Chef Wannabe

Saat kecil, gue cukup beruntung punya ibu yang lumayan jago masak. Apapun yang dimasak nyokap, pasti rasanya enak. Sayangnya, nyokap nggak terlalu suka eksperimen. Dia masak karena harus. Jadi ya menunya gitu-gitu aja, meski gue nggak pernah komplain karena enak sih *rakus :-D*

Oleh karena itu, dari dulu, gue seneenng banget liat iklan keju atau apa gitu, yang anaknya jadi idola satu TK/SD karena bekal makanannya paling enak. Siapa yang masak? Tentu saja si ibu. Gue pun bercita-cita suatu hari nanti, kalo kelak gue jadi ibu, pengen kayak si emak yang jago masak itu.

The problem is, gue nggak bisa masak. Paling mentok masak air, telor dadar, dan indomie. Kalo nyokap nanya, kapan gue mau belajar, gue selalu bilang “Nanti aja kalo mau merit”. Ujung-ujungnya sih, pas mau merit, gue tetep aja nggak belajar-belajar masak. Alasannya “Ribet Ma, ngurusin kawinan takes a lot of effort and energy. Mana sempet belajar masak?”😀

Niat belajar masak baru muncul dengan sendirinya beberapa bulan sebelum Nadira mulai MPASI. Terus terang, gue sutris sendiri karena ngebayangin gimana susahnya bikin MPASI untuk anak. Maklum lah yaow, buat yang cuma hobi makan, bukan masak kayak gue, nguplek di dapur adalah sebuah siksaan. Jadi deh googling kanan kiri untuk cari-cari resep yang gampang dan HARUS ADA TAKARANNYA! Sebagai pemula, boro-boro bisa masak dengan mengira-ngira. Wong pake takaran aja sering gagal😛

Alhamdulillah, MPASI Nadira berjalan lumayan lancar. Dari situlah gue mulai rajin blogwalking cari-cari resep. Dari situ juga gue nemu beberapa blog tentang kue ulangtahun custom made. Langsung deh terbetik ide untuk belajar bikin kue sendiri supaya pas Nadira ultah, gue bisa bikinin kue ultah untuknya. Secara mengherankan, niat memasak dan bikin kue ini begitu kuat tertanam di dalam diri gue. Pokoknya, niat gue sekenceng muka yang abis disuntik botox deh *nteu nyambuungg*

Mulai deh gue eksperimen bikin kue. Awalnya bikin puding roti, macaroni schotel, cake pisang, bolu ketan item, pokoknya yang dikukus-kukus dulu lah. Terus, pas Nadira 8 bulan, gue minta hubby beliin oven supaya gue bisa bikinin biskuit sendiri untuk Nadira. Jadi deh gue beli oven tangkring merk Mikey Mouse di daerah Cawang. Gue inget, biskuit pertama yang gue bikin adalah biskuit pisang oatmeal yang rasanya sih lumayan, tapi nggak renyah. Sementara cake pertama yang gue bikin adalah cake tape keju.

Jadilah sebelum Nadira 1 tahun, gue eksperimen kue melulu. Kejar setoran bok. Yang seneng tentu saja keluarga gue, terutama keponakan gue, Langit, yang bahkan menyebut semua kue dengan sebutan “Kue ‘Nde” (kue Budhe).  Dia juga sangat doyan es krim buatan gue dan cuma mau makan es krim kalo emaknya bilang “Ini es krim ‘Nde Nak” hihihi..😀

Kalo Nadira, Alhamdulillah, dia lahap-lahap aja makan makanan yang gue bikin. Mulai dari kue, biskuit, es krim, fro yo sampe masakan sehari-hari, dia embat semua.  Beberapa kali sih emang GTM, tapi mostly nggak terlalu lama.

Seminggu sebelum Nadira ultah, gue cuti demi bikin kue. Edisi pertama, gue bikin cupcake cokelat dengan dekorasi bertema laut dan bunga buat dibagi-bagi ke tetangga. Sementara edisi kedua, gue tetep bikin cupcake (maklum belum bisa bikin kue ultah yang lebih ‘serius’ :-P). Kali ini dekorasinya cuma pake swirl + fondant nama aja. Gue juga sempet bikin cheesecake dan cokelat lolipop. Jadi goody bag untuk dibagiin ke keponakan-keponakan isinya cuma cupcake + susu UHT + lolipop cokelat yang dikemas dalam tas bergambar karakter. Meski simple, bikinnya sangat menguras tenaga cyiin *lap keringet*

Tentu saja, perubahan diri gue ini bikin orang-orang di sekitar gue surprised. Emak gue pun banggaa banget, secara dia pan nggak demen bikin kue dan eksperimen gitu ya. Jadilah tiap gue bikin kue di rumah nyokap, dia yang sibuk tanya-tanya dengan amat sangat excited.

Well, boleh dibilang, gue sendiri pun juga surprised dengan perubahan minat dan gaya hidup gue sendiri. Sekarang gue lebih demen ke toko bahan kue (TBK) dan supermarket ketimbang ke department store untuk cari baju, makeup dan tas (sepatu mah teteeupp). Kalo di depan komputer dan suntuk, pasti gue browsing-browsing resep dan dicopy paste untuk dicoba di rumah.

Dan setelah kenalan dengan oven dan kue-kue, kini gue mencoba kenalan dengan bumbu dapur dan masakan Indonesia.  Yang paling susah? Tentu saja ngulek sambel. Doakan supaya saya sakses di dunia persambelan ya!😀

“The qualities of an exceptional cook are akin to those of a successful tightrope walker: an abiding passion for the task, courage to go out on a limb and an impeccable sense of balance.” [Bryan Miller]

21 thoughts on “Chef Wannabe

  1. Pingback: Tweets that mention Chef Wannabe « Our Diary -- Topsy.com

  2. aaahhh samaaa…

    dari yang ga ngerti bumbu..sampai akhirnya jadi doyan masak..cuma bedanya daku mulai tertarik masak sejak mulai nge-kost. tambah semangat setelah menikah.. walaupun yang gw masak selalu sop, sayur asem, soto (menu andalan).

    sekarang makin semangat…

    memang jadi mommy bikin banyak perubahan dari dalam diri yaaa…

  3. Wuihh mak ira sih udah jago bener nih, tinggal buka irrasistible catering aja.
    Tp iya ya ra, gw juga kenalan sm dapur rada serius gara2 kyara mulai MPASI. Kt ortu dulu gpp ga bisa masak tar kl kawin juga secara naluri bakal kenalan sm dapur. Tp mana abis merit tetep aja males berkutat di dapur tuh. Krn anak lah akhirnya jd rela belajar ngedapur dan trnyata masak itu bikin ketagihan kl hslnya enak😀
    Ah pokokna nadira pasti bangga padamu mak.. ;p
    Btw, ijin dong blognya aku link di blog ku ya ra..

    • Ihihihi.. Benuull!! Apalagi kalo abis merit msh tinggal sm ortu. Dijamin gak ada niat utk belajar masak deh :-p Tp untungnya (ehm) gue tinggal sm mertua neik. Jd kalo mau makan yang sesuai dgn keinginan gue, kudu beli or masak sendiri. Blessing in disguise lah😛

      Btw udin gue link yaaooww..

  4. kerennn…kerennn

    kemauannya hebat euy (pengennnnn – mupenggg)

    mba, cara bikin cupcakes yang lucuh2 itu pake kursus ga siiii

    doakan aku mengikuti jejakmuuu yaaa

  5. iyaa aku juga kpgn jd tkg masak…..scara anugrah dr nyokap yg jago masak nurunin ke anaknya. Syenang yaah😉

  6. Pingback: My Daily Cooking Schedule « Our Diary

  7. Aha..mbak Ira pake otang kan ya? Tipsnya supaya waktu baking cake matang sampai tengah tapi gak kering pinggirnya apa mbak? Aku nyoba pake air yang ditaro loyang di rak bawah. Tapi tetep juga gak memuaskan😦 Kalau bikin cake wortel yang pernah mbak posting disini juga, tekstur paling ok kalo dipanggang pake loyang muffin. Yang pake loyang loaf atau loyang buat bolu kurang ok.

Leave a Reply

