Udang Goreng Tepung

Okeh, gara-gara keranjingan beli udang sm Mas Amir yg murah dan enak itu (ehm-ehm minta komisinya doonggg Mas :-D), gue jadi suka bikin ini. Resepnya sih hasil googling dan modifikasi sendiri. Sebenarnya kalo mau capcus, tinggal pake tepung bumbu yang udah jadi. Tapiii.. Karena tepung bumbu itu pada banyak mengandung MSG, mending gue bikin sendiri aja. Eh Alhamdulillah, ternyata rasanya nggak mengecewakan.

Maap gak ada potonya, karena begitu mateng langsung ada yang antri ngembat :-p Oh ya, selain dicocol pake saos sambel, enak juga dikasih saos mayonaise (mayonaise + susu kental manis diaduk). Sedap dan gampil deh!🙂

Udang Goreng Tepung

Bahan :
250 gr udang ukuran sedang, kupas kulitnya, belah punggung dan keluarkan kotoran hitam-hitamnya
100 gr tepung terigu serba guna (bisa juga menggunakan tepung maizena)
2 butir telur, kocok lepas
Garam secukupnya
Merica secukupnya
2 siung bawang putih
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
1. Haluskan bawang putih, campur dengan garam dan merica. Beri air sedikit.
2. Rendam udang dengan bumbu tadi, diamkan 15-30 menit.
3. Gulingkan udang satu persatu di atas tepung terigu. Lalu celupkan ke dalam telur kocok. Kembali gulingkan di atas tepung hingga semua permukaan udang tertutup tepung.
4. Goreng udang tepung hingga matang, angkat dan tiriskan.

Note:
– Kalo mau jadi ebi furai, udang gulingkan di tepung terigu-> kocokan telur ->tepung panir. Abis itu, udang dimasukkan ke kulkas dulu supaya tepung panir nggak rontok pas digoreng. Makannya tinggal dicocol ke saos sambal.
– Udang ini bisa juga dibekukan di freezer setelah selesai ditepungi. Jadi lumayan bok buat nyetok makanan siap goreng di kulkas selain nugget🙂
– Kalo mau gurih, kocokan telur dikasih susu sedikit. Kalo mau hemat, gak usah pake telur, tapi pake air aja. Itu sih yang biasa dilakukan restoran/warung makan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s