Fruit Pie

Nah, resep yang ini juga udah lamaa banget nongkrong di memopad Blackberry gue (lupa gue copy paste darimana, pokoknya dari internet lah). Cetakan pie-nya pun termasuk salah satu perabotan masak yang pertama gue beli. Tapi nggak jadi-jadi mulu dibikin karena males, hehehe.. Nah pas cuti kemarin, niat bikin Fruit Pie ini dikuat-kuatin. Akhirnya jadi deh. Gampang dan enak lho. Silakan mencobaπŸ™‚

P.S: Di foto, gue gak kasih siram pake larutan agar-agar. Males bikinnya, hehehe..

Fruit Pie

Bahan kulit Pie:
250 gr tepung terigu, serba guna
1/2 sdt garam
125 gr mentega
5 sdm air es

Bahan Vla :
500 cc susu
100 gr gula kaster (pake gula pasir jg gpp)
5 btr kuning telur (gue cuma pake 3 biji)
30 gr tepung maizena
1 sdm mentega (gue campur antara Wysman dan Blue Band)
1 sdt vanilli extract (karena habis, gue ganti pake rhum essence, hehehe..)

Bahan Topping :
* Aneka buah, spt strawberi segar iris tipis, kiwi, anggur hijau, anggur merah, jeruk mandarin kaleng, atau buah lain spt semangka, melon yg dibentuk bulat, dan lain-lain. (gue cuma pake strawberry)

Bahan Siraman:
1 sdt agar-agar putih
100 cc air
1 sdt gula
(didihkan ketiga bahan ini, sisihkan)

Cara membuat :
– Uleni bahan kulit hingga menjadi adonan liat, gilas tipis, cetak pada cetakan pie kecil, tusuk-tusuk bagian bawahnya dengan garpu agar pie tidak menggelembung, oven hingga matang. Lebih kurang 20 menit. Sisihkan.
– Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, campur kuning telur, aduk rata, sisihkan.
– Rebus susu dan gula hingga mendidih, masukkan campuran maizena dan kuning telur, aduk cepat, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat. Sisihkan.

Penyelesaian:
– Isi mangkuk pie dengan vla, hias dengan potongan buah, siram 1 sdt agar-agar bening.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s