Breast Size = Volume ASI?

Beberapa waktu lalu, seorang teman di twitter curhat tentang perilaku suster tempatnya melahirkan. Si suster bertanya “ASI-nya sudah keluar, Bu?” Temen gue ini dengan bahagia bilang iya. Eh sejurus kemudian, susternya komentar “Koq p*yud*ra (PD)-nya kecil banget ya?”. Seolah-olah dia heran bahwa PD kecil bisa memproduksi ASI dengan lancar.

Hal itu juga sering gue alami. Gue Alhamdulillah bisa nyusuin Nadira secara exclusive on her first six months of life dan lanjut sampe sekarang. Tau dong komentar orang apa?

“Ya wajar lah, wong PD-nya gede, pasti produksi ASI-nya juga banyak. Sampe bisa meres ASI kalo kerja. Nggak kayak orang2 yang PD-nya kecil, ASI-nya pasti seret.”

Yeah rite. Padahal menilik contoh temen gue yang pertama di atas, sudah terbukti ukuran PD itu tidak berbanding lurus dengan volume ASI yang diproduksi. Banyak koq teman-teman gue yang size PD-nya mungil tapi ASI-nya lancar-lancar aja. Jadi ya kalo menurut gue mah, parameternya bukan di ukuran PD kali ye untuk dapetin volume ASI yang banyak.

Anyway, masalah breast size VS volume ASI, di keluarga besar nyokap justru ada paham yang bertolak belakang dengan paham yang ada di masyarakat umum. Jika masyarakat percaya orang ber-PD besar akan menghasilkan ASI banyak and the other way around, di keluarga nyokap justru sebaliknya. Dasarnya adalah karena di antara lima orang saudara perempuan nyokap, yang sukses menyusui anak-anaknya justru mereka yang ber-PD mini.

Yang ber-PD gede ada 4 orang, dan cuma 1 yang sukses menyusui anak-anaknya. Sementara nyokap dan seorang Tante gue yang PD-nya minimalis, justru berhasil menyusui anak-anaknya sampe minimal 1 tahun. Jadilah, nyokap dan Tante gue sering nge-cengin kakak-adiknya yang ber-PD besar dgn sebutan “Tet*k gede tapi cuma jadi pajangan” Haiyaahh..

Alhasil, pas gue hamil, gue deg-deg plas banget. Gue takuut banget dibilang kayak tante-tante gue yang PD-nya cuma jadi ‘pajangan’. Apalagi, adik gue yang PD-nya minimalis itu berhasil melanjutkan tradisi keluarga, menyusui anak dengan ASI berlimpah.

ย 

Untunglah, gue berhasil mematahkan paham di keluarga gue yang aneh itu.ย  Meski ASI baru lancar di hari ketiga pascamelahirkan, tapi Alhamdulillah masih bisa keluar. Dengan ini berarti emang terbukti, breast size tidak sebanding dengan volume ASI. So ladies, don’t be bothered with this size problem. I can breastfeed my baby, so can you!๐Ÿ™‚

7 thoughts on “Breast Size = Volume ASI?

  1. stuju bgt,mom! klo bole ikut sharing, dulu sblm lahiran aku under estimate bgt sm nipple dan areola kiriku krn lbh kecil dibanding yang kanan. tp ternyata, yg kiri ini lbh banyak dan lebih lancar asinya. salam kenal๐Ÿ™‚

  2. sama mbak, aku juga PDnya super mini, tp alhamdulilah asi sy melimpah ruah, tempat boleh kecil tapi isi buanyaakkk๐Ÿ˜€
    salam kenal ya mbak๐Ÿ˜‰

  3. ah mo ikutan komen ya, gw juga wm masih menyusui ( aurell 18M ) msh merah juga dikantor ( dah mulai banyakan malesnya hihi ) PD gw juga mungil bin kecil 34 A dulu pas ngelahirin sekarang paling 32 *nangis guling”* tp berhubung inget anak dirumah dan konsekwensi gw milih jd wm ya tetep semangat pumping๐Ÿ™‚ so siapa yg blng PD kecil asinya sedikit sini suruh belajar ma aku hihi

  4. Pingback: Weaning with Love (and Persistence) « Our Diary

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s