karena gue nggak ada di rumah. Untung hubby masih cuti. Jadi persoalan ART yang nggak balik habis Lebaran masih belum jadi masalah *tapi tau deh minggu depan gimana inih nasib anak sayah :-(*

Okay, apa aja yang bisa Nadira lakukan di usia 20 bulan? Alhamdulillah, kemampuan motorik kasarnya udah oke. Bahkan, sering bikin sport jantung. Secara ya, bocah itu hobinya lari-larian tanpa perhitungan sambil suka rada-rada doyong gitu. Trus juga hobi manjat apaan aja, terutama tangga. Dia nggak bisa liat ada tangga dikit. Dimanapun, kapanpun, tiap ngeliat tangga, pasti dipanjat. Makanya di tempat nyokap, bokap sampe pasangin penghalang tangga supaya Nadira, dan juga keponakan gue, Langit, nggak turun naik tangga tanpa sepengetahuan orang dewasa.

Kemampuan motorik halus juga udah lumayan lah. Belakangan ini, dia jadi hobi coret-coret buku pake krayon, spidol dan yak, pensil alis gue. Juga, gak bisa liat eyeshadow dan lipstick nganggur. Langsung deh dia mencoret-coret mukanya sendiri sampe kayak badut. Trus, gara-gara pillow book yang gue beli online, Nadira jadi hobi mainin resleting. Eh ini motorik halus kan ya? *balik tanya, maklum ortu labil :-D* Oh ya, Nadira juga sukaaa banget sama anak kecil. Pas ketemu anaknya sepupu gue yang berusia 7 bulanan, dia yang heboh panggil “Dede dede” trus nyiumin deh๐Ÿ™‚

Untuk kemampuan verbal, Alhamdulillah, lumayan pesat sih ya. Semua orang dekat yakni Ibu, Papa, Dede Mbak (suka disingkat jadi Deba alias Langit), Enti (Tanti, Tante Tiwid alias ipar gue), Tata (Tanta, Tante Ita alias adik gue),ย ย Apu (Upu alias mertua gue), Eni (Enin alias nyokap gue), dan Encung (Engkung aliasย bokap gue) udah fasih. Trus tokoh-tokoh favoritnya kayak Miti (Mickey), Ni (Minnie), Puh (Winnie the Pooh), Bibi (Barbie), Owawa (Dora), Buwa (Beruang), Ani (Barney), Cucan (Susan), etc. Nadira juga hobi banget sama binatang-binatang kayak moo (sapi), mbek (kambing), da (kuda), miaow (kucing), dudug (anjing), yung (burung, biasanya diucapkan sambil menjentikkan tangan & bibir monyong sok bersuit-suit), aum (macan), tus (tikus), dowk (kodok), tan (ikan), bebe’ (bebek), yu (kangguru), dan masih banyak lagi. Alhamdulillah juga, Nadira nggak cuma bisa menyebutkan. Tapi dia juga bisa menunjukkan domba yang mana, sapi yang mana, etc.

Caranya gimana sampe dia hapal dan bisa pronounce the words? Just like dr. Herbowo suggested, ajak anak berbicara minimal dua jam perhari. Kalo gue sih, nggak bicara ya. Tapi gue ajak nyanyi bok. Maklum, peserta Idol gagal nih, hahaha.. Sambil makan, nyanyi. Sambil mandi, nyanyi. Sambil pupup, nyanyi. Sebelum tidur, nyanyi. Trus juga, gue beliin VCD lagu taman kanak-kanak yang tentu saja dia gemari. Di VCD-VCD itu kan suka ada gambar hewan atau kartunnya. Sambil nyanyi, dia juga belajar koq.ย  Bahkan, selain hobi nyanyi, sekarang Nadira udah mulai suka berhitung sambil jalan atau naik tangga. Semua, tentu saja gara-gara lagu yang gue ajari.

Kemudian, gue beliin buku-buku dari mulai pillow book sampe buku-buku bergambar. Bahkan bokap juga beliin hiasan dinding yang ada gambar hewan-hewan yang biasanya ada di SD itu lho. Murmer tapi lumayan buat menarik perhatiannya dia untuk mengenal hewan.

Terus terang, gue nggak terlalu obsessed anak gue harus bisa bahasa Inggris. Malah, gue berusaha dia diperkenalkan dulu ke Bahasa Indonesia. Gue soalnya merefleksikan ke diri gue sendiri. Dulu gue gak pernah diajari bahasa Inggris. Gue tertarik dengan bahasa itu dengan sendirinya ketika gue terekspos pada bahasa Inggris di acara-acara televisi (soap opera Santa Barbara, Starsky & Hutch, Chips, etc). Jadi, ya gitu deh.

Untuk makan, ya gitu-gitu aja sih. Kadang napsu banget, kadang GTM. Jadi tips dari gue mah, sabar, sabaarrrr, hehehe.. Trus ya, Nadira kalo mau mandi, jangan dibilang “Mandi yuk”. Dia pasti bilang “Ndak mauu..”. Kalo gue sih, selalu bilang “Cuci yuuk..”. Wah dia pasti langsung melesat lari ke kamar mandi, sambil bawa-bawa kaosnya yang dikibas-kibaskan kayak cucian. Trus abis kelar sabunan, dia nyemplung deh ke emberย :-D

Halaahh.. Ini nulis milestone koq jadi ngalor ngidul kemana-mana yak. Segini dulu ah, takut kepanjangan. Dadaaahh…

6 thoughts on “Nadira: 20 Months

  1. qt cuma beda 10hari ya melahirkannya..hihi. Soal tangga, Syasya 5hari yg lalu tau2 udah ada diatas sambil teriak2 nyari mommy. Haduh rasanya badan ngilu2. Ngeri bgt.. Habis itu jalan kearah tangga ditutup pk mesin cuci deh..

    • Emang Syasya lahirnya tgl 10 or 30 Jan, Del? Berarti bisa dong ngerayain ultahnya barengan *makirit.com :-P* Iya itu Nadira sering banget udah nangkring di atas tangga. Biasanya sih duduk-duduk sambil bawa mainan. Awalnya sport jantung abis. Tapi sekarang udah mulai biasa, yang penting ada orang yang ngikutin.

      • Syasya 10 januari mba.

        hihi kalo mau lebih irit ngerayain ultah, join group baby born january 2009 aja mba. kemarin waktu ultah 1th ada perayaan bareng, patungan beli kuenya, ada tukeran kado pula. hihihihi.. iit banget kaan??

        tapi banyakan bocahnya cowoq ;p kalo Nad ikutan jadi tambah seru niiy..

  2. heumm.. idem! anaku udah 2y9m.. cowo.. bandel nyaaaa minta ampun.. ada air diember.. tumpahin.. kl diajak mandi jg syusah.. ya itu dibujuk nya.. “kita mancing yuk!” baru semangat.. tapi kenakalan2 baby2 kita itu yg bikin kita kangen terus.. setuju???

    • Bangeett! Biarin deh skrg rempong to the max. Soalnya nanti kalo mereka udah gedean, SD misalnya, biasanya udah sok sibuk dgn temen-temen dan kegiatan sekolahnya. Well, babies won’t be babies forever, right? Tinggal kita nih emaknya yang kudu siap mental๐Ÿ™‚

Leave a Reply

