Just A Thought

Waktu kecil, nyokap selalu insisted supaya gue dan adik gue sekolah di SD Islam. Padahal SD itu lumayan jauh dari rumah kami. Alasannya? “Supaya nanti Papa termotivasi untuk memperdalam agama karena malu kalo kalah pinter sama anak-anaknya.”

Hahaha.. Nyokap gue sotoy banget deh. Tapi emang sih, bokap berasal dari keluarga yang agamanya abangan gitu deh. Sementara keluarga nyokap, agamanya cukup kuat. Jadilah bokap gue baru belajar agama setelah merit sama nyokap. Dan sekarang, bokap malah lebih taat daripada nyokap dan keluarga besarnyaπŸ™‚

Gue teringat kisah ini gara-gara liat temen kantor hubby. Dia orang Betawi, suku yang notabeneΒ memiliki latar belakang agama yang kuat.Β Tapi herannya orang itu jaraannngg banget puasa. Padahal, yang gue tau nih, di rumahnya, dia Islami banget. Anaknya juga, kaloΒ gak salah, sekolah di SD Islam. Nah, gue nggak kebayang aja kalo suatu hari anak istrinya mergokin si bapak lagi asyik ngerokok atau makan pada bulan Ramadan. Padahal kalo di rumah, si bapak selalu pasang image soleh. Langsung buyar deh sosok ayah yang berwibawa di mata anaknya, ya gak sih?

Terus terang, untuk masalah agama, gue juga nggak soleha sama sekali. Salat gue masih bolong-bolong. Tapi dari sekarang gue terus berusaha jadi orang yang lebih baik. Kenapa?Β Karena gue sekarang udah jadi emak-emak. Kalo bisa, gue harus bisa memberi contoh yang baik, bukan jadi ibu yang memalukan bagi anak gue.

Itulah, menurut gue, beban paling berat saat kita menjadi orangtua. Selain harus bisa memberi makan secara fisik, kita juga harus mampu menjadi sosok yang dicontoh anak. Susah banget lho membatasi diri melakukan hal-hal buruk yang dulu kita gemari atau menghilangkan sifat jelek yang telah menjadi bagian hidup kita selama puluhan tahun. Apalagi yang namanya emosi, beuuhh.. Susah bener kalo ditahan, terutama pas lagi PMS!πŸ˜‰

Duh, mudah-mudahan kita semua bisa menjalaninya ah. Lagian, parenting’s supposed to be fun, right? Kalo dibawa beban, malah jadi pusing sendiri dehπŸ™‚

“The hardest part about growing up is letting go of what you were used to, and moving on with something you’re not” #ihatequote

3 thoughts on “Just A Thought

  1. Toss, Ra.
    Gw juga belum seutuhnya menjadi wanita yang sholehah *ehm*. Tapi sejak punya anak, ya gw agak-agak behave gitu deh. Soalnya takut anak gw nyontohin, bok. Apalagi kelakuaan anak gw plek plek persis kayak gw.
    Semoga kita bisa menjadi tauladan bagi anak-anak kite yaa… *tapi yang tetep fun so pasti*

  2. hmm…mbak ira.. bisa ceritain lagi ga , dalam bentuk gimana papannya skg bs lebih taat agamanya, bahkan dibanding mama nya? dan apa yang bs bikin papanya lebih taat atau gimana prosesnya? . atau boleh deh dibikin postingan baru *nanya apa nyuruh πŸ˜πŸ˜‚.. thx mbak iraa yg baik hatiii

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s