Kue Dadar Cokelat Isi Vla Vanila

Malem-malem pengen bikin makanan untuk cemilan Nadira pas gue ngantor, tapi bingung sendiri. Mau bikin martabak, bosen. Tanpa mixer dan oven, mati gaya banget deh eikeh. Setelah dipikir-pikir, kenapa nggak bikin kue dadar isi vla aja? Gampang dan enak kan tuh. Googling resep dulu, dan (sotoy) kotak-katik sendiri sesuai ketersediaan bahan. Voila, jadi deh. Alhamdulillah rasanya (kata bapake Nadira sih) enak. Nadira juga doyan. Tadi pagi sebelum gue berangkat, dia udah ngembat dua biji, dan lagi asik ngunyah kue ketiganya

Anyway, here’s the recipe. Cupu banget yak, takarannya pake sendok makan bok

Kue Dadar Cokelat Isi Vla Vanila

Bahan Dadar:
300 ml susu
10 sdm tepung terigu
1 sdm cokelat bubuk
2 butir telur
Garam sedikiit
Gula sedikiit
1 sdm mentega, lelehkan

Bahan Vla Vanila:
500 ml susu
3 sdm tepung terigu
3 sdm tepung maizena
2 kuning telur
10 sdm gula pasir
1 sdt Vanila bubuk
1 sdm mentega
Susu kental manis

Cara membuat:
Dadar:
1. Campur semua bahan dadar hingga tercampur rata. Saring jika perlu supaya halus dan nggak ada gerindil-gerindil tepung gitu lowh.
2. Buat dadar tipis-tipis di atas teflon. Sisihkan.

Vla:
1. Campur susu, kuning telur, gula, vanilla bubuk. Ambil sebagian susu untuk melarutkan maizena dan terigu sampai halus rata. Campur ke dalam larutan susu pertama, jerang di atas api. Aduk-aduk terus supaya tidak menggumpal.
2. Setelah meletup-letup, matikan api. Masukkan mentega, aduk sampai meleleh dan rata.
3. Cicipi. Jika kurang manis, tambahkan susu kental manis sesuai selera.
4. Bagi yang suka rhum, kayaknya enak deh kalo ditambahin ke sini.

Penyelesaian:
1. Masukkan vla ke dalam dadar, lipat/gulung rapi.
2. Karena gue kemarin bikin dadarnya kekecilan, jadi nggak dilipat/digulung, melainkan dibikin jadi setengah lingkaran aja. Solusi tepat untuk emak-emak pemalas seperti sayahπŸ˜€
3. Oh ya, hasil vla-nya kebanyakan buat dadarnya. Alhasil, vla gue masukin ke kulkas, untuk nyetok. Jadi besok-besok mau bikin kue ini lagi tinggal bikin dadarnya doang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s